Dosen

Profil Erni Munastiwi

Nama : Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.
NIP : 19570918 199303 2 002
NIDN : 2018095701
Program Studi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/B
Email : -
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM. Di Semester Genap TA 2020/2021
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Kewirausahaan dan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini* 4 PILIHAN A JUM 13:00-14:40 R: PPG-102#JUM 15:50-16:30 R: PPG-102
2. Manajemen Lembaga PAUD 2 WAJIB 3A SEL 14:20-16:00 R: PPG-106
3. Manajemen Lembaga PAUD 2 WAJIB 3B KAM 09:20-11:00 R: PPG-105
4. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan** 2 WAJIB B KAM 07:30-09:10 R: PPG-101
5. PLP-KKN Integratif 8 WAJIB B SAB 08:45-10:25 R: TBY-107
6. PPL 2 WAJIB B SAB 10:30-12:10 R: TBY-102
7. Perbandingan Kurikulum PAUD Mancanegara* 2 PILIHAN A SEL 12:30-14:10 R: PPG-106
8. Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini 2 WAJIB A RAB 14:15-15:55 R: TBY-403
9. Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini 2 WAJIB B RAB 16:00-17:40 R: TBY-403
10. Perkembangan Fisik dan Motorik Anak 4 WAJIB A SEL 07:00-08:40 R: TBY-406#JUM 13:00-14:40 R: TBY-403
11. Perkembangan Fisik dan Motorik Anak 4 WAJIB B SEL 08:45-10:25 R: TBY-406#JUM 15:00-16:40 R: TBY-403
12. Skripsi 6 WAJIB B MIN 10:30-12:10 R: TBY-104
13. Skripsi 6 WAJIB B MIN 08:45-10:25 R: TBY-101
14. Teori dan Metode Pengembangan Kreatifitas 2 PILIHAN A RAB 07:30-09:10 R: PASCA-204
15. Teori dan Metode Pengembangan Kreatifitas 2 PILIHAN B JUM 09:30-11:10 R: PASCA-204

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Dr. 2010
2. S2 Universitas Jenderal Soedirman Magister Manajemen M.M. 2000
3. S1 IKIP PGRI Bojonegoro Pendidikan Dunia Usaha Dra. 1990

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 "Manajemen Lembaga PAUD untuk Pengelola Pemula " dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini .
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan CV. Istana Agency.
http://digilib.uin-suka.ac.id/36581/
Conference Paper
2 Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Era Digital: Studi Kasus di RA Ar Rafif, Kalasan, Sleman, Yogyakarta .
Dalam Procedings of Islamic early Chilhood Education .
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah .
3 Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta .
Dalam Procedings of Islamic early Chilhood Education .
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah .
4 Approaches in The Implementation of Character Education .
Dalam Proceeding of the 1st International Conference on Character Education .
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Abdurrahman Riau bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) .
5 Marketing Management of Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Islamic Elementary School .
Dalam Proceedings of The 6th International Congress on Interdisciplinary Behavior and Social Sciences .
Diterbitkan oleh ICIBSoS .
6 Javanesse Cultural School” (JCS) untuk Anak Usia Dini: Sebuah Konsepsi untuk Mengembalikan Karakter Lokal .
Dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran .
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jombang .
7 The Implementation of E-Learning in Learning Process .
Dalam Proceeding 2nd International Seminar of Teaching Excellence & Innovation .
Diterbitkan oleh Faculty of Education University of Malaya Kuala Lumpur Malaysia, .
8 The Implementation of Science Learning Model Based Child Friendly Scholl in SDN 1 Ampenan Mataram City .
Dalam Proceedings Of The 5th International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences (5th ICRIEMS) .
Diterbitkan oleh FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta .
9 Conceptions of Ecopreneurship Education To Childhood .
Dalam Proceeding Internasional Seminar Education Transformation Toward Excellent Quality Based on ASEAN Community Characteristics .
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk bekerjasama dengan Lentera Kreasindo Yogyakarta .
Jurnal Ilmiah
10 Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid (Studi Kasus PAUD Ababil Kota Pangkalpinang) .
Dalam Al-mudarris .
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya .
11 Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) .
Dalam Manageria .
Diterbitkan oleh prodi manajemen pendidikan islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
12 Parenting Program To Improve Quality Learning In Institutions of Early Childhood Education (Case At Tk At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Madura) .
Dalam Indria .
Diterbitkan oleh Program of Earlychildhood Department Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Ponorogo .
13 Manajemen Model Pembinaan kelompok guru PAUD Model Multi Workshop .
Dalam Al-Athfal .
Diterbitkan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
14 Manajemen Makanan Sehat di PAUD .
Dalam Golden Age .
Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
15 Implementasi Manajemen Pembelajaran Inklusi Berbasi Budaya Lokal di TK Laboratori Pedagogia UNY Yogyakarta .
Dalam Islamic early Childhood Education .
Diterbitkan oleh Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program .
16 Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) .
Dalam Al-Athfal .
Diterbitkan oleh Prodi PGRA Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Asosiasi Prodi PGRA .
http://ejournal.uin-suka.ac.id
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/i...
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/a...
17 Islamic Education In Indonesia and Malaysia:Comparison Of Islamic Education Learning Management Implementation .
Dalam Pendidikan Islam .
Diterbitkan oleh Faculty of Education and Teaching Science State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta .
18 Pengelolaan Pendidikan Karakter Relegius melalui metode pembiasaan di Taman Kanak-kanak .
Dalam Golden Age .
Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga .
19 Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta .
Dalam Golden Age .
Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
20 Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak .
Dalam Golden Age .
Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
21 Manajemen Model Pembinaan kelompok guru PAUD Model Multi Workshop .
Dalam Al-Athfal .
Diterbitkan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
22 The Management Model of Vocational Education Quality Assurance Using’Holistic Skills Education (Holsked) .
Dalam Procedia .
Diterbitkan oleh Elsevier Ltd .
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281...
23 Entrepreneurship and Livelihood Restoration at Disaster Hit Area of Sindh Pakistan Through Government Support .
Dalam Advanced Science Letters.
Diterbitkan oleh American Scientific Publishers .
24 "Entrepreneurship and Livelihood Restoration at Sindh Pakistan: Mediating Role of Firm Performance " .
Dalam .
Diterbitkan oleh American Scientific Publishers .
https://www.ingentaconnect.com/content/asp/asl/2017/00000023...
25 Implementation of Multicultural Education for Class B, Raudlatul Athfal Ar Rafif, Kalasan Yogyakarta Indonesia .
Dalam Internasional IJET.
Diterbitkan oleh Science Publishing CorporationPublisher of International Academic Journals .
https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/issue/view/380
26 2020 TVET TEACHER EDUCATOR'S CRITERIA AND ROLES FOR SUSTAINABLE TVETTEACHER EDUCATION PROGRAM dalam TVET TEACHER EDUCATOR'S CRITERIA AND ROLES FOR SUSTAINABLE TVETTEACHER EDUCATION PROGRAM.
Dipublikasikan pada Journal Of Critical Review.
http://www.jcreview.com/
27 2017 Pengembangan Kreatifitas Keberbakatan di PAUD Griya Bermain Pangkal Pinang Bangka dalam Al-Athfal.

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2015 Model Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Rhaudatul Athfal (RA). Studi Kasus RA di D.I. Yogyakarta..

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2020 Pendampingan dan Pelatihan di Sekolah Kebun Sawit (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
2 2018 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
3 2017 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
4 2017 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
5 2016 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
6 2016 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
7 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
8 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .
9 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur. .