dosen
Nama | Prof. Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. |
Program Studi | Pendidikan Matematika |
Fakultas | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Jenis Pegawai | Status | Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar |
Jabatan Akademik | Golongan | Guru Besar | IV/B |
|
|
Pendidikan Terakhir | S3 | Pendidikan Matematika |
Biografi
Riwayat Mengajar
No
Mata Kuliah
SKS
Jenis MK
Kelas
Jadwal
1
Inovasi Pembelajaran
4
WAJIB
1B
SEN 09:40-13:00 R: PPG-107
2
Inovasi Pembelajaran
3
WAJIB
B
SEN 07:00-09:30 R: PPG-107
3
Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam
4
WAJIB
1A
KAM 11:35-13:15 R: PPG-405#JUM 12:30-14:10 R: PPG-405
4
Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam
4
WAJIB
1B
SEN 13:25-15:05 R: PPG-402#JUM 08:50-10:30 R: PPG-401
5
Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam
6
WAJIB
A
RAB 08:50-11:20 R: PPG-100#KAM 08:50-11:20 R: PPG-100
6
Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam
6
WAJIB
B
KAM 17:20-19:50 R: PPG-100#JUM 14:20-16:50 R: PPG-100
7
Pengelolaan Administrasi Pembelajaran
2
WAJIB
1B
SEL 09:40-11:20 R: PPG-107
8
Pengelolaan Administrasi Pembelajaran
3
WAJIB
B
SEL 07:00-09:30 R: PPG-107
9
Pengembangan Kompetensi Pedagogik
4
WAJIB
1B
RAB 12:30-15:50 R: PPG-107
10
Pengembangan Kompetensi Pedagogik
6
WAJIB
B
RAB 07:00-12:00 R: PPG-107
11
Pengembangan Kompetensi Profesional
4
WAJIB
1B
KAM 12:30-15:50 R: PPG-107
12
Pengembangan Kompetensi Profesional
6
WAJIB
B
KAM 07:00-12:00 R: PPG-107
13
Penyusunan Perangkat Pembelajaran
4
WAJIB
1B
SEL 12:30-15:50 R: PPG-107
14
Penyusunan Perangkat Pembelajaran
6
WAJIB
B
SEN 13:10-18:10 R: PPG-107
15
Psikologi Belajar Matematika
2
WAJIB
A
SEN 10:40-12:20 R: TBY-410
16
Psikologi Belajar Matematika
2
WAJIB
B
SEN 16:25-18:05 R: TBY-407
17
Psikologi Belajar Matematika
2
WAJIB
C
RAB 16:25-18:05 R: MP-102
18
Statistik Pendidikan
2
WAJIB
1C
SEL 15:30-17:10 R: PPG-106
19
Statistika Multivariat
3
WAJIB
A
SEN 07:00-09:30 R: FISHUM-317
20
Tesis
8
WAJIB
T
SAB 07:00-13:40 R: PPG-404
No | Mata Kuliah | SKS | Jenis MK | Kelas | Jadwal |
---|---|---|---|---|---|
1 | Inovasi Pembelajaran | 4 | WAJIB | 1B | SEN 09:40-13:00 R: PPG-107 |
2 | Inovasi Pembelajaran | 3 | WAJIB | B | SEN 07:00-09:30 R: PPG-107 |
3 | Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam | 4 | WAJIB | 1A | KAM 11:35-13:15 R: PPG-405#JUM 12:30-14:10 R: PPG-405 |
4 | Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif dalam Manajemen Pendidikan Islam | 4 | WAJIB | 1B | SEN 13:25-15:05 R: PPG-402#JUM 08:50-10:30 R: PPG-401 |
5 | Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam | 6 | WAJIB | A | RAB 08:50-11:20 R: PPG-100#KAM 08:50-11:20 R: PPG-100 |
6 | Metodologi Riset Pendidikan Dasar Islam | 6 | WAJIB | B | KAM 17:20-19:50 R: PPG-100#JUM 14:20-16:50 R: PPG-100 |
7 | Pengelolaan Administrasi Pembelajaran | 2 | WAJIB | 1B | SEL 09:40-11:20 R: PPG-107 |
8 | Pengelolaan Administrasi Pembelajaran | 3 | WAJIB | B | SEL 07:00-09:30 R: PPG-107 |
9 | Pengembangan Kompetensi Pedagogik | 4 | WAJIB | 1B | RAB 12:30-15:50 R: PPG-107 |
10 | Pengembangan Kompetensi Pedagogik | 6 | WAJIB | B | RAB 07:00-12:00 R: PPG-107 |
11 | Pengembangan Kompetensi Profesional | 4 | WAJIB | 1B | KAM 12:30-15:50 R: PPG-107 |
12 | Pengembangan Kompetensi Profesional | 6 | WAJIB | B | KAM 07:00-12:00 R: PPG-107 |
13 | Penyusunan Perangkat Pembelajaran | 4 | WAJIB | 1B | SEL 12:30-15:50 R: PPG-107 |
14 | Penyusunan Perangkat Pembelajaran | 6 | WAJIB | B | SEN 13:10-18:10 R: PPG-107 |
15 | Psikologi Belajar Matematika | 2 | WAJIB | A | SEN 10:40-12:20 R: TBY-410 |
16 | Psikologi Belajar Matematika | 2 | WAJIB | B | SEN 16:25-18:05 R: TBY-407 |
17 | Psikologi Belajar Matematika | 2 | WAJIB | C | RAB 16:25-18:05 R: MP-102 |
18 | Statistik Pendidikan | 2 | WAJIB | 1C | SEL 15:30-17:10 R: PPG-106 |
19 | Statistika Multivariat | 3 | WAJIB | A | SEN 07:00-09:30 R: FISHUM-317 |
20 | Tesis | 8 | WAJIB | T | SAB 07:00-13:40 R: PPG-404 |
Riwayat Pendidikan
No
Jenjang
Perguruan Tinggi
Jurusan
Gelar Akademik
Tahun Lulus
1
S3
Universitas Pendidikan Indonesia
Pendidikan Matematika
Dr.
2011
2
S2
Universitas Pendidikan Indonesia
-
M.Pd.
2007
3
S1
Universitas Islam Nusantara
Pendidikan Matematika
S. Pd.
2003
No | Jenjang | Perguruan Tinggi | Jurusan | Gelar Akademik | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|---|
1 | S3 | Universitas Pendidikan Indonesia | Pendidikan Matematika | Dr. | 2011 |
2 | S2 | Universitas Pendidikan Indonesia | - | M.Pd. | 2007 |
3 | S1 | Universitas Islam Nusantara | Pendidikan Matematika | S. Pd. | 2003 |
Publikasi
No
Tahun
Karya
Jurnal Ilmiah
1
2024
The Students' Computational Thinking Ability through Problem-Based Learning in Societal Context
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala
2
2024
Mathematics learning orientation: Mathematical creative thinking ability or creative disposition?
Tingkat Internasional Bereputasi - Q1
Diterbitkan oleh Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS)
3
2023
Validity of Student Worksheets Contextual-Based
Statistics Material in Facilitating Students' Critical Thinking Ability
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Palopo
4
2022
Student Worksheets of Angle Relationships Based on Indonesian Realistic Mathematics Education
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Ganesha
5
2022
Self Efficacy Siswa SMA Sederajat terhadap Pemahaman Konsep SPLDV Selama Pembelajaran Daring
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan
6
2022
Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
7
2022
Motor Ability Survey in TK With Calligraphy Method
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Indonesia University of Education Cibiru Campus, Early Childhood Education Teacher Education Study Program
8
2022
The Influence of Learning Mathematics in Online Learning on The Results of Mid-Semester Assessment
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Department Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
9
2022
Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh Uviversitas Riau Kepulauan Batam
10
2022
Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6Tahun di RA Azzahra Lampung Timur
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Department of Early Childhood Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta
11
2022
Analisis Sikap, Kecemasan dan Hasil Belajar Siswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Asahan
12
2022
Emotional Intelligence and Self Efficacy as A Contributor of Student Mathematics Learning Outcomes
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Padang, Indonesia
13
2022
Perbandingan Cara Belajar Siswa dari Sekolah Pondok dan Sekolah Negeri terhadap Hasil Belajar
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
14
2022
Keterampilan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Madrasah Aliyah Ditinjau dari Gender dan Status Sekolah
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Metro
15
2021
Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga pada Penggunaan Media E-Learning Daring
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah
16
2021
Kontribusi Penggunaan E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah
17
2021
Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs pada Materi Lingkaran
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Mathematics Education Study Program STKIP Andi Matappa Pangkep
18
2021
Students' Mathematical Problem Solving Ability in Terms of Gender Differences
Tingkat Nasional Terakreditasi
Diterbitkan oleh Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training, and education Universitas Halu Oleo
19
2021
Pengaruh Kecemasan Matematika dan Self-Concept Saat Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan bekerjasama dengan Matematika Nusantara
20
2021
PEMBELAJARAN ADVOKASI: Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Abad 21
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
21
2021
Tinjauan Resiliensi Belajar Matematika dan Disposisi Matematis pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
22
2021
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Pendekatan Saintifik
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
23
2021
Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematika dan Fasilitas Belajar di Rumah
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE)
24
2021
Student Mathematics Learning Outcomes Judging from Metacognition Ability and Academic Procrastination
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh Serang Raya University
25
2021
Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi dan Prokrastinasi Akademik
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh Serang Raya University
26
2021
Kecerdasan Logis Matematis dan Linguistik sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Institut Pendidikan Indonesia
27
2021
Kecerdasan Logis Matematis dan Visual Spasial sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh STKIP PGRI Banjarmasin
28
2021
Increasing Mathematical Critical Thinking Skills Using Advocacy Learning with Mathematical Problem Solving
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala
29
2021
Students’ Metacognitive Process in Mathematical Problem Solving Based on Cognitive Style
Tingkat Nasional Terakreditasi
Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah
30
2021
Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
31
2021
Hubungan Disposisi Matematis dan Self-Efficacy Mahasiswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Mathematics Education University of Muhammadiyah Metro
32
2021
Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh IAIN Bengkulu
33
2021
Development of Mathematical Problem Solving Tests on Geometry for Junior High School Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi
34
2021
The Application of Item Response Theory in Analysis of Characteristics of Mathematical Literacy Test Items
Tingkat Internasional Bereputasi
35
2020
Efektivitas Ensiklopedia IPA Terintegrasi Alquran untuk Siswa Tunanetra
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
36
2020
Desain Penyajian Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh IKIP Mataram
37
2020
ANALISIS HASIL BELAJAR DAN MASA STUDI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
38
2020
Problematika Siswa Difabel Rungu dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Inklusi
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh UIN Antasari Banjarmasin
39
2020
DEVELOPMENT OF A GUIDE TO PREPARATION OF MATHEMATICS QUESTIONS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS AND STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION FOR MIDDLE SCHOOL TEACHERS
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
40
2020
ADVOCACY APPROACH WITH OPEN-ENDED PROBLEMS TO MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh IKIP Siliwangi
41
2019
Undergraduate Students' Difficulties in Proving Mathematics
Tingkat Internasional Bereputasi
Diterbitkan oleh IOP Publishing Ltd
42
2019
PENDEKATAN RAMAH, TERBUKA DAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta
43
2019
Potensi Artikel untuk Dimuat di Jurnal Nasional dan Internasional Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi (Dalam Rangka Pengembangan Manajemen Jurnal Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga/JPMSUKA)
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh UIN Alauddin Makasar
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Jurnal Ilmiah | ||
1 | 2024 |
The Students' Computational Thinking Ability through Problem-Based Learning in Societal Context
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala |
2 | 2024 |
Mathematics learning orientation: Mathematical creative thinking ability or creative disposition?
Tingkat Internasional Bereputasi - Q1 Diterbitkan oleh Universitas Sriwijaya in collaboration with Indonesian Mathematical Society (IndoMS) |
3 | 2023 |
Validity of Student Worksheets Contextual-Based
Statistics Material in Facilitating Students' Critical Thinking Ability
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Palopo |
4 | 2022 |
Student Worksheets of Angle Relationships Based on Indonesian Realistic Mathematics Education
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Ganesha |
5 | 2022 |
Self Efficacy Siswa SMA Sederajat terhadap Pemahaman Konsep SPLDV Selama Pembelajaran Daring
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan |
6 | 2022 |
Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya |
7 | 2022 |
Motor Ability Survey in TK With Calligraphy Method
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Indonesia University of Education Cibiru Campus, Early Childhood Education Teacher Education Study Program |
8 | 2022 |
The Influence of Learning Mathematics in Online Learning on The Results of Mid-Semester Assessment
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Department Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Purwokerto |
9 | 2022 |
Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh Uviversitas Riau Kepulauan Batam |
10 | 2022 |
Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6Tahun di RA Azzahra Lampung Timur
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Department of Early Childhood Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta |
11 | 2022 |
Analisis Sikap, Kecemasan dan Hasil Belajar Siswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Asahan |
12 | 2022 |
Emotional Intelligence and Self Efficacy as A Contributor of Student Mathematics Learning Outcomes
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Universitas Negeri Padang, Indonesia |
13 | 2022 |
Perbandingan Cara Belajar Siswa dari Sekolah Pondok dan Sekolah Negeri terhadap Hasil Belajar
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai |
14 | 2022 |
Keterampilan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Madrasah Aliyah Ditinjau dari Gender dan Status Sekolah
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Metro |
15 | 2021 |
Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga pada Penggunaan Media E-Learning Daring
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah |
16 | 2021 |
Kontribusi Penggunaan E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah |
17 | 2021 |
Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs pada Materi Lingkaran
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Mathematics Education Study Program STKIP Andi Matappa Pangkep |
18 | 2021 |
Students' Mathematical Problem Solving Ability in Terms of Gender Differences
Tingkat Nasional Terakreditasi Diterbitkan oleh Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training, and education Universitas Halu Oleo |
19 | 2021 |
Pengaruh Kecemasan Matematika dan Self-Concept Saat Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan bekerjasama dengan Matematika Nusantara |
20 | 2021 |
PEMBELAJARAN ADVOKASI: Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Abad 21
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Publisher Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo |
21 | 2021 |
Tinjauan Resiliensi Belajar Matematika dan Disposisi Matematis pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
22 | 2021 |
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Pendekatan Saintifik
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa |
23 | 2021 |
Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecemasan Matematika dan Fasilitas Belajar di Rumah
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) |
24 | 2021 |
Student Mathematics Learning Outcomes Judging from Metacognition Ability and Academic Procrastination
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh Serang Raya University |
25 | 2021 |
Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi dan Prokrastinasi Akademik
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh Serang Raya University |
26 | 2021 |
Kecerdasan Logis Matematis dan Linguistik sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Institut Pendidikan Indonesia |
27 | 2021 |
Kecerdasan Logis Matematis dan Visual Spasial sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh STKIP PGRI Banjarmasin |
28 | 2021 |
Increasing Mathematical Critical Thinking Skills Using Advocacy Learning with Mathematical Problem Solving
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala |
29 | 2021 |
Students’ Metacognitive Process in Mathematical Problem Solving Based on Cognitive Style
Tingkat Nasional Terakreditasi Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah |
30 | 2021 |
Kemandirian Belajar Secara Daring Sebagai Prediktor Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai |
31 | 2021 |
Hubungan Disposisi Matematis dan Self-Efficacy Mahasiswa
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Mathematics Education University of Muhammadiyah Metro |
32 | 2021 |
Hubungan Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh IAIN Bengkulu |
33 | 2021 |
Development of Mathematical Problem Solving Tests on Geometry for Junior High School Students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi |
34 | 2021 |
The Application of Item Response Theory in Analysis of Characteristics of Mathematical Literacy Test Items
Tingkat Internasional Bereputasi |
35 | 2020 |
Efektivitas Ensiklopedia IPA Terintegrasi Alquran untuk Siswa Tunanetra
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
36 | 2020 |
Desain Penyajian Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh IKIP Mataram |
37 | 2020 |
ANALISIS HASIL BELAJAR DAN MASA STUDI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |
38 | 2020 |
Problematika Siswa Difabel Rungu dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Inklusi
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh UIN Antasari Banjarmasin |
39 | 2020 |
DEVELOPMENT OF A GUIDE TO PREPARATION OF MATHEMATICS QUESTIONS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS AND STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION FOR MIDDLE SCHOOL TEACHERS
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 Diterbitkan oleh Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
40 | 2020 |
ADVOCACY APPROACH WITH OPEN-ENDED PROBLEMS TO MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh IKIP Siliwangi |
41 | 2019 |
Undergraduate Students' Difficulties in Proving Mathematics
Tingkat Internasional Bereputasi Diterbitkan oleh IOP Publishing Ltd |
42 | 2019 |
PENDEKATAN RAMAH, TERBUKA DAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta |
43 | 2019 |
Potensi Artikel untuk Dimuat di Jurnal Nasional dan Internasional Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi (Dalam Rangka Pengembangan Manajemen Jurnal Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga/JPMSUKA)
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh UIN Alauddin Makasar |
Penelitian
HAKI
No
Tahun
Karya
Hak Cipta
1
2021
Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP/MTs
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
2
2021
Signmath Matriks
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
3
2021
Petualangan Si Kibo
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
4
2021
RAHMATIC
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
5
2020
Subject Specific Pedagogy (SSP) Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
6
2020
SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI KUBUS DAN BALOKBERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUDPAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MEMFASILITASIKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
7
2020
OSIRA "Ayo Sinau Lingkaran"
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Hak Cipta | ||
1 | 2021 |
Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP/MTs
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia |
2 | 2021 |
Signmath Matriks
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia |
3 | 2021 |
Petualangan Si Kibo
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia |
4 | 2021 |
RAHMATIC
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia |
5 | 2020 |
Subject Specific Pedagogy (SSP) Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia |
6 | 2020 |
SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI KUBUS DAN BALOKBERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUDPAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) UNTUK MEMFASILITASIKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia |
7 | 2020 |
OSIRA "Ayo Sinau Lingkaran"
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia |
Pengabdian
No
Tahun
Karya
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1
2024
Reviewer pada Infinty Journal
2
2023
Reviewer pada Journal on Mathematics Education
3
2021
Reviewer Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
4
2021
Reviewer Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE)
5
2021
Mitra Bestari Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education (IDEAL MATHEDU)
6
2021
Editor Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
7
2021
Editor Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Uleo
8
2020
Editor Jurnal JPPM
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
9
2020
Penulisan Soal Tes Kompetensi Guru
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
10
2024
Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan Tema "Reformulasi Kurikulum Prodi Tadris Matematika Matematika Berbasis OBE"
11
2024
Pelatihan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Outcome Based Education (OBE) Untuk Rekognisi Internasional Bagi Program Studi Non Agama Tahun 2024
12
2024
Persiapan Akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Nusantara
13
2022
Review Kurikulum MBKM Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo Tahun 2022
14
2022
Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Fasilitasi Pengembangan Keprofesian Guru Matematika Sekolah Menengah Atas: Penyusunan Desain Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Didactical Design Research Berbasis Transposisi"
15
2022
Seminar Nasional dengan Tema “Riset dan Publikasi Pendidikan Matematika Sejak Dini untuk Menyongsong Prodi Unggul
16
2022
Kuliah Umum bersama Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan
17
2022
Implementasi PBL, PjBL dan DBL pada Pembelajaran Materi Madrasah dan PAI
18
2022
Workshop Integrasi Penelitian dan Pengabdian pada Mata Kuliah Keprodian
19
2021
Narasumber Workshop Penilaian Produk Inovasi pada Kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021
20
2021
Narasumber Kegiatan Asatidz’s Fun Camp: Persiapan Menghadapi Era Digitalisasi di sekolah Boarding School
21
2020
Menjadi Fasilitator Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Workshop Laerning Management System dan Perencanaan Penilaian
Pembelajaran Online di SMP Muhammadiyah 1 Sleman
Menulis Karya Pengabdian
22
2022
Bimbingan Terpadu: Pengabdian Kepada Siswa Tunarungu
23
2021
Faktor-faktor Psikologis dalam Belajar Matematika dan Hasil Belajar Matematika
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah | ||
1 | 2024 | Reviewer pada Infinty Journal |
2 | 2023 | Reviewer pada Journal on Mathematics Education |
3 | 2021 | Reviewer Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education |
4 | 2021 | Reviewer Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) |
5 | 2021 | Mitra Bestari Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education (IDEAL MATHEDU) |
6 | 2021 | Editor Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika |
7 | 2021 | Editor Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Uleo |
8 | 2020 | Editor Jurnal JPPM |
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian | ||
9 | 2020 | Penulisan Soal Tes Kompetensi Guru |
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat | ||
10 | 2024 | Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan Tema "Reformulasi Kurikulum Prodi Tadris Matematika Matematika Berbasis OBE" |
11 | 2024 | Pelatihan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Outcome Based Education (OBE) Untuk Rekognisi Internasional Bagi Program Studi Non Agama Tahun 2024 |
12 | 2024 | Persiapan Akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Nusantara |
13 | 2022 | Review Kurikulum MBKM Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo Tahun 2022 |
14 | 2022 | Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Fasilitasi Pengembangan Keprofesian Guru Matematika Sekolah Menengah Atas: Penyusunan Desain Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Didactical Design Research Berbasis Transposisi" |
15 | 2022 | Seminar Nasional dengan Tema “Riset dan Publikasi Pendidikan Matematika Sejak Dini untuk Menyongsong Prodi Unggul |
16 | 2022 | Kuliah Umum bersama Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan |
17 | 2022 | Implementasi PBL, PjBL dan DBL pada Pembelajaran Materi Madrasah dan PAI |
18 | 2022 | Workshop Integrasi Penelitian dan Pengabdian pada Mata Kuliah Keprodian |
19 | 2021 | Narasumber Workshop Penilaian Produk Inovasi pada Kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021 |
20 | 2021 | Narasumber Kegiatan Asatidz’s Fun Camp: Persiapan Menghadapi Era Digitalisasi di sekolah Boarding School |
21 | 2020 | Menjadi Fasilitator Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Workshop Laerning Management System dan Perencanaan Penilaian Pembelajaran Online di SMP Muhammadiyah 1 Sleman |
Menulis Karya Pengabdian | ||
22 | 2022 | Bimbingan Terpadu: Pengabdian Kepada Siswa Tunarungu |
23 | 2021 | Faktor-faktor Psikologis dalam Belajar Matematika dan Hasil Belajar Matematika |
Recognisi
No
Tahun
Karya
Anggota Asosiasi
1
2024
Ketua Umum Asosiasi Dosen Jurusan/Prodi Matematika dan Pendidikan/Tadris Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (ADMAPETA-PTKI)
2
2022
Koordinator Bidang Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
3
2022
Regional Math Workshop
Mendapat Tanda Jasa dan Penghargaan
4
2022
Penerima Anugerah Dosen Teladan Mutu 2022
5
2018
Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya
Menjadi mitra bestari
6
2022
Reviewer of Asian Journal of Assessment in Teaching
and Learning
Narasumber
7
2021
Workshop Penilaian Produk Inovasi yang Merupakan Rangkaian dari Kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021
8
2021
Internasional Conferece Of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education
9
2021
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PKM) . Pada Pertemuan Webinar Nasional Penulisan Artikel Ilmiah
10
2021
Mengenal Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Pada Pertemuan Webinar Nasional Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah
11
2021
Menumbuhkan Kreativitas Pendidik di Era New Normal dalam
Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Minimnya Minat Belajar Peserta Didik . Pada Pertemuan Seminar Nasional Nusantara Mathematics Competition IX (NMC IX)
12
2020
Sosialisasi Online PMB 2020 untuk Program Studi Pemdidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga . Pada Pertemuan Sosialisasi Online PMB 2020
13
2020
Konsistensi Pembelajaran Matematika dalam Menjalankan Program Merdeka Belajar di Era New Normal . Pada Pertemuan Webinar Nasional Pendidikan Matematika
14
2020
Pembelajaran Berbasis Penelitian: Suatu Alternatif Solusi Perkuliahan Mahasiswa Calon Guru Matematika di Masa Pamdemi dan Normal Baru . Pada Pertemuan Webinar Pendidikan Matematika
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Anggota Asosiasi | ||
1 | 2024 | Ketua Umum Asosiasi Dosen Jurusan/Prodi Matematika dan Pendidikan/Tadris Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (ADMAPETA-PTKI) |
2 | 2022 | Koordinator Bidang Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika |
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah | ||
3 | 2022 | Regional Math Workshop |
Mendapat Tanda Jasa dan Penghargaan | ||
4 | 2022 | Penerima Anugerah Dosen Teladan Mutu 2022 |
5 | 2018 | Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya |
Menjadi mitra bestari | ||
6 | 2022 | Reviewer of Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning |
Narasumber | ||
7 | 2021 | Workshop Penilaian Produk Inovasi yang Merupakan Rangkaian dari Kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika 2021 |
8 | 2021 | Internasional Conferece Of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education |
9 | 2021 | Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PKM) . Pada Pertemuan Webinar Nasional Penulisan Artikel Ilmiah |
10 | 2021 | Mengenal Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Pada Pertemuan Webinar Nasional Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah |
11 | 2021 | Menumbuhkan Kreativitas Pendidik di Era New Normal dalam Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Minimnya Minat Belajar Peserta Didik . Pada Pertemuan Seminar Nasional Nusantara Mathematics Competition IX (NMC IX) |
12 | 2020 | Sosialisasi Online PMB 2020 untuk Program Studi Pemdidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga . Pada Pertemuan Sosialisasi Online PMB 2020 |
13 | 2020 | Konsistensi Pembelajaran Matematika dalam Menjalankan Program Merdeka Belajar di Era New Normal . Pada Pertemuan Webinar Nasional Pendidikan Matematika |
14 | 2020 | Pembelajaran Berbasis Penelitian: Suatu Alternatif Solusi Perkuliahan Mahasiswa Calon Guru Matematika di Masa Pamdemi dan Normal Baru . Pada Pertemuan Webinar Pendidikan Matematika |