dosen

Profil Erni Munastiwi

Nama Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan Guru Besar | IV/D
Email -
Pendidikan Terakhir S3 | Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Riwayat Mengajar

No Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1 Academic Writing 4 WAJIB 3B SEL 10:40-12:20 R: PPG-100#KAM 14:20-16:00 R: PPG-100
2 Isu Lembaga Pendidikan Dasar 3 WAJIB 2A KAM 12:30-15:00 R: PPG-302
3 Kewirausahaan dan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini* 4 PILIHAN A SEL 15:30-17:10 R: PPG-105#JUM 13:00-14:40 R: PPG-303
4 Manajemen Keuangan Pendidikan** 2 WAJIB 2B KAM 08:50-10:30 R: PPG-105
5 Manajemen Keuangan Pendidikan** 2 WAJIB 2C RAB 15:30-17:10 R: PPG-102
6 Pendidikan Keluarga 4 WAJIB A SEN 10:40-12:20 R: TBY-313#RAB 16:25-18:05 R: TBY-312
7 Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3 WAJIB B SEN 12:30-15:00 R: PPG-301
8 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 4 WAJIB D JUM 07:00-10:20 R: PPG-401
9 Seminar Proposal Disertasi 2 WAJIB 3C SEL 07:00-08:40 R: PPG-302

Riwayat Pendidikan

No Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1 S3 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Dr. 2010
2 S2 Universitas Jenderal Soedirman Magister Manajemen M.M. 2000
3 S1 IKIP PGRI Bojonegoro Pendidikan Dunia Usaha Dra. 1990

Publikasi

No Tahun Karya
Buku Referensi
1 - "Manajemen Lembaga PAUD untuk Pengelola Pemula " id . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan CV. Istana Agencyid
http://digilib.uin-suka.ac.id/36581/ | Disini
2 2021 Model Pendidikan Multikulturan Untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Pustaka Pelajar id
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42603/ | Disini
Conference Paper
3 - Marketing Management of Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Islamic Elementary School id . Tingkat . Pada Proceedings of The 6th International Congress on Interdisciplinary Behavior and Social Sciences . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh ICIBSoS id
| Disini
4 - Approaches in The Implementation of Character Education id . Tingkat . Pada Proceeding of the 1st International Conference on Character Education . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Abdurrahman Riau bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) id
| Disini
5 - Conceptions of Ecopreneurship Education To Childhood id . Tingkat . Pada Proceeding Internasional Seminar Education Transformation Toward Excellent Quality Based on ASEAN Community Characteristics . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yk bekerjasama dengan Lentera Kreasindo Yogyakarta id
| Disini
6 - Javanesse Cultural School” (JCS) untuk Anak Usia Dini: Sebuah Konsepsi untuk Mengembalikan Karakter Lokal id . Tingkat . Pada Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jombang id
| Disini
7 - Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Era Digital: Studi Kasus di RA Ar Rafif, Kalasan, Sleman, Yogyakarta id . Tingkat . Pada Procedings of Islamic early Chilhood Education . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah id
| Disini
8 - The Implementation of Science Learning Model Based Child Friendly Scholl in SDN 1 Ampenan Mataram City id . Tingkat . Pada Proceedings Of The 5th International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences (5th ICRIEMS) . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta id
| Disini
9 - Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta id . Tingkat . Pada Procedings of Islamic early Chilhood Education . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Raudlatul Athfal Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah id
| Disini
10 - The Implementation of E-Learning in Learning Process id . Tingkat . Pada Proceeding 2nd International Seminar of Teaching Excellence & Innovation . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Faculty of Education University of Malaya Kuala Lumpur Malaysia, id
| Disini
Jurnal Ilmiah
11 - Implementasi Manajemen Pembelajaran Inklusi Berbasi Budaya Lokal di TK Laboratori Pedagogia UNY Yogyakarta id . Tingkat Nasional . Pada Islamic early Childhood Education . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program id
| Disini
12 - Pengelolaan Pendidikan Karakter Relegius melalui metode pembiasaan di Taman Kanak-kanak id . Tingkat Nasional . Pada Golden Age . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga id
| Disini
13 - Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta id . Tingkat . Pada Golden Age . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijagaid
| Disini
14 - Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak id . Tingkat Nasional . Pada Golden Age . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijagaid
| Disini
15 - Manajemen Model Pembinaan kelompok guru PAUD Model Multi Workshop id . Tingkat Nasional . Pada Al-Athfal . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan id
| Disini
16 - Islamic Education In Indonesia and Malaysia:Comparison Of Islamic Education Learning Management Implementation id . Tingkat Nasional . Pada Pendidikan Islam . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Faculty of Education and Teaching Science State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta id
| Disini
17 - Entrepreneurship and Livelihood Restoration at Disaster Hit Area of Sindh Pakistan Through Government Supportid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada Advanced Science Letters . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh American Scientific Publishers id
| Disini
18 - The Management Model of Vocational Education Quality Assurance Using’Holistic Skills Education (Holsked) id . Tingkat Internasional . Pada Procedia . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Elsevier Ltd id
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815047928 | Disini
19 - "Entrepreneurship and Livelihood Restoration at Sindh Pakistan: Mediating Role of Firm Performance " id . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh Advanced Science Letters id . Diterbitkan oleh American Scientific Publishers id
https://www.ingentaconnect.com/content/asp/asl/2017/00000023/00000009/art00023 | Disini
20 - Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid (Studi Kasus PAUD Ababil Kota Pangkalpinang) id . Tingkat Nasional . Pada Al-mudarris . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya id
| Disini
21 - Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) id . Tingkat . Pada Manageria . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh prodi manajemen pendidikan islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta id
| Disini
22 - Parenting Program To Improve Quality Learning In Institutions of Early Childhood Education (Case At Tk At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Madura) id . Tingkat Nasional . Pada Indria . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Program of Earlychildhood Department Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Ponorogo id
| Disini
23 - Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) id . Tingkat Nasional . Pada Al-Athfal . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Prodi PGRA Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Asosiasi Prodi PGRA id
http://ejournal.uin-suka.ac.id#link#http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/issue/view/191#link#http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1087 | Disini
24 - Manajemen Model Pembinaan kelompok guru PAUD Model Multi Workshop id . Tingkat Nasional . Pada Al-Athfal . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan id
| Disini
25 - Manajemen Makanan Sehat di PAUD id . Tingkat . Pada Golden Age . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijagaid
| Disini
26 - Implementation of Multicultural Education for Class B, Raudlatul Athfal Ar Rafif, Kalasan Yogyakarta Indonesia id . Tingkat Internasional . Pada Internasional IJET . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Science Publishing CorporationPublisher of International Academic Journals id
https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/issue/view/380 | Disini
27 2023 METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINIid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/12139 | Disini
28 2021 The Use of Spices as a Media to Stimulate Children’s Critical Thinking Ability while Study From Home Periodid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/34984/18663 | Disini
29 2021 The Impact of Islamic Religious Education on the Development of Early Childhood Religious and Moral Values During the COVID-19 Pandemic in Indonesia and Malaysiaid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/3802/2099 | Disini
30 2021 The Influence Of Assignment Methods On The Development Aspects Of Religious And Moral Values Of Early Childhood During The Covid-19 Pandemic id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/3143/2145 | Disini
31 2021 Managing Education in The Era of Global Pandemic: Seeking the Best Strategy to Carry Out Natural Science Teaching In 4th Grade Elementary Schoolid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/34358 | Disini
32 2021 Unprepared management decreases education performance in kindergartens during Covid-19 pandemicid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Elsevierid
https://www.cell.com/action/showPdf?pii=S2405-8440%2821%2901241-X | Disini
33 2021 Strategi Kreatif Guru Seni Budaya Di Tengah Pandemi Covid-19id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/%23558/pdf | Disini
34 2021 Program Human resource Development untuk Mengembangkan Kompetensi Pendidik pada PAUD Mutiara Bantul, Yogyakartaid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3089/1850 | Disini
35 2021 MODEL KEBIJAKAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DI INDONESIA ERA PANDEMI COVID-19id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/223/pdf | Disini
36 2021 The Comparison on 21st Century Skills of Early Childhood in Four Schools in Yogyakartaid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/4093/2130 | Disini
37 2021 Portrait Analysis of Early Childhood Education in Cities and Villages: The COVID-19 Pandemic Eraid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/223/pdf | Disini
38 2021 Adaptation of Teaching-Learning Models Due to Covid-19 Pandemic: Challenge Towards Teachers Problem-Solving Skillsid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/32695/18119 | Disini
39 2020 Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/3725/pdf | Disini
40 2020 Peran Manajemen Perpustakaan Dalam Menyukseskan Program Literasi Di Lembaga PAUDid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3974/3717 | Disini
41 2020 Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Kesehatan Mental Anak Di Tengah Pandemi Covid-19id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/6454/3442 | Disini
42 2020 Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guruid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1052/567 | Disini
43 2020 Colorful Online Learning Problem of Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/663/374 | Disini
44 2020 Measuring the Level of Agreement on the Development of Sustainable Framework for TVET Teacher Education Program in Malaysia id . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/7913/4342 | Disini
45 2020 Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Di Era Pandemi Covid-19 id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/view/670/406 | Disini
46 2020 Studi Kasus Lingkungan Keluarga Di Desa Pejanggik : Pola Pembiasaan Pemecahan Masalah Bagi Anak Usia Diniid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2245/1299 | Disini
47 2020 ANALISIS PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN PENDIRIAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINIid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://leaderia.iain-jember.ac.id/index.php/ldr/article/view/9/7 | Disini
48 2020 TVET TEACHER EDUCATOR'S CRITERIA AND ROLES FOR SUSTAINABLE TVETTEACHER EDUCATION PROGRAMid . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://www.jcreview.com/ | Disini
49 2017 Pengembangan Kreatifitas Keberbakatan di PAUD Griya Bermain Pangkal Pinang Bangkaid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini

Penelitian

No Tahun Karya
Melakukan penelitian
1 2015 Model Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Rhaudatul Athfal (RA). Studi Kasus RA di D.I. Yogyakarta. . Tingkat
| Disini

HAKI

-Tidak Ada HAKI-

Pengabdian

No Tahun Karya
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2024 Pengembangan Kurikulum Dan Pengembangan Diri
2 2024 O b s e r v a s i P r a k t e k M e n g a j a r & M o ti v a s i G u r u
3 2023 Sosialisasi kinerja dan motivasi guru
4 2023 Memberi Pelatihan Guru Mengajar
5 2022 Menjadi Narasumber Pelatihan dan Pendampingan bagi Guru SD & TK di Lingkungan Yayasan Teladan Prima
6 2021 Narasumber Pelatihan dan Pendampingan Kepala Sekolah TK dan SD di Sekolah Binaan Yayasan Teladan Prima. Area I: Talisayan, Berau, Kaltim; Area II: Kutim I, Kutim, Kaltim; Area III: Kutim III, Kutim, Kaltim; Area III: CAP, Kukar, Kaltim.
7 2021 Narasumber Pelatihan dan Pendampingan Kepala Sekolah TK dan SD di Sekolah Binaan Yayasan Teladan Prima. Area I: Talisayan, Berau, Kaltim; Area II: Kutim I, Kutim, Kaltim; Area III: Kutim III, Kutim, Kaltim; Area III: CAP, Kukar, Kaltim.
8 2020 Pendampingan dan Pelatihan di Sekolah Kebun Sawit
Memberi pelayanan kepada masyarakat
9 2018 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
10 2017 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
11 2017 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
12 2016 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
13 2016 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
14 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
15 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.
16 2015 Pendampingan SD dan TK Kebun Sawit (Kutai Timur I, Kutai Timur II dan Talisayan) Kalimantan Timur.

Recognisi

-Tidak Ada Recognisi-