Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Suka Selenggarakan 5th Ushuluddin International Conference (USICON) & Call for Papers

Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Konferensi Internasional Ushuluddin ke-5 (5thUshuluddin International Conference (USICON) dan Call for Papers, 27 -28/7/2021, di kampus setempat. Terkait agenda ini, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dr. Inayah Rahmaniyah, M. Ag., menjelaskan, agenda pengembangan akademik ini akan mengangkat isu-isu agama dalam menanggapi dan memberikan dampak positif dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Pandemi COVID-19 telah memperburuk tantangan sosial ekonomi yang dihadapi saat ini. Sementara itu, selama pandemi ini, agama memainkan dua peran yang sangat berbeda; di satu sisi, agama menjadi sumber harapan di saat ketidakpastian dan kecemasan.Di sisi lain motivasi agama yang dimaknai tidak pas, justru telah melemahkan perjuangan kolektif melawan pandemi.

Menanggapi hal ini, Ushuluddin International Conference (USICON) mengundang para sarjana teologi Islam, filsafat, studi Alquran dan hadits, studi agama, sosiologi agama, atau bidang penelitian yang relevan untuk berdiskusi bersama di forum ini. Menyumbangkan pemikiran dengan mengirimkan makalah hasil penelitian tentang topik berikut: 1. Moderasi dan ekstremisme beragama yang mengeksplorasi manifestasi moderasi agama atau ekstremisme dalam konteks pandemi Covid-19. 2. Mediatisasi agama; bagaimana berbagai macam media telah membentuk wacana tentang agama dan pandemi. 3. Teologi Islam dan eko-teologi komparatif; mengeksplorasi masalah lingkungan sekitar pandemi dari perspektif Islam atau eko-teologis komparatif. 4. Sufisme dan kesehatan mental; peran tasawwuf dalam perjuangan melawan masalah kesehatan mental di saat pandemi. 5.Isu perempuan dan gender: masalah terkait gender dalam konteks pandemi.6. Filsafat ketidakpastian: mengeksplorasi pertanyaan tentang ketidakpastian, kekacauan, dan ketertiban dari perspektif teologis dan filosofis. 7. Agama dan seni: ekspresi artistik agama dalam konteks pandemi.
Abstrak karya penelitian dikirim 1 Juni 2021. Notifikasi penerimaan 7 Juni 2021. Karya penelitian lengkap dikirim 20 Juli 2021. kirim dokumen keusicon.fupi@uin-suka.ac.id.
Para peserta yang mengirimkan makalah akan mendapatkan fasilitas E-Sertifikat, akses ke kuliah pembicara yang diundang, publikasi makalah terpilih pada proses online USICON ke-5,Jurnal terindeks SINTA danJurnal yang diindeks Scopus. Informasi lebih lanjut di:http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/USICON. (Weni)