Empat Mahasiswa Fakultas Saintek UIN Suka Sumbangkan Prestasi Nasional Untuk DIY

Empat mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga berhasil menyumbangkan 2 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu untuk Propinsi DIY, bersama beberapa universitas lain di lingkungan DIY dalam kompetisi link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition Arubalympics, yang diselenggarakan oleh Aruba bekerja-sama dengan Aptikom dan Ekoji Academy, belum lama ini.

Empat mahasiswa tersebut; Fayyadh Aunilbarr, Nofri Rhamawati, Ade Umar Ramadhan, dan Syauqi Billah Ghifari, bersama delegasi perwakilan dari beberapa perguruan tinggi di lingkungan DIY (masing-masing perguruan tinggi diwakili oleh empat orang mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika atau Prodi yang serumpun), mengikuti kompetisi nasional dengan jumlah peserta 350 perguruan tinggi se-Indonesia dari 34 propinsi. Kepada humas, Nofri Rhamawati menjelaskan, sebelum kompetisi berlangsung, semua delegasi mengikuti pembelajaran secara virtual selama 9 hari (5 sd. 14/7/2020), meliputi; The New Campus Wireless Standard Wifi, Next Generation IT Experience with CX Switch , Remote Teaching and Learning Solution, Network First Line Defense of Cyber Threat, Beware with Invisible Devices in Your Network, Simple but Secure Network Security, Switch Technology Analytics with Artificial Intelligence, Academian Experience Insight, Artificial Intelligence in Future Wireless Network.

Peserta yang menyelesaikan proses pembelajaran setiap harinya memperoleh Certificate of Attendance di bidang topik bahasan terkait yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy. Setelah itu semua delegasi mengikuti kompetisi online. Dalam kompetisi itu, di akhir setiap sesi harian, jika lulus dengan nilai minimum 65 dari skala 100, peserta memperoleh Certificate of Completion yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy. Kecepatan dan ketepatan partisipan dalam menyelesaikan Kuis online dimaksud akan dilombakan secara khusus dimana 50 (lima puluh) peserta dengan nilai tertinggi akan mendapatkan Certificate of Appreciation dengan kategori Golden (10 orang), Silver (15 orang), dan Bronze (25 orang). Bagi mereka yang berhasil memperoleh secara lengkap sembilan buah Certificate of Completion akan mendapatkan Certificate of Proficiency yang dikeluarkan oleh Aruba International – lengkap dengan transkrip nilai yang diperoleh. Pada akhir program, 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang paling banyak memperoleh Certificate of Appreciation akan mendapatkan penghargaan khusus berupa Arubalympics Campus of the Year Award yang dikeluarkan oleh Aruba International yang di-endorsed oleh berbagai asosiasi profesi informatika di Indonesia, jelas Nofri Rhamawati.

Di akhir kompetisi, delegasi UIN Sunan Kalijaga memperoleh 2 Setifikat Medali Emas, 1 Sertifikat Medali Perak dan 4 Serrtifikat Medali Perunggu. Sementara jumlah Sertifikat Medali yang diperoleh DIY; 11 Emas, 12 Perak, 27 Perunggu, sehingga DIY menduduki peringkat 3 dari 34 Propinsi di Indonesia. Peringkat pertama diraih Jawa Tengah dengan perolehan Sertifikat Medali; 16 Emas, 12 Perak, 29 Perunggu. Disusul Sumatera Selatan di peringkat 2 dengan perolehan Sertifikat Medali, yakni; 15 Emas, 11 Perak, 18 Perunggu.

Selamat untuk 4 orang Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Fakultas Saintek, UIN Suka yang telah mengharumkan nama DIY. Walaupun belum bisa juara umum, namun mereka telah andil membawa Propinsi DIY menempati posisi 3 nasional. (Weni)