Alumni UIN Sharing Studi Di Turkey

“Mencari sudut-sudut yang berbeda dari masyarakat turkey”. Begitulah pernyataan Bernando J. Sujibto yang akrab dipanggil BJ saat mengisi mini sharing yang diadakan oleh HMPS Sosiologi, Kamis (16/03) kemarin. Alumni Sosiologi angkatan ke–dua (2006) berbagi pengalaman saat melanjutkan studinya di Selcuk University Turkey.

Bertempat di Laboratorium Sosiologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, mini sharing kali ini terlihat menarik. Karena, sebagian besar peserta merupakan mahasiswa Sosiologi. Selain itu, pengalaman yang sifatnya Sosiologis, selama BJ menempuh studi di Turkey menjadi pembahasan yang ditonjolkan dalam sharing kali ini.

Kehadiran di kampus UIN kali ini, kembali mengingatkannya akan kejadian-kejadian saat ia menjadi Mahasiswa Sosiologi. Tak lupa, ia mengingatkan teman-teman Sosiologi untuk tetap semangat menjadi Mahasiswa Sosiologi. Karena, Sosiologi merupakan kajian ilmu tentang masyarakat, maka sebagai mahasiswa Sosiologi harus memiliki aktivitas lain selain di dalam kelas.

“Yaa.. aktif sajalah. Laboratorium Sosiologi yang sesungguhnya itu kan masyarakat. Sering ikut kegiatan supaya bisa melihat fenomena apa saja yang terjadi,” Jelas sastrawan dan pengamat politik budaya Turkey. Saat menjadi mahasiswa S1, Bj banyak melahirkan karya tulis. Sebagian tulisan kritisnya telah terbit di berbabagai media cetak lokal maupun nasional.

Selain Turkey, Mahasiswa asal Sumenep Madura ini mengaku saat itu memilih negara Kuba dan India sebagai negara pilihan. Karena, kedua negara ini terlihat menarik terutama dengan kondisi masyarakatnya. Namun, karena ia diterima di Turkey maka ia tetap mengambil peluang ini untuk mengembangkan keilmuannya. Selain itu, yang membuatnya tertarik ialah ia bisa mempelajari budaya masyarakat Turkey.

“Ketika saya di sana,, saya bisa mencari sudut-sudut yang berbeda dari masyarakat Turkey,” begitu ungkap BJ yang ternyata saat menjadi mahasiswa Sosiologi di UIN Sunan Kalijaga, aktif dan menjadi anggota UKM Teater Eska. Menurutnya lagi, masyarakat Turkey ialah masyarakat yang Ideologis.

Selain kehadiran BJ selaku alumni Sosiologi, kegiatan kali ini juga dihadiri oleh Ketua HMPS Sosiologi, DEMA FISHUM, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si serta Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D selaku Kaprodi Sosiologi. (tri-ch/humas)