Rektor UIN Suka Melantik Kepala Pusat Bahasa dan Kabag Fakultas Ushuluddin

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Al Makin, melantik Fuad Arif Fudiyartanto, S.Pd., M. Hum., M.Pd., sebagai Kepala Unit pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pengembangan Bahasa, dan Siti Latifah, SE., sebagai Kepala Bagian pada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, bertempat di ruang pertemuan lt. 1, Gedung Prof. Saifuddin Zuhri, 26/2/2021. Fuad dilantik berdasarkan SK. Rektor Nomor 38.2 Tahun 2021 untuk masa jabatan 2020 s/d 2024. Sementara Siti Latifah dilantik berdasarkan SK. Rektor Nomor 38.1 Tahun 2021.

Prof. Al Makin dalam sambutannya usai melantik antara lain menyampaikan harapannya agar civitas akademika UIN Sunan Kalijaga tetap konsisten menjaga fisik dan mental dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang belum usia ini. Meskipun menurut Rektor, selama ini secara mental keluarga besar UIN Sunan Kalijaga sudah dianggap mampu menghadapi pandemi, namun harus tetap konsisten. Disamping itu, juga harus tetap perupaya keras mematuhi protokol kesehatan dan upaya upaya medis untuk meningkatkan imun agar bisa terhindar dari pandemi. Pandemi ini berhubungan dengan mental. Angka kematian akibat Covid-19 itu rendah, karena masyarakat Indonesia dapat mengendalikan mental. Oleh karena itu, jika semua bisa mengendalikan mental, akan bisa melawan Covid-19 dan sehat kembali, demikian kata Prof. Al makin.

“Alhamdulillah para pegawai dan dosen di lingkungan UIN Sunan Kalijaga yang sempat terpapar Covid-19 sudah sehat dan pulih kembali, bahkan Dekan Fakultas Syari’ah sempat beberapa kali melakukan donor plasma untuk orang lain yang terpapar Covid-19 agar bisa sembuh dan pulih kembali,” imbuh Prof. Al makin.

Kepada Kabag TU Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam yang baru saja dilantik, Prof. Al Makin berharap cepat menyesuaikan diri di fakultas yang baru saja mengalami masa masa sulit karena sakitnya wakil dekan I dan wakil dekan II yang terpapar Covod-19, berbarengan dengan visitasi akreditasi Program Magister Akidah dan Filsafat Islam. “Dan Alhadulillah, meskipun dilakukan pada masa-masa sulit berhasil mendapatkan akreditasi A,” kata Prof. Al makin.

Kepada Kepala UPT Pusat Pengembangan Bahasa, Rektor berharap bisa melahirkan program-program pelatihan bahasa asing yang efektif baik untuk dosen dan tendik untuk di posisikan di garda depan internasionalisasi kampus, dan membenahi website dalam bahasa Inggris dan Arab. Disamping itu juga bagaimana melahirkan program-program pelatihan bahasa asing (Arab, Inggris, Jerman dan Perancis) untuk meningkatkan kemampuan mahasa Asing semua mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Juga bagaimana agar program pelatihan toefl di UIN Sunan Kalijaga ini semakin dipercaya baik dari kalangan civitas akademika UIN Sunan Kalijaga dan khalayak dari luar. Seperti yang ada di UGM maupun di UNY, demikina Prof. Al Makin menutup sambutannya. (Weni/Dimas)