UKM UIN Sunan Kalijaga Menyemarakkan Malam Inaugurasi PBAK

Sebanyak 20 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UIN Sunan Kaliajaga melakukan performen menutup serangkaian acara kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi Mahasisswa baru Tahun 2023. 24/8/2023, di Gedung Prof. H.M. Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga.

Tontonan yang apik dari berbagai UKM disampaikan pada saat Malam Inaugurasi bagi PBAK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2023. Dalam sambutannya Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si. menyampaikan bahwa Malam Inaugurasi menandai usainya kegiatan PBAK selama 3 hari (21-24/8/2023). Dr. Abdur Rozaki mengucapkan terima kasih kepada Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, para Wakil Dekan serta Panitia yang sudah luar biasa serta kerja keras selama ini dengan hasil kegiatan PBAK dapat berjalan lancar, aman dan membahagiakan.

“Malam ini setelah pengenalan kampus saatnya kita berbagi kesenangan dan kita akan melihat penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), 20 UKM UIN Sunan Kalijaga. Ada UKM bidang olah raga, seni, akademik,bahasa, dan entrepreneur, tampil membuat performen untuk anda semua Mahasiswa baru. Kita berharap nanti Mahasiswa baru menyenangi bakatnya dimana, dan nanti bisa langsung berkomunikasi ke ketua UKM yang akan dipilih,” ungkap Dr. Abdur Rozaki.

Malam inaugurasi ini adalah malam kita saling akrab satu sama lain, malam yang buat kita saling bercengkrama, penuh keakraban sehingga kita semakin bangga menjadi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Dan juga UIN Sunan Kalijaga setiap tahunnya juga mempunya event Sunan Kalijaga Prestasi yaitu memberi penghargaan untuk Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang mempunyai prestasi. Kegiatan tersebut akandilaksanakan pada awal Desember tahun ini. Mahasiswa baru sekarang harus bersibuk diri untuk memperoleh prestasi, sibuk beraktifitas untuk mengharumkan nama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, imbuhnya.

Performen pertama adalah kolaborasi dari berbagai UKM yang ada di UIN Sunan Kalijaga. Dengan lagu-lagu yang apik diiringi dengan gamelan dari 3 Mahasiswi aktifis UKM yang dengan lincahnya menyajikan pukulan-pukulan gamelan yang sangat energik dan lincah serta mempesona.

Dilanjutkan dengan UKM Koperasi Mahasiswa yang menampilkan melalui video tentang kegiatan dan supermarketnya di KOPMA, serta disampaikan bahwa yang ada di kopma bukan hanya kantornya, swalayannya namun juga ada POS JNE sehingga Mahasiswa tidak perlu jauh-jauh bila akan mengirim paket ke berbagai kota dan daerah.

Dilanjutkan dengan performance dari Karate UKM INKAIyang memukau denga atraksi nan apik dengan kekuatan yang energik. UKM Pramuka menampilkan tarian semaphore dengan lincahnya dengan benderanya serta gerakan Tarian Nusantara yang rancak baik lagu dari Papua, Kalimanatan, Sumatera, Jawa, Sumatera, Bali serta Sunda.

Dilanjutkan UKM Kalimasada yang menyampaikan wayang yang ditokohi oleh Semar dan kawan-kawannya. Semar adalah simbul orang tua yang bijaksana dan mengingatkan bahwa wong urip itu mung mampir ngombe -manusia hidup di dunia itu hanyalah untuk mampir minum, maka minumlah dengan yang baik-baik untuk keberkahan hidup. Dalam cerita Mahasiswa Baru juga diingatkan untuk menggunakan waktu yang berguna dan bijak dalam menggunakan teknologi, bukan untuk hawa nafsu tetapi harus menggunakan teknologi dengan bijaksana. Serta Petruk memberi wejangan untuk tertap mengedepankan toto kromo dan prihatin atas lunturnya “unggah-ungguh” jari-jarinya saat men-chat Dosen atau yang lebih tua untuk menulis yang baik dan sopan. Jangan seperti Bagong yang memberi jawaban tidak baik saat ditanya Romo Semar, artinya tidak punya toto kromo dengan orang tua.

Sedangkan UKM MENWA menampilakan drum band dan UKM Cepedi yang menampilkan silat klasik nan apik. Dengan properti yang agak menyeramkan dengan tongkat serta pisau, namun dengan kelincahan serta profesional para Mahasiswa UKM Cepedi tentu tidak melukai.

UKM Lingkar Seroja dan UKM EXACTperforman drama dengan menyampaikan untuk tidak bergaul bebas karena menyesal di akhir tiada berguna.

UKM Al Mizan tentu berkisar kegiatannya di tilawah, tahfidz dan kaligrafi dan dengan waktu yang singkat menelurkan kaligrafi yang luar biasa. Serta UKM Teater Eska membaca puisi dengan kritikan tentang keadaan, dan yang membuat menegangkan adalah saat UKM Jamaah Cinema Mahasiswa (JCM) dengan video film yang membuat merinding dan ternyata printer yang print sendiri berbunyi permintaan fasilitas kepada Rektor sehingga membuat penonton tertawa.

Dan malam inagurasi Mahasiswa baru Tahun 2023 ditutup dengan kolaborasi UKM dan flaying fox oleh UKM MAPALASKA meluncurlah dari atas penonton dan turun di tengah-tengah penonton. Selamat Datang Kalijaga Muda, di Tanganmu-lah Masa Depan Bangsa Diperjuangan! (RTM, Alfan, Faozi)