28 Finalis Duta Santri Nasional 2021 Terpilih Maju Tahap Karantina di Yogyakarta

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya; PW Fatayat NU DIY berinisiatif menyelenggarakan Pemilihan Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion Show 2021. Pemilihan Duta Santri 2021 merupakan ajang pencarian role model kaum muda Islam dari kalangan pesantren dan lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan nilai-nilai kepesantrenan di seluruh Indonesia.

Finalis yang terpilih dalam ajang Pemilihan Duta Santri 2021 diharapkan bisa menjadi wakil santri yang bisa mempromosikan nilai-nilai kepesantrenan dan Islam ke masyarakat luas, dan bidang-bidang kehidupan lainnya seperti sosial dan politik, kesehatan dan lingkungan, budaya-seni dan olahraga, kewirausahaan, sains dan teknologi, dan diaspora; serta siap sedia diterjunkan ke masyarakat untuk menjadi agen-agen perubahan dalam menyebarkan Islam yang ramah, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Salah satu kegiatan yang harus diikuti para finalis Duta Santri Nasional adalah Karantina. Karantina menjadi rangkaian kegiatan wajib sebagai persiapan peserta mengikuti tahapan pemilihan berikutnya yaitu semi final dan grand final sekaligus membekali para finalis dengan ilmu – ilmu untuk bekal menjadi Duta Santri yang menebarkan islam rahmatan lil alamin.

Kegiatan karantina dilaksanakan secara offline di Yogyakarta, karantina finalis duta santri diikuti oleh 28 orang santri, 14 santri putra dan 14 santri putri yang lolos dari seleksi bootcamp. Para finalis yang akan mengikuti karantina ini sudah melewati berbagai seleksi, dari seleksi berkas, seleksi wawancara, seleksi bootcamp dan pitching program ketika kelak menjadi Dusan 2021. Para finalis adalah Santri yang terpilih dari 1379 Santri yang mendaftar dari berbagai pesantren di Indonesia.

Mereka dibagi dalam 7 bidang duta santri nasional yaitu bidang agama, sosial-politik-masyarakat, kesehatan dan lingkungan, budaya-seni dan olahraga, kewirausahaan, sains dan teknologi, dan diaspora.

Para finalis selama karantina akan mendapatkan materi untuk bekal kelak menjadi berperan dalam masyarakat luas. Kegiatan pendalaman materi disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif, diskusi kelompok dan sharing. Materi yang akan disampaikan selama masa karantina terdiri atas ke-Aswajaan An Nahdhiyyah, ke-Fatayatan, gender dan inklusi sosial dalam Islam, performance dan kewirausahaan sosial.

Baca juga: UIN Sunan Kalijaga Menjadi Sponsor Penyelenggarakaan Duta Santri 2021

Karantina finalis Duta Santri Nasional 2021 akan dilaksanakan di Hotel University Yogyakarta pada tanggal 16 – 22 Oktober 2021. Dalam tahap ini, UIN Sunan Kalijaga memfasilitasi penuh proses karantina yang diselenggarakan di Hotel University Yogyakarta. Tidak hanya memfasilitasi saat karantina, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. juga akan memberikan sambutan saat semifinal Duta Santri Nasional berlangsung.

Dalam acara Semifinal, para finalis akan diberi pertanyaan dari dewan juri dan menjawab pertanyaan dengan baik. Kemudian akan dipilih 14 finalis yang akan maju tahap Grand Final Duta Santri Nasional. Dalam Acara Grand Final, 14 finalis akan kembali mendapatkan pertanyaan dari dewan juri yang terdiri dari tokoh-tokoh Nasional. Para finalis kemudian menjawab pertanyaannya dengan baik, setelah itu akan dipilih pemenang Duta Santri Nasional 2021.

Pemenang terdiri dari satu Duta Santri Putra Nasional 2021 dan satu Duta Santri Putri Nasional 2021. Kemudian Ruuner Up Duta Santri Putra dan Runner Up Duta Santri Putri. Selain itu aka nada pemilihan Duta Santri Favorit dan Duta Santri Persahabatan.

Pemilihan Duta Santri Nasional yang digagas oleh PW Fatayat NU DIY ini sudah tiga kali terlaksana, dimulai sejak 2016, 2018 dan sekarang 2021. Harapannya semua elemen mendukung kegiatan ini, karena pemilihan Duta Santri Nasional merupakan event yang mendukung prestasi santri dari seluruh Indonesia. Dari Duta Santri Nasional maka akan lahir generasi yang cemerlang. (MH)