Dosen

Profil Sibawaihi

Nama : Sibawaihi, S.Ag., M.Si.,Ph.D.
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/A
Email : -
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Sibawaihi, S.Ag., M.Si.,Ph.D. Di Semester Gasal TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Filsafat Ilmu PAI 3 WAJIB A SEN 10:30-13:40 R: PPG-101
2. Filsafat Ilmu: Topik-Topik Epistemologi 2 WAJIB 1D SEN 07:00-08:40 R: PPG-105
3. Islam dan Sains 2 WAJIB A SEN 12:30-14:10 R: TBY-106
4. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya 4 WAJIB 2C SEL 12:30-14:10 R: PPG-107#SEL 14:20-16:00 R: PPG-107
5. Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah 4 WAJIB 1B KAM 07:00-08:39 R: PPG-304#JUM 08:50-10:30 R: PPG-402
6. Seminar dan Publikasi Jurnal Ilmiah 3 WAJIB A KAM 12:30-15:00 R: PPG-101
7. Tesis 8 WAJIB K SAB 07:00-13:40 R: PPG-300 B
8. Uji Kompetensi (Field Study) 4 WAJIB H KAM 15:30-17:10 R: PPG-103#KAM 17:20-18:50 R: PPG-103

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Monash - - 2019
2. S2 IAIN Sunan Kalijaga Filsafat Islam M. Ag. 2002
3. S1 IAIN Sunan Kalijaga Tafsir Hadis S. Ag 1999

# TAHUN KARYA
Book Chapter
1 2022 Internationalization of Higher Education in Indonesia: A Case Study of Gadjah Mada University, in J.S. Brooks, A.H. Normore, M.C. Brooks, & N. Sum (Eds.), Globalization and Education: Teaching, Learning and Leading in the World Schoolhouse .
Dipublikasikan pada Information Age Publishing, Charlotte, NC, Amerika Serikat .
https://www.infoagepub.com/products/Globalization-and-Educat...
Buku Referensi
2 2022 Konsep Kepribadian Guru PAI dalam Perspektif Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo .
Diterbitkan oleh Elmatera Publisher.
https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=97...
Jurnal Ilmiah
3 2024 Character Education from the Perspective of Islamic Basic Education in Primary School .
Dipublikasikan pada Jurnal As Sibyan.
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article...
4 2024 Transforming Islamic higher education institutions in Indonesia from “institutes/colleges” into “universities”: Globalization or glocalization? .
Dipublikasikan pada Management in Education.
Diterbitkan oleh SAGE.
https://doi.org/10.1177/08920206241268506
5 2024 Keteladanan Sebagai Metode Pembentukan Karakter Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw .
Dipublikasikan pada Al-Afkar: Journal for Islamic Studies.
https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/10...
6 2024 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) in Islamic higher education institutions dalam Ontological, epistemological and axiological reviews.
Dipublikasikan pada Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.
https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/vi...
7 2024 Attitudes and Views of Universitas Ahmad Dahlan to the Transable Ideology: An AIK Learning and Local Wisdom Based Preventive Approach .
Dipublikasikan pada Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam .
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/progresiva/article/view...
8 2024 Integration of Values and Practices of Character Education: A Comparative Analysis between Ibn Miskawaih and Thomas Lickona .
Dipublikasikan pada International Journal of Educational Review, Law and Social Sciences.
https://radjapublika.com/index.php/IJERLAS/article/view/1498
9 2024 Melacak Perkembangan Filsafat Ilmu dalam Tinjauan Historis dan Logika Penalarannya.
Dipublikasikan pada Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA).
https://jasika.umy.ac.id/index.php/jasika/article/view/81
10 2024 Meningkatkan Kualitas Pendidikan dalam Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru.
Dipublikasikan pada JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).
https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/artic...
11 2023 Institutionalization of Multicultural Values in Religious Education in Inclusive Schools, Indonesia .
Dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan Agama Islam.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/v...
12 2023 Revolusi Ilmiah Thomas Kuhn dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam .
Dipublikasikan pada Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam.
https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article...
13 2023 Persepsi Mahasiswa terhadap Politik Identitas Islam dalam Pemilihan Umum .
Dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora.
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah/article/v...
14 2023 Pengaruh Penggunaan Media Timeline terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Materi Peradaban Islam .
Dipublikasikan pada Raudhah Proud to be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah.
https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/vie...
15 2023 Adaptive Leadership in Character Education: Insights from SMP Negeri 3 Kasihan, Bantul, Indonesia .
Dipublikasikan pada Journal of Islamic Education Management Research.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jiemr/article/view/...
16 2023 The Qur’an Literacy of Islamic Education Students at Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Mataram .
Dipublikasikan pada Jurnal Penelitian Keislaman.
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/article/view/...
17 2023 Analisis Administrasi Pendidikan tentang Konsep Manajemen dalam Pandangan Al-Qur’an .
Dipublikasikan pada Madania: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman.
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/v...
18 2023 Globalizing higher education through internationalization and multiculturalism dalam The case of Indonesia.
Dipublikasikan pada Higher Education Quarterly.
Diterbitkan oleh Wiley-Blackwell Publishing Ltd.
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/hequ.12391
19 2023 Comparing the Experience of Pre-Service Teachers in the First and Final Semesters in Online Learning Using a Focus Group Study .
Dipublikasikan pada The Qualitative Report.
Diterbitkan oleh Nova Southeastern University.
https://nsuworks.nova.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=5727&c...
20 2023 Analisis Pengembangan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran FTK UIN Mataram .
Dipublikasikan pada Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/vie...
21 2023 The effect of techniques flooding to minimize student's social anxiety in submitting opinions in public dalam Experimental study on class X students of MAN 3 Sleman.
Dipublikasikan pada At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah.
https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article...
22 2023 Analisis Pengembangan Seni dan Budaya dalam Pendidikan Agama Islam .
Dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan dan Konseling.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/art...
23 2023 Children's Future Adversity dalam Learning Loss Risk during Online Learning in Covid-19 Pandemic.
Dipublikasikan pada International Journal of Instruction.
Diterbitkan oleh Gate Association for Teaching and Education.
https://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2023_2_25.pdf?fbclid=IwAR...
24 2022 Developing Religious Moderation in Indonesian Islamic Schools Through the Implementation of the Values of Islām Wasaṭiyyah .
Dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan Agama Islam.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/2...
25 2022 Konstruksi Pemikiran Al-Qabisi dalam Sebuah Upaya Mengatasi Krisis Moral di Era Digital.
Dipublikasikan pada Edukasi Islami.
Diterbitkan oleh STAI Al-Hidayah Bogor.
https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article...
26 2022 Study Application of Student Center Learning Method in Fiqh Munakahat Learning .
Dipublikasikan pada Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/artic...
27 2022 Implementing Multiculturalism in Indonesian Higher Education dalam An Epistemological Analysis.
Dipublikasikan pada Journal of Higher Education Theory and Practice.
Diterbitkan oleh North American Business Press.
https://articlegateway.com/index.php/JHETP/article/view/5511
28 2022 Blended Learning Based on Heutagogy as a Determinant of Student Engagement in Islamic Education .
Dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan Progresif.
https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/2...
29 2022 Implementation of the Integration-Interconnection of Introduction to Islamic Studies at the Sociology Study Program of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta .
Dipublikasikan pada Journal of Contemporary Islamic Education.
https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/cie/artic...
30 2021 Epistemologizing the Islamic Concept of Resurrection in the Hereafter dalam A Comparative Study Between al-Ghazālī and Fazlur Rahman.
Dipublikasikan pada Afkar.
Diterbitkan oleh Universiti Malaya, Malaysia.
https://ejournal.um.edu.my/index.php/afkar/article/view/3435...
31 2021 Identifying Moderate Values in the Textbook of Sejarah Kebudayaan Islam for the 6th Grade of Madrasah Ibtidaiyah in Indonesia .
Dipublikasikan pada Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/albidayah/article/v...
32 2020 Managing Multiculturalism in Islamic Higher Education dalam A Case Study at UIN Sunan Kalijaga.
Dipublikasikan pada Manageria.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/manageria/article/v...

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2021 Elements of Culture at Alpha Phi Omega, Eastern Michigan University, and Strategies for Conducting Program.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202177229?type=...
2 2021 Citizenship as (Universal) Equality: Studi atas Teori Persamaan Christopher Pierson dalam Konteks Indonesia.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202133752?type=...

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2021 Editor pada Jurnal Al-Jami'ah .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
2 2021 Narasumber dalam Workshop Penguatan Metodologi Riset (Insidental).
3 2021 Narasumber dalam Workshop Pengabdian kepada Masyarakat (Insidental).

# TAHUN KARYA
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi
1 2021 Pengelola Pusat Manajemen Pendidikan Tinggi .