Hore! 1.498 Peserta Lolos Jalur UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga

Sebanyak 1.498 peserta dinyatakan lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peserta bisa mengetahui hasil ujian tertulis mulai hari Jumat (23/06/23) pukul 15.00 WIB melalui laman https://pengumuman-um.ptkin.ac.id/.

“Setelah masuk ke laman pengumuman, peserta harus menginput nomor pendaftaran masing-masing dan akan terlihat status kelulusannya,” ujar Ir. Aulia Faqih Rifa’I, M.Kom., Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga.

Bagi peserta yang lolos seleksi, Aulia berpesan agar para peserta harus segera mendaftar dan mengikuti ketentuan sesuai dengan pengumuman.

“Selamat atas keberhasilan kalian. Jangan sia-siakan tiket kelulusan ini. Kalian adalah orang-orang terpilih dan berkompeten karena bisa lolos masuk UIN Sunan Kalijaga melalui tes,” pesan Aulia.

Aulia menjelaskan, sesuai dengan yang tertera di Pengumuman resmi nomor 2743/Un.02/PP.00.4/06/2023 yang berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Nomor 115 Tahun 2023 tanggal 23 Juni 2023 tentang Penetapan Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru yang diterima pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun Akademik 2023/2024, bahwa calon mahasiswa baru (camaba) yang diterima melalui jalur UM-PTKIN harus menyelesaikan tahapan registrasi.

Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian Data Profil secara online melalui laman: http://dataprofil.uin-suka.ac.id/ pada tanggal 24 Juni 2023 pukul 15.00 WIB s.d 28 Juni 2023 Pukul 23.59 WIB, login menggunakan nomor pendaftaran UM-PTKINsebagai username dan tanggal lahir (dengan format ddmmyyyy) sebagai password menyiapkan file scan dokumen asli yang meliputi:

  • Slip Gaji kedua orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri, (Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk keduanya Bapak dan Ibu), Jika tidak memiliki slip gaji harus melampirkan Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah;.
  • Kartu Keluarga;
  • Rekening listrik bulan terakhir (slip pembelian token) atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik ;
  • Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah;
  • Jika memiliki keterbatasan ekonomi dapat melampirkan : Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman : https://admisi.uin-suka.ac.id/ dan https://uin-suka.ac.id/ pada kolom Pengumuman pada tanggal 5 Juli 2023.

“Jika tidak mengisi Data Profil Mahasiswa serta melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan/atau memalsukan data dukung UKT. Maka, calon mahasiswa yang bersangkutan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok VII (tujuh) UKT dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun,” kata Aulia.

Aulia menegaskan bagi peserta yang belum lolos jangan putus asa. Sebab, UIN Sunan Kalijaga masih membuka seleksi lewat jalur mandiri yang akan ditutup tanggal 4 Juli 2023 pukul 23.59 WIB.

“Tetap semangat, ya! Para peserta UM-PTKIN tahun 2023 yang belum lolos bisa menggunakan skor nilainya untuk mendaftar Jalur Mandiri Portofolio dengan pilihan 24 program studi keagamaan,” lanjutnya.

Calon mahasiswa melakukan pembayaran ke Bank Mandiri, bisa melalui teller, ATM, internet banking, atau Livin’ by Mandiri sebesar Rp.250.000 dengan kode bayar 911 diikuti tanggal lahir dengan format ddmmyyyy. Setelah itu, mengisi formulir online pada laman admisi.uin-suka.ac.id.

Sementara itu, UIN Sunan Kalijaga juga masih membuka Jalur Mandiri Portofolio Khusus Difabel Calon Mahasiswa dengan menyertakan Surat Keterangan Disabilitas dari dokter/psikolog. Calon mahasiswa terlebih dahulu melakukan konsultasi peminatan dan pemilihan prodi yang sesuai dengan menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Suka dengan nomor telepon +62274-519709 atau email pld@uin-suka.ac.id. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui jalur ini bisa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000 dengan kode bayar 988 diikuti tanggal lahir. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari 3 April-4 Juli 2023 dan seleksi pada 5-14 Juli 2023.

Untuk Jalur Mandiri Portofolio Luar Negeri, calon mahasiswa bisa menghubungi International Office (CDCIA) melalui email io@uin-suka.ac.id atau layanan telepon +62274-512474. Adapun jadwal pendaftaran dibuka dari 3 April-4 Juli 2023 dengan kode bayar 989 diikuti tanggal lahir dan biaya pendaftaran Rp.250.000. Adapun verifikasi dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2023.

Peserta Jalur Mandiri Portofolio juga bisa mengikuti Jalur Mandiri Computer-Based Test (CBT) dengan menggunakan ponsel sistem operasi Android peserta. Pada seleksi CBT, dibagi menjadi 2 (dua) kelompok ujian seleksi. Yang pertama, pilihan prodi Sains, peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPA. Dan kedua, pilihan prodi Isoshum, peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPS. Para peserta dapat memilih 4 program studi dan dapat mendaftar CBT lebih dari sekali dengan pilihan tanggal tes yang berbeda. Sebelum mengisi formulir online, calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000 dengan kode bayar untuk Jalur Mandiri CBT IPA adalah 985 diikuti tanggal lahir dan Jalur Mandiri CBT IPS adalah 986 diikuti tanggal lahir.

“Untuk jadwal pendaftaran Mandiri CBT dibuka hingga 4 Juli 2023 dan jadwal seleksi dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2023. Ayo, daftar di UIN Sunan Kalijaga. Satu-satunya PTKIN yang terakreditasi Unggul,” ajak Aulia.

Informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru dapat dilihat dimedia sosial @uinsk atau bisa menghubungi Kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga melalui email admisi@uin-suka.ac.id dan nomor WhatsApp 08172302020. (Nurul)