UIN Sunan Kalijaga Mendapat Tiga Penghargaan Terbaik Lingkup PTKI

UIN Sunan Kalijaga Mendapat Tiga Penghargaan Terbaik Lingkup PTKI. Penghargaan Adiktis Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tahun 2020 ini diterima oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Al Makin, Pendiri dan Tim Ahli PLD UIN Sunan Kalijaga, Ro’fah, S. Ag., BSW., MA., Ph.D., dan Kepala UPT. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dra. Labibah, MLIS di Kantor Kementerian Agama RI, di Jakarta, 29/12/2020.

Tiga penghargaan tersebut adalah: sebagai pengelola BLU Terbaik lingkup PTKI, berdasarkan Key Performance Indicator/Indikator Kinerja Utama (IKU) Keuangan dan Layanan prima. Sebagai PTKI dengan Perpustakaan Berjejaring Internasional, berdasarkan pengalaman keterlibatan jejaring internasional pengelola perpustakan, mulai dari keterlibatan pada assosiasi perpustakaan dunia, maupun kiprahnya. Sebagai PTKI dengan Prodi Bersertifikat AUN-QA, berdasarkan data dan hasil sertifikasi Asean University.

Selain UIN Sunan Kalijaga, Kementerian Agama RI juga memberikan 13 kategori penghargaan terbaik kepada PTKI lainnya. 13 penghargaan tersebut adalah: PTKI dengan Pelaporan PD Dikti Terbaik diberikan kepada UIN Ar-Raniry Aceh, berdasarkan data dan hasil Pelaporan Mahasiswa Tahun 2019/2020. PTKI dengan Tatakelola SBSN Terbaik 5 Tahun Terakhir diberikan kepada UIN Sunan Gunung Jati Bandung, berdasarkan atas penghargaan lintas Kementerian/Lembaga, tidak ada catatan, dan manajemen yang baik. PTKI dengan Skor Green Campus Tertinggi diberikan kepada UIN Raden Intan Lampung, berdasarkan UI Green Metric World University Rankings Network tahun 2020. PTKIS dengan Inovasi Layanan Rintisan Smart/Digital Campus diberikan kepada IAI Bunga Bangsa Cirebon berbasis pada segala hal aspek pembelajaran, mulai dari registrasi calon mahasiswa, mengisi rencana studi, bimbingan, ujian, dll sudah menggunakan elektronik atau online. PTKI dengan Predikat WBK diberikan kepada IAIN Salatiga, berdasarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2020. PTKI dengan Persentase Akreditasi Prodi A/Unggul Terbanyak diberikan kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berdasarkan data akreditasi tingkat nasional. PTKI dengan Profesor Terbanyak diberikan kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berdasarkan data mutlak ketersediaan guru besar yang aktif. PTKI dengan Mahasiswa Asing Terbanyak diberikan kepada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, berdasarkan data mutlak mahasiswa yang tersedia . PTKI dengan Mahasiswa Berprestasi Internasional Terbanyak diberikan kepada UIN Walisongo Semarang, berdasarkan data mutakhir yang menunjukkan prestasi mahasiswa yang memberikan kontribusi pada pengembangan akademik mahasiswa yang bersaing dengan sekurangnya lebih dari 5 negara di dunia. PTKI dengan Pemilik Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Terbanyak diberikan kepada UIN Sunan Gunung Jati Bandung, berdasarkan data Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, terutama hak paten dan hak ciptaan. PTKI Pemilik Jurnal Bereputasi Terbanyak diberikan kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berdasarkan data ranking jurnal tingkat dunia dan science and technology index. PTKI dengan Rintisan Service Learning dalam Pengabdian kepada Masyarakat yang Inovatif diberikan kepada UIN Alauddin Makasar, berdasarkan hasil assessment direktorat DIKTIS pada program pasca SILE-PROJECT bidang pengabdian kepada Masyarakat yang inovatif tahun 3 tahun terakhir.

''Terimakasih berkat kerja keras, saling support, saling menghargai, saling menolong membuat teamwork yang kokoh, UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa UIN Sunan Kalijaga mendunia. Berkah berkah berkah. Terimakasih hadiah indah akhir tahun.'' Demikian disampaikan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin kepada humas UIN Suka, usai menerima penghargaan. (Weni)