Dosen

Profil Diah Ajeng Purwani

Nama : Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si
Program Studi : Ilmu Komunikasi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Humaniora
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor | III/C
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si Di Semester Gasal TA 2021/2022
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Komunikasi Internasional 2 PILIHAN A SEN 08:50-10:30 R: FISHUM-223-A
2. Komunikasi Internasional 2 PILIHAN B RAB 14:50-16:30 R: FISHUM-110-A
3. Penulisan PR 3 WAJIB E KAM 14:50-17:20 R: FISHUM-223-A
4. Produksi Media PR 3 WAJIB A KAM 09:40-12:10 R: FISHUM-107
5. Produksi Media PR 3 WAJIB B RAB 09:40-12:10 R: FISHUM-322
6. Protokoler dan MC 2 PILIHAN B SEL 13:00-14:40 R: FISHUM-224
7. Skripsi 6 WAJIB I MIN 11:00-11:30 R: FISHUM-110-A
8. Skripsi 6 WAJIB J MIN 08:00-08:30 R: FISHUM-107

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Gadjah Mada Penyuluhan Dan Komunikasi Pembangunan - -
2. S2 Universitas Sebelas Maret Ilmu Komunikasi Konsens Manajemen Komunikasi M.Si. 2009
3. S1 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Ilmu Komunikasi S.Sos 2005

# TAHUN KARYA
Book Chapter
1 2020 Media Komunikasi dan Informasi Di Masa Pandemi COVID-19 (Menakar Keterbukaan Informasi Publik di Tengah Pandemi COVID-19) dalam Analisis Karakteristik Unggahan Instagram #Untiltomorrow pada Masa Pandemi Covid-19.
Diterbitkan oleh MBridge Press.
https://www.researchgate.net/publication/348994101_MEDIA_KOM...
2 2017 ‘Effective Communication Method in Language Learning in The Era of Communication 3.0’ dalam Ilmu Sosial dan Humaniora Berwawasan Islam dalam Bunga Rampai FISHUM.
Buku Referensi
3 2021 Pemberdayaan Era Digital .
Diterbitkan oleh Bursa Ilmu.
https://adipurabooks.com/
4 2017 ‘Branding dalam Social Entrepreneurship’ dalam Corporate Social Responbility dan Branding .
Diterbitkan oleh PERHUMAS.
5 2016 Corporate Social Responsibility dan Branding. .
Diterbitkan oleh Perhumas BPC Yogyakarta.
6 2016 Rekayasa Sosial. .
Diterbitkan oleh Pintal Yogyakarta.
Conference Paper
7 2019 Marketing Mesh as the Communication Strategy to Face the Revolution Era of Industry 4.0 .
Dipublikasikan pada Marketing Mesh as the Communication Strategy to Face the Revolution Era of Industry 4.0.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicosh-19/1259160...
8 2019 Understandability and usefulness of news articles in explaining electricity generation from biomass dalam A comparative study on exact and non-exact science university students.
Dipublikasikan pada IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.
Diterbitkan oleh IOP Publishing.
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/245/1/0...
9 2015 Media Literacy in the Era of Communication 3.0 .
Dalam Media Literacy in the Era of Communication 3.0.
Jurnal Ilmiah
10 2021 Pandemic politics and communication crisis: How social media buzzers impaired the lockdown aspiration in Indonesia .
Dipublikasikan pada Pandemic politics and communication crisis: How social media buzzers impaired the lockdown aspiration in Indonesia.
Diterbitkan oleh SEARCH Journal of Media and Communication Research.
https://fslmjournals.taylors.edu.my/pandemic-politics-and-co...
11 2018 Kecenderungan Kajian Penelitian Jurnal Komunikasi Pada Penulis APJIKI Ditinjau dari Tujuh Tradisi Komunikasi .
Dipublikasikan pada Kecenderungan Kajian Penelitian Jurnal Komunikasi Pada Penulis APJIKI Ditinjau dari Tujuh Tradisi Komunikasi.
Diterbitkan oleh Profetik Jurnal Komunikasi.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view...
12 2018 Tantangan Sociopreneurs Yogyakarta di Era Communication 3.0 .
Dipublikasikan pada Tantangan Sociopreneurs Yogyakarta di Era Communication 3.0.
Diterbitkan oleh Jurnal Komunikasi Profetik.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view...
13 2018 Social Information Processing Di Facebook Untuk Pengembangan Komunitas Social Entrepreneurs .
Dipublikasikan pada Social Information Processing Di Facebook Untuk Pengembangan Komunitas Social Entrepreneurs.
Diterbitkan oleh Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna.
http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/1...
14 2018 Pelatihan Jurnalistik untuk Mewujudkan Media Ramah Anak .
Dipublikasikan pada Pelatihan Jurnalistik untuk Mewujudkan Media Ramah Anak.
Diterbitkan oleh Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jbs/article/view/1153
15 2018 A Study on Cultural Adaptation by Using Social Media Among Indonesian and Malaysian Students .
Dipublikasikan pada A Study on Cultural Adaptation by Using Social Media Among Indonesian and Malaysian Students.
Diterbitkan oleh American Scientific Publishers.
https://www.ingentaconnect.com/content/asp/asl/2018/00000024...
16 2017 Tantangan Literasi Informasi Petani di Era Informasi dalam Journal of Social and Agricultural Economics.
17 2017 Pendampingan Penguasaan Bahasa Inggris dan Penguatan Akidah Pada Remaja Masjid Sebagai Pemandu Wisata Desa Wisata Towil, Kulonprogo, dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam Jurnal Bakti Saintek.
18 2016 Communication in Social Media as a Reflection of the Noble Values of Nation dalam International Journal of Social Science and Humanity.
19 2016 Coverage of Indonesia nespapers as an information source on biomass energy dalam Jurnal elsevier (under riview).
20 2015 Comparing Media Consumption : Everyday Life in Information Seeking System (ELISS) on Nahdlatul Ulama and Muhammadiyah Ulama Behaviour dalam Jurnal Channel.
Prosiding
21 2019 Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual .
Dipublikasikan pada Berkarya Tiada Henti.
Diterbitkan oleh Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.
http://digilib.uin-suka.ac.id/40014/

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2021 Pemberdayaan Era Digital. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
https://adipurabooks.com/

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2021 Reviewer Jurnal .
2 2020 Reviewer Jurnal ETTISAL : Journal of Communication Vol.5 No.1 .
3 2020 Reviewer Jurnal Actadiurna .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
4 2021 Inspiroom Ramadhan oleh Rihaal Umroh & Edukasi (Insidental).
5 2021 Narasumber Buka Bersama dan Diskusi dengan tema ”Karir No Limit” oleh Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 (Insidental).
6 2021 Webinar Training Batch 1 dengan tema ”Tetap Berprestasi dan Produktif di Masa Pandemi” (Insidental).
7 2020 Pembekalan Pengajar Bidang TIK untuk Wilayah 2 Kegiatan Pelatihan dan Kompetisi TIK Nasional secara Daring bagi Disabilitas (instruktur) (Insidental).
8 2020 Webinar Nasional “Momentum Aktualisasi Teori Sosial di Era New Normal” (narasumber) (Insidental).
9 2020 Live IG @indonesiasehat75 “1 Jam Lebih Sehat Bersama Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos., M.Si.” (narasumber) (Insidental).
10 2020 Here's the 20202 version of Public Relations (Insidental).
11 2020 Sosialisasi Konsentrasi Program Studi (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
12 2021 Kegiatan Pengabdian Dengan Judul ”UMKM Muda Digital Bersama Ikom UIN Suka” Jilid 1 (Kegiatan sebanyak 20 kali berdasarkan bidang keahlian).
13 2017 Narasumber pada kegiatan Pengabdian Masyarakat Pendampingan Penguasaan Bahasa Inggris dan Pengutan Akidah pada Remaja Masjid Sebagai Pemandu Wisata Desa Towilfiets Kulonprogo .
14 2017 Narasumber pada kegiatan Pengabdian Kajian Diajeng Gondokusuman Kewajibanku sebagai Pendampingmu .
15 2016 Narasumber pada kegiatan Penyuluhan kegiatan Pelatihan Jurnalistik untuk Mewujudkan Media Ramah Anak .

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
1 2021 Peserta Pelatihan Penulisan Naskah Video Pembelajaran Online Bagi Dosen . Pada pertemuan Pelatihan Penulisan Naskah Video Pembelajaran Online Bagi Dosen .
2 2021 Peserta Workshop Peningkatan Peringkat Webrometric Universitas . Pada pertemuan Workshop Peningkatan Peringkat Webrometric Universitas.
3 2021 Peserta Seminar Series Penguatan Jaringan dan Kerjasama Menuju Akreditasi Internasional . Pada pertemuan Seminar Series Penguatan Jaringan dan Kerjasama Menuju Akreditasi Internasional.
4 2021 Peserta Workshop The Power of Branding academia 4.0 . Pada pertemuan Workshop The Power of Branding academia 4.0.
5 2021 Peserta Workshop Penyusunan OBE (Outcomes Based Education) . Pada pertemuan Workshop Penyusunan OBE (Outcomes Based Education).
6 2021 Peserta Workshop dan Pendampingan Penulisan Menuju Jurnal Internasional . Pada pertemuan Workshop dan Pendampingan Penulisan Menuju Jurnal Internasional.
7 2021 Pelatihan Pelatihan Pengajaran Virtual Melalui Vmix . Pada pertemuan Pelatihan Pengajaran Virtual Melalui Vmix.
8 2021 Peserta Marketing 5.0 In Practices . Pada pertemuan Marketing 5.0 In Practices.
9 2021 Peserta Pelatihan Pengoperasian Vmix Tahap 1 . Pada pertemuan Pelatihan Pengoperasian Vmix Tahap 1.
10 2021 Peserta Workshop Metode Pembelajaran dan Penilaian . Pada pertemuan Workshop Metode Pembelajaran dan Penilaian.
11 2021 Peserta Sosialisasi Akreditasi Internasional . Pada pertemuan Sosialisasi Akreditasi Internasional.
12 2020 Peserta Konvensi Nasional Humas 20 . Pada pertemuan Konvensi Nasional Humas 20.
13 2020 Peserta Workshop Social Network Analysis Yogyakarta . Pada pertemuan Workshop Social Network Analysis Yogyakarta.
14 2020 Peserta “Pelatihan Daring Membuat Video Pembelajaran Interaktif” . Pada pertemuan “Pelatihan Daring Membuat Video Pembelajaran Interaktif”.
15 2020 Peserta Lokakarya Online . Pada pertemuan Lokakarya Online.
16 2020 Peserta Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Menghadapi New Normal Life . Pada pertemuan Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Menghadapi New Normal Life.
17 2020 Peserta Webinar #2 Bincang Komunikasi "Penggalian Data Virtual" . Pada pertemuan Webinar #2 Bincang Komunikasi "Penggalian Data Virtual".