LPM UIN Sunan Kalijaga Rangkul IAIN Batusangkar Bertransformasi Menuju Akreditasi Internasional

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melebarkan sayap dengan merangkul Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar bertransformasi dari akreditasi nasional ke arah akreditasi internasional. "IAIN Batusangkar sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan raihan Akreditasi Prodi/Jurusan A terbanyak dari Bidang Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sudah patut untuk menyiapkan akreditasi unggul “Transformasi Akreditasi Internasional” ucap Ketua LPM, Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si dalam kunjungannya beserta rombongan ke IAIN Batusangkar, Rabu (3/3/21).

"Kami memilih IAIN Batusangkar dalam kunjungan kali ini, karena pengelolaan Prodi/Jurusan di IAIN Batusangkar sudah baik & IAIN Batusangkar sudah memiliki 7 Program Studi terakreditasi A dari BAN-PT dan memiliki 2 orang Tim Asesor BAN-PT." lanjut Fakhri dihadapan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Kepala Pusat, Ketua Lembaga, Ketua Jurusan dan Prodi IAIN Batusangkar.

Fakhri pun juga mengajak untuk bisa saling berdiskusi dan berbagi dalam menghadapi Akreditasi Internasional. Mengingat sama-sama satu payung di Kementerian Agama, sehingga mampu memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan dan mewujudkan program yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI yaitu Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Rektor Ridwal Trisoni, mengucapkan terima kasih telah mengunjungi IAIN Batusangkar dan bekerjasama untuk mempersiapkan Akreditasi Internasional.

"Dukungan yang selama ini diberikan oleh UIN Sunan Kalijaga kepada IAIN Batusangkar terutama dalam bidang akreditasi, sangat membantu tim akreditasi kami menghadapi Asesor BAN-PT. Kehadiran UIN Suka memotivasi IAIN Batusangkar yang saat ini berada dalam tahap transformasi menuju UIN Batusangkar," kata Ridwal.

Semoga kolaborasi antara perguruan tinggi ini menentukan sikap perguruan tinggi terhadap lulusan dan kualitas yang dihasilkan serta membantu perguruan tinggi melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban terhadap publik. (Nurul)