dosen
Nama | Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si. |
Program Studi | Pendidikan Matematika |
Fakultas | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Jenis Pegawai | Status | Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar |
Jabatan Akademik | Golongan | Lektor Kepala | IV/A |
|
|
Pendidikan Terakhir | S3 | Penelitian dan Evaluasi pendidikan |
Riwayat Mengajar
No
Mata Kuliah
SKS
Jenis MK
Kelas
Jadwal
1
Academic Writing
4
WAJIB
C
SEN 14:20-16:00 R: PPG-302#KAM 15:30-17:10 R: PPG-100
2
Evaluasi Pembelajaran Matematika
2
WAJIB
C
SEL 12:30-14:10 R: TBY-409
3
Filsafat Pendidikan Matematika
4
PILIHAN
A
RAB 11:35-13:15 R: PPG-302#KAM 13:25-15:05 R: PPG-302
4
Inovasi Pembelajaran
3
WAJIB
I
SEN 07:00-09:30 R: PPG-304
5
Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam
6
WAJIB
A
RAB 08:50-11:20 R: PPG-100#KAM 08:50-11:20 R: PPG-100
6
Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam
6
WAJIB
B
KAM 17:20-19:50 R: PPG-100#JUM 14:20-16:50 R: PPG-100
7
Pengelolaan Administrasi Pembelajaran
3
WAJIB
I
SEL 07:00-09:30 R: PPG-304
8
Pengembangan Kompetensi Pedagogik
6
WAJIB
I
RAB 07:00-12:00 R: PPG-304
9
Pengembangan Kompetensi Profesional
6
WAJIB
I
KAM 07:00-12:00 R: PPG-304
10
Penyusunan Perangkat Pembelajaran
6
WAJIB
I
SEN 13:10-18:10 R: PPG-304
11
Statistik Terapan Pendidikan
2
WAJIB
2A
KAM 07:00-08:40 R: PPG-406
12
Statistika Non Parametrik
3
PILIHAN
A
JUM 07:00-09:30 R: TBY-415
13
Tesis
8
WAJIB
1B
RAB 17:00-23:40 R: PPG-302
14
Tesis
8
WAJIB
M
SAB 10:00-16:40 R: PPG-300 A
15
Ujian Komprehensif
4
WAJIB
A
SAB 10:30-12:20 R: PPG-302
16
Ujian Proposal Disertasi
2
WAJIB
A
SAB 12:30-14:10 R: PPG-302
No | Mata Kuliah | SKS | Jenis MK | Kelas | Jadwal |
---|---|---|---|---|---|
1 | Academic Writing | 4 | WAJIB | C | SEN 14:20-16:00 R: PPG-302#KAM 15:30-17:10 R: PPG-100 |
2 | Evaluasi Pembelajaran Matematika | 2 | WAJIB | C | SEL 12:30-14:10 R: TBY-409 |
3 | Filsafat Pendidikan Matematika | 4 | PILIHAN | A | RAB 11:35-13:15 R: PPG-302#KAM 13:25-15:05 R: PPG-302 |
4 | Inovasi Pembelajaran | 3 | WAJIB | I | SEN 07:00-09:30 R: PPG-304 |
5 | Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam | 6 | WAJIB | A | RAB 08:50-11:20 R: PPG-100#KAM 08:50-11:20 R: PPG-100 |
6 | Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam | 6 | WAJIB | B | KAM 17:20-19:50 R: PPG-100#JUM 14:20-16:50 R: PPG-100 |
7 | Pengelolaan Administrasi Pembelajaran | 3 | WAJIB | I | SEL 07:00-09:30 R: PPG-304 |
8 | Pengembangan Kompetensi Pedagogik | 6 | WAJIB | I | RAB 07:00-12:00 R: PPG-304 |
9 | Pengembangan Kompetensi Profesional | 6 | WAJIB | I | KAM 07:00-12:00 R: PPG-304 |
10 | Penyusunan Perangkat Pembelajaran | 6 | WAJIB | I | SEN 13:10-18:10 R: PPG-304 |
11 | Statistik Terapan Pendidikan | 2 | WAJIB | 2A | KAM 07:00-08:40 R: PPG-406 |
12 | Statistika Non Parametrik | 3 | PILIHAN | A | JUM 07:00-09:30 R: TBY-415 |
13 | Tesis | 8 | WAJIB | 1B | RAB 17:00-23:40 R: PPG-302 |
14 | Tesis | 8 | WAJIB | M | SAB 10:00-16:40 R: PPG-300 A |
15 | Ujian Komprehensif | 4 | WAJIB | A | SAB 10:30-12:20 R: PPG-302 |
16 | Ujian Proposal Disertasi | 2 | WAJIB | A | SAB 12:30-14:10 R: PPG-302 |
Riwayat Pendidikan
No
Jenjang
Perguruan Tinggi
Jurusan
Gelar Akademik
Tahun Lulus
1
S3
Universitas Negeri Yogyakarta
Penelitian dan Evaluasi pendidikan
Dr.
2021
2
S2
Universitas Negeri Yogyakarta
Pendidikan Matematika
M.Pd.Si.
2008
3
S1
Universitas Negeri Yogyakarta
Pendidikan Matematika
S.Pd.Si
2005
No | Jenjang | Perguruan Tinggi | Jurusan | Gelar Akademik | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|---|
1 | S3 | Universitas Negeri Yogyakarta | Penelitian dan Evaluasi pendidikan | Dr. | 2021 |
2 | S2 | Universitas Negeri Yogyakarta | Pendidikan Matematika | M.Pd.Si. | 2008 |
3 | S1 | Universitas Negeri Yogyakarta | Pendidikan Matematika | S.Pd.Si | 2005 |
Publikasi
No
Tahun
Karya
Buku Referensi
1
2023
Buku Panduan Micro Teaching dan Buku Pedoman Penilaian Micro Teaching
Tingkat Nasional
2
2023
Statistika Penelitian Pendidikan Matematika
Tingkat Nasional
3
2022
Modul Statistika Non Parametrik
Tingkat Nasional
4
2022
Modul Evaluasi Pembelajaran Matematika
Tingkat Nasional
5
2021
Model Penilaian Kompetensi Matematika Abad XXI
Tingkat Nasional
Jurnal Ilmiah
6
2024
Relevant Mathematics Learning Models in Elementary School in The Era of Industrial Revolution 4.0
Tingkat Internasional
7
2024
Innovation of Differentiational Learning Strategies in Science Learning for Students with Special Needs
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia
8
2024
Role Playing as Contextual Learning to Improve Mathematical Communication Skills of Madrasah Ibtidaiyah Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang
9
2024
Utilizing Item Response Theory for the Analysis of Self-Regulated Learning Scale in Mathematics
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi
10
2024
Konstruksi Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Teori Respon Butir
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh
11
2024
Integrating of the RME Model Based on Ethnomathematics “Prol Tape” Typical of Jember in Improving Fraction Concept Understanding of Madrasah Ibtidaiyah Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung
12
2024
Pengembangan Instrumen Pengukuran Kedisiplinan Siswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
13
2024
Analisis Konten Video Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Pekalongan
14
2024
Assessment of Learning Flat-Sided Spaces Based on Spatial Ability
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura
15
2024
CW+R Curriculum in the Era of Education 4.0: Trials on the Doctoral Program for Primary School Teacher Education Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta
Tingkat Internasional Bereputasi - Q3
16
2024
Authentic Assessment of the Ability to Critical Thinking Mathematics of Junior High School Students in Grade VIII on Statistics Materials
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
17
2024
Self-Regulated Learning with Mathematics Learning Outcomes in Terms of Students' Interest in Learning Mathematics
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh Editora da Universidade Estadual de Maringá
18
2024
Analisis Kelayakan Video Pada Materi Trigonometri Sebagai Media Pembelajaran
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Insan Budi Utomo
19
2024
Analisis Kelayakan LKPD Berbasis HOTS untuk Memfasilitasi Peserta Didik pada Materi SPLDV
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
20
2024
Multiple Regression Analysis: Effects of Math Anxiety and Self-Regulated Learning on Learning Outcomes
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
21
2023
Pengaruh Self-regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
22
2023
Mathematical Connection Ability Profile of Junior High School Students of Comparative Materials
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh LP2M - STAI Hubbulwathan Duri Bengkalis, Riau
23
2023
Standard Assessment Model for Scientific Integration-Interconnection As Material for Evaluation of Vision and Mission Achievement
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
24
2023
Analysis of Mathematical Connection Ability on Gender Differences of Junior High School Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
25
2023
Dominant factors that determine college students completing studies in mathematics education study programs
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta in cooperation with Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (Memorandum of Understanding No. 5835b/UN34.17/DN/2018)
26
2023
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Cerita Aritmetika Sosial
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Universitas Swadaya Gunung Djati in collaboration with Indonesian Mathematics Educators' Society (IMES)
27
2023
The Effect of Self-Awareness and Self-Regulated Learning on Student Mathematics Learning Outcomes
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Universitas Islam Sultan Agung
28
2023
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang
29
2023
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bhinneka PGRI�in collaboration with the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)
30
2022
Is there a correlation between creativity and learning achievement?
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia
31
2021
Integrating the 21st Century Character Values for Elementary School Students
Tingkat Internasional Bereputasi
32
2021
The Application of Item Response Theory in Analysis of Characteristics of Mathematical Literacy Test Items
Tingkat Internasional Bereputasi
33
2020
Lecturers' Experience in Assessing 21st-Century Mathematics Competency in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi
34
2020
The Application of Item Response Theory for Development of a Students' Attitude Scale Toward Mathematics
Tingkat Internasional Bereputasi
35
2018
Profil Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI dalam Memecahkan Masalah Matematika Dasar
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh IAIN Ambon
36
2018
Keterlaksanaan Penilaian Kompetensi Keterampilan Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
37
2018
Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Confidence
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
38
2015
Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery.
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
39
2014
Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dilengkapi Metode Course Review Horey (CRH) terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
40
2013
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Statistis pada Matakuliah Statistika Dasar
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh STKIP PGRI Pacitan
41
2012
Penerapan Sembilan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa RAMP 2 FAME pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
42
2009
The Combination of Problem-Centered Learning and Meta-Cognitive Training to Increase Students’ Ability to Solve Mathematics Problems
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta in cooperation with Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia
Monograf
43
2024
Orientation of Scientist Formation
Tingkat Internasional
Diterbitkan oleh Deepublish Digital
Prosiding
44
2024
Mathematical Disposition and Mathematical Self-efficacy: How Do They Affect Mathematics Learning Outcomes Based On Gender?
Tingkat Internasional
Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
45
2023
Interest in Learning, Self-Efficacy, and Learning Outcomes of Religion-Based School Mathematics A Quantitative Study
Tingkat Internasional
Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
46
2023
Assessment: Attitude and Spatial Ability in Learning Flat-Sided Rational Buildings in Junior High School
Tingkat Internasional
Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
47
2023
Ethnomathematics: Philosophical Values and Mathematical Concepts of Yogyakarta Batik Teachers as Modern and Contemporary Batik Motifs
Tingkat Internasional
Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
48
2018
Problematika Guru Matematika dalam Menerapkan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013
Tingkat Nasional
Pada Konferensi Nasional Matematika XIX . Diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya
49
2015
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis.
Tingkat Nasional
Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika . Diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta
50
2012
Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebagai Calon Pendidik Profesional
Tingkat Nasional
Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
51
2011
Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai Calon Pendidik Karakter Bangsa Melalui Pemecahan Masalah
Tingkat Nasional
Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Buku Referensi | ||
1 | 2023 |
Buku Panduan Micro Teaching dan Buku Pedoman Penilaian Micro Teaching
Tingkat Nasional |
2 | 2023 |
Statistika Penelitian Pendidikan Matematika
Tingkat Nasional |
3 | 2022 |
Modul Statistika Non Parametrik
Tingkat Nasional |
4 | 2022 |
Modul Evaluasi Pembelajaran Matematika
Tingkat Nasional |
5 | 2021 |
Model Penilaian Kompetensi Matematika Abad XXI
Tingkat Nasional |
Jurnal Ilmiah | ||
6 | 2024 |
Relevant Mathematics Learning Models in Elementary School in The Era of Industrial Revolution 4.0
Tingkat Internasional |
7 | 2024 |
Innovation of Differentiational Learning Strategies in Science Learning for Students with Special Needs
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia |
8 | 2024 |
Role Playing as Contextual Learning to Improve Mathematical Communication Skills of Madrasah Ibtidaiyah Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang |
9 | 2024 |
Utilizing Item Response Theory for the Analysis of Self-Regulated Learning Scale in Mathematics
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi |
10 | 2024 |
Konstruksi Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Teori Respon Butir
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh |
11 | 2024 |
Integrating of the RME Model Based on Ethnomathematics “Prol Tape” Typical of Jember in Improving Fraction Concept Understanding of Madrasah Ibtidaiyah Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung |
12 | 2024 |
Pengembangan Instrumen Pengukuran Kedisiplinan Siswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung |
13 | 2024 |
Analisis Konten Video Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Pekalongan |
14 | 2024 |
Assessment of Learning Flat-Sided Spaces Based on Spatial Ability
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura |
15 | 2024 |
CW+R Curriculum in the Era of Education 4.0: Trials on the Doctoral Program for Primary School Teacher Education Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta
Tingkat Internasional Bereputasi - Q3 |
16 | 2024 |
Authentic Assessment of the Ability to Critical Thinking Mathematics of Junior High School Students in Grade VIII on Statistics Materials
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 |
17 | 2024 |
Self-Regulated Learning with Mathematics Learning Outcomes in Terms of Students' Interest in Learning Mathematics
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4 Diterbitkan oleh Editora da Universidade Estadual de Maringá |
18 | 2024 |
Analisis Kelayakan Video Pada Materi Trigonometri Sebagai Media Pembelajaran
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Insan Budi Utomo |
19 | 2024 |
Analisis Kelayakan LKPD Berbasis HOTS untuk Memfasilitasi Peserta Didik pada Materi SPLDV
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 |
20 | 2024 |
Multiple Regression Analysis: Effects of Math Anxiety and Self-Regulated Learning on Learning Outcomes
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 |
21 | 2023 |
Pengaruh Self-regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa |
22 | 2023 |
Mathematical Connection Ability Profile of Junior High School Students of Comparative Materials
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh LP2M - STAI Hubbulwathan Duri Bengkalis, Riau |
23 | 2023 |
Standard Assessment Model for Scientific Integration-Interconnection As Material for Evaluation of Vision and Mission Achievement
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) |
24 | 2023 |
Analysis of Mathematical Connection Ability on Gender Differences of Junior High School Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 |
25 | 2023 |
Dominant factors that determine college students completing studies in mathematics education study programs
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta in cooperation with Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (Memorandum of Understanding No. 5835b/UN34.17/DN/2018) |
26 | 2023 |
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Cerita Aritmetika Sosial
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Universitas Swadaya Gunung Djati in collaboration with Indonesian Mathematics Educators' Society (IMES) |
27 | 2023 |
The Effect of Self-Awareness and Self-Regulated Learning on Student Mathematics Learning Outcomes
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Universitas Islam Sultan Agung |
28 | 2023 |
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang |
29 | 2023 |
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bhinneka PGRI�in collaboration with the Indonesian Mathematical Society (IndoMS) |
30 | 2022 |
Is there a correlation between creativity and learning achievement?
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia |
31 | 2021 |
Integrating the 21st Century Character Values for Elementary School Students
Tingkat Internasional Bereputasi |
32 | 2021 |
The Application of Item Response Theory in Analysis of Characteristics of Mathematical Literacy Test Items
Tingkat Internasional Bereputasi |
33 | 2020 |
Lecturers' Experience in Assessing 21st-Century Mathematics Competency in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi |
34 | 2020 |
The Application of Item Response Theory for Development of a Students' Attitude Scale Toward Mathematics
Tingkat Internasional Bereputasi |
35 | 2018 |
Profil Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI dalam Memecahkan Masalah Matematika Dasar
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh IAIN Ambon |
36 | 2018 |
Keterlaksanaan Penilaian Kompetensi Keterampilan Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 |
37 | 2018 |
Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Confidence
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia |
38 | 2015 |
Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery.
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia |
39 | 2014 |
Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dilengkapi Metode Course Review Horey (CRH) terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
40 | 2013 |
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Statistis pada Matakuliah Statistika Dasar
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh STKIP PGRI Pacitan |
41 | 2012 |
Penerapan Sembilan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa RAMP 2 FAME pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia |
42 | 2009 |
The Combination of Problem-Centered Learning and Meta-Cognitive Training to Increase Students’ Ability to Solve Mathematics Problems
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta in cooperation with Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia |
Monograf | ||
43 | 2024 |
Orientation of Scientist Formation
Tingkat Internasional Diterbitkan oleh Deepublish Digital |
Prosiding | ||
44 | 2024 |
Mathematical Disposition and Mathematical Self-efficacy: How Do They Affect Mathematics Learning Outcomes Based On Gender?
Tingkat Internasional Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
45 | 2023 |
Interest in Learning, Self-Efficacy, and Learning Outcomes of Religion-Based School Mathematics A Quantitative Study
Tingkat Internasional Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
46 | 2023 |
Assessment: Attitude and Spatial Ability in Learning Flat-Sided Rational Buildings in Junior High School
Tingkat Internasional Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
47 | 2023 |
Ethnomathematics: Philosophical Values and Mathematical Concepts of Yogyakarta Batik Teachers as Modern and Contemporary Batik Motifs
Tingkat Internasional Pada Annual International Conference Education Research . Diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
48 | 2018 |
Problematika Guru Matematika dalam Menerapkan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013
Tingkat Nasional Pada Konferensi Nasional Matematika XIX . Diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya |
49 | 2015 |
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis.
Tingkat Nasional Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika . Diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta |
50 | 2012 |
Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebagai Calon Pendidik Profesional
Tingkat Nasional Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 |
51 | 2011 |
Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai Calon Pendidik Karakter Bangsa Melalui Pemecahan Masalah
Tingkat Nasional Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Penelitian
HAKI
No
Tahun
Karya
Hak Cipta
1
2024
Innovation of Differentiational Learning Strategies in Science Learning for Students with Special Needs
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM
2
2024
EVALUASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MATEMATIKA ABAD XXI SISWA MADRASAH
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM
Paten
3
2023
Model Kurikulum CW+R dalam Konteks Education 4.0 untuk Program Doktor
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Hak Cipta | ||
1 | 2024 |
Innovation of Differentiational Learning Strategies in Science Learning for Students with Special Needs
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM |
2 | 2024 |
EVALUASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MATEMATIKA ABAD XXI SISWA MADRASAH
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM |
Paten | ||
3 | 2023 |
Model Kurikulum CW+R dalam Konteks Education 4.0 untuk Program Doktor
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementrian Hukum dan HAM |
Pengabdian
No
Tahun
Karya
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1
2023
Reviewer artikel pada European Journal of Science and Mathematics Education (Scopus Q4)
2
2023
Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q1)
3
2022
Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q1)
4
2022
Reviewer artikel pada jurnal REiD/ Research and Evaluation in Education (Sinta2)
5
2022
Editor pada FASHLUNA: jurnal pendidikan dasar dan keguruan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Sunan Giri Bima
6
2022
Editor di Hipotenusa (Journal of Mathematical Society) yang diterbitkan oleh IAIN Salatiga yang bekerjasama dengan ADMAPETA (Asosiasi Dosen Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam)
7
2021
Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q1)
8
2021
Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q2)
9
2020
Reviewer artikel pada European Journal of Science and Mathematics Education (Scopus Q3)
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
10
2024
Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Perguruan Tinggi Penyelenggara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode Tahun 2023
11
2023
Evaluasi gerakan literasi sekolah
12
2023
Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Polya pada Materi Lingkaran Kelas VII
13
2023
Implementasi Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Materi Statistika
14
2023
Penilaian Otentik Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Statistika
15
2023
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di SMPN 2 Depok
16
2023
Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika
17
2023
Penilaian Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Segiempat dan Segitiga
18
2023
Penilaian pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Kemampuan Spasial Siswa
19
2022
Pendalaman Materi Matematika di SD Negeri Glagah
20
2022
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika
21
2022
Penilaian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
22
2022
Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Perbandingan
23
2022
Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
24
2024
Seminar Pendidikan "Strategi Sukses dalam Penelitian Kualitatif: Menulis, Merancang, dan Mengumpulkan Data dengan Efektif"
25
2024
Visiting Lecturer "Mewujudkan Mahasiswa berprestasi, Aktif, Semangat, Menarik, Inspiratif, dan Kiat Jitu Menulis Skripsi"
26
2024
Peningkatan Kapasitas Kompetensi Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas
27
2024
Seminar Pendidikan: Prepare Your Thesis! Kupas Tuntas Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Mix Method
28
2024
Kegiatan Seminar Pendidikan "Menuju Profesional Guru"
29
2024
Pelatihan "Mahasiswa Cerdas Menyelesaikan Tugas Akhir Karya Tulis Ilmiah"
30
2024
Webinar "Strategi Sukses Menaklukan Skripsi"
31
2024
Seminar "Meningkatkan Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Guru Sekolah Dasar Sekecamatan Batang Natal"
32
2023
Workshop Kepenulisan Penelitian Kualitatif
33
2023
Pelatihan Penelitian "Mixed Method pada Pendidikan Dasar" khusus untuk kelas VIII SMP dan X SMA
34
2023
Pelatihan materi dengan topik “Research and development pada penelitian pendidikan dasar”.
35
2023
Dosen Pembimbing Program Kegiatan Short Course Pelatihan Pengembangan Kompetensi Dosen (PKDP)
Memberi pelayanan kepada masyarakat
36
2024
Dosen Pembimbing Lapangan pada Uji Kompetensi Lapangan/ Field Study Mahasiswa Semester Genap Magister
37
2018
Pembimbingan Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika pada Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 bagi siswa kelas X dan kelas XI di MAN 3 Bantul (MAN Wonokromo)
38
2018
Tryout dan Bimbingan Belajar Persiapan Ujian Nasional MTs Mata Pelajaran Matematika di MTs N 7 Bantul (MTs N Piyungan Bantul
39
2017
Pembimbingan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integrasi-Interkoneksi Periode III (Semester Pendek) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2016/2017 Angkatan ke-93 di Selopamioro Imogiri Bantul
40
2017
Pembimbingan Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika pada Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri 1 Yogyakarta (MTs N Yogyakarta 2)
41
2016
Pendampingan Tim Olimpiade dan Science Club pada Semester Genap Tahun Akdemik 2016/2017 bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta I
v
42
2016
Tryout dan Bimbingan Belajar Persiapan Ujian Nasional SMK Mata Pelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah Wonosari
43
2015
Bimbingan belajar persiapan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs LAB UIN Yogyakarta
44
2015
Pendampingan Tim Olimpiade dan Science Club pada Semester Gasal Tahun Akdemik 2015/2016 bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta I
Menulis Karya Pengabdian
45
2022
Identifikasi Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang
46
2022
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan
47
2022
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phytagoras dan Lingkaran
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah | ||
1 | 2023 | Reviewer artikel pada European Journal of Science and Mathematics Education (Scopus Q4) |
2 | 2023 | Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q1) |
3 | 2022 | Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q1) |
4 | 2022 | Reviewer artikel pada jurnal REiD/ Research and Evaluation in Education (Sinta2) |
5 | 2022 | Editor pada FASHLUNA: jurnal pendidikan dasar dan keguruan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Sunan Giri Bima |
6 | 2022 | Editor di Hipotenusa (Journal of Mathematical Society) yang diterbitkan oleh IAIN Salatiga yang bekerjasama dengan ADMAPETA (Asosiasi Dosen Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) |
7 | 2021 | Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q1) |
8 | 2021 | Reviewer artikel pada International Journal of Instruction (Scopus Q2) |
9 | 2020 | Reviewer artikel pada European Journal of Science and Mathematics Education (Scopus Q3) |
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian | ||
10 | 2024 | Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Perguruan Tinggi Penyelenggara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode Tahun 2023 |
11 | 2023 | Evaluasi gerakan literasi sekolah |
12 | 2023 | Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Polya pada Materi Lingkaran Kelas VII |
13 | 2023 | Implementasi Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Materi Statistika |
14 | 2023 | Penilaian Otentik Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Statistika |
15 | 2023 | Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di SMPN 2 Depok |
16 | 2023 | Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika |
17 | 2023 | Penilaian Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Segiempat dan Segitiga |
18 | 2023 | Penilaian pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Kemampuan Spasial Siswa |
19 | 2022 | Pendalaman Materi Matematika di SD Negeri Glagah |
20 | 2022 | Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika |
21 | 2022 | Penilaian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP |
22 | 2022 | Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Perbandingan |
23 | 2022 | Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP |
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat | ||
24 | 2024 | Seminar Pendidikan "Strategi Sukses dalam Penelitian Kualitatif: Menulis, Merancang, dan Mengumpulkan Data dengan Efektif" |
25 | 2024 | Visiting Lecturer "Mewujudkan Mahasiswa berprestasi, Aktif, Semangat, Menarik, Inspiratif, dan Kiat Jitu Menulis Skripsi" |
26 | 2024 | Peningkatan Kapasitas Kompetensi Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas |
27 | 2024 | Seminar Pendidikan: Prepare Your Thesis! Kupas Tuntas Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Mix Method |
28 | 2024 | Kegiatan Seminar Pendidikan "Menuju Profesional Guru" |
29 | 2024 | Pelatihan "Mahasiswa Cerdas Menyelesaikan Tugas Akhir Karya Tulis Ilmiah" |
30 | 2024 | Webinar "Strategi Sukses Menaklukan Skripsi" |
31 | 2024 | Seminar "Meningkatkan Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Guru Sekolah Dasar Sekecamatan Batang Natal" |
32 | 2023 | Workshop Kepenulisan Penelitian Kualitatif |
33 | 2023 | Pelatihan Penelitian "Mixed Method pada Pendidikan Dasar" khusus untuk kelas VIII SMP dan X SMA |
34 | 2023 | Pelatihan materi dengan topik “Research and development pada penelitian pendidikan dasar”. |
35 | 2023 | Dosen Pembimbing Program Kegiatan Short Course Pelatihan Pengembangan Kompetensi Dosen (PKDP) |
Memberi pelayanan kepada masyarakat | ||
36 | 2024 | Dosen Pembimbing Lapangan pada Uji Kompetensi Lapangan/ Field Study Mahasiswa Semester Genap Magister |
37 | 2018 | Pembimbingan Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika pada Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 bagi siswa kelas X dan kelas XI di MAN 3 Bantul (MAN Wonokromo) |
38 | 2018 | Tryout dan Bimbingan Belajar Persiapan Ujian Nasional MTs Mata Pelajaran Matematika di MTs N 7 Bantul (MTs N Piyungan Bantul |
39 | 2017 | Pembimbingan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integrasi-Interkoneksi Periode III (Semester Pendek) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2016/2017 Angkatan ke-93 di Selopamioro Imogiri Bantul |
40 | 2017 | Pembimbingan Persiapan Menghadapi Olimpiade Matematika pada Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri 1 Yogyakarta (MTs N Yogyakarta 2) |
41 | 2016 | Pendampingan Tim Olimpiade dan Science Club pada Semester Genap Tahun Akdemik 2016/2017 bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta I v |
42 | 2016 | Tryout dan Bimbingan Belajar Persiapan Ujian Nasional SMK Mata Pelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah Wonosari |
43 | 2015 | Bimbingan belajar persiapan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs LAB UIN Yogyakarta |
44 | 2015 | Pendampingan Tim Olimpiade dan Science Club pada Semester Gasal Tahun Akdemik 2015/2016 bagi siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta I |
Menulis Karya Pengabdian | ||
45 | 2022 | Identifikasi Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang |
46 | 2022 | Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan |
47 | 2022 | Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phytagoras dan Lingkaran |
Recognisi
No
Tahun
Karya
Menjadi anggota organisasi profesi
1
2023
Anggota Asosiasi Perkumpulan Dosen PGMI
Menjadi invited speaker
2
2022
Speaker at the International Conference of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics with the theme "21st Century Mathematical Competency Assessment Models" . Pada Pertemuan Internasional Conferece of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
Narasumber
3
2022
Speaker at the International Conference of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics with the theme "21st Century Mathematical Competency Assessment Models" . Pada Pertemuan Internasional Conferece of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Menjadi anggota organisasi profesi | ||
1 | 2023 | Anggota Asosiasi Perkumpulan Dosen PGMI |
Menjadi invited speaker | ||
2 | 2022 | Speaker at the International Conference of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics with the theme "21st Century Mathematical Competency Assessment Models" . Pada Pertemuan Internasional Conferece of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education |
Narasumber | ||
3 | 2022 | Speaker at the International Conference of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics with the theme "21st Century Mathematical Competency Assessment Models" . Pada Pertemuan Internasional Conferece of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education |