DWP UIN Sunan Kalijaga Gelar Pengajian Jelang Ramadan, Bahas Tantangan Keluarga di Era Digital

Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Sunan Kalijaga telah mengadakan Pengajian Jelang Ramadhan pada tanggal 15/3/2023 dengan menghadirkan Ny. Ro'fah Al Makin sebagai Ketua DWP UIN Sunan Kalijaga yang memberikan kata sambutan dan narasumber Dr. Fahruddin Faiz, M.Ag. Pengajian ini membahas tema "Tantangan Keluarga di Era Digital".

Dalam sambutannya, Ny. Ro'fah Al Makin mengatakan bahwa kita tidak dapat meninggalkan era digital dan hampir seluruh kehidupan kita sehari-hari melibatkan penggunaan gadget. Oleh karena itu, kita harus menggunakannya dengan bijak dan tidak membiarkan gadget mengontrol hidup kita. Terkadang kita terlalu bergantung pada gadget dan merasa takut jika tidak tampil online, sehingga kita terbuka untuk semua orang dan semua kegiatan kita dapat dilihat.

Pada tausyiahnya, Dr. Fahruddin Faiz mengingatkan pentingnya menyaring informasi yang kita terima dari gadget, memfilter informasi yang baik atau buruk, penting atau tidak penting, serta bermanfaat atau tidak bermanfaat. Kita harus bersama-sama membangun ketahanan keluarga dengan menata kembali hidup kita.

Dr. Fahruddin Faiz juga memberikan beberapa saran, yaitu pertama, kita perlu melakukan latihan puasa gadget dengan mengatur kapan boleh dan tidak boleh menggunakan gadget dalam hidup kita. Kita juga harus menghidupkan kembali komunikasi di dalam keluarga dengan mencari kegiatan bersama yang tidak melibatkan gadget. Kedua, kita perlu menjadi tauladan untuk perubahan yang kita inginkan dengan menciptakan vibrasi positif dan mengubah diri terlebih dahulu.

Pengajian yang singkat namun padat ini memancing beberapa ibu untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan diri sendiri dan anak-anak yang sangat tergantung pada gadget.