UKM PPS CEPEDI MELAKSANAKAN DIKLATIH DI GUNUNG TIDAR

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat yang aktif di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga, ukm cepedi memiliki berbagai program kegiatan yang khas. Kali ini UKM cepedi mengadakan Pendidikan dan Latihan Pelatih (diklatih) di gunung Tidar Magelang. Kegiatan diklatih dilaksanakan 2 tahun sekali dimana para peserta adalah mereka yang sudah mencapai tingkat sabuk merah dan akan naik ke sabuk biru. Berbeda dengan ujian kenaikan tingkat/sabuk (UKT) yang dilaksanakan setahun sekali, dan biasanya di ikuti ratusan peserta selama sehari, Diklatih kali ini hanya di ikuti 11 peserta yang telah lolos seleksi alam & yang memiliki komitmen untuk mengabdi menjadi Pelatih Muda Perguruan Pencak Silat (PPS) CEPEDI.

Kegiatan diklatih dilaksanakan selama 5 hari 4 malam, dimulai hari kamis (28/01) hingga senin 1 Februari 2016. Pelepasan peserta oleh bapak Prof. Dr. H. Syihabudin Qalyubi Lc. M. Ag selaku pembina UKM dengan upacara tradisi Pencak Silat CEPEDI. Jam 14.00 berangkat dari UIN Sunan Kalijaga dengan naik kendaraan yang disiapkan panitia hingga ke parkiran bukit Tidar. Menjelang maghrib sampai lokasi, kemudian ba'da sholat maghrib bersama bapak pendekar menaiki tangga hingga ke puncak gunung Tidar.

Selepas sholat isya, sebagai tradisi amaliah pembinaan mental spiritual UKM PPS CEPEDI peserta melaksanakan sholat tasbih 4 rakaat yang di pimpin langsung bapak pendekar. Sebelum berangkat ke gunung Tidar peserta disunahkan puasa sehingga pada malamnya dilaksanakan khataman dengan dzikir dan istighotsah setelah sholat tasbih. Kemudian acara khataman ditutup dengan tumpengan ingkung sebagai rasa syukur & Pelestarian budaya tradisi Jawa.

Setiap malam peserta istirahat jam 23.30 hingga kemudian bangun jam 03.00 dinihari untuk melaksanakan sholat tahajjud dilanjutkan amalan dzikir hingga shubuh. Setelah jamaah shubuh peserta diwajibkan untuk menguasai amalan asmaul husna hingga matahari terbit. Kegiatan selanjutnya adalah olahraga pagi dan sarapan. Jam 08.00 peserta sudah harus berkumpul di lapangan gunung Tidar untuk melaksanakan rangkaian acara diklatih. Kegiatan yang terbagi selama 3 jam pagi, 2 jam siang & 3 jam malam ini dipimpin langsung oleh bapak Drs. M. Kasturi Al-asady HR. selaku ketua dewan pendekar dan pendiri perguruan pencak silat cepedi di UIN Sunan Kalijaga sejak 1970.

Setelah 4 hari terlaksana kegiatan yang panjang & berat, maka pada hari ahad siang saatnya mengumumkan hasil diklatih & pelantikan sebagai pelatih muda yang baru dan bergabung sebagai anggota keluarga Dewan Pelatih PPS CEPEDI. Kegiatan belum selesai, untuk mengukuhkan & sebagai tradisi yang telah turun temurun semenjak terbentuknya, maka Peserta dilatih diwajibkan jalan kaki dari puncak gunung Tidar hingga kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pelepasan longmarch menjelang maghrib setelah semua barang bawaan di kemas dan siap meninggalkan lokasi kegiatan. Perjalanan peserta melewati jalan raya Magelang - Jogja menghabiskan waktu selama 21,5 jam. Mulai berangkat pukul 17. 30 WIB dari gunung Tidar dan sampai kampus UIN Sunan Kalijaga pukul 15.00 WIB.

Ba'da ashar bersama bapak pendekar & panitia, peserta berkumpul di gedung Student center lt2 untuk melaksanakan penutupan kegiatan dengan tumpengan & ingkung sebagaimana pada malah khataman sebelum kegiatan dilaksanakan. Sebagaimana pedoman anggota UKM PPS CEPEDI yang tertuang dalam 17 sikap mental, maka seluruh rangkaian kegiatan perlu dilakukan evaluasi & sharing untuk perbaikan dan pembelajaran dikemudian hari.

======+++======

HUMAS UKM PPS CEPEDI

Arsip Liputan
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom