dosen
Nama | Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. |
Program Studi | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Fakultas | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Jenis Pegawai | Status | Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar |
Jabatan Akademik | Golongan | Guru Besar | IV/D |
Pendidikan Terakhir | S3 | Ilmu Pendidikan |
Biografi
Riwayat Mengajar
No
Mata Kuliah
SKS
Jenis MK
Kelas
Jadwal
1
Academic Writing
4
WAJIB
C
SEN 07:00-08:40 R: PPG-100#KAM 15:30-17:10 R: PPG-100
2
Fondasi Ilmu Pendidikan Dasar Islam
6
WAJIB
A
SEN 07:00-08:40 R: PPG-303#SEL 15:30-17:10 R: PPG-301#KAM 07:00-08:40 R: PPG-301
3
Fondasi Ilmu Pendidikan Dasar Islam
6
WAJIB
B
SEL 09:45-11:25 R: PPG-301#RAB 11:35-13:15 R: PPG-107#JUM 08:50-10:30 R: PPG-301
4
Metodologi Penelitian PAI
4
WAJIB
A
SEN 12:30-14:10 R: PPG-303#SEL 07:00-08:40 R: PPG-107
5
Metodologi Penelitian Pendidikan
4
WAJIB
2A
SEN 15:30-17:10 R: PPG-103#SEL 15:30-17:10 R: PPG-403
6
Pendidikan Karakter Berbasis Budaya
4
WAJIB
A
RAB 08:50-10:30 R: PPG-107#KAM 15:30-17:10 R: PPG-301
7
Pendidikan Multikultural dan Moderasi Beragama
4
WAJIB
A
SEN 08:50-10:30 R: TBY-409#RAB 14:20-16:00 R: TBY-405
8
Pendidikan Multikultural dan Moderasi Beragama
4
WAJIB
B
SEN 12:30-14:10 R: TBY-314#RAB 12:30-14:10 R: GKT-302
9
Seminar Proposal Disertasi
2
WAJIB
C
KAM 07:00-08:40 R: PPG-107
10
Statistik Pendidikan
2
WAJIB
1A
SEL 12:30-14:10 R: PPG-406
11
Statistik Pendidikan
2
WAJIB
1B
RAB 10:40-12:20 R: PPG-407
No | Mata Kuliah | SKS | Jenis MK | Kelas | Jadwal |
---|---|---|---|---|---|
1 | Academic Writing | 4 | WAJIB | C | SEN 07:00-08:40 R: PPG-100#KAM 15:30-17:10 R: PPG-100 |
2 | Fondasi Ilmu Pendidikan Dasar Islam | 6 | WAJIB | A | SEN 07:00-08:40 R: PPG-303#SEL 15:30-17:10 R: PPG-301#KAM 07:00-08:40 R: PPG-301 |
3 | Fondasi Ilmu Pendidikan Dasar Islam | 6 | WAJIB | B | SEL 09:45-11:25 R: PPG-301#RAB 11:35-13:15 R: PPG-107#JUM 08:50-10:30 R: PPG-301 |
4 | Metodologi Penelitian PAI | 4 | WAJIB | A | SEN 12:30-14:10 R: PPG-303#SEL 07:00-08:40 R: PPG-107 |
5 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 4 | WAJIB | 2A | SEN 15:30-17:10 R: PPG-103#SEL 15:30-17:10 R: PPG-403 |
6 | Pendidikan Karakter Berbasis Budaya | 4 | WAJIB | A | RAB 08:50-10:30 R: PPG-107#KAM 15:30-17:10 R: PPG-301 |
7 | Pendidikan Multikultural dan Moderasi Beragama | 4 | WAJIB | A | SEN 08:50-10:30 R: TBY-409#RAB 14:20-16:00 R: TBY-405 |
8 | Pendidikan Multikultural dan Moderasi Beragama | 4 | WAJIB | B | SEN 12:30-14:10 R: TBY-314#RAB 12:30-14:10 R: GKT-302 |
9 | Seminar Proposal Disertasi | 2 | WAJIB | C | KAM 07:00-08:40 R: PPG-107 |
10 | Statistik Pendidikan | 2 | WAJIB | 1A | SEL 12:30-14:10 R: PPG-406 |
11 | Statistik Pendidikan | 2 | WAJIB | 1B | RAB 10:40-12:20 R: PPG-407 |
Riwayat Pendidikan
No
Jenjang
Perguruan Tinggi
Jurusan
Gelar Akademik
Tahun Lulus
1
S3
Universitas Negeri Yogyakarta
Ilmu Pendidikan
Dr.
-
2
S2
Universitas Negeri Yogyakarta
-
-
-
3
S1
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta
Pendidikan Luar Sekolah
-
-
No | Jenjang | Perguruan Tinggi | Jurusan | Gelar Akademik | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|---|
1 | S3 | Universitas Negeri Yogyakarta | Ilmu Pendidikan | Dr. | - |
2 | S2 | Universitas Negeri Yogyakarta | - | - | - |
3 | S1 | Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta | Pendidikan Luar Sekolah | - | - |
Publikasi
No
Tahun
Karya
Buku Referensi
1
2018
Pengantar KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIAid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://digilib.uin-suka.ac.id/39048/ | Disini
Jurnal Ilmiah
2
2023
Coping with the impact of Covid-19 pandemic on primary education: teachers' struggle (case study in the Province of Yogyakarta, Indonesia)id . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IJEM-04-2021-0114/full/html | Disini
3
2020
Preserving the values of cultural negotiation through social learning: ‘Two Religion Community Life’ case study in Phattalung, Southeast Thailandid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://hts.org.za/index.php/hts/article/view/5947 | Disini
4
2020
Preserving the values of cultural negotiation through social learning: Two religion community life case study in Phattalung, the Southest Thailandid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://hts.org.za/index.php/hts/article/view/5947/15452 | Disini
5
2018
Contextualization of Wasathiyah Values in Haji Sulong’s thoughts for Islamic Education Renewal in South Thailandid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaid
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1918/1428 | Disini
6
2018
Local Wisdom Values as Social Attachment of School and Multicultural Society (the Implementation of Multicultural Education at Muhammadiyah Islamic School Sendangmulyo, Kulon Progo, Yogyakarta)id . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/17817/7900 | Disini
7
2017
Developing Character Education Grounded on Abk (Attitude Before Knowledge) Model for Kindergarten at Raudlatul Athfal State Islamic University Sunan Kalijaga Indonesiaid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
8
2017
The New Paradigm of Tolerance-Character Building Based On Multiculturalism through Religion Educationid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
9
2016
Pengembangan media Pembelajaran Wayang Cucok untuk meningkatkan Kemahiran Al-Kalamid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
10
2016
Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial (Karya HKI)id . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
11
2016
Developing Tolerant Attitude Through Character Education in Family Environmentid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
12
2015
The Development of Character Education Model Based On Strengthening Social Capital for Students of State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga (International Journal)id . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
Prosiding
13
2023
SYSTEM THINKING IN ADVANCING THE MODERATE AND INCLUSIVE ISLAMIC EDUCATIONid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2674 | Disini
14
2017
Memantik Spirit Insiparatif Guru dalam Pendidikan Humanis Abad XXI (Book Chapter)id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://digilib.uin-suka.ac.id/39154/ | Disini
Seminar
15
2019
ORGANIC EDUCATION FOR GENERATION Z IN INTERING INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://digilib.uin-suka.ac.id/39144/ | Disini
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Buku Referensi | ||
1 | 2018 |
Pengantar KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIAid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id http://digilib.uin-suka.ac.id/39048/ | Disini |
Jurnal Ilmiah | ||
2 | 2023 |
Coping with the impact of Covid-19 pandemic on primary education: teachers' struggle (case study in the Province of Yogyakarta, Indonesia)id . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IJEM-04-2021-0114/full/html | Disini |
3 | 2020 |
Preserving the values of cultural negotiation through social learning: ‘Two Religion Community Life’ case study in Phattalung, Southeast Thailandid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id https://hts.org.za/index.php/hts/article/view/5947 | Disini |
4 | 2020 |
Preserving the values of cultural negotiation through social learning: Two religion community life case study in Phattalung, the Southest Thailandid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id https://hts.org.za/index.php/hts/article/view/5947/15452 | Disini |
5 | 2018 |
Contextualization of Wasathiyah Values in Haji Sulong’s thoughts for Islamic Education Renewal in South Thailandid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaid http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1918/1428 | Disini |
6 | 2018 |
Local Wisdom Values as Social Attachment of School and Multicultural Society (the Implementation of Multicultural Education at Muhammadiyah Islamic School Sendangmulyo, Kulon Progo, Yogyakarta)id . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/17817/7900 | Disini |
7 | 2017 |
Developing Character Education Grounded on Abk (Attitude Before Knowledge) Model for Kindergarten at Raudlatul Athfal State Islamic University Sunan Kalijaga Indonesiaid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id | Disini |
8 | 2017 |
The New Paradigm of Tolerance-Character Building Based On Multiculturalism through Religion Educationid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id | Disini |
9 | 2016 |
Pengembangan media Pembelajaran Wayang Cucok untuk meningkatkan Kemahiran Al-Kalamid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id | Disini |
10 | 2016 |
Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial (Karya HKI)id . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id | Disini |
11 | 2016 |
Developing Tolerant Attitude Through Character Education in Family Environmentid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id | Disini |
12 | 2015 |
The Development of Character Education Model Based On Strengthening Social Capital for Students of State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga (International Journal)id . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id | Disini |
Prosiding | ||
13 | 2023 |
SYSTEM THINKING IN ADVANCING THE MODERATE AND INCLUSIVE ISLAMIC EDUCATIONid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id https://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2674 | Disini |
14 | 2017 |
Memantik Spirit Insiparatif Guru dalam Pendidikan Humanis Abad XXI (Book Chapter)id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id http://digilib.uin-suka.ac.id/39154/ | Disini |
Seminar | ||
15 | 2019 |
ORGANIC EDUCATION FOR GENERATION Z IN INTERING INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id http://digilib.uin-suka.ac.id/39144/ | Disini |
Penelitian
No
Tahun
Karya
Melakukan penelitian
1
2017
FROM CULTURAL NEGOTIATION TO SOCIAL LEARNING (Studi Kasus pada “Two Religion Community Life” di Tamot, Phattalung, Thailand Selatan) . Tingkat
| Disini
2
2017
LOCAL WISDOM VALUES AS SOCIAL ATTACHMENT OF SCHOOL AND MULTICULTURAL SOCIETY (The Implementation Of Multicultural Education At Muhammadiyah Islamic School Sendangmulyo, Kulon Progo, Yogyakarta) . Tingkat
| Disini
3
2016
Developing Character Education Model Grounded on ABK (Attitude Before Knowledge) for “Raudlatul Athfal Griya Ananda” (Lesson Learned From Takasaka Kindergarten Nagoya Japan) . Tingkat
| Disini
4
2016
Developing Character Education Model Grounded on ABK (Attitude Before Knowledge) for “Raudlatul Athfal Griya Ananda” (Lesson Learned From Takasaka Kindergarten Nagoya Japan) . Tingkat
| Disini
5
2016
Developing The Model Of Inclusive Religious Education At Indonesia And Thailand Elementary Schools . Tingkat
| Disini
6
2015
Pengembangan Model Pendidikan Multikultural untuk Membangun Sikap Toleran Mahasiswa Pengurus Organisasi Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga . Tingkat
| Disini
7
2015
Pengembangan Model Pendidikan Multikultural untuk Mengembangkan Perilaku Toleran bagi Mahasiswa Pengurus Organisasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Tingkat
| Disini
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Melakukan penelitian | ||
1 | 2017 |
FROM CULTURAL NEGOTIATION TO SOCIAL LEARNING (Studi Kasus pada “Two Religion Community Life” di Tamot, Phattalung, Thailand Selatan) . Tingkat | Disini |
2 | 2017 |
LOCAL WISDOM VALUES AS SOCIAL ATTACHMENT OF SCHOOL AND MULTICULTURAL SOCIETY (The Implementation Of Multicultural Education At Muhammadiyah Islamic School Sendangmulyo, Kulon Progo, Yogyakarta) . Tingkat | Disini |
3 | 2016 |
Developing Character Education Model Grounded on ABK (Attitude Before Knowledge) for “Raudlatul Athfal Griya Ananda” (Lesson Learned From Takasaka Kindergarten Nagoya Japan) . Tingkat | Disini |
4 | 2016 |
Developing Character Education Model Grounded on ABK (Attitude Before Knowledge) for “Raudlatul Athfal Griya Ananda” (Lesson Learned From Takasaka Kindergarten Nagoya Japan) . Tingkat | Disini |
5 | 2016 |
Developing The Model Of Inclusive Religious Education At Indonesia And Thailand Elementary Schools . Tingkat | Disini |
6 | 2015 |
Pengembangan Model Pendidikan Multikultural untuk Membangun Sikap Toleran Mahasiswa Pengurus Organisasi Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga . Tingkat | Disini |
7 | 2015 |
Pengembangan Model Pendidikan Multikultural untuk Mengembangkan Perilaku Toleran bagi Mahasiswa Pengurus Organisasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Tingkat | Disini |
HAKI
No
Tahun
Karya
Hak Cipta
1
2020
Model Pendidikan Berbasis Caring Sharing Dialogue Untuk Membangun Relasi Kesalingan dan Sikap Keberagaman Multikultural . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh
http://digilib.uin-suka.ac.id/39891/ | Disini
2
2019
MODEL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LIMA TAHAP (MANTAP) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh
http://digilib.uin-suka.ac.id/39153/ | Disini
3
2019
Model Penelitian Dan Pengembangan Lima Tahap (MANTAP) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh
http://digilib.uin-suka.ac.id/39153/ | Disini
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Hak Cipta | ||
1 | 2020 |
Model Pendidikan Berbasis Caring Sharing Dialogue Untuk Membangun Relasi Kesalingan dan Sikap Keberagaman Multikultural . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh http://digilib.uin-suka.ac.id/39891/ | Disini |
2 | 2019 |
MODEL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LIMA TAHAP (MANTAP) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh http://digilib.uin-suka.ac.id/39153/ | Disini |
3 | 2019 |
Model Penelitian Dan Pengembangan Lima Tahap (MANTAP) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh http://digilib.uin-suka.ac.id/39153/ | Disini |
Pengabdian
No
Tahun
Karya
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1
2024
Dewan Pembina di Fordetak
2
2023
Worshop penyelarasan Kurikulum prodi PPG Agama Hindu STAHN MPU Kuturan singaraja
3
2022
Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan
4
2020
Membangun Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Peningkatan
Mutu Pendidikan di Era New Normal
5
2020
Membangun semangat edu-Technopreneurship dalam menyongsong kampus yang merdeka
Memberi pelayanan kepada masyarakat
6
2017
Menjadi Narasumber pada Workshop Model Pembiasaan Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah di MI Wahid Hasyim
7
2017
Menjadi Penilai Angka Kredit Dosen, a.n. Dr. Imam Machali, M.Pd.
8
2017
Menjadi Penilai Angka Kredit Dosen, a.n. Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag. dan Hafidz Aziz, S.PdI
9
2017
Menjadi Narasumber dalam Penyuluhan Pendidikan Karakter KKN Angkatan 93 di Kecamatan Gedangsari Gunungkidul
10
2017
Menjadi Narasumber Kuliah Umum “Model Penelitian Mixed Method” pada Program Magister PGMI FITK UIN Suka
11
2016
Menjadi Narasumber pada Workshop Pendidikan Karakter Anak SD dan Penilaian Pembelajaran Kur 2013 di MI Wahid Hasyim
12
2016
Menjadi Narasumber pada Bedah Buku “Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi” pada KSIP FITK UIN Suka
13
2015
Menjadi Narasumber pada Workshop Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah dan Implemenasi Kur 2013 di MI Taskombang Klaten
Menduduki Jabatan Pimpinan Lembaga Pemerintah Atau Pejabat Negara
14
2024
Dewan Pembina di Fordetak
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat | ||
1 | 2024 | Dewan Pembina di Fordetak |
2 | 2023 | Worshop penyelarasan Kurikulum prodi PPG Agama Hindu STAHN MPU Kuturan singaraja |
3 | 2022 | Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan |
4 | 2020 | Membangun Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Era New Normal |
5 | 2020 | Membangun semangat edu-Technopreneurship dalam menyongsong kampus yang merdeka |
Memberi pelayanan kepada masyarakat | ||
6 | 2017 | Menjadi Narasumber pada Workshop Model Pembiasaan Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah di MI Wahid Hasyim |
7 | 2017 | Menjadi Penilai Angka Kredit Dosen, a.n. Dr. Imam Machali, M.Pd. |
8 | 2017 | Menjadi Penilai Angka Kredit Dosen, a.n. Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag. dan Hafidz Aziz, S.PdI |
9 | 2017 | Menjadi Narasumber dalam Penyuluhan Pendidikan Karakter KKN Angkatan 93 di Kecamatan Gedangsari Gunungkidul |
10 | 2017 | Menjadi Narasumber Kuliah Umum “Model Penelitian Mixed Method” pada Program Magister PGMI FITK UIN Suka |
11 | 2016 | Menjadi Narasumber pada Workshop Pendidikan Karakter Anak SD dan Penilaian Pembelajaran Kur 2013 di MI Wahid Hasyim |
12 | 2016 | Menjadi Narasumber pada Bedah Buku “Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi” pada KSIP FITK UIN Suka |
13 | 2015 | Menjadi Narasumber pada Workshop Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah dan Implemenasi Kur 2013 di MI Taskombang Klaten |
Menduduki Jabatan Pimpinan Lembaga Pemerintah Atau Pejabat Negara | ||
14 | 2024 | Dewan Pembina di Fordetak |
Recognisi
-Tidak Ada Recognisi-