Pertama Kalinya, UIN Sunan Kalijaga Buka Jalur Keberagaman dan Jalur 3T

UIN sunan Kalijaga Yogyakarta meluncurkan Program Baru terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) mulai Tahun Akademik 2022/2023. Yakni PMB Jalur Keberagamaan dan 3 T. Melalui Jalur ini UIN Sunan Kalijaga menerima Mahasiswa non-Muslim, tidak memandang suku, agama, ras, dan golongan, serta untuk mereka yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Phil Al Makin menjelaskan, Jalur ini sebagai langkah nyata kampus dalam menjaga keberagaman dan kebhinekaan bangsa di tengah banyaknya perbedaan. Kampus UIN Sunan Kalijaga dengan sejarah panjang yang sejak dulu berkomitmen pada nilai – nilai keberagaman.

“Kami juga menjadi garda depan dialog antar etnis, budaya dan agama. UIN Sunan Kalijaga memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat perbedaan sebagai sebuah rahmat yang harus disyukuri dan menjadikannya kekuatan untuk kemajuan bangsa,” tegas Prof. Phil Al Makin kemarin.

Merawat Keberagaman

Dosen prodi Teknik Industri UIN Suka, Ni Kadek Pujiani Dewi, memberi kesaksian bahwa di kampus UIN Sunan Kalijaga tidak ada diskriminasi. Ni Kadek yang beragama Hindu sangat senang mengajar mahasiswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda suku, budaya, dan agama.

Pernyataan yang sama datang dari seorang mahasiswa yang beragama Katolik, Sr. Ambrosia Maria Mangga, CIJ. Maria Mangga merasakan suasana keberagaman, namun tetap harmonis di kampusnya. “Di kampus inilah saya merasakan persahabatan yang harmonis, pembelajaran yang kondusif. Semua membaur merajut kebhinekaan, mempererat persaudaraan bangsa.

Program baru PMB ini diapresiasi dari tokoh agama Budha. “Saya mengapresiasi UIN Sunan Kalijaga yang selalu punya cara dalam menjaga dan merawat, serta mengembangkan kehidupan dalam keharmonisan. Yang kali ini melalui program PMB Jalur Keberagaman dan 3T,” ungkap salah satu tokoh agama Budha, Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera.

Pertama dan Satu-satunya

Sementara itu, Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Ir. Aulia Faqih menjelaskan, bahwa UIN Sunan Kalijaga merupakan universitas pertama dalam lingkup PTKIN yang membuka Jalur Keberagaman dan jalur 3T. Jalur Keberagaman dan 3T termasuk dalam kategori Jalur PMB Mandiri dan Portofolio. Pendaftaran akan dibuka mulai Tanggal 18 Maret s.d. 5 Mei 2022. Pihaknya berharap, banyak anak muda dari seluruh wilayah Indonesia mendaftar dan belajar dalam keberagaman di kampus UIN Sunan Kalijaga ini.

Sekretaris Admisi, Aris Risdiana menambahkan, tahapan setelah mendaftar adalah verifikasi berkas, tanggal 11 s.d. 16 Juli 2022, dan bagi yang lolos akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2022. Admisi UIN Sunan Kalijaga siap melayani dan memberikan informasi terkait PMB bagi masyarakat selama 24 jam melalui whatsapp 08172302020. Dan juga tersedia informasi lengkap di laman admisi.uin-suka.ac.id, dan di media sosial instagram @uinsk atau telepon ke nomor 0274-558254. (Weni/Ihza)