Mahasiswa FISHUM UIN Suka wakili Indonesia Berangkat ke Jepang Finalist Gatsby Competition Award

Berkarya nyata untuk Indonesia tentu menjadi impian bagi semua mahasiswa. Tidak terkecuali Muhammad Ali Ma’ruf dan Abdillah Danardana, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedua mahasiswa Ilmu Komunikasi ini lolos menjadi 25 Finalist dari 10 negara yaitu Taiwan, Thailand, Hongkong, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Amerika, Indonesia, dan Mongolia.

Dari 1472 peserta di seluruh dunia, ada tiga perwakilan dari Indonesia yang video kreatifnya berhasil masuk 25 besar “Gatsby Creative Award” dan mendapat fasilitas berangkat ke Jepang. Dua di antara 3 perwakilan dari Indonesia ialah Muhammad Ali Ma’ruf dan Abdillah Danardana selaku Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. “Dari Indonesia ada tiga yang lolos dalam kompetisi ini. Kami berdua dan mahasiswa dari Universitas Mercu Buana Jakarta,” Jelas Ali saat ditemui di Fakultas, Rabu (25/01).

Dua video kreatif Ali dan Danar yang masuk 25 besar ialah video CM Work with Editing Categoryversi “Deadline” dan Full-length, unedited and unprocessed CM Work Category versi “Visibly”. Rencananya, Ali dan Danar akan berangkat dari Jakarta ke Jepang Kamis (26/01).

“Sebagai Wakil Rektor bidang III, saya menyambut baik mahasiswa berprestasi. Apalagi di tahun 2017 ini akan ada award bagi mahasiswa yang berprestasi. Silahkan teman-teman untuk memanfaatkan moment ini untuk mencari pengalaman dan jejaring”, tutur Dr. Waryono Abd. Ghofur saat ditemui di Gd. Rektorat lt 2 Rabu, (25/01).

Senada dengan Dr. Waryono, Dr. Mochamad Sodik selaku Dekan FISHUM juga mengapresiasi adanya mahasiswa berprestasi seperti Ali dan Danar yang mampu lolos menjadi Finalist kompetisi tingkat Internasional. “Momentum ini kami maknai sebagai ajang kreatif mahasiswa. Ini menjadikan inspirasi, sehingga kedepannya kami akan mendukung mahasiswa yang berprestasi,” Jelas Mochamad Sodik.

Mochamad Sodik juga menegaskan bahwa FISHUM sebagai Fakultas yang terbilang muda harus menjadi Fakultas yang muda terkemuka dan muda mendunia. Sehingga, Ali dan Danar selaku mahasiswa FISHUM UIN tentu dapat memicu semangat lahirnya Ali dan Danar yang lain. “Ini sangat membanggakan dalam rangka untuk kompetisi dan prestasi,” Imbuhnya.

Dr. Sulistyaningsih Wakil Dekan III bagian kemahasiswaan juga sangat mendukung adanya mahasiswa yang berprestasi. Tidak lupa Wakil Dekan III FISHUM memberi pesan kepada Ali dan Danar untuk tetap berprestasi dan membawa nama baik UIN dan Indonesia dalam ruang lingkup Internasional. Sulistyaningsih juga berharap, dengan banyaknya mahasiswa berprestasi, banyak mahasiswa yang nantinya lebih termotivasi untuk ikut serta menuangkan ide kreatifnya baik dalam lingkup Nasional maupun Internasional. (doniTW/tri-Humas)