UIN Sunan Kalijaga Jalin Kerja Sama dengan Happy Land Medical Centre

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjalin kerja-sama dengan Happy Land Medical Centre. Penandatangan Naskah MoU atau perjanjian kerja sama antara UIN Sunan Kalijaga dengan Happy Land Medical Centre dilaksanakan di lantai 2 Gedung Prof KH. Saifudin Zuhri, kampus setempat, 09/09/2021. Hadir dalam pembahasan perjanjian kerja sama kali ini; Wakil Rektor III, bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama UIN Suka, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag, M.Si., sebagai pihak kedua yang akan menandatangani naskah Mou, mewakili seluruh staf UIN Sunan Kalijaga. Hadir pula dari UIN Suka, Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM., (Kabiro AAKK), Faisal Luqman Hakim, S.H., M.M., (Ketua SPI), Dr. Diana Rismajani (Kepala Klinik Pratama UIN), Dra. RTM. Maharani, MM. (Kabag. Kerja-Sama), Fairuz Rahmi, S. Sos., M. Si. (Kaasubag. Kerja-Sama) Farhanati M., SKM (dari Klinik Pratama UIN), dan para staf Bagian Kerjasama UIN Suka. Sementara hadir dari Happy Land Medical Centre, dr. Ismuning Wachidah (Direktur) yang akan menandatangani naskah MoU, sebagai pihak pertama. Didampingi Eka indah Trisniawati (Wakil Direktur) dan Zakky Sulistiawan, Dr Afrizal Farkhan, dan dr. Sita Nur Agustiyana selaku kepala humas-kerja sama. Sementara Prosesi dialog penandatangan naskah MoU dipanduDra. RTM. Maharani, MM.

Dalam sambutannya mengawali penandatangan naskah MoU, Dr. Abdur Rozaki, S.Ag, M.Si., menjelaskan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan staf dan juga untuk membangun relasi di luar akademika. Menurut Dr. Abdur Rozaki, Happy Land ini menarik karena modelnya yang modern serta sangat nyaman dalam memberikan pelayanan. Dr. Abdur Rozaki menyampaikan penjelasannya berdasarkan pengalaman pribadinya terkait rumah sakit ini.

“Istri saya pernah mengalami keguguran. Kala itu saya menghayati betul bagaimana perempuan dalam kondisi seperti istri saya waktu itu. Saya juga melihat sendiri bagaiman paramedis di Rumah Sakit Happy Land melayani telaten dan sangat optimis kepada para pasien, termasuk istri saya. Karena saya menghadapi mitos-mitos dikampung saya itu mengerikan, saya mencari tahu apa penyebab istri saya keguguran secara rasional dengan bantuan medis dari Rumah Sakit Happy Land. Dan saya mendapatkan penjelasan yang menentramkan hati. Istri saya juga segera pulih dengan perawatan yang bagus di rumah sakit ini,” kata Dr. Abdur Rozaki, S.Ag, M.Si.,

Dari pengalaman pribadi itu, menurut saya tepat sekali, jika dosen UIN Sunan Kalijaga itu merapat ke Happy Land dengan MoU. Apalagi Happy Land itu dekat dengan kampus,” ujar Dr. Abdur Rozaki.

Dra. RTM. Maharani, MM. menambahkan,Happy LandMedical Centre bukan hanya dekat lokasinya saja dengan kampus UIN Sunan Kalijaga, namun juga memiliki kedekatan secara psikologis, karena pemiliknya adalah alumni UIN Sunan Kalijaga dan juga putra mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Zaini Dahlan.

Sementara itu, direktur Happy Land Medical Centre, dr. Ismuning Wachidah menyampaikan kelebihan Happy Land untuk kelas rawat inapnya kelas 1 hampir sama dengan VIP. Sedangkan VVIP hanya diisi satu bed saja, meskipun aturan sebenarnya bisa diisi dengan dua bed. Kemudian untuk kelas 2 itu hanya diisi dua pasien saja, dan meskipun dapat diisi sampai dengan empat bed. Selain itu, dr. Ismuning juga menjelaskan Happy Land sedang mengembangkan poli anak, poli obgyn, dan rumah sakit ini juga memiliki layanan virtual, dokter panggil, dokter datang, dan layan khusus melahirkan dengan cara Water Birth.

“Kami juga memiliki poli anak itu tersendiri, tidak digabung dengan yang lainnya, kemudian poli obgyn juga tidak digabung dengan yang lainnya dari ruang tunggu sampai dengan kasir itu sendiri tidak dengan poli-poli yang lainnya. Kami punya layanan-layanan yang khusus, ada yang melahirkan denga cara water birth yaitu melahirkan dalam air. Kami juga ada layanan lain yaitu layanan virtual, dokter panggil, dan dokter datang. Namun dengan layanan-layanan ini tidak bisa menggunakan BPJS,” terang dr. Ismuning.

Happy Land Medical Centre juga menyediakan jaminan asuransi seperti asuransi pembayaran BPJS, “Kami punya gaya asuransi juga, dan juga bekerja sama dengan asuransi bukan momen, yaitu ibu-ibu yang mau melahirkan. Namun belum diabadikan jadi seperti dibuat video atau sebagainya. Untuk asuransi tersebut ada juga asuransi COD terhadap BPJS, yaitu pembayarannya disamping BPJS nanti juga dengan asuransi maksudnya yaitu sisanya juga dengan asuransi. Misalnya di UIN juga ada asuransi yang dikelola sendiri oleh UIN itu kita juga bisa membuat program COD antara BPJS dengan asuransi dari UIN itu lebih fleksibel bagi pesertanya,” jelas dr. Ismuning.

Melalui MoU kali ini disepakati untuk dosen, mahasiswa, karyawan, dan lainnya yang dari UIN Sunan Kalijaga diberikan tanda pengenal saat pendaftaran di Happy Land Medical Centre guna diberikan rawat inap satu level di atas haknya, imbuh dr. Ismuning.

Dr. Abdur Rozaki berharap dengan adanya kerja sama ini dapat memberdayakan semua kalangan, “Saya berharap dengan MoU ini bukan hanya meningkatkan kualitas institusi sesaat, tetapi sebenarnya kita juga membuat keberdayaan kita semua,” pungkasnya. (Eko/Mela/Mutiah,Weni)