Rektor UIN Sunan Kalijaga Resmikan GOR/ Bulu Tangkis (Sport Center) UIN Sunan Kalijaga

Fasilitas Olah Raga di kampus UIN Sunan Kalijaga bertambah lagi. Yakni Gedung Olah Raga (GOR)/Lapangan Bulu Tangkis (Sport Center) bertempat di lingkungan kampus sayap timur, menjadi satu kompleks dengan gedung fasilitas olah raga lainnya. Setelah melalui pembangunan selama 102 hari efektif, gedung tersebut diresmikan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. H. Al Makin, 12/1/2023.

Peresmian ditandai dengan pemakaian perdana pertandingan bulutangkis oleh jajaran pimpinan UIN Sunan Kalijaga bersama civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Seremonial peresmian antara lain dihadiri, jajaran pimpinan Rektorat, Dekanat, Direktur Pascasarjana, Senat Universitas, pimpinan unit dan lembaga, para kepala Biro, para pejabat yang lainnya di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, perwakilan dari PT. Mitra Karya Utama sebagai kontraktor pembangunan gedung, dan perwakilan dari CV. Wastu Aponama sebagai konsultan pengawas.

Proyek pembangunan GOR/Lapangan Bulutangkis UIN Sunan Kalijaga ini dibangun pada akhir tahun 2023 dengan menggunakan dana BLU. Yang merupakan wujud komitmen pimpinan dalam menyediakan fasilitas pengembangan bakat dan minat Mahasiswa, dan juga pembinaan jasmani civitas akademika UIN Sunan Kalijaga.

Dalam sambutannya mengawali pemakaian perdana, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. H. Al Makin antara lain menyampaikan, rasa syukur atas selesainya pembangunan GOR. “Gedung ini diperuntukkan civitas akademika UIN Sunan Kalijaga: para Dosen, Tentik, para Mahasiswa. Alhamdulillah ini sudah kita bangun bersama sama; lapangan badminton UIN Sunan Kalijaga. Ada dua line, warnanya biru dan hijau sesuai dengan warna kita. Silahkan dinikmati, silahkan dimanfaatkan dengan berolahraga kita sehat. Dan kalu anda ada masalah datang aja kesini bisa futsal, bisa badminton, bisa tenis, meja pingpong juga banyak. Setiap hari Jum’at, mulai jam 8 silahkan datang ke gedung badminton. Mari sehat bersama dengan berolahraga,” demikian ungkap Prof. Al Makin.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (AUK), Dr. Ali Sodiq menambahkan, setelah sekian lama kita tidak memiliki lapangan badminton, alhamdulilah saat ini UIN Sunan Kalijaga telah memiliki lapangan badminton yang dibangun sejak 4 september 2023. “Mari kita olah raga terutama civitas akademika untuk menuju sehat semuanya sehat lahir sehat batin.mari kita main badminton ,” ungkap Ali Sodiq.

Sementara itu Kabag. Umum UIN Sunan Kalijaga selaku PPK, Radiman , S.T., M.T. dalam laporannya menyampaikan, pembangunan gedung olah raga sarana olahraga lapangan bulu tangkis UIN Sunan Kalijaga tahun 2023 menggunakan sumber dana BLU tahun 2023. Nilai total pembangunan fisik gedung ini kurang lebih senilai Rp 2.500.000.000. Pelaksanan pembangunan berjalan dengan lancar dalam waktu kurang lebih 102 hari. Pelaksanan pembangunan adalah kontraktor PT. Mitra Karya Utama. Pelaksana konsultan perencana adalah CV. Karya sejati . Konsultan pengawas adalah CV. Wastu Anopama . Gedung ini di bangun dalam rangka untuk memberikan fasilitas kegiatan olah raga pada civitas akademik UIN Sunan Kalijaga. Kontruksi pekerjaan pembangunan terdiri dari pekerjan persiapan, pekerjanan arsitektur, pekerjaan kontraktor dan pekerjan mekanikal elektrikal. Fasilitas yang ada di dalam GOR /lapangan bulutangkis ini adalah lapangan dua line. Fasilitas pendukung lainya: toilet ada dua yaitu untuk putra dan putri, fasilitas ruang ganti, juga ada Gudang. “Alhamdulillah pelakasnaan didukung oleh semua pihak. Pimpinan UIN Sunan Kalijaga selalu support,” ungkap Radiman. Pihaknya berharap GOR ini dapat dimanfaatkan civitas akademika UIN Sunan Kalijaga menuju sehat bersama dan dapat meningkatkan pendapatan BLU menuju kesejahteraan bersama.

Ketua Senat Universitas, Prof. Kamsi menyambut baik ajakan Rektor untuk menggelorakan olah raga. Disampaikan Prof. Kamsi, munculnya bangunan ini atas campur tangan negara, maka perlu perawatan yang baik. Pihaknya berharap dapat dimanfaatkan maksimal, sehingga dapat menghasilkan pendapatan BLU agar mendukung perawatan. “Mari mulai hari iki civitas akademika UIN Sunan Kalijaga aktif berolah raga, dengan bahadia dan gembira,” ajak Prof. Kamsi. (tim humas)