SUKA Umrah UIN Suka Kembali Memberangkatkan Jemaah Umrah

Alhamdulillah, setelah beberapa saat vakum karena Pandemi Covid-19, Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui unit bisnis SUKA Umrah kembali memberangkatkan Jemaah Umrah. Jemaah Umrah berjumlah enam orang yang akan diberangkatkan 23/5/2022 mendatang melalui kerja-sama dengan Pena Tour dilepas secara simbolis oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin. Agenda pelepasan dilaksanakan di University Hotel (Hotel UIN Suka), 19/4/2022. Bersamaan dengan agenda tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja-sama dalam penyediaan jasa perjalanan Wisata, Haji dan Umrah, antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan PT. Penata Rihlah (Pena Tour). Nota Kesepahaman ditanda-tangani oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Al Makin dan Direktur Operasional Pena Tour, Rahmita Mawaddati, S.E.

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman kali ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdur Rozaki, Kepala UPT. Pusat Pengembangan Bisnis UIN Suka, Hj. Fatma Amilia, S.Ag., M.Si., Komisaris Pena Tour, H. Faisal Majid, S.H.I., dan segenap tamu undangan (Jemaah Umrah angkatan I dan II yang telah diberangkatkan SUKA Umrah melalui Pena Tour juga dan Jemaah Umrah yang akan berangkat tanggal 23/5 mendatang).

Rektor UIN Suka, Prof. Al Makin dalam sambutannya mengawali penandatangan Nota Kesepahaman dan pelepasan secara simbolis menyampaikan rasa syukurnya, karena Pandemi Covid-19 telah berlalu. Pihaknya berharap berlalunya pandemi sebagai pertanda baik. Terutama dalam penyelenggaraan Haji dan Umrah. Pihaknya juga berharap, kerja-sama dengan Pena Tour dapat memberi keberkahan bagi pengembangan Badan Layanan Umum (BLU) UIN Suka, dan bagi Pena Tour. Keberhasilan 2 kali pemberangkatan ibadah Umrah, dengan kesan yang mendalam bagi seluruh Jemaah Umrah tentunya dapat memberikan kesan yang positif bagi masyarakat untuk melakukan ibadah Umrah melalui SUKA Umrah UIN Sunan Kalijaga, demikian harap Prof. Al Makin.

Baca juga: Pusat Pengembangan Bisnis UIN Suka Berangkatkan Sebelas Orang Jemaah Umroh Dalam Program Umroh Hasanah

Fatma Amilia menyampaikan, SUKA Umrah ingin memberikan pelayanan perjalanan Umrah secara prima. Sehingga Jemaah dapat melakukan prosesi ibadah Umrah dengan khusuk, dan dapat menikmati perjalan wisata reliqi usai melakukan prosesi Umrah. Hingga mendapatkan kesan mendalam, yang menambah ketaqwaan kepada Allah SWT. Pena Tour merupakan penyelenggara Travel Haji dan Umrah terpercaya, yang memiliki banyak kelebihan dalam pelayanan perjalanan Haji dan Umrah. Pemberangkatan Umrah kali ini adalah yang ketiga kalinya, setelah angkatan I (18/11/2019), angkatan II (26/1/2020). Tidak hanya dari keluarga UIN Suka yang berangkat, tetapi masyarakat umum bisa berangkat Ibadah Haji dan Umrah melalui SUKA Umrah. Yang sudah berangkat ada dari pegawai TVRI, bahkan ada yang berasal dari Sumatera, jelas Fatma Amilia.

Pemberangkatan umrah kali ini merupakan program Umrah Syawwal Plus Dubai, dengan jumlah Jemaah yang berangkat ada enam, yaitu A.H. Indro Mediawan dan Yayu Putri Senjani dari keluarga Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Esti Wahyu Wedomati, Fatmawati dan Sutedjo keluarga Besar Fakultas Sains dan Teknologi, serta Andi Holilulloh dari keluarga Besar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Sementara itu, Rahmita menjelaskan, Pena Tour merupakan perusahaan travel Umrah dan Haji keluarga, yang didirikan buka semata bertujuan bisnis. Tetapi karena kegemaran keluarga melakukan perjalanan Umrah. Sehingga memiliki pengalaman khusus dalam menangani perjalanan Haji dan Umrah. Sudah 10 tahun ini Pena Tour dapat dikelola Profesional. Pada Pemberangkatan Umrah kali ini Jemaah dari SUKA Umrah akan diberangkatkan bersama dengan 314 Jemaah melalui Pena Tour, (23/5), (22/3) akan berangkat ke Jakarta dulu. Sebelum berangkat seluruh Jemaah akan ditraining dengan baik, sehingga seluruh Jemaah dapat meraih ibadah Umrah yang berkah dan berkesan. Setelah pandemi sekian lama rupanya masyarakat sangat antusias melaksanakan ibadah Umrah. Pemerintah Arab Saudi sudah mencabut kondisi darurat, namun masih membatasi Jemaah. Maka untuk pendaftaran Umrah akan mengikuti pemberangkatan Umrah berikutnya. Agar Pena Tour dapat melakukan persiapan dan pelayanan terbaik.

Kali ini memberangkatkan Program Umrah Syawwal Plus Dubai, akan berlangsung selama 10 hari dengan rincian sebagai berikut, Hari pertama, Transit Jakarta. Berikutnya, Jemaah berangkat ke Dubai, Jeddah dan Madinah. Di Jeddah, Jemaah akan Ziarah Kota Madinah dengan mengunjungi Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Masjid Khandaq dan Perkebunan Kurma. Perbanyak ibadah di Masjid Nabawi. Bermalam di madinah. Lanjut berangkat menuju Makkah singgah di Bir Ali (Miqat Ihrom Umroh). Selanjutnya menyelesaikan ibadah Umrah di Masjidil Haram. (Thawaf, Sa’i & Tahallul). Selanjutnya, pada hari Jumat, 27/05/2022, atau hari keenam, Jemaah akan melakukan (I’tikaf, Thawaf Sunnah dan membaca Alquran, memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Pada hari berikutnya Jemaah mengunjungi: Jabal Tsur, Arafah (Jabal Rahmah), Muzdalifah, Mina, Ja’ronah & Jabal Nur. Hari kedelapan, jemaah akan melaksanakan Tawaf Wada’, kemudian dilanjut city tour di kota Jeddah. Jemaah tiba Dubai International Airport pada hari kesembilan dan mengikuti Program Modern Dubai City Tour by Palm Jumeirah.

Faisal Majid menambahkan, mulai Januari tahun 2022, Pena Tour sudah melayani perjalanan Ibadah Haji Khusus dan Umrah. Melalui kerja-sama dengan SUKA Umrah dapat saling menguatkan dalam penyelenggaraannya, dapat memahami seluruh proses, sehingga diperoleh keberkahan dan kenyamanan pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah bagi seluruh Jama’ah. Bersama SUKA Umrah, Pena Tour akan dapat menjaga keberkahan prosesi Haji dan Umrah, kata Faisal Majid.

Profil Pena Tour

PT. Penata Rihlah (PENA TOUR) didirikan pada tahun 2000 oleh H. Ahmad Munif Basyuni. Salah seorang pengusaha sukses di Lumajang Jawa Timur. Penatour merupakan travel yang menganut faham ahlussunnah wal jamaah. Amalan-amalan yang diterapkan dalam pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah mengikuti amalan Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi Masyarakat Keagamaan terbesar di Indonesia. H. Ahmad Munif Basyuni menikah dengan Hj. Lili Nailufari Binti KH. Abdul Karim Hasyim. Cucu dari Pendiri Nahdlatul Ulama Hadhratussyeikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari. Berbekal pengalaman dan profesionalitas, putra putri beliau melanjutkan estafet tata kelola perusahaan dengan baik.

Pena Tour menyediakan Produk layanan Umrah reguler, Umrah plus, Haji Plus, dan Halal Trip. Pena Tour juga menyediakan jasa wisata rohani ke negara-negara yang mempunyai nilai histori keislaman, begitu pula yang berkaitan dengan komponen-komponen usaha tour dan travel ini seperti penjualan tiket luar negeri dan domestik serta provider visa Umrah. Paket Umrah terdiri dari empat: Umrah Regular Sembilan Hari, Umrah Plus (duabelas hari atau lebih). Arabia Umrah Arbain (empatbelas hari), dan Umrah Ramadhan (empat belas hari). Paket Haji Khusus yaitu paket pelaksanaan ibadah Haji khusus selama duapuluh delapan hari. Paket Halal Tour yaitu Paket Tour Muslim Wisata Halal ke berbagai Negara Asia dan Eropa. Dengan service yang profesional baik di Indonesia maupun di negara tujuan. Pertimbangannya adalah, dengan adanya pilihan beberapa paket akan memudahkan bagi jamaah untuk memilih paket mana yang sesuai dengan daya belinya, dengan tetap menjaga pelayanan terbaik bagi Jemaah. (Weni/Ihza/Bayu/Alfan)