Kamis, 4 Mei 2017 21:51:04 WIB Dilihat : 543 kali

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Dr. Ridwan, M.Hum telah mengumumkan hasil seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2017. Sebanyak 1254 calon mahasiswa dari 24 program studi basis agama yang disediakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ridwan menjelaskan ke 24 prodi tersebut adalah Akuntansi Syari'ah (47), Aqidah dan Filsafat Islam (50), Bahasa dan Sastra Arab (68), Bimbingan dan Konseling Islam (48), Ekonomi Syari'ah (46), Hukum konomi Syari'ah (Muamalah) (55), Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah)(55), Hukum Tatanegara (Siyasah)(55), Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (54), Ilmu Hadis (37), Komunikasi dan Penyiaran Islam (49), Manajemen Dakwah (72), Manajemen Keuangan Syari'ah (46), Manajemen Pendidikan Islam (42).

Kemudian Pendidikan Agama Islam (61), Pendidikan Bahasa Arab (43), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (41), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (40), Pengembangan Masyarakat Islam (51), Perbandingan Madzhab (55), Perbankan Syari'ah (71), Sejarah dan Kebudayaan Islam (68), Sosiologi Agama (50) dan Studi Agama-Agama (50).

“Total pendaftar PTKIN di UIN Sunan Kalijaga sebagai pilihan satu dengan urutan prodi 1 dan 2 serta PTKIN UIN Sunan Kalijga sebagai pilihan 2 dengan urutan prodi 1 dan 2 adalah 30.236. Untuk pendaftar ke UIN Sunan Kalijaga terbanyak kedua di antara PTKIN, tetapi keketatannya nomor satu. Dan tahun ini mengalami kenaikan meski persaiangan antar PTKIN sangat ketat” kata Ridwan di kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga,Selasa(2/5) kemarin.

Untuk peringkat uruatan pilihan prodi terbanyak adalah Perbankan Syariah, Pendidikan Agama Islam, dan Manajemen Keuangan Islam. Dan pada jalur ini ada 375 calon mahasiswa yang diterima sebagai mahasiswa bidikmisi.

Ridwan berpesan kepada peserta yang diterima untuk mencermati tahapan selanjutnya yaitu tanggal registrasi ulang. Siapkan dan bawa semua dokumen asli yang diminta, dan harus disadari bahwa kelulusan ini blm final karena masih ada tahap verifikasi dokumen. “Jika sudah lolos verifikasi dokumen, pendaftar SPAN diharapkan untuk tidak membuang kursi yang telah didapatnya, karena banyak peserta lain yg belum beruntung seperti dirinya” tutur Ridwan.

Sementara itu bagi yang belum diterima lewat jalur SPAN-PTKIN, peserta bisa mendaftar melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang sudah dibuka dari 10 April hingga 10 Mei 2017.(Khabib/humas)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Liputan
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom