Informasi PMB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

JENIS SELEKSI PROGRAM SARJANA (S1)

 

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun serta portofolio akademik.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.snmptn.ac.id

 

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.sbmptn.ac.id

 

SPAN–PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya bagi siswa tahun 2017 SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.span-ptkin.ac.id

 

UM – PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis bagi siswa yang lulus dari satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara yang dilakukan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.um-ptkin.ac.id

 

MANDIRI

PMB jalur Mandiri adalah mekanisme seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui tes (Computer-Based Test, Paper-Based Test, Portofolio ) dan Non Tes, bagi siswa SMA/SMK/MA MAK/Pesantren Mu’adalah/luar negeri atau sederajat yang dikelola langsung oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jalur Mandiri terdiri dari beberapa jenis meliputi:

 

  • Computer-Based Test (CBT)

Jalur Mandiri CBT merupakan seleksi dengan pola ujian menggunakan komputer. Calon mahasiswa datang langsung ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, melakukan tes, dan langsung mengetahui pengumuman hasil tes dengan skor rerata minimal 60.

  • Paper-Based Test (PBT)

Jalur Mandiri PBT merupakan seleksi dengan pola ujian tertulis. Pada jalur Mandiri CBT dan PBT ini terdapat program Mandiri Khusus Difabel untuk calon mahasiswa baru difabel.

  • Non Tes

Jalur Mandiri non tes diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mempunyai keahlian dan prestasi hafal Alquran minimal 26 juz , juara qari (juara 1-5 nasional, juara 1-3 provinsi, juara 1 kabupaten) melalui verifikasi langsung.

  • Portofolio

Jalur Mandiri Portofolio merupakan seleksi berkas akademik dan pendukung akademik untuk calon mahasiswa baru luar negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah.

Pendaftaran Jalur Mandiri secara online http://admisi.uin-suka.ac.id

 

PERSYARATAN DAN PENERIMAAN JALUR MANDIRI

Persyaratan Umum

  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2017 dan 3 (tiga) tahun sebelumnya. Lulusan tahun 2016, 2015, dan 2014 harus sudah memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun 2017 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah. Khusus seleksi jenis CBT dapat diikuti oleh siswa yang akan lulus Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara.
  2. Membayar biaya seleksi PMB di Bank Mandiri atau Bank BNI.
  3. Mendaftar secara online di http://admisi.uin-suka.ac.id
  4. Khusus difabel calon mahasiswa baru menyertakan “Surat keterangan disabilitas” dari dokter/psikolog dan menyerahkannya pada saat tes wawancara.

 

Persyaratan Khusus

  1. Program Studi di Fakultas Sains dan Teknologi hanya dapat dipilih oleh peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat Jurusan IPA/Teknik.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di program studinya.
  3. Memiliki nilai rapor bahasa Arab minimal 7 (tujuh) khusus Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

 

Persyaratan Khusus Mandiri Portofolio

Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia (untuk peserta dari negara Non Melayu) yang antara lain dibuktikan dengan sertifikat kemampuan berbahasa Indonesia (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Program Matrikulasi Bahasa Indonesia selama satu semester). Informasi lebih lanjut tentang program ini dapat dilihat dilaman http://bahasa.uin-suka.ac.id

 

Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan dibuktikan dengan ijazah, lulus seleksi PMB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

KELOMPOK UJIAN JALUR MANDIRI

  1. Program studi dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok IPA dan kelompok IPS.
  2. Peserta dari jurusan sekolah IPA dapat memilih program studi kelompok IPA dan IPS, tetapi jurusan sekolah non IPA hanya dapat memilih program studi kelompok IPS.
  3. Jika memilih semua program studi kelompok IPA, maka peserta mengikuti kelompok ujian IPA.
  4. Jika memilih semua program studi kelompok IPS, maka peserta mengikuti kelompok ujian IPS.
  5. Jika memilih program studi dari kelompok IPA dan IPS, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  6. Setiap peserta dapat memilih 3 (tiga) program studi pada fakultas yang berbeda atau 2 (dua) pilihan program studi dalam satu fakultas.
  7. Khusus Jalur Non tes, pemilihan program studi harus dengan pertimbangan Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sedangkan calon mahasiswa difabel, pemilihan program studi harus dengan pertimbangan Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  8. Urutan pilihan program studi menunjukkan prioritas.

 

MATERI SELEKSI /TES JALUR MANDIRI

  1. Tes Potensi Akademik (TPA).
  2. Tes Dirasah Islamiyah (DI) terdiri atas Al-Quran dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, Fiqih.
  3. Tes Bahasa terdiri atas bahasa Arab dan bahasa Inggris.
  4. Tes Kemampuan Dasar IPA (TKD IPA) terdiri atas Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika.
  5. Tes Kemampuan Dasar IPS (TKD IPS) terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

 

JENIS SELEKSI

JALUR

PENDAFTARAN

SELEKSI/TES

PENGUMUMAN

SNMPTN

21 Februari - 06 Maret 2017

16 Maret - 15 April 2017

26 April 2017

SBMPTN

CBT

11 April - 05 Mei 2017

16 Mei 2017

13 Juni 2017

PBT

SPAN-PTKIN

04 Maret - 07 April 2017

13 - 26 April 2017

01 Mei 2017

UM-PTKIN

CBT

10 April - 10 Mei 2017

23 Mei 2017

19 Juni 2017

PBT

Mandiri

CBT 1

19 Mei – 31 Mei 2017

05 – 13 Juni 2017

06 – 14 Juni 2017

CBT 2

02 Juni – 04 Juli 2017

07 – 14 Juli 2017

10 – 14 Juli 2017

PBT

02 Mei – 10 Juli 2017

18 – 19 Juli 2017

25 Juli 2017

Non Tes

01 Mei – 03 Juli 2017

 Konfirmasi

25 Juli 2017

Portofolio

Sepanjang tahun

 

 

** Catatan:

1. Jika kuota CBT terpenuhi, pendaftaran online CBT akan ditutup oleh sistem

2. Pelaksanaan seleksi/tes menyesuaikan jumlah pendaftar

3. Peserta Mandiri Non Tes akan dikonfirmasi pada 02 Mei – 05 Juli 2017 (Setelah cetak kartu pendaftaran, silahkan hubungi kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

 

JENIS SELEKSI PROGRAM MAGISTER S2

 

TES TULIS

Seleksi tes tulis dilaksanakan dengan memberikan tes kepada calon mahasiswa baru secara serentak. Materi tes yang diberikan berupa Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Arab, dan Tes Bahasa Inggris.

 

PORTOFOLIO

Portofolio adalah seleksi dokumentasi berkas akademik maupun pendukung akademik yang dimiliki oleh peserta selama dan setelah menempuh pendidikan jenjang S1 dan sederajat yang mencerminkan kemampuan (kompetensi), minat (interest), dan pengalaman (experience) yang dimiliki.

Portofolio ini juga merupakan jenis seleksi untuk calon mahasiswa luar negeri.

 

NON TES

Jalur non tes diperuntukkan bagi lulusan S1 dari perguruan tinggi terakreditasi minimal “B,” IPK minimal 3.70, dan dengan pilihan program studi S2 linier.

 

PERSYARATAN PESERTA

Persyaratan umum*

  1. Lulusan S1 dan sederajat, dibuktikan dengan (minimal) Surat Keterangan Lulus (beberapa program studi mempertimbangkan linearitas keilmuan). Lulusan perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah dari Kemenristekdikti/Kemenag yang dilegalisir.
  2. IPK minimal 3.00 (dengan melampirkan transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang dilegalisir).
  3. Lulus dari Prodi yang terakreditasi.
  4. Lulus dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam PD-Dikti.
  5. *bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, persyaratan umum menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

 

Persyaratan Khusus Tes Tulis dan Non Tes

  1. Publikasi (jika ada).
  2. Sertifikat skor TOEFL/TOAFL.
  3. Kepemimpinan (melampirkan CV dan sertifikat pendukung).

 

Persyaratan Khusus Portofolio

  1. Memiliki skor TOEFL minimal 450 atau IELTS minimal 5 atau skor TOAFL minimal 450 (TOEFL/IELTS harus dikeluarkan oleh Pusat Bahasa yang dikelola perguruan tinggi yang kredibel. TOAFL harus dikeluarkan oleh Pusat Bahasa PTKIN).
  2. Memiliki proposal rencana penelitian untuk tesis (Penilaian proposal rencana penelitian mengikuti prosedur penilaian karya ilmiah).
  3. Surat Rekomendasi dari dosen atau guru besar dan/atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja.
  4. Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada);
  5. Kepemimpinan (dibuktikan dengan CV dan sertifikat pendukung).
  6. Syarat – syarat lain khusus bagi calon mahasiswa luar negeri dapat dilihat di laman: http://www.uin-suka.ac.id

 

PENERIMAAN

Lulus dari Strata satu (S1) yang dibuktikan dengan ijazah, lulus seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jenjang S2, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

JADWAL

JALUR

PENDAFTARAN

SELEKSI/TES

PENGUMUMAN

Tes Tulis Gelombang 2 (Gasal)

27 Februari - 28 April 2017

03 Mei 2017

08 Mei 2017

Tes Tulis Gelombang 3 (Gasal)

02 Mei - 17 Juli 2017

27 Juli 2017

09 Agustus 2017

Tes Tulis Gelombang 4 (Gasal)

18 Juli - 21 Agustus 2017

24 Agustus 2017

30 Agustus 2017

Tes Tulis Gelombang 1 (Genap)

19 Oktober  2017 –

19 Januari 2018

24 Januari 2018

31 Januari 2018

Portofolio

01 Februari - Sepanjang Tahun

20 Juli 2017

09 Agustus 2017

15 Desember 2017

22 Desember 2017

Non Tes

01 Februari - Sepanjang Tahun

 

08 Mei 2017,

09 Agustus 2017,

30 Agustus 2017

31 Januari 2018

 

*Perkuliahan akan diselenggarakan jika kelas memenuhi kuota minimal 7 mahasiswa

 

PILIHAN KELAS PERKULIAHAN

Kelas A : Kelas perkuliahan yang diselenggarakan pada hari Senin - Jumat

Kelas B : Kelas perkuliahan yang diselenggarakan pada hari Jumat - Sabtu