PMB UIN SUNAN KALIJAGA SOSIALISASI SPAN-UM PTKIN TAHUN 2024

Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) sudah mulai dibuka untuk siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang duduk di kelas terakhir tahun 2024. Seleksi ini berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio, tanpa ujian tertulis. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga siswa tidak dipungut biaya pendaftaran.

Mengawali proses pelaksanaan SPAN-PTKIN, ADMISI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan acara Sosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2024 di Gedung Prof. RHA. Soenarjo Lantai 1, kampus setempat, yang dihadiri Kepala Sekolah/Madrasah dan Guru BK SMA/SMK/MA se-DIY, Senin (26/02/24). Hadir pada agenda Penerimaan Mahasiswa Baru kali ini, Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Kalijaga, Prof. Iswandi Syahputra, ketua ADMISI UIN Sunan Kalijaga, Dr. Ir. Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom. beserta Tim Kerja ADMISI, juga Ketua Asosiasi Guru se-DIY, yang juga Guru MAN 2 Yogyakarta, Singgih Sampurno, S.Pd., M.Pd.

Prof. Iswandi dalam sambutan mengawali acara sosialisasiantara lain menyampaikan, ada banyak jalur untuk bisa menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. SPAN – UM PTKIN hanya salah satu jalur saja. Masih banyak jalur lainnya yang dapat memberikan strategi bagi calon mahasiswa yang serius ingin masuk ke UIN Sunan Kalijaga. SPAN – UM PTKIN menjadi jalur masuk dari Prodi-Prodi Keagamaan. Sementara untuk Prodi Umum dapat melalui SNBP yang menyediakan kuota 20 %, SNBT yang menyediakan kuota 15 %, keduanya berbasis sistem, kompetinya nasional, bersamaan dengan universitas negeri se-Indonesia.

Jadi Prodi-Prodi Umum di UIN Sunan Kalijaga, kualitasnya sudah sejajar dengan universitas ternama di Indonesia seperti UGM, ITB atau UI. Malah UIN Sunan Kalijaga memiliki keunggulan kompetitif. Seperti Prodi Komunikasi akreditasinya sudah Unggul ditambah Akreditasi Internasional dari FIBAA. Jalur Prodi – Prodi Keagamaan; SPAN - PTKIN menyediakan kuota 30%, UM - PTKIN 50 %. Ada lagi jalur mandiri, yang memiliki banyak jalur diantaranya keberagamaman, 3 T ( daerah Terluar, Tertinggal, Terdalam), dan lain-lain.

Disampaikan Prof. Iswandi Syahputra, setiap sekolah harus memikirkan keterserapan siswanya untuk dapat masuk ke Perguruan Tinggi bermutu. Jangan sampai siswanya salah masuk Perguruan Tinggi. Sehingga dapat merugikan siswa yang bersangkutan, maupun sekolahnya. UIN Sunan Kalijaga menjadi salah satu pilihan terbaik, karena keunggulan yang dimiliki yakni Akreditasi Unggul dan Internasional. ADMISI UIN Sunan Kalijaga akan memberikan kunci kunci rahasia untuk dapat lolos seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga.

Prof. Iswandi juga menyampaikan 6 poin penting yang dapat menjadi pertimbangan para siswa, kenapa harus memilih UIN Sunan Kalijaga menjadi pilihan pertama. Yang pertama; UIN Sunan Kalijaga merupakan PTKIN tertua di Indonesia, yang telah berdiri 26/9/1956. Baru menyusul UIN Jakarta dan yang lainnya yang jumlahnya 58 PTKIN. Kedua, UIN Sunan Kalijaga memiliki tradisi keilmuan Integrasi Interkoneksi, yang mengedepankan nilai-nilai ke-Islaman yang Rahmatan Lil Alamin dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, UIN Sunan Kalijaga memiliki 44 Prodi Sarjana (19 Prodi Umum, 25 Prodi Keagamaan), 19 Magister, 6 Doktor, dan 1 profesi guru/ppg, yang hampir semuanya terakreditasi Unggul (40 Prodi) dan Internasional FIBAA (18 Prodi)dan AUN- QA (18 Prodi), Sisanya berproses akreditasi internasional. Keempat; Fasilitas memadai, contohnya: Perpustakaan yang memiliki koleksi dan fasilitas terlengkap di tingkat global, Laboratorium dengan fasilitas lengkap, serta ruang kuliah yang representatif, dilengkapi fasilitas olah raga di luar gedung dan di dalam gedung yang luas dan sejuk. Kelima; UIN Sunan Kalijaga akan membuka kampus II di Pajangan, yang akan menjadi pusat pengembangan pendidikan tingkat perguruan tinggi. Keenam; UIN Sunan Kalijaga memiliki budaya mutu dan unggul. 95% Dosen tersertifikasi, 80%-nya merupakan guru besar dan Dosen Profesional tingkat ASIA. Kuota Mahasiswa tidak lebih dari 5.000 mahasiswa setiap tahun adalah untuk menjaga mutu lulusan. UKT-nya termurah se-Indonesia, tapi kualitas tinggi, dengan lingkungan pembelajaran yang multikultural. UIN Sunan Kalijaga juga memiliki budaya mahasiswa juara. Setiap tahunnya ratusan mahasiswa dapat meraih juara dalam kompetisi – kompetisi di tingkat nasional maupun dunia, yang selalu dirilis menjadi buku Anugerah Prestasi Mahasiswa (1 tahun 1 jilid). ”Maka masuk UIN Sunan Kalijaga insyaallah sukses dan berkah dunia akhirat,” ungkap Prof. Iswandi Syahputra.

Sementara itu, Aulia Faqih menjelaskan, mengawali pelaksanaan SPAN-UM PTKIN, dilakukan pengisian data oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tanggal 22 Januari hingga 10 Februari 2023 melalui laman https://pdss.ptkin.ac.id. Saat ini, siswa yang sudah terdaftar di PDSS dapat melakukan pendaftaran sampai dengan 15 Maret 2023 melalui lamanhttps://siswa.ptkin.ac.idmenggunakan NISN dan email aktif. Kemudian validasi akan dikirim ke email siswa. Siswa yang akan mendaftar, login kembali pada lamanhttps://siswa.ptkin.ac.iduntuk mengecek data dan nilai rapor yang telah diisikan di PDSS. Jika terdapat data dan nilai yang salah, siswa dapat menghubungi pihak sekolah. Selanjutnya siswa menguploadrapor kelas 10 (semester 1 & 2 ), kelas 11 (semester 1 & 2), dan kelas 12 (semester 1), serta prestasi tambahan.

“Siswa dapat memilih 2 (dua) PTKIN dengan memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Setelah semua proses selesai, jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran. Hasil seleksi jalur SPAN-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 2 April 2024 pada laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran,” ujar Ketua Pusat Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lebih lanjut Aulia Faqih menjelaskan, bahwa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan PTKIN pertama yang terakreditasi UNGGUL dan menjadi Perguruan Tinggi dengan pendaftar terbanyak jalur SPAN-PTKIN tahun 2022 dan 2023. Pada tahun 2024, UIN Sunan Kalijaga menyediakan daya tampung sebanyak 4.775 kuota untuk mahasiswa baru dari semua jalur. Sementara untuk jalur penerimaan nasional SPAN PTKIN, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota sebanyak 575 kursi dan kuota lebih besar pada jalur UM-PTKIN sebanyak 1.439 kursi.

Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai rapor dan portofolio, proses seleksi pada jalur Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diikuti oleh lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/sederajat tahun 2022, 2023, dan 2024.

”Pada tahun 2024, UM-PTKIN diselenggarakan secara luring di PTKIN Titik Lokasi Ujian yang dipilih oleh peserta dan menggunakan aplikasi SSE. SSE ini merupakan aplikasi ujian yang menggunakan komputer (PC/Laptop). Jadi, pelaksanaan ujian tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban,” kata Aulia.

Pendaftaran jalur UM-PTKIN pada laman https://um.ptkin.ac.id akan dibuka pada tanggal 17 April 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 dengan pilihan maksimal 3 (tiga) prodi. Peserta wajib melakukan finalisasi pendaftaran hingga cetak kartu peserta ujian SSE sampai dengan tanggal 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Untuk ujian SSE akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni – 30 Juni 2024, sesuai dengan tanggal dan titik lokasi yang tertera di kartu. Peserta akan diberikan materi ujian yang terdiri dari tes potensi akademik, penalaran matematika, literasi membaca, dan literasi ke-Islaman. Hasil ujian akan diumumkan tanggal 8 Juli 2024.

Ada 44 program studi sarjana yang ada di UIN Sunan Kalijaga, terdiri dari 19 program studi umum dan 25 program studi kegamaan. Adapun kuota yang tersedia untuk 19 program studi keagamaan yang bisa dipilih melalui jalur SPAN-UM PTKIN 2024, sebagai berikut:

  1. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
  • Bahasa dan Sastra Arab (A), Kuota SPAN : 26; UM-PTKIN : 65
  • Sejarah dan Kebudayaan Islam (A) : Kuota SPAN : 24, UM-PTKIN : 60
  1. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  • Bimbingan dan Konseling Islam (Unggul), Kuota SPAN : 19, UM-PTKIN : 48
  • Pengembangan Masyarakat Islam (Unggul), Kuota SPAN : 18, UM-PTKIN : 45
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam (A), Kuota SPAN : 23, UM-PTKIN : 58
  • Manajemen Dakwah (A), Kuota SPAN : 18, UM-PTKIN : 45
  1. Fakultas Syariah dan Hukum
  • Hukum Keluarga Islam (Unggul), Kuota SPAN : 30, UM-PTKIN : 75
  • Hukum Tata Negara (Unggul), Kuota SPAN : 30, UM-PTKIN : 75
  • Hukum Ekonomi Syariah (Unggul), Kuota SPAN : 30, UM-PTKIN : 75
  • Perbandingan Mazhab (A), Kuota SPAN : 20, UM-PTKIN : 50
  1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Pendidikan Agama Islam (Unggul), Kuota SPAN : 24, UM-PTKIN : 60
  • Pendidikan Bahasa Arab (Unggul), Kuota SPAN : 20, UM-PTKIN : 50
  • Manajemen Pendidikan Islam (Unggul), Kuota SPAN : 20, UM-PTKIN : 50
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Unggul), Kuota SPAN : 20, UM-PTKIN : 50
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Unggul), Kuota SPAN : 18, UM-PTKIN : 45
  1. Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
  • Aqidah dan Filsafat Islam (Unggul), Kuota SPAN : 16, UM-PTKIN : 40
  • Studi Agama-Agama (Unggul), Kuota SPAN : 14, UM-PTKIN : 35
  • Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (Unggul), Kuota SPAN : 30, UM-PTKIN : 75
  • Ilmu Hadis (Unggul), Kuota SPAN : 24, UM-PTKIN : 60
  • Sosiologi Agama (A), Kuota SPAN : 17, UM-PTKIN : 43
  • Studi Islam (Proses), Kuota SPAN : 6, UM-PTKIN : 15
  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Perbankan Syariah (Unggul), Kuota SPAN : 32, UM-PTKIN : 80
  • Manajemen Keuangan Syariah (Unggul), Kuota SPAN : 32, UM-PTKIN : 80
  • Akuntansi Syariah (Unggul), Kuota SPAN : 32, UM-PTKIN : 80
  • Ekonomi Syariah (A), Kuota SPAN : 32, UM-PTKIN : 80

Selain jalur nasional SPAN-UM PTKIN, saat ini juga sedang berlangsung pendaftaran jalur nasional Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang akan ditutup tanggal 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIB dan dilanjutkan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada tanggal 21 Maret – 5 April 2024 untuk pilihan prodi umum.

UIN Sunan Kalijaga juga membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri melalui web http://admisi.uin-suka.ac.id setelah melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri. Jalur Mandiri merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga untuk pilihan program studi umum maupun keagamaan. Jalur Mandiri dapat diikuti oleh pendaftar Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu'adalah atau Paket C yang setara tahun 2024, 2023, 2022, dan 2021.

Terdapat 3 (tiga) jenis seleksi, yaitu:

  1. Prestasi

Mandiri Prestasi merupakan seleksi bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi individu juara 1-3 tingkat nasional di bidang non akademik, seperti: seni, olahraga, maupun keagamaan dengan bukti sertifikat/piagam yang dikeluarkan oleh Kementerian atau Lembaga Negara Republik Indonesia selama di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Atau prestasi yang berupa hafalan Al-Qur’an minimal 26 Juz yang dibuktikan dengan sertifikat/syahadah tahfidz. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari tanggal 3 April - 25 Juni 2024 dan verifikasi pada tanggal 1 – 4 Juli 2024. Sementara, pengumuman hasil jalur Mandiri Prestasi pada 11 Juli 2024.

  1. Computer-Based Test (CBT)

Mandiri CBT merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian online menggunakan sistem operasi Android. Seleksi CBT dilakukan dari rumah menggunakan ponsel dan data internet yang telah disediakan oleh peserta ujian. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari tanggal 3 April – 19 Juli 2024 dan seleksi pada 16 – 24 Juli 2024. Sementara, pengumuman hasil CBT pada 31 Juli 2024.

  1. Portofolio

Jalur Mandiri Portofolio, terdiri dari:

  • Portofolio Keberagaman untuk calon mahasiswa Non Muslim atau calon mahasiswa dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Adapun jadwal pendaftaran Portofolio Keberagaman dibuka dari tanggal 3 April – 25 Juni 2024 dan verifikasi pada 1 – 4 Juli 2024. Hasilnya akan diumumkan pada 11 Juli 2024.

  • Portofolio Khusus Difabel Calon Mahasiswa dengan menyertakan “Surat Keterangan Disabilitas” dari dokter/psikolog serta menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) untuk melakukan konsultasi peminatan dan pemilihan program studi. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari tanggal 3 April – 19 Juli 2024, seleksi pada 16 – 24 Juli 2024, dan pengumumannya pada 31 Juli 2024.

  • Portofolio Mahasiswa Asing bagi calon mahasiswa baru luar negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari 3 April - 19 Juli 2024 dan seleksi pada 16 – 24 Juli 2024. Hasilnya diumumkan pada tanggal 31 Juli 2024.

  • Portofolio Skor UTBK-SNBT/UM-PTKIN dengan menggunakan nilai UTBK-SNBT atau nilai UM-PTKIN tahun 2024. Jadwal pendaftaran dibuka dari tanggal 13 Juni – 19 Juli 2024 dan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2024.

Informasi lebih lanjut mengenai PMB UIN Sunan Kalijaga tahun 2024 bisa diaksesmelalui situshttps://admisi.uin-suka.ac.id/, layanan telepon +62274-558254,WhatsApp +6281-7230-2020, media sosial@uinsk, saluran Telegram https://t.me/PMBS1UINSK, dan melalui kanal Youtube UIN Sunan Kalijaga.