Menghadapi Dunia Kampus: PBAK UIN Sunan Kalijaga Dimulai dengan Shalat Duha dan Sesi Inspiratif


PBAK UIN Sunan Kalijaga Dimulai dengan Shalat Duha dan Sesi Inspiratif
Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dimulai pada Selasa (20/08/2024). Hari pertama dibuka dengan Shalat Duha bersama di Laboratorium Agama. Acara kemudian dilanjutkan dengan Sarasehan PBAK yang menghadirkan Dr. Fahruddin Faiz sebagai narasumber.

Dr, Fakhruddin Faiz adalah Dosen Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga. Dr. Fakhruddin Faiz juga merupakan filsuf muda yang penjelasan filsafatnya mudah dipahami dan banyak mengupas tentang nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Sehingga banyak menginspirasi orang untuk selalu belajar dan berbuat baik. Dr. Fakhruddin Faiz menjadi pengisi materi kajian filsafat di Masjid Jenderal Sudirman Yogyakarta yang diberi nama Ngaji Filsafat, hingga dijuluki sebagai Filsuf Muslim yang menginspirasi. Ratusan bahkan ribuan video kajian filsafatnya tersebar luas di berbagai platform media sosial, mulai dari Youtube, Tik Tok, Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Dalam sesi tersebut, Dr. Fahruddin Faiz menggarisbawahi pentingnya Mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kampus dengan kesadaran yang kritis. Mahasiswa diharapkan tidak hanya pasif, apatis, atau sekedar menerima apa adanya, melainkan aktif dalam berpikir dan siap untuk melakukan perubahan.

Orientasi ideal Mahasiswa, menurut Fakhruddin Faiz, seharusnya adalah hidup yang berarti dan berkontribusi, bukan hanya mengejar kesenangan semata, sukses material, sukses cita-cita, atau kehidupan yang sekedar lebih baik secara materi. Selain itu, seharusnya tertanam juga pada diri setiap Mahasiswa, untuk selalu berusaha menjalin relasi dengan siapapun berdasarkan rasa peduli dan cinta yang tulus untuk meraih kehidupan yang lebih bermakna, bukan sekedar kewajiban, pamrih, atau kebutuhan semata.
Acara ini bertujuan untuk menyiapkan Mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan menjalani kehidupan akademik dengan penuh makna.

Selanjutnya, sejumlah 4.552 Kalijaga Muda didampingi panitia fakultas diberangkatkan menuju Gedung Multipurpose untuk mengikuti secara serimonial pembukaan PBAK dan sejumlah kegiatan lainnya. (Tim Humas)