dosen

Profil Jamil Suprihatiningrum

Nama Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan Lektor Kepala | IV/A
Email
Pendidikan Terakhir S3 | Education

Riwayat Mengajar

No Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1 Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif: Mikro dan Makro 3 WAJIB A KAM 07:30-10:00 R: PASCA-301
2 Desain Penelitian Pengembangan 2 PILIHAN B SEN 08:50-10:30 R: TBY-405
3 Pendalaman Materi Pedagogik 2 WAJIB N SEL 07:00-08:40 R: PPG-401
4 Pengantar Pendidikan Inklusif 2 PILIHAN A SEL 08:50-10:30 R: MP-101
5 Penilaian Pembelajaran Kimia 4 WAJIB A SEL 10:40-12:20 R: TBY-403#SEL 12:30-14:10 R: TBY-110
6 Praktik Pembelajaran Sekolah 4 WAJIB B SEL 19:00-22:20 R: TBY-107
7 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 7 WAJIB 1H SAB 10:30-16:20 R: PPG-405
8 Proyek Mandiri 1 2 PILIHAN B KAM 18:30-20:10 R: TBY-202
9 Psikologi Disabilitas 2 PILIHAN A JUM 07:00-08:40 R: TBY-412
10 Seminar Proposal 2 WAJIB 3A RAB 08:50-10:30 R: PPG-407
11 Seminar Proposal Tesis 2 WAJIB 2D RAB 07:00-08:40 R: PPG-304
12 Tesis 8 WAJIB Y SAB 13:50-20:30 R: PPG-102
13 Tugas Akhir/Skripsi 4 WAJIB C JUM 08:50-10:40 R: MP-101

Riwayat Pendidikan

No Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1 S3 Flinders University Education PhD. 2021
2 S2 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Sains M.Pd.Si. 2010
3 S1 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Kimia S.Pd.Si 2006

Publikasi

No Tahun Karya
Buku Referensi
1 2024 MENYEMAI KESETARAAN MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIFid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65052/ | Disini
2 2021 Panduan Modifikasi Kurikulum Perguruan Tinggiid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh SUKA-Pressid
https://www.academia.edu/67615862/Panduan_Modifikasi | Disini
Conference Paper
3 2023 Realizing Education for All (EFA) through chemistry teaching and learning in a senior high school providing inclusive education id . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada The 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education . Diselenggarakan oleh UNSid . Diterbitkan oleh ACMid
https://icliqe.uns.ac.id | Disini
4 2021 Teachers’ understanding on inclusive science education for students with disabilities: Stories from Indonesiaid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada The 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education . Diselenggarakan oleh IKIP UNS Surakartaid . Diterbitkan oleh Association for Computing Machinery New York NY United Statesid
https://dl.acm.org/doi/proceedings/10.1145/3452144 | Disini
5 2018 Empowerment of Undergraduate Deaf Students and “Sahabat Inklusi” in Sign Language Training for Support Teachers in Inclusive Schools in Yogyakartaid . Tingkat Internasional . Pada 3rd of International Conference on University-Community Enggagement . Diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan UIN Malik Ibrahim Malangid . Diterbitkan oleh Kementerian Agama dan UIN Malik Ibrahim Malangid
http://repository.uin-malang.ac.id/4386/7/4386-2.pdf#page=47 | Disini
6 2017 Index for Inclusion: A Framework to Investigate the Inclusivity of Inclusive Secondary Schools in Yogyakarta Indonesia,id . Tingkat Internasional . Pada Student-led Conference (SCE) . Diselenggarakan oleh University of Adelaideid . Diterbitkan oleh id
| Disini
7 2016 Research and Development Chemistry Compendium Al Quran For Islamic High Schoolid . Tingkat Internasional . Pada Conference on Educational Research and Innovation (ICERI, 2016) . Diselenggarakan oleh Yogyakarta State Universityid . Diterbitkan oleh id
| Disini
8 2016 Development of Index for Inclusion to Assess the Inclusiveness of Islamic Schools and Islamic Universities (PTKI) in Indonesia.id . Tingkat Internasional . Pada International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE 2016) . Diselenggarakan oleh International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE 2016)id . Diterbitkan oleh id
| Disini
9 2015 Assistance Program for Deaf Students in Center for Disability Services (Pusat Layanan Difabel) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.id . Tingkat Internasional . Pada International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI, 2015) . Diselenggarakan oleh Yogyakarta State Universityid . Diterbitkan oleh id
| Disini
Jurnal Ilmiah
10 2024 A Team-Teaching Initiative to Create Inclusive Chemistry Learning: Fulfilling the Reformed Indonesian Curriculumid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpmipa/article/view/32168 | Disini
11 2024 INNOVATION OF DIFFERENTIATIONAL LEARNING STRATEGIES IN SCIENCE LEARNING FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDSid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesiaid
https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/690 | Disini
12 2024 Utilizing Animaker in Producing Interactive Chemistry Learning Media on the Topic of Atomic Structureid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Postgraduate University of Mataramid
https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/7573 | Disini
13 2024 SCALE FOR PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS’KNOWLEDGE IN DESIGNING INCLUSIVE LEARNING: CONSTRUCTION, VALIDATION, AND RELIABILITYid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Research Institutions and Community Service (LPPM), Universitas Jambiid
https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/33958 | Disini
14 2024 Construction and Validation of a Scale to Measure Islamic Primary School Teachers’ Readiness in Implementing Emancipated Curriculum Referring to the Technological Pedagogical and Content Knowledgeid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalikaid
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/11569 | Disini
15 2024 Jigsaw Infused Tic-tac-toe Learning Model: id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh The Center of Research and Development of Students (PPIPM UNP)id
http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/538 | Disini
16 2024 Development of Ethnoscience Electronic Student Worksheets on Buffer Solutions to Inculcating Islamic Valuesid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesiaid
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jec/article/view/20544 | Disini
17 2024 Creating Accessible Chemistry Content for Students with Disabilities: Findings from Schools Providing Inclusive Education in Indonesiaid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/6755/5021 | Disini
18 2024 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMAid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/377/pdf | Disini
19 2024 The Effect of Inquiry-Based Learning on Students’ Critical Thinking Ability and Activeness in Reaction Rate Materialid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/17368 | Disini
20 2024 Development of TikTok-based Chemo-entrepreneurship e-Worksheet to Fostering Students’ Entrepreneurial Spiritid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/9868/5312 | Disini
21 2023 The Shifting of Special Education Orthodoxy in Implementing Inclusive Education Policies in Indonesiaid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)id
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/8647 | Disini
22 2023 Support of Family Economic Status for Fulfilling the Right to Education for Children with Disabilitiesid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabayaid
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/25376 | Disini
23 2023 TPACK – UDL Scale for Science Teachers: Construction, Validation, and Reliabilityid . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh andwick International Research and Analysis Institute (RIRAI) Publisherid
https://www.randwickresearch.com/index.php/rielsj/article/view/648 | Disini
24 2023 REVEALING THE FACES OF RURAL POVERTY IN INDONESIA: A CASE FROM TEMANGGUNG, CENTRAL JAVAid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Laboratorium Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesiaid
https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/article/view/2758 | Disini
25 2023 Pengembangan Google Sites Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa sebagai Media Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XIid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kualaid
https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/27391 | Disini
26 2022 The Long Road to Social Inclusion: Participation of Vulnerable Groups in Village Developmentid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JPMI/article/view/2482 | Disini
27 2022 Science and special education teachers create inclusive classroom practice in scienceid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakartaid
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/49858 | Disini
28 2022 Science and special education teachers create inclusive classroom practice in science: Are they working interdependently?id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakartaid
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/49858/pdf | Disini
29 2022 Pengembangan Media Virtual Lab sebagai Alternatif Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19id . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarangid
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/32646 | Disini
30 2022 The Orthodoxy of Special Education Among Public, Private, and Islamic Secondary Schools Providing Inclusive Educationid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaid
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/5464/2407 | Disini
31 2022 Meeting the Challenges of Accessibility for Science Inclusive Classrooms in Indonesian Basic Education System id . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaid
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/710 | Disini
32 2022 Pengalaman Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif dalam Menyediakan Pembelajaran Sainsid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakartaid
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/2644 | Disini
33 2021 Survei Aksesibilitas Fisik dan Sosial sebagai Dasar Penyusunan Grand Design Desa Inklusifid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/24266 | Disini
34 2020 Is Online Learning Accessible During COVID-19 Pandemic? Voices and Experiences of UIN Sunan Kalijaga Students with Disabilitiesid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh UIN Walisongo Semarangid
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/issue/view/Anti%20Radicalism | Disini
35 2019 Persepsi Penyandang Disabilitas dan Stakeholder untuk Mempromosikan dan Mengembangkan Komunitas Inklusif di DIY dan Sulawesi Tenggaraid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijagaid
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/article/view/1625 | Disini
36 2017 Islam - Science Integration Approach in Developing Chemistry Individualized Education Program (IEP) for Students with Disabilitiesid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Intelektual Pustaka Media Utama (IPMU) in collaboration with Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)id
https://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/7002 | Disini
37 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Web Untuk SMA/MAid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang Universityid
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2995 | Disini
38 2016 Inculcation of Islamic Values Through Chemistry Short Story (Cerpen) For Senior High Schoolid . Tingkat Nasional Terakreditasi . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
39 2016 Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi Yogyakartaid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
40 2016 Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi Yogyakartaid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
41 2015 Pengembangan Tabel Periodik Unsur (TPU) Braille untuk Siswa Difabel Netraid . Tingkat Nasional . Pada . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
| Disini
Poster
42 2019 Meta-Research on Disability Issue in Education: A powerful tool for Indonesian researchers with limited resourcesid . Tingkat Internasional . Pada . Diselenggarakan oleh Association for Interdisciplinary Meta-Research and Open Science, The University of Melbourneid . Diterbitkan oleh Association for Interdisciplinary Meta-Research and Open Science, The University of Melbourneid
https://aimos.community/aimos2019 | Disini
Prosiding
43 2023 Realizing Education for All (EFA) through chemistry teaching and learning in a senior high school providing inclusive educationid . Tingkat Internasional terindeks pada IEEE Explore dan SPIE . Pada Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022) . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh Atlantis Pressid
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icliqe-22/125994765 | Disini
Seminar
44 2023 Portrait of a Chemistry Teacher's Efforts in Creating an Inclusive Classroomid . Tingkat Internasional . Pada Proceeding International Conference on Religion, Science and Education . Diselenggarakan oleh id . Diterbitkan oleh id
http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/894 | Disini
45 2021 Meeting the challenges of accessibility for science inclusive classrooms: Indonesia’s portraitid . Tingkat Internasional Bereputasi . Pada Australasian Science Education Research Association (ASERA) Conference 52 . Diselenggarakan oleh Australasian Science Education Research Associationid . Diterbitkan oleh id
https://www.asera.org.au | Disini
46 2021 Meeting the challenges of accessibility for science inclusive classrooms: Indonesia’s portraitid . Tingkat Internasional . Pada Australasian Science Education Research Association (ASERA) Conference 52 . Diselenggarakan oleh Australasian Science Education Research Association (ASERA)id . Diterbitkan oleh Australasian Science Education Research Association (ASERA)id
https://www.asera.org.au/2021-conference/ | Disini
47 2019 The Orthodoxy of Special Education: It’s all about Inclusive Education in Indonesiaid . Tingkat Internasional . Pada The Inclusive Education Summit (TIES) . Diselenggarakan oleh Kohia Centre at The University of Auckland’s Faculty of Education and Social Work, New Zealandid . Diterbitkan oleh id
https://www.auckland.ac.nz/en/education/learning-alumni-community/professional-learning/kohia/workshops-and-courses/the-inclusive-education-summit-2019.html | Disini

Penelitian

No Tahun Karya
Melakukan penelitian
1 2016 Analisis Kajian Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Desa Merah Kabupaten Temanggung . Tingkat
| Disini
2 2016 Assessment Hambatan Pelibatan Kelompok Marginal (Warga miskin, perempuan dan difabel) dalam Perencanaan dan Proses Pembangunan Daerah . Tingkat
| Disini
3 2016 Pengembangan IEP Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Difabel Berbasis Integrasi Islam dan Sains . Tingkat
| Disini
4 2015 Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia dalam pengembangan SSP bermuatan integrasi Islam Sains . Tingkat
| Disini
5 2015 Pengembangan Kompendium Al Quran mata pelajaran Kimia untuk MA (Analisis Critical Thinking Skills Calon Guru Kimia dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Integrasi Islam-Sains) . Tingkat
| Disini
6 2015 Pengembangan Subject specific pedagogy berbasis pendekatan IBSE untuk materi kimia kelas X Implementasi Itik (Intrumen Tes Islam-Kimia) dengan Sofware 3DS Max untuk Mendeteksi Pemahaman Konsep Level Mikroskopis Perubahan Wujud Air di Pondok Pesantren . Tingkat
| Disini

HAKI

No Tahun Karya
Hak Cipta
1 2023 Daftar Cek Aksesibilitas Bangunan Umum Bagi Penyandang Disabilitas . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh Kemenkumham
https://drive.google.com/file/d/1h5dYf6gCHY2023C9RMoF7ZyY-2zgHNoP/view?usp=share_link | Disini
2 2023 Kuesioner Survei Potret Kesiapan Guru IPA Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Mengacu Pada Kerangka Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh Kemekumham
https://drive.google.com/file/d/1nlkct-LUpbaHi2Ia0-ssL4e_xFjF3tZ2/view?usp=share_link | Disini
3 2023 Kuesioner Survei Kemampuan Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Dalam Merancang Pembelajaran Inklusif Mengacu Pada Kerangka TPACK, BD, UDL . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh Kemenkumham
https://drive.google.com/file/d/1QzzCHuDsBYvF8YimBbsCVuKHmbSvv69E/view?usp=share_link | Disini
4 2022 Google Sites Bermuatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri
https://drive.google.com/file/d/1l-l4TpJYOpUwu3ezbahBL2vZUmkP-fLx/view?usp=share_link | Disini
5 2022 Kuesioner Survei Kemampuan Guru Dalam Mendesain Rencana Pembelajaran Inklusif: Kerangka Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dan Universal Design For Learning (UDL) . Tingkat Nasional . Diterbitkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri
https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/list/387831 | Disini

Pengabdian

No Tahun Karya
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2024 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies
2 2023 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies
3 2022 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies
4 2021 Reviewer Jurnal Inklusi
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
5 2021 Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK)
6 2021 Panduan Penyusunan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berdasarkan Universal Design for Learning (UDL) untuk Guru Kimia
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
7 2024 Webinar Komunitas Belajar (Kombel) Bhagaskara Guru SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta
8 2024 Workshop "Menuju Pendidikan Inklusif yang berpihak pada peserta didik" di Universitas Sanata Dharma
9 2024 In House Training Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Terintegrasi Penguatan Numerasi
10 2024 Seminar Hasil KTI Siswa Kelas Xi dalam Rangka Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-Ppra) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul
11 2024 Narasumber dalam acara 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE, dengan tema Application of Machine Learning (ML); A Tool for Teaching and Future Research in Chemistry Education
12 2024 Narasumber Monthly international webinar: Inclusive Education, Rethinking the nature of education in pluralistic society
13 2023 5th Dies Natalis Chemistry Education dengan tema: "Berjuta Karya Sejuta Cinta Menuju Satu Cita Bersama Pendidikan Kimia"
14 2023 Memberi ceramah dengan judul: How to become inclusive in your teaching and learning?
15 2023 Workshop Pendampingan Forum Madrasah Inklusi Yogyakarta
16 2023 Workshop Pendampingan Forum Madrasah Inklusif untuk Pengembangan Kompetensi Guru di Madrasah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (MPPI)
17 2023 Narasumber Workshop untuk Guru-Guru RA dan Bunda PAUD sebagai Narasumber dengan judul Mewujudkan PAUD Inklusif Ramah Anak
18 2023 Juri Lomba Gemilang Aurum Video Competition (Gervita) 2023
19 2023 Workshop Review dan Pemutakhiran Kurikulum (mengacu pada OBE dan MBKM) di Lingkungan FITK UIN Malang
20 2022 Workshop Inklusivitas di PT (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
21 2022 Diskusi Terbuka Aksesibilitas difabel dalam lingkungan kampus, Prodi KPI FDK
22 2022 Implementasi MBKM dalam Lingkup Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teunku Dirundeng Meulaboh
23 2022 Narasumber Seminar Zoom dengan Judul Urgency Pendidikan Inklusif di Madrasah dilaksanakan di MGMP Kimia MA Gabungan Kab. Kebumen dan Kab. Purworejo
24 2022 “Parent Teaching” di Sekolah KB/TK Alifa Muslim Montessori
25 2022 Manajemen Mutu Fakultas dan Program Studi di Lingkungan FITK
26 2022 Pembinaan Mutu Pendidikan Madrasah Inklusif dengan materi "Paradigma Pendidikan Inklusif"
27 2022 narasumber/pengajar dalam Kegiatan Parent’s Day dengan Materi Science for Kids
28 2022 Narasumber Workshop Pembelajaran Active Learning di Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga
29 2022 Narasumber Rapat Kerja Wilayah Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Wilayah DIY dengan judul Membincang Peran Madrasah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (MPPI) untuk Pendidikan Bermutu
30 2021 Pelatihan Management Kelas Inklusif untuk Guru-Guru di MAN 2 Sleman DIY
31 2021 FGD Penyusunan Rencana Induk dan Rencana Aksi Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas
32 2021 Teaching Chemistry for Students with Disabilities: Possibilities and Challenges
Memberi pelayanan kepada masyarakat
33 2016 The five-day training on sign language interpreter for lecturer. Organized by: Center for Disability Services (PLD), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
34 2016 Workshop on Sign Language for teacher and teacher assistant in Yogyakarta. Organized by: Ministry of Religious Affair, Center for Disability Services (PLD) and Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
35 2016 Judge on national competition of chemistry learning media. Organized by: Indonesian Chemistry Student Association (IKAHIMKI) and SMA Kolombo Yogyakarta.
36 2016 Study on social welfare issue – poverty. Organized by: Bappeda Kabupaten Temanggung.
37 2016 Workshop on Study on barriers and developing strategies to overcome barriers to the participation of marginalized groups in local budget management cycle. Organized by: Handicap International and CIQAL.
38 2016 Workshop on Learning Strategies for Disable Students. Organized by Centre for Disabilities Services. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
39 2016 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY.
40 2015 Training for inclusive Volunteer. Organized by: Center for Disability Services (PLD), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
41 2015 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY.
42 2015 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY.

Recognisi

No Tahun Karya
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
1 2021 Peserta Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) . Pada Pertemuan Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) oleh Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan
Menjadi staf ahli di lembaga
2 2021 Dewan Pakar di Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Wilayah DIY