dosen
Nama | Dr. Mulin Nu'man, S.Pd., M.Pd. |
Program Studi | S1 | Pendidikan Matematika |
Fakultas | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Jenis Pegawai | Status | Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar |
Jabatan Akademik | Golongan | Lektor Kepala | IV/A |
|
|
Pendidikan Terakhir | S3 | Ilmu Pendidikan |
Riwayat Mengajar
No
Mata Kuliah
SKS
Jenis MK
Kelas
Jadwal
1
Evaluasi Pembelajaran Matematika
2
WAJIB
A
SEL 07:00-08:40 R: TBY-410
2
Evaluasi Pembelajaran Matematika
2
WAJIB
B
RAB 10:40-12:20 R: TBY-410
3
Metodologi Penelitian Pengajaran Bahasa Arab
2
WAJIB
2A
SEN 15:30-17:10 R: PPG-106
4
Metodologi Penelitian Pengajaran Bahasa Arab
2
WAJIB
2B
JUM 13:25-15:05 R: PPG-406
5
Penelitian Kuantitatif dan Pengukuran
5
PILIHAN
A
SEL 10:40-12:20 R: TK-101#KAM 12:30-15:00 R: TBY-311
6
Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika
2
PILIHAN
A
RAB 16:25-18:05 R: TBY-310
7
Seminar Proposal Disertasi
2
WAJIB
A
RAB 07:00-08:40 R: PPG-100
8
Statistik Pendidikan
2
WAJIB
1A
SEL 12:30-14:10 R: PPG-406
9
Teori Bilangan
3
WAJIB
B
KAM 15:30-18:00 R: TBY-311
10
Teori Bilangan
3
WAJIB
C
JUM 07:00-09:30 R: TBY-403
No | Mata Kuliah | SKS | Jenis MK | Kelas | Jadwal |
---|---|---|---|---|---|
1 | Evaluasi Pembelajaran Matematika | 2 | WAJIB | A | SEL 07:00-08:40 R: TBY-410 |
2 | Evaluasi Pembelajaran Matematika | 2 | WAJIB | B | RAB 10:40-12:20 R: TBY-410 |
3 | Metodologi Penelitian Pengajaran Bahasa Arab | 2 | WAJIB | 2A | SEN 15:30-17:10 R: PPG-106 |
4 | Metodologi Penelitian Pengajaran Bahasa Arab | 2 | WAJIB | 2B | JUM 13:25-15:05 R: PPG-406 |
5 | Penelitian Kuantitatif dan Pengukuran | 5 | PILIHAN | A | SEL 10:40-12:20 R: TK-101#KAM 12:30-15:00 R: TBY-311 |
6 | Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika | 2 | PILIHAN | A | RAB 16:25-18:05 R: TBY-310 |
7 | Seminar Proposal Disertasi | 2 | WAJIB | A | RAB 07:00-08:40 R: PPG-100 |
8 | Statistik Pendidikan | 2 | WAJIB | 1A | SEL 12:30-14:10 R: PPG-406 |
9 | Teori Bilangan | 3 | WAJIB | B | KAM 15:30-18:00 R: TBY-311 |
10 | Teori Bilangan | 3 | WAJIB | C | JUM 07:00-09:30 R: TBY-403 |
Riwayat Pendidikan
No
Jenjang
Perguruan Tinggi
Jurusan
Gelar Akademik
Tahun Lulus
1
S3
Universitas Negeri Yogyakarta
Ilmu Pendidikan
Dr.
2023
2
S2
Universitas Negeri Malang
Pendidikan Matematika
M.Pd.
2006
3
S1
Universitas Islam Malang
Pendidikan matematika
S. Pd.
2003
No | Jenjang | Perguruan Tinggi | Jurusan | Gelar Akademik | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|---|
1 | S3 | Universitas Negeri Yogyakarta | Ilmu Pendidikan | Dr. | 2023 |
2 | S2 | Universitas Negeri Malang | Pendidikan Matematika | M.Pd. | 2006 |
3 | S1 | Universitas Islam Malang | Pendidikan matematika | S. Pd. | 2003 |
Publikasi
No
Tahun
Karya
Artikel Jurnal Ilmiah
1
2025
The Impact of Islamic Integrative Math Problems with Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Framework to Improve Critical Thinking Skills
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Postgraduate Institute of Islam Bunga Bangsa Cirebon
2
2025
Religious attitude and mathematics learning outcomes of madrasah aliyah students: A correlation study: A correlation study
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
3
2025
Exploring the implementation of realistic mathematics education in mathematics learning for mathematics education students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
4
2024
Pengaruh Self Awarenessterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XII
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh DEPARTMENT OF MATHEMATICS EDUCATION UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO IN THE FIELD OF MATHEMATICS EDUCATION
5
2024
Kesiapan mahasiswa calon guru matematika dalam mengimplementasikan pendidikan stem untuk pembelajaran matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
6
2024
Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Terintegrasi dengan Kebudayaan
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh Education Mind Based Development Association
7
2024
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS 11
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
8
2023
Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
9
2022
Strengthening M(athematics) in the implementation of STEM education in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi
Diterbitkan oleh American Institute of Physics
10
2021
Measuring self-regulated learning in the STEM framework: A confirmatory factor analysis
Tingkat Internasional Bereputasi
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
11
2020
Eksplorasi berpikir kreatif melalui discovery learning Bruner
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Negeri Yogyakarta
12
2017
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Penalaran Dan Pemecahan Masalah
Tingkat Nasional
13
2016
Pembelajaran Matematika dalam Perspektif AlQuran
Tingkat Nasional
14
2015
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Ekonomi Islam Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah
Tingkat Nasional
Buku Referensi
15
2022
Modul Ajar Teori Bilangan
Tingkat Nasional
16
2022
Model Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dalam Kerangka Integrasi Sciences, Technology, Engineering, Mathematics, and Islam (STEMI)
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh The Mahfud Ridwan Institute
17
2022
Modul Ajar Geometri Transformasi Berbasis Masalah
Tingkat Nasional
18
2021
S T E M I: Science, Technology, Engineering, Mathematics and Islam
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh CV Cipta Media Nusantara
Conference Paper
19
2015
Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Al Quran
Tingkat Nasional
Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 . Diselenggarakan oleh UNS Surakarta
20
2015
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Komunikasi Matematis Mahasiswa
Tingkat Nasional
Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika . Diselenggarakan oleh UMS Surakarta
Prosiding
21
2022
Strengthening M(athematics) in the implementation of STEM education in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi
Pada ICMME . Diselenggarakan oleh UNS
Diterbitkan oleh American Institute of Physics Inc.
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Artikel Jurnal Ilmiah | ||
1 | 2025 |
The Impact of Islamic Integrative Math Problems with Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Framework to Improve Critical Thinking Skills
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 Diterbitkan oleh Postgraduate Institute of Islam Bunga Bangsa Cirebon |
2 | 2025 |
Religious attitude and mathematics learning outcomes of madrasah aliyah students: A correlation study: A correlation study
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa |
3 | 2025 |
Exploring the implementation of realistic mathematics education in mathematics learning for mathematics education students
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Islam Zainul Hasan Genggong |
4 | 2024 |
Pengaruh Self Awarenessterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XII
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh DEPARTMENT OF MATHEMATICS EDUCATION UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO IN THE FIELD OF MATHEMATICS EDUCATION |
5 | 2024 |
Kesiapan mahasiswa calon guru matematika dalam mengimplementasikan pendidikan stem untuk pembelajaran matematika
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh Universitas Islam Darul Ulum Lamongan |
6 | 2024 |
Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Terintegrasi dengan Kebudayaan
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh Education Mind Based Development Association |
7 | 2024 |
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS 11
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 5 Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan |
8 | 2023 |
Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
9 | 2022 |
Strengthening M(athematics) in the implementation of STEM education in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi Diterbitkan oleh American Institute of Physics |
10 | 2021 |
Measuring self-regulated learning in the STEM framework: A confirmatory factor analysis
Tingkat Internasional Bereputasi Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research |
11 | 2020 |
Eksplorasi berpikir kreatif melalui discovery learning Bruner
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 4 Diterbitkan oleh LPPM Universitas Negeri Yogyakarta |
12 | 2017 |
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Untuk Memfasilitasi Penalaran Dan Pemecahan Masalah
Tingkat Nasional |
13 | 2016 |
Pembelajaran Matematika dalam Perspektif AlQuran
Tingkat Nasional |
14 | 2015 |
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Ekonomi Islam Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah
Tingkat Nasional |
Buku Referensi | ||
15 | 2022 |
Modul Ajar Teori Bilangan
Tingkat Nasional |
16 | 2022 |
Model Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dalam Kerangka Integrasi Sciences, Technology, Engineering, Mathematics, and Islam (STEMI)
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh The Mahfud Ridwan Institute |
17 | 2022 |
Modul Ajar Geometri Transformasi Berbasis Masalah
Tingkat Nasional |
18 | 2021 |
S T E M I: Science, Technology, Engineering, Mathematics and Islam
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh CV Cipta Media Nusantara |
Conference Paper | ||
19 | 2015 |
Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Al Quran
Tingkat Nasional Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 . Diselenggarakan oleh UNS Surakarta |
20 | 2015 |
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Komunikasi Matematis Mahasiswa
Tingkat Nasional Pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika . Diselenggarakan oleh UMS Surakarta |
Prosiding | ||
21 | 2022 |
Strengthening M(athematics) in the implementation of STEM education in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi Pada ICMME . Diselenggarakan oleh UNS Diterbitkan oleh American Institute of Physics Inc. |
Penelitian
HAKI
No
Tahun
Karya
Hak Cipta
1
2022
Model Pembelajaran Matematika Dalam Kerangka Integrasi Science Technology, Engineering, Mathematics, And Islam (STEMI)
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri
2
2021
S T E M I: Science, Technology, Engineering, Mathematics and Islam
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Hak Cipta | ||
1 | 2022 |
Model Pembelajaran Matematika Dalam Kerangka Integrasi Science Technology, Engineering, Mathematics, And Islam (STEMI)
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri |
2 | 2021 |
S T E M I: Science, Technology, Engineering, Mathematics and Islam
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri |
Pengabdian
No
Tahun
Karya
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
1
2020
Narasumber Seminar Sigma Learning Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
2
2025
Pemateri dalam Diskusi Paralel bertajuk: “Transformasi Infrastruktur Pesantren”
3
2024
Reviewer Eksternal Akreditasi Program Studi di IAIN Kediri
4
2024
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEM DALAM PEMBELAJARAN: PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN SAINS DI MADRASAH MA’ARIF NU SE-KECAMATAN KERTANEGARA PURBALINGGA
5
2024
Pembinaan Olimpiade Matematika di MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga Jawa Tengah Genap 2023/2024
6
2023
Seminar Nasional Pendidikan Matematika
7
2023
Pembimbing Materi Penilaian Pembelajaran dalam PKDP Tahun 2023
8
2023
Bimbingan Olimpiade Matematika pada Siswa MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga Jateng Semester Gasal 2023/2024
9
2023
Pembinaan Olimpiade Matematika di MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga Jawa Tengah Genap 2022/2023
10
2021
Kuliah Tamu Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2021
Memberi pelayanan kepada masyarakat
11
2023
Pembinaan Olimpiade Matematika pada Siswa MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian | ||
1 | 2020 | Narasumber Seminar Sigma Learning Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang |
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat | ||
2 | 2025 | Pemateri dalam Diskusi Paralel bertajuk: “Transformasi Infrastruktur Pesantren” |
3 | 2024 | Reviewer Eksternal Akreditasi Program Studi di IAIN Kediri |
4 | 2024 | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEM DALAM PEMBELAJARAN: PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN SAINS DI MADRASAH MA’ARIF NU SE-KECAMATAN KERTANEGARA PURBALINGGA |
5 | 2024 | Pembinaan Olimpiade Matematika di MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga Jawa Tengah Genap 2023/2024 |
6 | 2023 | Seminar Nasional Pendidikan Matematika |
7 | 2023 | Pembimbing Materi Penilaian Pembelajaran dalam PKDP Tahun 2023 |
8 | 2023 | Bimbingan Olimpiade Matematika pada Siswa MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga Jateng Semester Gasal 2023/2024 |
9 | 2023 | Pembinaan Olimpiade Matematika di MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga Jawa Tengah Genap 2022/2023 |
10 | 2021 | Kuliah Tamu Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2021 |
Memberi pelayanan kepada masyarakat | ||
11 | 2023 | Pembinaan Olimpiade Matematika pada Siswa MI Ma'arif NU Kertanegara Purbalingga |
Recognisi
No
Tahun
Karya
Anggota Asosiasi
1
2024
Pengurus ADMAPETA 2024-2026 . Pada Pertemuan Pengurus ADMAPETA 2024-2026
2
2021
Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKI
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
3
2021
Collaborative Research Webinar in Mathematics Education Universitas Negeri Malang and University of Canberr a “ Innovative STEM Research: Future Directions” . Pada Pertemuan Collaborative Research Webinar in Mathematics Education Universitas Negeri Malang and University of Canberr a “ Innovative STEM Research: Future Directions”
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi
4
2023
Tim Pengajuan Prodi Magister Pendidikan Matematika FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada Pertemuan Tim Pengajuan Prodi Magister Pendidikan Matematika FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Narasumber
5
2024
Review Eksternal Borang Akreditasi Tadris Matematika IAIN Kediri
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Anggota Asosiasi | ||
1 | 2024 | Pengurus ADMAPETA 2024-2026 . Pada Pertemuan Pengurus ADMAPETA 2024-2026 |
2 | 2021 | Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKI |
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah | ||
3 | 2021 | Collaborative Research Webinar in Mathematics Education Universitas Negeri Malang and University of Canberr a “ Innovative STEM Research: Future Directions” . Pada Pertemuan Collaborative Research Webinar in Mathematics Education Universitas Negeri Malang and University of Canberr a “ Innovative STEM Research: Future Directions” |
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi | ||
4 | 2023 | Tim Pengajuan Prodi Magister Pendidikan Matematika FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada Pertemuan Tim Pengajuan Prodi Magister Pendidikan Matematika FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
Narasumber | ||
5 | 2024 | Review Eksternal Borang Akreditasi Tadris Matematika IAIN Kediri |