SPBA Gelar Festival Bahasa dan Budaya Ke-17

Semangat berbahasa dan berbudaya harus ada pada diri bangsa Indonesia. Ini salah satu misi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Studi Pengembangan Bahasa Asing (SPBA) UIN Sunan Kalijaga dengan menggelar Festival Bahasa dan Budaya (FBB) Ke 17 mulai Kamis-Sabtu (20-22/4) di depan area parkir Poliklinik UIN Sunan Kalijaga.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Dr. Waryono Abdul Ghofur berharap pada bulan emansipasi wanita ini, kegiatan FBB 2017 menjadi cermin untuk kita semua bahwa perempuan dan laki-laki adalah setara dan bisa maju bersama dalam hal pengembangan bahasa. Selain itu, agar selepas kegiatan ini bisa berlanjut untuk proses pengembangan bahasa di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“ UIN Sunan Kalijaga harus berpihak kepada kaum perempuan dan menghilangkan diskriminasi. Hal ini untuk menghormati perjuangan R.A. Kartini. Seperti yang diajarkan sahabat Ali Bin Abi Tholib yaitu tidak memuliakan perempuan kecuali orang mulia dan tidak menghinakan perempuan kecuali orang yang hina”, tutur Waryono.

Muhammad Nabil Rafsanjai sebagai ketua panitia FBB 2017 ini dalam sambutannya sangat mengapresiasi semangat dan atusias anggota UKM SPBA dan peserta dalam kegiatan FBB 2017 ini, hal ini membuktikan bagaimana semangat berbahasa kaum muda yang harus selalu diapresiasi dan dikembangankan untuk pengembangan keterampilan dalam berbahasa dan menjaga kebudayaan Indonesia dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

FBB-17 yang mengusung tema “Budayakan Bahasamu, Bahasakan Budayamu”menghadirkan pagelaran budaya tari ttradisional dari setiap provinsi yang berada di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Barat, NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan.

Selain itu dimeriahkan pula dengan hadirnya beberapa organisasi kebudayaan dan kebahasaan seperti Bina Antar Budaya, ITHLA’ dan Komunitas Polyghot Indonesia dan perlombaan di bidang bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Prancis meliputi Sunan Kalijaga English Debate Competition (SKEPTIC), Pidato Bahasa Inggris, Announcer News, Debat Bahasa Arab, Pidato Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab dan Puisi Prancis yang diikuti oleh beberapa Universitas se-Indonesia dan SMA se-Yogyakarta.(chabib/humas)