dosen

Profil Mohamad Agung Rokhimawan

Nama Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Program Studi Program Profesi Guru
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan Lektor Kepala | IV/B
Email
Pendidikan Terakhir S3 | Studi Islam

Riwayat Mengajar

No Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1 Evaluasi Pembelajaran PAI 4 WAJIB C KAM 10:40-12:20 R: TBY-106#JUM 09:45-11:25 R: TBY-408
2 Inovasi Pembelajaran 3 WAJIB J SEN 07:00-09:30 R: PPG-408
3 Kurikulum dan Pembelajaran 4 WAJIB 2B SEN 07:00-08:40 R: PPG-302#SEN 08:40-10:30 R: PPG-302
4 PLP 4 WAJIB B SAB 07:00-10:20 R: TBY-102
5 Pendalaman Materi Pedagogik 2 WAJIB H SEN 07:00-08:40 R: PPG-405
6 Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 2 WAJIB 1E SEL 09:40-11:20 R: PPG-206
7 Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 3 WAJIB J SEL 07:00-09:30 R: PPG-408
8 Pengembangan Kompetensi Pedagogik 4 WAJIB 1E RAB 12:30-15:50 R: PPG-206
9 Pengembangan Kompetensi Pedagogik 6 WAJIB J RAB 07:00-12:00 R: PPG-408
10 Pengembangan Kompetensi Profesional 6 WAJIB J KAM 07:00-12:00 R: PPG-408
11 Pengembangan Kurikulum 4 WAJIB A SEL 08:50-10:30 R: TBY-101#KAM 08:50-10:30 R: TBY-101
12 Pengembangan Perangkat Pembelajaran 5 WAJIB 1A KAM 12:30-16:40 R: PPG-101
13 Penyusunan Perangkat Pembelajaran 6 WAJIB J SEN 13:10-18:10 R: PPG-408
14 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 7 WAJIB 1A SAB 10:30-16:20 R: PPG-101
15 Seminar Proposal Disertasi 2 WAJIB 3C SEL 07:00-08:40 R: PPG-302
16 Skripsi 6 WAJIB A SAB 12:00-17:00 R: TBY-101
17 Telaah Kurikulum MI/SD 4 WAJIB C RAB 08:50-10:30 R: TBY-110#KAM 07:00-08:40 R: GKT-403
18 Uji Kompetensi (Field Study) 4 WAJIB J JUM 15:30-17:10 R: PPG-401#JUM 17:20-18:50 R: PPG-401

Riwayat Pendidikan

No Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1 S3 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Studi Islam Dr. 2019
2 S2 Universitas Negeri Semarang Pendidikan IPA M.Pd. 2005
3 S1 Universitas Negeri Semarang Pendidikan Kimia M.Pd. 2002

Publikasi

No Tahun Karya
Buku Referensi
1 2024 Kurikulum Pendidikan Dasar Islam Dari Masa Ke Masaid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Deepublishid
https://play.google.com/store/books/details?id=5xg4EQAAQBAJ | Disini
2 2024 Orientation of scientist Formationid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Deepublish digitalid
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=dRcBLCUAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=dRcBLCUAAAAJ:HoB7MX3m0LUC | Disini
3 2021 Pengembangan Kurikulum Linier S1, S2, S3id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh PGMI Pressid
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50638 | Disini
Jurnal Ilmiah
4 2024 Unraveling the Strategic Roadmap to Achieve World-Class Status in Indonesia's Islamic Universities: A Comparative Studyid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Richtmann Publishingid
https://www.richtmann.org/journal/index.php/jesr/article/view/13906/13457 | Disini
5 2024 Optimalisasi Peran Filantropi Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Mahasiswa Program Studi Sosiologiid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Institut Agama Islam (IAI) Nasional Laa Roiba Bogorid
https://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/elmal/article/view/1822/1266 | Disini
6 2023 The Implementation of Hidden Curriculum On Fifth Grade Students’ Character Development at Islamic Elementary Schoolid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Program Studi PGSD, Jurusan PSD, FIP, UNYid
https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika/article/view/67252 | Disini
7 2023 Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong)id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/2239 | Disini
8 2023 Strategi Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa pada Materi Hadits Tarbawi di Era Digitalisasiid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2834/1554 | Disini
9 2023 Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasarid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntaiid
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/1714 | Disini
10 2022 Desain Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya untuk Program Pendidikan Agama Islamid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.jet.or.id/index.php/jet/article/view/184 | Disini
11 2022 Integrasi Game Chirality 2 untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbonid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/daltonjurnal/article/view/7673 | Disini
12 2022 Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia SMAid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/view/22746 | Disini
13 2022 Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MIid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2221 | Disini
14 2022 Dampak latar belakang pendidikan dan pengalaman guru terhadap mutu mengajar guru di Sekolah Dasarid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://jim.unindra.ac.id/index.php/orien/article/view/6229 | Disini
15 2022 Implementation Design Of Curriculum 2013 In The Thematic Learning Process In Integrated Islamic Elementary Schoolid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/11606 | Disini
16 2022 Model of Teacher – Student Interaction Based on Students’ Uniqueness in Elementary School (Benchmarking to Sto. Rosario Montessori School Philippine)id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/14059 | Disini
17 2022 Innovation of Basic Education Curriculum to Optimize Learners Spiritual Characterid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/1479 | Disini
18 2022 PROSPECTIVE MADRASAH TEACHERS’ SCIENTIFIC COMPETENCIES INTEGRATED WITH SCIENTIFIC LITERACY THROUGH THE STEM APPROACHid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Science Education Study Program FMIPA UNNES Semarangid
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/32983 | Disini
19 2021 Pembelajaran Model Blended Learning pada Mata Kuliah Sains Lanjut dengan Menggunakan Kurikulum KKNIid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1396 | Disini
20 2021 STRATEGI GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PAUD (STUDI KASUS DI TK ANNUR II MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) id
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/8558 | Disini
21 2021 Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MIid
https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-pgmi/article/view/194/205 | Disini
22 2020 Levels of Inquiry-Interactive Demonstration: Its Effect on Students' Critical Thinking Ability in Online Learning with the Topic of Waves and Soundsid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/17786id
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/17786 | Disini
23 2020 Transformation of Islamic Religious Institutes (IAIN) Become Islamic University (UIN) In the Ministry Of Religion, Indonesiaid . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh https://www.arjhss.com/volume-3-issue-12/id
https://www.arjhss.com/wp-content/uploads/2020/12/F3125459.pdf | Disini
24 2020 Planning of PAUD Learning with STEAM (Science, Technology, Art, and Math) Approachid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/39359 | Disini
25 2020 Literasi Sains melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA SD/MI di Abad 21id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/ | Disini
26 2020 Dynamics of Pesantren in the Perspective of National Education Policyid . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) id
https://www.iosrjournals.org/ | Disini
27 2020 Analisis Soal Hots Pada Buku Siswa Tokoh Penjelajah Angkasa Luarid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Profesi Pendidikan Dasarid
https://journals.ums.ac.id/ | Disini
28 2020 The Concept Of Elective-Coordinative Curriculum Model In Level Of Bachelor Degree At Department Of Education Teacher Madrasah Ibtidaiyah In Indonesia id . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh IJSTRid
http://www.ijstr.org/final-print/jan2020/The-Concept-Of-Elective-coordinative-Curriculum-Model-In-Level-Of-Bachelor-Degree-At-Department-Of-Education-Teacher-Madrasah-Ibtidaiyah-In-Indonesia-.pdf | Disini
29 2019 Tarbiyah analysis in life: Historical approach and curriculum development id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) in collaboration with Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)id
http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/13311/pdf_368 | Disini
30 2019 “The Integration Of Science And Culture On Indonesian Archipelago Kliwonan Around Masjid And Buyut Trusmi’s Tombs In Cirebon”id . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://www.ijstr.org/final-print/aug2019/The-Integration-Of-Science-And-Culture-On-Indonesian-Archipelago-Kliwonan-Around-Masjid-And-Buyut-Trusmis-Tombs-In-Cirebon.pdf | Disini
31 2018 PENGARUH STRATEGI POINT COUNTER POINT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIKid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=4129 | Disini
32 2018 LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN TANURAKSAN KEBUMENid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaid
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/129/128 | Disini
33 2016 Perkembangan LKM Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1id . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
34 2015 Analisis SWOT Kurikulum Prodi PGMI menyongsong Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2038 yang Bervisi Integrasi-Interkoneksiid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
35 2015 Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Multiole Intelligences Untuk Siswa SD/MI di Bantulid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
36 2015 Studi Proses Indirect Teaching dalam Pembentukan Karakter diri Keimanan dan Sikap Sosial ( Kajian Komparatif-Implementatif Pembelajaran Kurikulum 2013 Perspektif Sosiologi Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 dan SMA BOPKRI 1 Yogyakartaid . Tingkat . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
Seminar
37 2022 Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikulturalid . Tingkat Nasional . Pada Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education . Diselenggarakan oleh PPPAIIid . Diterbitkan oleh The Annual Conference on Islamic Religious Education (ACIRE) 2022id
http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/view/75 | Disini
38 2019 ANALISIS MATERI POKOK PPKn MI/SDid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.academia.edu/41589108/PROSIDING_THE_1_ST_ANNUAL_CONFERENCE_AL-BIDAYAH_ACA_JURNAL_PENDIDIKAN_DASAR_INNOVATION_OF_PRIMARY_EDUCATION_FOR_ALL_?auto=download | Disini
39 2019 ANALISIS MATERI POKOK MATEMATIKA MI/SDid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://www.academia.edu/41589108/PROSIDING_THE_1_ST_ANNUAL_CONFERENCE_AL-BIDAYAH_ACA_JURNAL_PENDIDIKAN_DASAR_INNOVATION_OF_PRIMARY_EDUCATION_FOR_ALL_?auto=download | Disini

Penelitian

No Tahun Karya
Melakukan penelitian
1 2015 PembelajaranMatematikaDenganPendekatan Multiple Intelligences UntukSiswa SD/MI Di Bantul . Tingkat
| Disini
2 2015 Studi proses indirect teaching dalampembentukankarakterdirikeimanandansikapsosial (KajianKomparatif-ImplementatifPembelajaranKurikulum 2013 PerspektifSosiologiPendidikan Di SMA Muhammadiyah I dan SMA BOPKRI I Yogyakarta) . Tingkat
| Disini
3 2015 Pengembangan LKM BerbasisKeterampilan Proses SainsPada Mata KuliahPembelajaran IPA MI 1 . Tingkat
| Disini

HAKI

No Tahun Karya
Hak Cipta
1 2024 Kuber Sejarah Islam . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh
https://drive.google.com/file/d/1lwH6YSGHrHFcJf3JFJFaeNvOlxUdj9EK/view?usp=drive_link | Disini
2 2023 Media Audio Visual Animaker Terintegrasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh
http://uin-suka.ac.id/ | Disini
3 2023 Video Pembelajaran IPA (Perkembangbiakan Tumbuhan Vegetatif Secara Alami) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh
http://uin-suka.ac.id/ | Disini
4 2021 PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUMELEKTIF-KOORDINATIF MENGACU KKNIPADA LEVEL S1, S2, DAN S3 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh EC00202123134
https://i.ibb.co/d5XwDtg/sertifikat-EC00202123134-page-0001.jpg | Disini

Pengabdian

No Tahun Karya
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2020 Uji Publik Kurikulum 13 di MAN 1 WATES
Memberi pelayanan kepada masyarakat
2 2016 Pendampingan Penerapan Kurikulum Mengacu Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI)
3 2016 Workshop RPS dan RPM Mengacu KKNI
4 2016 Kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Lembaga Pendidikan di SDIT Ar Raihan Bantul
5 2016 Seminar Isu atau Fakta Perubahan Kurikulum 2013 menjadi kurikulum nasional?
6 2016 Workshop kurikulum Universitas Tidar Tahun 2016
7 2015 Pendampingan penulisan karya ilmiah dan manajemen kelas bagi guru MI se-kabupaten gunungkidul
8 2015 Pendampingan Manajemen Madrasah Ibtidaiyah
9 2015 Kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Lembaga Pendidikan di SMK Maarif Wates
10 2015 Kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Lembaga Pendidikan di SMA N 1 Wates
11 2015 Pendampingan penyusunan CP dan CLO KKNI Rumpun Ilmu IPA dan IPS Tahun 2016

Recognisi

-Tidak Ada Recognisi-