UIN YOGYAKARTA IKUTI PELATIHAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN LAKUKAN KERJASAMA DENGAN KIRIKKALE UNIVERSITY, TURKIYE

Kirikkale (28/11). Kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence/AI) bukan saja menjadi peluang bagi masa depan perguruan tinggi tetapi juga dapat menjadi ancaman sekaligus tantangan bagi mutu pendidikan. Untuk mengantisipasi kerusakan mutu pendidikan pada masa depan karena kehadiran AI, UIN Sunan Kalijaga mengikuti Pelatihan Artificial Intelligence yang diselenggarakan oleh Kirikkile University, Turkiye.

" Artificial Intelligence ini ingin kami lihat sebagai peluang bukan ancaman bagi masa depan pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di lingkungan PTKIN", jelas Prof. Al Makin Rekror UIN Sunan Kalijaga.

Selain itu, pelatihan AI di Kirikkale University Turkiye juga dimaksudkan untuk tindak lanjut berbagai potensi kerjasama dan kolaborasi lainnya.

"Persahabatan Indonesia dan Turkiye sudah terjalin hangat sejak lama. Bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia pada era Ottoman hingga saat ini Turkiye merupakan pelopor pengembangan ilmu pengetahuan", tambah Prof. Al Makin.

Sementara itu Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof. Iswandi Syahputra menjelaskan, pelatihan ini dirancang agar berkontribusi untuk redisain kurikulum.

"Dunia kerja saat ini juga dikelola berbasis AI. Kita ingin lulusan UIN Yogya juga dapat beradaptasi dan berelasi positif dengan AI agar tidak kaget saat memasuki dunia kerja mereka nanti".

Beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan AI tersebut antara lain Artificial Intelligence: Past, Present and Future disampaikan oleh Prof. Dr. Serkan Savaş, Artificial Intelligence in Education and Social Sciences disampaikan oleh Prof.Dr. Fuat Türk, Artificial Intelligence in the Digital Learning Era: Innovation with Generative AI Tools disampaikan oleh Prof. Dr. Serhat AlTok dan Prof. Dr. Erman Yükseltürk, Applications of Artiicial Intelligence in Production and Service Sectors disampaikan oleh Prof.Dr. Adnan Aktepe dan materi lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi UIN Sunan Kalijaga diterima langsung dengan sangat ramah dan hangat oleh Rektor Kiirikale University Prod. Ersan Aslan dan jajaran lengkap di kantornya. Tampak hadir hingga workshop AI selesai Wakil Rektor Kiriikale University, Prof. Dr. Mehmet Başalan dan Prof. Dr. Erol Yılmaz, Sekretaris Jenderal Dr. Şevket Evci dan Kepala Hubungan Luar Negeri Dr. Zeynep Başer juga hadir selama kunjungan tersebut.

Dalam kunjungan yang berlangsung dalam suasana hangat dan bersahabat tersebut, Prof. Ersan Aslan menyampaikan berbagaikajian nasional dan internasional yang sedang dilakukan di bidang akademik, sektoral, sosial dan budaya.

"Kami akan dengan senang hati memperkuat ikatan sejarah dan budaya antara kedua negara melalui studi berbasis proyek yang akan dilakukan antara kedua universitas. Universitas kami merupakan basis produksi industri pertahanan di Turki", jelas.Prof. Aslan.

Usai pelatihan kedua delegasi membahas dan sepakat melakukan beberapa proyek kerjasama lintas bidang.berbasis AI. Beberapa proyek kerjasama tersebut antara lain riset kolaborasi berbasis AI, promosi PT berbasis AI, pemetaan karir alumni berbasis AI, dan sejumlah proyek kerjasama lainnya.

Delegasi UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Prof. Abdul Munip (Wakil Dekan I FiTK), Prof. Zuhri (Wakil Dekan I FUPI), Prof. Misnen Ardiansyah (Wakil Dekan I FEBI), Prof. Shofwatul 'Uyun (Wakil Dekan I FST), Dr. Ubaidillah (Wakil Dekan I FADIB), Dr. Irsyadunnas (Wakil Dekan I FDK), Dr. Samsul Hadi (Wakil Dekan I FSH) dan Dr. Sulistyaningsih (Wakil Dekan I FISHUM).