Dosen

Profil Andi Prastowo

Nama : Dr. Andi Prastowo, S.P.d.I., M.Pd.I
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/C
Email : -
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Andi Prastowo, S.P.d.I., M.Pd.I Di Semester Gasal TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Inovasi Pembelajaran 3 WAJIB J SEN 07:00-09:30 R: PPG-408
2. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 WAJIB 1A JUM 12:30-14:10 R: PPG-105
3. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 WAJIB 1B SEL 08:50-10:30 R: PPG-301
4. Pembelajaran Tematik 4 WAJIB C SEN 07:00-08:40 R: GKT-306#RAB 08:50-10:30 R: TBY-313
5. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 2 WAJIB 1E SEL 09:40-11:20 R: PPG-206
6. Pengelolaan Administrasi Pembelajaran 3 WAJIB J SEL 07:00-09:30 R: PPG-408
7. Pengembangan Kompetensi Pedagogik 4 WAJIB 1E RAB 12:30-15:50 R: PPG-206
8. Pengembangan Kompetensi Pedagogik 6 WAJIB J RAB 07:00-12:00 R: PPG-408
9. Pengembangan Kompetensi Profesional 6 WAJIB J KAM 07:00-12:00 R: PPG-408
10. Pengembangan Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran 2 WAJIB 2B SEL 15:30-17:10 R: PPG-103
11. Pengembangan Media ICT dalam PAI 2 WAJIB 1D JUM 08:50-10:30 R: PPG-103
12. Pengembangan Teori dan Model Pendidikan Islam 3 WAJIB A RAB 07:55-10:25 R: PPG-101
13. Penyusunan Perangkat Pembelajaran 6 WAJIB J SEN 13:10-18:10 R: PPG-408
14. Teori Pembelajaran dalam Pendidikan Islam 2 PILIHAN A RAB 08:50-10:30 R: PPG-304
15. Tesis 8 WAJIB S SAB 07:00-13:40 R: PPG-404

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Kependidikan Islam M.Pd.I. 2017
2. S2 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Pgmi M.Pd.Si. 2010
3. S1 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Pendidikan Agama Islam Dr. 2007

# TAHUN KARYA
Buku Referensi
1 Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah dalam Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah.
Diterbitkan oleh Prenada Media Group, Jakarta.
2 Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu.
Diterbitkan oleh Prenada Media Group, Jakarta.
3 2021 Metode Penelitian Pendidikan Guru SD/MI dalam Telaah Teoritik dan Praktik.
Diterbitkan oleh Pascsarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
http://pustaka.uin-suka.ac.id
Jurnal Ilmiah
4 Manajemen Kelas Untuk Mencegah Perundungan Verbal di SD Tumbuh 3 Yogyakarta dalam Manajemen Kelas Untuk Mencegah Perundungan Verbal di SD Tumbuh 3 Yogyakarta.
Diterbitkan oleh STAIN Kudus.
5 Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia dalam Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.
Diterbitkan oleh UIN Raden Fatah Palembang.
6 Urgensi Waktu Belajar dalam Pendidikan Karakter di SD/MI: Studi Analisis Isi terhadap Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 dalam Urgensi Waktu Belajar dalam Pendidikan Karakter di SD/MI.
Diterbitkan oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
7 Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar.
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
8 Spiritualistic Humanistic Communication Strategy on Learning Aqidah Akhlaq at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta, Indonesia dalam Spiritualistic Humanistic Communication Strategy on Learning Aqidah Akhlaq at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta, Indonesia.
Diterbitkan oleh UIN Walisongo.
9 Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI dalam Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI.
Diterbitkan oleh PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim.
10 Pembelajaran Ketrampilan Berpikir Kritis: Studi Kasus di MIM Ngipik dan MIM Dondong Kulon Progo dalam Pembelajaran Ketrampilan Berpikir Kritis: Studi Kasus di MIM Ngipik dan MIM Dondong Kulon Progo.
Diterbitkan oleh STAIN Kudus.
11 2024 Analisis Implementasi Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa MI Ma’arif Bego .
Dipublikasikan pada Journal of Education and Instruction (JOEAI).
Diterbitkan oleh Institut Penelitian Matematika Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) dibawah naungan Yayasan Asady Rahmah.
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/8...
12 2024 PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada Jurnal Dedikasi Pendidikan.
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Abulyatama.
http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/vi...
13 2024 Implementasi Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Tutorial di Sekolah Dasar Wonosari .
Dipublikasikan pada Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai.
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/...
14 2024 PENERAPAN TEORI BEHAVIORISME DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA DURI .
Dipublikasikan pada Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Diterbitkan oleh PGSD FKIP UNiversitas Pasundan.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15...
15 2024 Application of the Wordwall Application in Social Studies Learning to Develop Independent Character in Elementary School Students .
Dipublikasikan pada EDUCARE: Journal of Primary Education.
Diterbitkan oleh UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
https://educare.uinkhas.ac.id/index.php/jie/article/view/259
16 2024 IMPLEMENTING MORAL EDUCATION THROUGH AL-GHAZALI’S PERSPECTIVE IN ISLAMIC STUDIES: A CASE STUDY AT ELEMENTARY SCHOOL IN YOGYAKARTA .
Dipublikasikan pada Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Alauddin Makasar.
https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidi...
17 2024 Application of Word Wall to Foster Students' Understanding of Science Learning .
Dipublikasikan pada Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan.
Diterbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/sus/article/...
18 2024 Multiple Intelligence Theory in the Perspective of Islamic Education dalam A Case Study at Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.
Dipublikasikan pada Jurnal Progress: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas.
Diterbitkan oleh PKPI2 FAI Universitas Wahid Hasyim.
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/PROGRESS/article/view/...
19 2024 Metode Drill and Practice Video Pembelajaran Meningkatkan Perbendaharaan Kata Peserta Didik Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/6597
20 2024 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Diterbitkan oleh PGSD FKIP UNiversitas Pasundan.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13...
21 2024 Actualization of Leaders Interpersonal Intelligence in Quality Development of The Ahlul Qur’an Tahfizh House .
Dipublikasikan pada Jurnal Transformatif (Islamic Studies).
Diterbitkan oleh Postgraduate IAIN Palangka Raya.
https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/artic...
22 2024 Teachers' Perceptions of the Kahoot Use in Learning of Pancasila and Citizenship Education (PPKN) in Public Elementary School .
Dipublikasikan pada SITTAH: Journal of Primary Education.
Diterbitkan oleh LPPM IAIN Kendari.
https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/sittah/...
23 2024 MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING .
Dipublikasikan pada JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar).
Diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/14...
24 2024 Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Diterbitkan oleh Falkultas Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/609...
25 2024 DINAMIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA dalam PERSPEKTIF GURU SEKOLAH DASAR.
Dipublikasikan pada Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai.
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/...
26 2024 TEACHERS' PERCEPTIONS OF THE USE OF CANVA-BASED MEDIA IN SCIENCE SUBJECTS IN ELEMENTARY SCHOOLS .
Dipublikasikan pada PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN.
Diterbitkan oleh Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view...
27 2024 IMPLEMENTATION OF SCIENCE LEARNING BASED ON ANIMATED VIDEOS IN ELEMENTARY SCHOOL .
Dipublikasikan pada PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN.
Diterbitkan oleh Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view...
28 2024 IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai.
https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/...
29 2024 ANALISIS PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA BERBASIS WEBSITE UNTUK EVALUASI KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah.
https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/artic...
30 2024 Project-based learning: Mencapai Tujuan Kurikulum melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Diterbitkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY.
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalidegu...
31 2024 Penerapan Aplikasi Games Anatomi Model Drill And Practice untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Sekolah Ramah Inklusi. .
Dipublikasikan pada Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Diterbitkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY.
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalidegu...
32 2024 Penerapan Aplikasi Games Anatomi Model Drill And Practice untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Sekolah Ramah Inklusi .
Dipublikasikan pada Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Diterbitkan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY.
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalidegu...
33 2023 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/ar...
34 2023 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/ar...
35 2023 Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Multiple Intelegence Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.
https://www.jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/a...
36 2023 PERENCANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view...
37 2023 PERAN MEDIA AUDIO VISUAL VIDEO TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SD/MI .
Dipublikasikan pada SAP (Susunan Artikel Pendidikan).
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view...
38 2023 Pemanfaatan Video Interaktif dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah .
Dipublikasikan pada Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5589
39 2023 Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 .
Dipublikasikan pada Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru.
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalidegu...
40 2023 PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/artic...
41 2023 IMPLEMENTASI EVALUASI KURIKULUM SEKOLAH (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG) .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/ar...
42 2023 Pemanfaatan Aplikasi YouTube Berbasis Model Simulasi untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/v...
43 2023 The Utilization Of Drill And Practice Youtube Video Model To Improve English Proficiency In Elementary Schools .
Dipublikasikan pada Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Diterbitkan oleh Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin.
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/article/vi...
44 2023 The Utilization Of Drill And Practice Youtube Video Model To Improve English Proficiency In Elementary Schools .
Dipublikasikan pada Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru MI.
https://103.180.95.17/index.php/adzka/article/view/8914/pdf
45 2023 The Learning Process of Islamic Education to Foster Students' Critical Reasoning at Madrasah Ibtidaiyah Teluk Panji, North Sumatra .
Dipublikasikan pada DAYAH: Journal of Islamic Education.
Diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Penerbitan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/JIE/article/view/18...
46 2023 USE OF EDUCANDY IN IMPROVING SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN ELEMENTARY SCHOOLS .
Dipublikasikan pada JURNAL TARBIYAH.
Diterbitkan oleh UIN Sumatera Utara.
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article...
47 2023 Kuttab in Indonesia dalam Its Existence and Development during the Reform Era.
Dipublikasikan pada Journal of Al-Tamaddun.
Diterbitkan oleh the Department of Islamic History And Civilization, Academy of Islamic Studies, University of Malaya, Kuala Lumpur.
https://jati.um.edu.my/index.php/JAT/article/view/38380
48 2023 Organisasi Integrated Curriculum Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Jurnal Paedagogy.
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA).
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/v...
49 2023 Tantangan Pembelajaran Tematik dalam Jaringan dengan Model Website Berbasis Youtube di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan.
Diterbitkan oleh the Institute for Research and Community Service, Universitas Terbuka (UT) Indonesia..
https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/3237
50 2023 UPAYA PERENCANAAN KURIKULUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA DI SD N INPRES KALA TAHUN AJARAN 2021/2022 .
Dipublikasikan pada ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya.
https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/vie...
51 2023 Learning Assessment Techniques for Islamic Religious Education Curriculum 2013 .
Dipublikasikan pada Journal of Islamic Education Research.
Diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Jember.
https://jier.uinkhas.ac.id/index.php/jier/article/view/296
52 2023 Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu.
http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/articl...
53 2023 Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Media Pembelajaran Lectora Inspire .
Dipublikasikan pada Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/arti...
54 2022 Learning Video in Mathematics Online Learning: Study of the Effectiveness in Improving Learning Outcomes .
Dipublikasikan pada JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues).
https://ejournal.uinsaid.ac.id
55 2022 GROWING STUDENTS'LEARNING ACTIVITY THROUGH ICT-BASED SIMULATION MODEL ON ONLINE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL .
Dipublikasikan pada AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Diterbitkan oleh DEPARTMENT OF PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.
https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/artic...
56 2022 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PRINSIP KREATIF DAN MENARIK DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/vie...
57 2022 MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MELALUI APLIKASI WHATSAPP DAPAT MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA JOMBANG .
Dipublikasikan pada Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/vie...
58 2022 Desain Pembelajaran Menyenangkan, Efektif dan Islami (Analisis Studi Lesson Plan Tematik Terpadu) .
Dipublikasikan pada JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/articl...
59 2022 Implementasi Teknik Penilaian Kognitif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 .
Dipublikasikan pada JIE (Journal of Islamic Education).
https://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/v...
60 2022 Efektivitas Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Jurnal Basicedu.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3512
61 2022 Model Drill and Pratice Berbasis Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika .
https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1202
62 2022 Analisis Model Interaksi Komunikasi Pada Buku Kelas III SD/MI Tema “Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup" .
Dipublikasikan pada Ibtida'iy: Jurnal Prodi PGMI.
Diterbitkan oleh UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM.
http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy/article/view/1...
63 2022 META ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INSTRUCTIONAL GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH .
Dipublikasikan pada Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.
Diterbitkan oleh Elementary School Teacher Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta Campus..
https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/v...
64 2022 FLEKSIBILITAS ORGANISASI INTEGRATED CURRICULUM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR .
Dipublikasikan pada Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.
Diterbitkan oleh Elementary School Teacher Education, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta Campus..
https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/v...
65 2022 Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah .
Dipublikasikan pada Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Diterbitkan oleh the College of Al-Quran Sciences Amuntai South Kalimantan.
https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/arti...
66 2022 IMPLEMENTATION OF SIMULATION MODEL CHARACTER LEARNING VIDEO IMPLEMENTATION IN INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL DURING THE COVID-19 PANDEMIC .
Dipublikasikan pada EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru.
Diterbitkan oleh the Indonesia University of Education Cibiru Campus, Study Program of Primary Teacher Education..
https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view...
67 2022 THE CONSTRUCTION OF 2013 CURRICULUM DEVELOPMENT BASED THE 21ST CENTURY COMPETENCY IN MADARASAH IBTIDAIYAH, INDONESIA .
Dipublikasikan pada International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education (IJTASE).
Diterbitkan oleh Izmir: Oğuz Serin.
http://ijtase.net/index.php/ijtase/article/view/164/193
68 2022 Menumbuhkan Kreativitas Mengajar Guru Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi Melalui GSE (Google Suite Education): Kasus Di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang .
Dipublikasikan pada Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar .
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang.
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/...
69 2022 The Technique of Processing the Results of Skills Domain Assessment in the Field of Tahfidz at Islamic Boarding Schools .
Dipublikasikan pada Jurnal Tarbiyatuna .
Diterbitkan oleh Univ. Muhammadiyah Magelang.
http://journal.unimma.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/vi...
70 2022 Productivity and Independence of Madrasah Ibtidaiyah Students Through Integrated Learning with Information and Communication Technology/ Produktivitas Dan Kemandirian Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Terintegrasi Dengan Teknologi Informasi .
Dipublikasikan pada Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan.
Diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/edulab/article/view/...
71 2022 PENGEMBANGAN MODEL PEMBATIK MELALUI MEDIA CLASSROOM DI MI MIFTAHUL HIDAYAH .
Dipublikasikan pada SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED.
Diterbitkan oleh Department of PPSD, Faculty of Science Education, State University of Medan.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/vi...
72 2022 Kesiapan Proses Pembelajaran Guru dan Peserta Didik Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19: Dampak Penggunaan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran .
Dipublikasikan pada Jurnal Basicedu.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3271/pdf
73 2022 Peran Pembelajaran Blended Learning melalui Whatsapp pada Anak Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha di Masa Pandemi Covid-19 .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
Diterbitkan oleh Prodi PGMi STITNU Al Hikmah Mojokerto.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/ar...
74 2022 Islamic Character Education in Hajj Material Book Fikih Madrasah Ibtidaiyah Class 5 .
Dipublikasikan pada Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) .
Diterbitkan oleh UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.
http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/almisbah/article/vie...
75 2022 STIMULASI BUKU TEMATIK SD/MI KELAS IV TEMA 3 UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA .
Dipublikasikan pada Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Diterbitkan oleh Laboratorium Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article...
76 2022 Merangsang Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Dengan Model Instructional Games Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Jurnal Basicedu.
Diterbitkan oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2673
77 2022 INFLUENCE OF PUBERTY ON THE ACTIVENESS OF STUDENT LEARNING IN CLASS V MADRASAH IBTIDAIYAH BELITANG SUBDISTRICT EAST OKU COUNTY .
Dipublikasikan pada Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar .
Diterbitkan oleh Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar .
http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/AW/article/view/709/80...
78 2022 Authentic Assessment Techniques on Cognitive Aspects in Islamic Religious Education Learning at Elementary School Level .
Dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar .
Diterbitkan oleh LPPM Undiksha.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/...
79 2022 Implementasi Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Era Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar.
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/artic...
80 2022 Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.
Diterbitkan oleh UMSurabaya Publishing.
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/...
81 2022 Proses Pembelajaran Berbasis Online pada Siswa Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid-19: Proses pembelajaran berbasis online .
Dipublikasikan pada Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah.
Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat - Islamic Institute of Syarifuddin, Indonesia. .
https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/a...
82 2022 Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 .
Dipublikasikan pada EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
Diterbitkan oleh FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/184...
83 2022 Implikasi Model Simulasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Diterbitkan oleh FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/185...
84 2022 The Great Teacher: The Indonesian Adolescent Student Voice .
Dipublikasikan pada Frontiers in Education.
https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2021.7641...
85 2022 Implementasi Asesmen Autentik Al-Qur’an Hadits: Studi Kasus Al-Islam Giwangan Yogyakarta .
Dipublikasikan pada JIE (Journal of Islamic Education).
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bangil .
https://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/artic...
86 2022 Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education.
Diterbitkan oleh the Study Program of Arabic Language Teaching Faculty of Tarbiyah INSURI.
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/Aphorisme/ar...
87 2022 Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III Pada Materi Menggambar Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Pedagogos: Jurnal Pendidikan.
Diterbitkan oleh STKIP BIMA.
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/637
88 2022 Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendididkan Kewarganegaraan di SD/MI .
Dipublikasikan pada Pedagogos: Jurnal Pendidikan.
Diterbitkan oleh STKIP BIMA.
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/636
89 2022 Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah .
Dipublikasikan pada Pedagogos: Jurnal Pendidikan.
Diterbitkan oleh STKIP BIMA.
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/639
90 2022 Perkembangan Pembelajaran IPA di MI Nurul Huda Sukaraja Berbasis Lingkungan .
Dipublikasikan pada Pedagogos: Jurnal Pendidikan.
Diterbitkan oleh STKIP BIMA.
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/623
91 2022 Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD/MI .
Dipublikasikan pada Pedagogos: Jurnal Pendidikan.
Diterbitkan oleh STKIP BIMA.
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/648
92 2022 Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Drill and Practice untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan .
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu.
http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/articl...
93 2022 Implementasi Pembelajaran TIK Dengan Penggunaan Microsoft Word Untuk Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu .
Dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Mandala Education .
Diterbitkan oleh LPP Mandala.
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view...
94 2021 Materi Khitan sebagai Sarana Pendidikan Seks pada Mata Pelajaran Fikih MI .
Dipublikasikan pada AN NUR: Jurnal Studi Islam.
Diterbitkan oleh Institut Ilmu Al Qur'an (IIQ) An Nur Yogyakarta.
https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/102
95 2021 Peningkatan Efektivitas Program Remedial Melalui Strategi Problem Based Learning Dalam Penilaian PAI .
Dipublikasikan pada POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam.
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau..
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/v...
96 2021 Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada WANIAMBEY: Jurnal Pendidikan Dasar Islam .
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua.
http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/waniambey/artic...
97 2021 Analisis Kemunculan Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD 77 Rejang Lebong Dalam Menggunakan KTSP Dan Kurikulum 2013 .
Dipublikasikan pada WANIAMBEY: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua.
http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/waniambey/artic...
98 2021 Penggunaan PHET Sebagai Media Interaktif Pembelajaran IPA Pada Kelas IV Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL.
Diterbitkan oleh Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram.
https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/47...
99 2021 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web Powtoon Untuk Merangsang Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 3 MI .
Dipublikasikan pada QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama.
Diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo.
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/art...
100 2021 Analisis Keaktifan Siswa Melalui Computer Based Instruction Model Simulasi dalam Pembelajaran IPA di MI 01 Rejang Lebong .
Dipublikasikan pada AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar.
Diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/33...
101 2021 KONTRIBUSI MODEL SIMULASI TIK UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR LOGIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA .
Dipublikasikan pada Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP).
Diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED).
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/...
102 2021 KONTRIBUSI MODEL SIMULASI TIK UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR LOGIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA .
Dipublikasikan pada Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP).
Diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED).
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/...
103 2021 Pemanfaatan WhatsApp Group (WAG) Sebagai Instrumen Penilaian Sikap Siswa MI Al-Islah Jepara Di Masa Pandemi .
Dipublikasikan pada Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD.
Diterbitkan oleh Program Studi PGMI IPMAFA.
https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/dawuhguru/article/vie...
104 2021 Implementasi Pendidikan Inklusif Multikultural Untuk Membentuk Karakter Siswa Yang Toleran: Kasus Di Kelas VI MIN 2 Gunungkidul .
Dipublikasikan pada JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar).
Diterbitkan oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng.
http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/vie...
105 2021 Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul .
Dipublikasikan pada EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.
Diterbitkan oleh the Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province.
http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/art...
106 2021 Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring .
Dipublikasikan pada JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan).
Diterbitkan oleh Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Raden Fatah Palembang .
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/vie...
107 2021 ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI MODEL DRILL AND PRACTICE UNTUK MI/SD .
Dipublikasikan pada El Midad.
Diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/v...
108 2021 PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SD IT AL-KHOIRIYAH DALAM PENERAPAN BERBASIS ONLINE .
Dipublikasikan pada Limas PGMI.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi/article/v...
109 2021 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Berbasis Riset di Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Tanjung Balai .
Dipublikasikan pada PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT).
Diterbitkan oleh the Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province .
http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema/article/v...
110 2021 Peran Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting Di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
Diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/654...
111 2021 PERENCANAAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi di MIS Bidayatul Hidayah Rafa Percut Sei Tuan) .
Dipublikasikan pada MUDABBIR (JOURNAL RESEARCH AND EDUCATION STUDIES).
Diterbitkan oleh the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. .
http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/artic...
112 2021 Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar .
Dipublikasikan pada Jurnal Basicedu.
Diterbitkan oleh Program Studi PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971
113 2021 Study the ICT-Based Tutorial Model for Upper-Class of Elementary School in the Perspective of Constructivist Approach .
Dipublikasikan pada Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/...
114 2021 Pengembangan Media Microsoft PowerPoint Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring .
Dipublikasikan pada Jurnal Amal Pendidikan.
Diterbitkan oleh FKIP Universitas Halu Oleo.
http://ojs.uho.ac.id/index.php/japend/article/view/16113
115 2021 Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Perbaikan Mutu Akademik Di MI Mambaul Ma’arif .
Dipublikasikan pada Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam.
Diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.
http://178.128.61.209/index.php/taalum/article/view/4426
116 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV MI/SD .
Dipublikasikan pada MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/ar...
117 2020 ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MODEL WEBSITE DAN M-LEARNING MELALUI YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 2 SD/MI .
Dipublikasikan pada Limas PGMI.
Diterbitkan oleh Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Raden Fatah Palembang .
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi/article/v...
118 2020 Learning Material Changes as the Impact of the 2013 Curriculum Policy for the Primary School/Madrasah Ibtidaiyah .
Dipublikasikan pada Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/v...
119 2020 Kebijakan Internal Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta .
Dipublikasikan pada MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman .
Diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang .
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/art...
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/iss...
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/ind...
120 2020 Profil Guru Pembelajar Di Indonesia Dalam Merespon Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 .
Dipublikasikan pada Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Diterbitkan oleh Laboratorium Journal FITK UIN Malang.
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/...
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/issue/vi...
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/index
121 2017 Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta dalam Al-Athfal.
122 2016 Implikasi Kinerja Otak Terhadap Pembelajaran Psikomotorik di SD/MI dalam Al-Bidayah.

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2023 EVALUASI STRATEGI TIM PENILAI KARYA ILMIAH DAN CAPAIAN KENAIKAN JABATAN AKADEMIK DAN PANGKAT DOSEN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PERIODE 2020-2023.
2 2017 Mindset dan Tindakan Preventif Guru PAI terhadap Perundungan Verbal Peserta Didik Sekolah Dasar di Yogyakarta.
3 2017 Strategi Penanaman Keterampilan Abad XXI dalam Pembelajaran Saintifik pada Kelas IV MI Ma’arif Ngipik dan MI Ma’arif Dondong Kulonprogo.
4 2017 Strategi Komunikasi Humanistik Spiritualistik pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 2 Yogyakarta.
5 2015 Pengembangan Model Komunikasi Edukatif Reinventing Subsconcious Mind (Resmi) Untuk Madrasah Ibtidaiyah.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2019 Analisis Pembelajaran tematik Terpadu. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
https://bit.ly/HAKI012020
2 2019 Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah. Diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
https://bit.ly/HAKI022019

# TAHUN KARYA
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
1 2024 Menjadi Narasumber Kegiatan Workshop Integrasi Ilmu Bagi Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin (Insidental).
2 2024 10. Menjadi narasumber dalam kegiatan Visiting Lecture (Kuliah tamu) pada mata kuliah Karya tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Semester 2 (Angkatan 2023) di Program Studi PGMI FTK UIN Antasari Banjarmasin (Insidental).
3 2024 Menjadi Narasumber Camp Kurikulum yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam rangka menyesuaikan kurikulum program studi denga Permendikbud-ristek No. 53 tahun 2023 (Insidental).
4 2024 Menjadi Narasumber wana karya Himpunan Mahasiswa Prodi PGMI STAI Al-Anwar Sarang Rembang dengan tema “ Strategi Dahsyat : Membangun Pembelajaran dengan Artificial Intelligence (AI) Media Inovatif dalam Kurikulum Merdeka” (Insidental).
5 2024 Menjadi Narasumber Seminar implementasi kebijakan akreditasi Permendikbud-ristek No. 53 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh STAI Madiun (Insidental).
6 2024 Menjadi Narasumber Workshop Peningkatan Karir Dosen: Mempersiapkan Kenaikan Jabatan Fungsional dengan Optimal yang diselenggarakan oleh Jurusan Studi Islam fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (Insidental).
7 2024 Menjadi Narasumber Seminar Nasional Mahasiswa Prodi PGMI FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dengan tema “Pemanfaatan Aplikasi Artificial Intellicence Bagi Mahasiswa Generasi Z di Prodi PGMI”. (Insidental).
8 2024 Menjadi Narasumber Nasional Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan oleh PD-PGMI Indonesia (Insidental).
9 2024 Menjadi Narasumber Workshop Rekonstruksi Kurikulum Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Insidental).
10 2024 Manjedi Narasumber Workshop Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris Berbasis OBE'di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Insidental).
11 2024 Menjadi Narasumber Kegiatan persiapan Akreditasi Unggul Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Insidental).
12 2023 Menjadi Narasumber Kegiatan Persiapan Re-Akreditasi Program Studi PGMI FTIK IAIN Pontianak (Insidental).
13 2023 Menjadi Narasumber kegiatan Workshop Academic Writing bagi Mahasiswa Program Doktor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
14 2023 Menjadi Narasumber Kegiatan Penyusunan Kurikulum OBE Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU Jepara (Insidental).
15 2023 Menjadi Narasumber kegiatan Review Eksternal Dokumen Akreditasi Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus (Insidental).
16 2023 Menjadi Narasumber Bedah LKPS Akreditasi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (Insidental).
17 2023 Menjadi narasumber dalam Webinar Pendidikan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Wilayah I bertepatan dengan Hari Sarjana Nasional dengan tema “Urgensi Sarjana PGMI sebagai Pendukung Merdeka Belajar” Secara Online (Insidental).
18 2023 Menjadi Narasumber Kegiatan Upgrading Metode Pembelajaran Berbasis OBE pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Insidental).
19 2023 Menjadi Narasumber Workshop Penyusunan Dokumen Review Kurikulum Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah UIN Salatiga (Insidental).
20 2023 Menjadi Tim Review Pakar Pengembangan Kurikulum MBKM Prodi S1 PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Insidental).
21 2023 Menjadi REVIEWER pada acara Review Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi PGMI. FTIK UIN KH Achmad Siddiq Jember (Insidental).
22 2023 Menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Kurikulum MBKM Prodi Hukum Tatanegara (Siyasah Syar'iyyah) Fakultas Syariah UIN Salatiga (Insidental).
23 2023 Menjadi narasumber kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) FTIK UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan (Insidental).
24 2023 Menjadi narasumber kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI Yasni Bungo Jambi (Insidental).
25 2023 Menjadi narsumber kegiatan Seminar Nasional Kurikulum Merdeka di Jurusan PGMI FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Insidental).
26 2023 Menjadi narasumber kegiatan Colloquium Program Studi S2 PGMI Pascasarjana UIN Salatiga dengan Tema Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI/SD (Insidental).
27 2023 Menjadi narasumber dalam agenda guest lecture Prodi PGMI FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Insidental).
28 2023 Menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Peninjauan Kurikulum Prodi PGMI FTK UIN Raden Intan Lampung (Insidental).
29 2023 Menjadi narasumber Workshop OBE LAMDIK di Pascasarjana IAIN Kudus (Insidental).
30 2023 Menjadi narasumber kegiatan Syawalan 1444H dengan tema "Transisi Menuju Kebijakan Baru Prosedur Kenaikan Jabfung dan Pangkat Dosen" oleh Perkumpulan Prodi MPI Indonesia. (Insidental).
31 2023 Menjadi narasumber dalam kegiatan "Peninjauan/ Penyelerasaran Kurikulum Program MBKM Prodi PGMI IAIN Sorong (Insidental).
32 2023 Menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Jurnalisitik Mahasiswa dengan judul "Jurnalisme dan Penulisannya" di FITK UIN Walisongo Semarang (Insidental).
33 2022 Menjadi narasumber dalam kegiatan Visiting Doktor Prodi PAI Pascasarjana IAIN Batusangkar dengan judul "Konsep Pengembangan Kurikulum di PT dan Implementasi Kurikulum Merdeka PAI di Sekolah dan Madrasah" (Insidental).
34 2022 Menjadi narasumber dalam kegiatan Teaching Talks Series 1 ”Pengembangan Kompetensi Pedagogik” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya secara daring via zoom meeting. (Insidental).
35 2022 Menjadi narasumber dalam Kegiatan Kajian Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah fbtidaiyah (PGMI) Jun1san Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teungku Dirw1deng Meulaboh (Insidental).
36 2022 Menjadi narasumber dalam Kegiatan Pendampingan Simulasi Asesmen Lapangan Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus pada (Insidental).
37 2022 MENJADI NARASUMBER DALAM KEGIATAN SEMINAR NASIONAL OLEH PD-PGMI INDONESIA DENGAN JUDUL MENUJU PROGRAM STUDI PGMI UNGGUL TERAKREDITASI INTERNASIONAL MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM MENGACU KKNI, SNPT,DAN MBKM BERBASIS OBE (Insidental).
38 2022 Menjadi narasumber seminar nasional secara daring yang diselenggarakan oleh gurujuara.com dengan judul "MODEL PEMBELAJARAN GAMIFIKASI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK PELAJAR PANCASILA" (Insidental).
39 2022 Memberikan kuliah umum pada Program Studi PGMI (S1) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan judul: "Bersinergi untuk Prestasi, Berkarya Tanpa Basa Basi, dan Aksi Nyata Tiada Henti". (Insidental).
40 2022 Menjadi narasumber Workshop Editing Jurnal Dosen (Insidental).
41 2022 Menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tentang Pemberlakuan Penggunaan Aplikasi PAK Jabdung Lektor Kepala dan Profesor Rumpun Ilmu Agama (Insidental).
42 2022 Menjadi narasumber dalam Workshop Tinjauan Visi, Misi, Tujuan, Sasarana, dan Kurikulum Program Studi di Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung (Insidental).
43 2022 Menjadi narasumber dalam kegiatan Review Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2 PGMI) Tahun Anggaran 2022 (Insidental).
44 2022 Menjadi narasumber dalam Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (Insidental).
45 2022 Menjadi narasumber dalam Kegiatan Mentoring Akselerasi Lektor Kepala dan Guru Besar (Insidental).
46 2022 Menjadi narasumber dalam Workshop Peninjauan Kurikulum Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan IAIN Buktitinggi (Insidental).
47 2022 Menjadi narasumber dalam Workshop Penyelarasan RPS berbasis OBE (Insidental).
48 2022 Menjadi narasumber dalam “Pelatihan Jurnalistik Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang” (Insidental).
49 2022 Menjadi Narasumber dalam Webinar Menembus Jurnal Scopus dengan Scimago (Insidental).
50 2022 Menjadi narasumber dalam “Workshop Peninjauan dan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Prodi PGMI” (Insidental).
51 2022 Narasumber pelatihan dengan judul “Membuat Jurnal Ilmiah Baru Berbasis OJS dan Terindeks” (Insidental).
52 2022 Menjadi narasumber dalam Program Akademi Riset dan Penulisan Level 2 dengan judul Tips Penyusunan Buku Ajar (Insidental).
53 2022 Menjadi Narasumber Workshop Pembelajaran Active Learning untuk Dosen Fakultas Syariah IAIN Salatiga (Insidental).
54 2022 Narasumber Sosialisasi Pembelajaran Program Magister dan Doktor FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan judul Literasi dan Etika Komunikasi DIgital (Insidental).
55 2022 Menjadi narasumber dalam Stadium General Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar (Program S1, S2, dan S3) Universitas Negeri Yogyakarta dengan judul Standar Guru Internasional (Insidental).
56 2022 Menjadi narasumber Sosialisasi RPS Berbasis OBE pada Program Magister dan Doktor FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
57 2021 Menjadi narasumber dalam kegiatan Academic Writing oleh LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
58 2021 Menjadi narasumber dalam kegiatan Kuliah Tamu “Kebijakan dan Implementasi Relaksasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi COVID-19 bagi Mahasiswa Prodi PGMI FTIK UIN KHAS Jember (Insidental).
59 2021 Menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis PPKB GPAI SMP Menciptakan Karya Inovasi Alat Peraga Angkatan II oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag DIY. (Insidental).
60 2021 Menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar Edupreneur yang mengusung tema “Millenial Membawa Perubahan Bangsa yang Inovatif dan Kreatif” oleh HM-PS Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
61 2021 Manjadi narasumber dalam kegiatan “Webinar Nasional Karakteristik Kepemimpinan Organisasi Kampus Masa Covid-19” Prodi PGMI IAIN Palangkaraya (Insidental).
62 2021 Menjadi narasumber dalam Bimtek PPKB GPAI SMP Menciptakan Karya Inovasi Angkatan I di Kanwil Kemenag DIY (Insidental).
63 2021 Menjadi narasumber kegiatan HARLAH PGMI Ke-14 dengan tema “Pola Pembelajaran Dalam Pendidikan di Indonesia Akibat Pengaruh Pandemi COVID-19” diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMJ PGMI) UIN Walisongo (Insidental).
64 2021 Menjadi narasumber dalam Webinar Nasional Sharing Madrasah I dengan topik “Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 pada Pendidikan dasar: Problem dan Solusinya” di Prodi PGMI FTK UIN Sultan Thoha Saifuddin Jambi (Insidental).
65 2021 Menjadi narasumber dalam Pelatihan Pembuatan RPS untuk Dosen di INISMU Pacitan Jawa Timur (Insidental).
66 2021 Narasumber FGD Roadmap Penelitian Program Doktor PBA Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
67 2021 Narasumber FGD Buku Pedoman Penulisan Disertasi Program Doktor PBA Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
68 2021 Menjadi Narasumber Webinar Nasional Best Practice Implementasi MBKM di PGMI Indonesia (Insidental).
69 2021 Menjadi Narasumber Training Virtual Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ICT diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi PGMI FTK UIN Raden Fatah Palembang (Insidental).
70 2021 Workshop dan Klinik Virtual Pengelolaan Jurnal Menuju Akreditasi SINTA 2 di LPPM IAIN Langsa (Insidental).
71 2021 Webinar Nasional dalam rangka memperingati Harlah ke-1 HMPS PGMI Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta dengan tema “Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Melalui Optimalisasi Media Pembelajaran di Era Revolusi Society Digital 5.0”, (Insidental).
72 2021 Webinar dengan topik Memahami OJS dan Karakter Jurnal, diselenggarakan oleh Lembaga Pemerhati Pendidikan Masyarakat Indonesia (Education Observer Institute of Indonesian Society) di Sulawesi Selatan. (Insidental).
73 2020 Menjadi Narasumber Webinar Nasional Berjudul Tips Menulis Karya Tulis Ilmiah di Masa Pandemi diselenggarakan Prodi PGMI UIN Sumatera Utara (Insidental).
74 2020 Menjadi Narasumber pada Webinar Nasional dengan Judul Redesain Kurikulum Mengacu MBKM, KKNI, dan SNPT diselenggarakan Prodi PGMI UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Insidental).
75 2020 Menjadi Narasumber Webinar Nasional berjudul "Sinkronisasi Kurikulum Prodi Pgmi Dengan Kebutuhan Stakeholders Di Era Revolusi Industri 4.0" di Prodi PGMI IAIN Kediri (Insidental).
76 2020 Menjadi Narasumber Workshop Pembelajaran Daring di MIN 1 Sleman (Insidental).
77 2020 Menjadi Narasumber dalam Webinar 2nd Annual Conference on Madrasah Studies dengan Tema "Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MI/SD" di Prodi PGMI Universitas Ibnu Khaldun Bogor (Insidental).
78 2020 Menjadi Narasumber dalam Webinar Nasional Berjudul Menyiapkan Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi di FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Insidental).
79 2020 Menjadi Narasumber Webinar Nasional Berjudul Menginspirasi Melalui Publikasi Karya Tulis Ilmiah yang Diselenggarakan Oleh Prodi PGMI S2 FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Insidental).
80 2020 Menjadi Narasumber dalam Workshop Review Kurikulum Prodi Tadris Bahasa Inggris IAIN Salatiga (Insidental).
81 2020 Menjadi Narasumber dalam Workshop Pengembangan Bahan Ajar HOTS secara Daring di Prodi PGSD FKIP Universitas Tadulako (Insidental).
82 2020 Menjadi Narasumber FGD Review Kurikulum Merdeka Belajar Prodi S1 PGMI IAIN Salatiga (Insidental).
83 2020 Menjadi narasumber dalam FGD Kurikulum MBKM Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo (Insidental).
84 2020 Menjadi Narasumber Workshop Reformulasi RPS Berbasis Pembelajaran Daring (Insidental).
85 2020 Menjadi Narasumber Workshop Formulasi Kurikulum Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar (Insidental).
86 2020 Menjadi narasumber dalam kegiatan webinar Fakultas Sains dan Teknologi dengan tema “Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen” (Insidental).
87 2020 Webinar Pembelajaran Seru dengan Mixed Learning Style (Insidental).
88 2020 Pembelajaran HOTS Berbasis Alam Sekitar dan Budaya Lokal di Masa Pandemi COVID-19 (Insidental).
89 2020 Webinar Nasional Pembelajaran Menyenangkan untuk SD/MI di Masa New Normal (Insidental).
90 2020 Webinar Nasional Pembelajaran HOTS di MI/SD Berbasis Blended-Berbasis Alam Terbuka dan Budaya Lokal di Era New Normal (Insidental).
91 2020 Webinar Nasional Publikasi Ilmiah dan Strategi Pengurusan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen (Insidental).
92 2020 Webinar Pembelajaran di Masa COVID-19 (Insidental).
93 2020 Webinar Nasional Pengembangan Bahan Akar HOTS MIPA di SD/MI (Insidental).
94 2020 Webinar Nasional Model Penelitian Pendidikan Dasar di Era New Normal (Insidental).
95 2020 Webinar Nasional Daya Dukung PGMI dalam Pengembangan Jurnal Ilmiah (Insidental).
96 2020 Webinar Nasional Pendidikan Ideal untuk Generasi Emas (Insidental).
97 2020 Dampak COVID-19 terhadap Pendidikan di Indonesia (Insidental).
98 2020 Seminar Kampus Merdeka: Apa, Mengapa dan Bagaimana ? (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
99 2017 Narasumber seminar berjudul Penilaian Authentik untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Indonesia yang diadakan oleh mahasiswa KKN Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, tanggal 8 Agustus 2017 .
100 2017 Narasumber TRAINING NEURO-POWERFULL MOTIVATION “MASA DEPAN ADA DI TANGANKU” diselenggarakan oleh MIN Tirto, Salam, Magelang, Jawa tengah, pada Tanggal 15 April 2017 .
101 2017 Narasumber seminar dan halal bil halal berjudul “Semangat Idul Fitri Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD” oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal dan Bustanul Athfal ( IGABA) Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Klaten Jawa Tengah tanggal 13 Juli 2017 .
102 2017 Narasumber TRAINING NEURO-POWERFULL MOTIVATION “SUKSES UN, SUKSES MASA DEPAN, ADA DI TANGAN KITA” diselenggarakan oleh MI Muhammadiyah Serangrejo Wates, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tanggal 20 April 2017 .
103 2017 Narasumber Seminar Nasional berjudul MENUMBUHKAN SOFTSKILL GURU MI/SD ABAD XXI oleh Prodi PGMI IAINU Kebumen tanggal 23 Mei 2017 .
104 2017 Narasumber Pelatihan Google Scholar dan ORCID untuk Dosen Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 12 September 2017 .
105 2017 Narasumber Workshop Redesain Kurikulum PGMI Mengacu KKNI dan SN-DIKTI oleh Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga pada April 2017 .
106 2017 Narasumber Seminar Nasional berjudul Neuro-Pedagogi untuk Akselerasi Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah diselenggarakan oleh Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga pada Tanggal 14 Februari 2017 .
107 2017 Narasumber Seminar berjudul Google Scholar: Internasionalisasi dan Branding Institusi Menuju Islamic WCU dilaksanakan oleh FITK UIN Sunan Kalijaga pada Tanggal 24 Juli 2017 .
108 2017 Narasumber pelatihan Sekolah Orang Tua dan Guru: Strategi Mendidik Anak di Sekolah dan di Madrasah agar Menjadi Generasi Unggul dan Berakhak Mulia” di MIN Krincing, Secang, Magelang, Jawa Tengah tanggal 5 Agustus 2017 .
109 2017 Narasumber pelatihan Living Values Education: Menjadi Remaja Unggul dan Pilihan oleh mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Kec. Jogonalan, Klaten, Jawa tengah, tanggal 20 Agustus 2017 .
110 2017 Narasumber Training of Trainers Orientasi Dasar-Dasar Keislaman (ONDI) Universitas Islam Indonesia di Hotel Grand Quality pada Tanggal 15-16 Agustus 2017 .
111 2017 Narasumber Seminar Nasional berjudul GURU IDEAL DI ERA GLOBAL “Tantangan, Peluang, dan Profil” oleh Prodi PGSD Universitas Negeri Yogyakarta tanggal 23 April 2017 .
112 2017 Narasumber Workshop Penyusunan Kurikulum Mengacu KKNI di UIN Raden Patah Palembang pada Tanggal 1-3 Maret 2017 .
Pengurus Yayasan
113 2022 Menjadi Ketua Umum Perkumpulan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Indonesia Periode 2022-2027 .

# TAHUN KARYA
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi
1 2021 Tim Personalia Penyelengaraan IPPBMM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Cabang Lomba Inovasi Media Pembelajaran . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
2 2021 Menjadi Tim Validasi Instrumen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Program Studi S1 PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
3 2021 Menjadi Tim Pengelola Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam (Sinta 2) . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
4 2021 Simulasi Kegiatan Persiapan Akreditasi Lapangan S2 PBA FITK UIN Sunan kalijaga Yogyakarta . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
5 2021 Menjadi Pengendali Sistem Mutu Fakultas di FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
6 2020 Pelaksana Tim Penyusunan Modul Lembaga Sertifikasi Profesi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Penyusunan Modul Lembaga Sertifikasi Profesi UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.
7 2020 Tim Penyusun Redesain Kurikulum S1, S2, S3 FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Melaksanakan Tugas sebagai Tim Penyusun Redesain Kurikulum S1, S2, S3 FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.
8 2020 Tim Kegiatan Penyusunan Kurikulum Lembaga Pelatihan Sertifikasi Profesi . Pada pertemuan Penyusunan Kurikulum Lembaga Pelatihan Sertifikasi Profesi. Berlokasi di Yogyakarta.
9 2020 Menjadi Tim Pengelola Jurnal Al-BIdayah Prodi PGMI FITK UIn Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Melaksanakan Tugas Menjadi Tim Pengelola Jurnal Al-BIdayah Prodi PGMI FITK UIn Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.
10 2020 Menjadi Tim Penyusun ISK Borang Akreditasi S3 PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Melaksanakan Tugas Menjadi Tim Penyusun ISK Borang Akreditasi S3 PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.
11 2020 Menjadi Tim Pelaksana Revisi Borang Akredittasi Prodi S3 PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Melaksanakan Tugas Menjadi Tim Pelaksana Revisi Borang Akredittasi Prodi S3 PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.
12 2020 Menjadi Tim Penyusun Buku Pedoman Penulisan Skripsi Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Menjadi Tim Penyusun Buku Pedoman Penulisan Skripsi Prodi PGMI FITK. Berlokasi di Yogyakarta.
13 2020 Menjadi Tim Pengendali Sistem Mutu pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Melaksanakan Tugas Menjadi Tim Pengendali Sistem Mutu pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.
Menjadi anggota organisasi profesi
14 2023 Mukernas Pengurus Pusat Perkumpulan Dosen Program Studi PGMI seluruh Indonesia (PD-PGMI Indonesia) Periode 2022-2027 . Pada pertemuan Pengurus Pusat PD-PGMI Indonesia. Berlokasi di Grage Hotel Cirebon.
15 2022 Terlibat dalam Kepengurusan Perkumpulan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Indonesia (PD-PGMI Indonesia) . Pada pertemuan Pengurus Pusat Perkumpulan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Indonesia (PD-PGMI Indonesia). Berlokasi di Bandung.
Menjadi anggota tim penilaian jabatan Akademik Dosen
16 2021 BKD Remun TPKI . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
17 2021 Menjadi Tim Penilai Karya Ilmiah Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Sekretaris) . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
18 2020 Tim Penilaian karya Ilmiah Dosen . Pada pertemuan Penilaian karya Ilmiah Dosen. Berlokasi di Yogyakarta.
Menjadi dosen tamu
19 2023 Menjadi Narasumber Kegiatan Visiting Lecturer Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang . Pada pertemuan Visiting Lecture Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Berlokasi di Aula fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.
20 2023 Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Webinat Kuliah Tamu “Peran Literasi dalam Pembelajaran Abad 21 Kurikulum Merdeka” Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado . Pada pertemuan Kuliah Tamu. Berlokasi di Zoom Meeting: https://us06web.zoom.us/j/89297464140?pwd=m0dmdLaTmOiY45DzdicPbhPTMPRmsR.1. Meeting ID: 8929746 4140 Passcode: PGMI23.
Narasumber
21 2021 Sosialisasi Uji Petik Draft Permenpan-RB penggangi Permenpan-RB No. 17 Jo 46 Tahun 2013. . Pada pertemuan Sosialisasi Melalui Webinar. Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Via Zoom Meeting: https://zoom.us/j/92895634871?pwd=aW93ZWVEbmtmaE8wSzhaRitnUlh0UT09.
22 2021 Workshop Pengembangan Karir Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Workshop Pengembangan Karir Dosen. Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
23 2021 Orientasi Akademik Mahasiswa S3 PAI FITK UIN Sunan kalijaga Yogyakarta . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
24 2021 Worskhop Pengembangan RPS Berbasis OBE PGMI Fakultas Ilmua Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Berlokasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
25 2020 Menjadi Narasumber Pembelakalan KKN LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Pada pertemuan Melaksanakan Tugas Menjadi Narasumber Pembelakalan KKN LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berlokasi di Yogyakarta.