LP3H UIN Sunan Kalijaga Anugerahkan Reward bagi Pendamping PPH Terbaik

Halal Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sukses mengadakan Silaturahmi Nasional dan Monitoring Pendamping PPH (Proses Produk Halal) UIN Sunan Kalijaga di University Hotel Yogyakarta, Senin 28 Agustus 2023. Dihadiri oleh sekitar 250 Pendamping PPH yang berada di bawah naungan LP3H (Lembaga Pendamping Proses Produk Halal) UIN Sunan Kalijaga dari berbagai wilayah, baik DIY maupun luar DIY. Tidak hanya sebatas pertemuan silaturahmi, tapi juga pemberian reward bagi Pendamping PPH dengan capaian di atas 1.000 sertifikat halal mulai dari bulan Januari sampai Agustus 2023.

Ada 7 Pendamping PPH yang berhasil menunjukkan kerja keras dan ketekunan dalam membantu UMK di seluruh wilayah Indonesia untuk memperoleh sertifikat halal; Bapak Enden Primandhika sejumlah 3.134 Sertifikat Halal, Ibu Siti Harnanik dengan pencapaian sejumlah 2.523 Sertifikat Halal, Bapak Dede Suherlan dengan pencapaian sejumlah 2.266 Sertifikat Halal, Bapak Agus Susilo dengan pencapaian sejumlah 2.172 Sertifikat Halal, Ibu Rizki Ismiati Amalia dengan pencapaian sejumlah 2.021 Sertifikat Halal, Bapak Badrujaman dengan pencapaian sejumlah 1.349 Sertifikat Halal, dan Ibu Tri Wahyu Sulistyawati, S.TP dengan pencapaian sejumlah 1.033 Sertifikat Halal.

Dalam sambutannya, Dr. Imelda Fajriati, M.Si, Ketua Halal Center UIN Sunan Kalijaga memberikan apresiasi tinggi serta ucapan terima kasih kepada seluruh Pendamping PPH, sebanyak 2.700 Pendamping yang telah terdaftar dan bernaung di LP3H UIN Sunan Kalijaga. Lebih lanjut beliau menyampaikan,“Amanat UU No 33 Tahun 2014 melahirkan kebijakan fasilitas program sertifikasi halal gratis (SEHATI). Program ini tidak akan berhasil tanpa dukungan kinerja tinggi dari para Pendamping PPH. Peran Pendamping PPH sangatlah penting dalam keberhasilan memperoleh capaian sertifikat halal ini.” Demikian Beliau mengakhiri sambutan disambut tepuk tangan meriah para Pendamping PPH.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. H. Al Makin, S.Ag., M.A.. Turut memberi sambutan Bapak Rulli Nuryanto, S.E., M.Si. selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kemenkop dan UKM RI dan Bapak Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. selaku Kepala Kanwil Kemenag DIY yang juga mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan pendampingan halal dapat membantu dalam penguatan ekonomi UMKM, sesuai harapan Pemerintah yakni mewujudkan kemudahan perizinan berusaha dan mensukseskan halal mandatory di tahun 2024 bagi produk makanan dan minuman. (RTM, Apriani, Diky, Faozi)