dosen

Profil Jamil Suprihatiningrum

Nama Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan Lektor Kepala | IV/A
Email
Pendidikan Terakhir S3 | Education

Biografi

Riwayat Mengajar

No Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1 Literasi 2 WAJIB D SEN 20:50-22:30 R: TBY-101
2 Metode Penelitian Pendidikan Kimia 2 WAJIB A SEN 16:25-18:05 R: TBY-110
3 Metode Penelitian Pendidikan Kimia 2 WAJIB B KAM 07:00-08:40 R: TBY-314
4 Metodologi Penelitian Pendidikan 4 WAJIB 2B SEN 07:00-08:40 R: PPG-407#RAB 11:35-13:15 R: PPG-106
5 PAI Berwawasan Inklusivitas* 3 PILIHAN A SEL 09:45-12:15 R: PPG-101
6 Pendidikan Dasar Islam Inklusif 2 WAJIB 2A RAB 13:25-15:05 R: PPG-102
7 Penulisan Karya Ilmiah Populer 2 WAJIB B RAB 08:50-10:30 R: TBY-410
8 Penyusunan Proposal Disertasi 3 WAJIB J SAB 09:35-12:05 R: PPG-103
9 Praktik Pembelajaran Mikro 2 WAJIB B SEN 12:30-14:10 R: GKT-201
10 Proyek Mandiri 2 2 PILIHAN B RAB 07:00-08:40 R: MP-102
11 Seminar Proposal Tesis 4 WAJIB 2D SEL 13:25-15:05 R: PPG-105#KAM 13:25-15:05 R: PPG-401
12 Studi Disabilitas dalam Pendidikan 2 PILIHAN A KAM 10:40-12:20 R: TBY-411
13 Tesis 8 WAJIB O SAB 07:00-13:40 R: PPG-301

Riwayat Pendidikan

No Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1 S3 Flinders University Education PhD. 2021
2 S2 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Sains M.Pd.Si. 2010
3 S1 Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Kimia S.Pd.Si 2006

Publikasi

No Tahun Karya
Book Chapter
1 2025 Beyond Interviewing: Using Multiple Sources to Voice the Voiceless
Tingkat Internasional Bereputasi
Diterbitkan oleh SAGE Publications Ltd
Buku Referensi
2 2024 MENYEMAI KESETARAAN MELALUI PENDIDIKAN INKLUSIF
Tingkat Nasional
3 2021 Panduan Modifikasi Kurikulum Perguruan Tinggi
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh SUKA-Press
Conference Paper
4 2023 Realizing Education for All (EFA) through chemistry teaching and learning in a senior high school providing inclusive education
Tingkat Internasional Bereputasi
Pada The 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education . Diselenggarakan oleh UNS
Diterbitkan oleh ACM
5 2021 Teachers’ understanding on inclusive science education for students with disabilities: Stories from Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi
Pada The 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education . Diselenggarakan oleh IKIP UNS Surakarta
Diterbitkan oleh Association for Computing Machinery New York NY United States
6 2018 Empowerment of Undergraduate Deaf Students and “Sahabat Inklusi” in Sign Language Training for Support Teachers in Inclusive Schools in Yogyakarta
Tingkat Internasional
Pada 3rd of International Conference on University-Community Enggagement . Diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan UIN Malik Ibrahim Malang
Diterbitkan oleh Kementerian Agama dan UIN Malik Ibrahim Malang
7 2017 Index for Inclusion: A Framework to Investigate the Inclusivity of Inclusive Secondary Schools in Yogyakarta Indonesia,
Tingkat Internasional
Pada Student-led Conference (SCE) . Diselenggarakan oleh University of Adelaide
8 2016 Research and Development Chemistry Compendium Al Quran For Islamic High School
Tingkat Internasional
Pada Conference on Educational Research and Innovation (ICERI, 2016) . Diselenggarakan oleh Yogyakarta State University
9 2016 Development of Index for Inclusion to Assess the Inclusiveness of Islamic Schools and Islamic Universities (PTKI) in Indonesia.
Tingkat Internasional
Pada International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE 2016) . Diselenggarakan oleh International Conference on University-Community Engagement (ICON UCE 2016)
10 2015 Assistance Program for Deaf Students in Center for Disability Services (Pusat Layanan Difabel) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Tingkat Internasional
Pada International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI, 2015) . Diselenggarakan oleh Yogyakarta State University
Jurnal Ilmiah
11 2025 Socio-Scientific Issues-Based E-Module using Liveworksheets to Enhance Students' Scientific Literacy on Acid-Base Topics
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 1
Diterbitkan oleh Yayasan Keluarga Guru Mandiri (Independent Teacher Foundation) collaborates with Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (Indonesian Society for Science Educators)
12 2025 DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY (AR) IPAS LEARNING MEDIA TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Institute for Research and Community Services of Sanata Dharma University, Yogyakarta, Indonesia.
13 2024 A Team-Teaching Initiative to Create Inclusive Chemistry Learning: Fulfilling the Reformed Indonesian Curriculum
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
14 2024 INNOVATION OF DIFFERENTIATIONAL LEARNING STRATEGIES IN SCIENCE LEARNING FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia
15 2024 Utilizing Animaker in Producing Interactive Chemistry Learning Media on the Topic of Atomic Structure
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Postgraduate University of Mataram
16 2024 SCALE FOR PRE-SERVICE SCIENCE TEACHERS’KNOWLEDGE IN DESIGNING INCLUSIVE LEARNING: CONSTRUCTION, VALIDATION, AND RELIABILITY
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh Research Institutions and Community Service (LPPM), Universitas Jambi
17 2024 Construction and Validation of a Scale to Measure Islamic Primary School Teachers’ Readiness in Implementing Emancipated Curriculum Referring to the Technological Pedagogical and Content Knowledge
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
18 2024 Jigsaw Infused Tic-tac-toe Learning Model:
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh The Center of Research and Development of Students (PPIPM UNP)
19 2024 Development of Ethnoscience Electronic Student Worksheets on Buffer Solutions to Inculcating Islamic Values
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
20 2024 Creating Accessible Chemistry Content for Students with Disabilities: Findings from Schools Providing Inclusive Education in Indonesia
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
21 2024 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMA
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
22 2024 The Effect of Inquiry-Based Learning on Students’ Critical Thinking Ability and Activeness in Reaction Rate Material
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
23 2024 Development of TikTok-based Chemo-entrepreneurship e-Worksheet to Fostering Students’ Entrepreneurial Spirit
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
24 2023 The Shifting of Special Education Orthodoxy in Implementing Inclusive Education Policies in Indonesia
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
25 2023 Support of Family Economic Status for Fulfilling the Right to Education for Children with Disabilities
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya
26 2023 TPACK – UDL Scale for Science Teachers: Construction, Validation, and Reliability
Tingkat Internasional
Diterbitkan oleh andwick International Research and Analysis Institute (RIRAI) Publisher
27 2023 REVEALING THE FACES OF RURAL POVERTY IN INDONESIA: A CASE FROM TEMANGGUNG, CENTRAL JAVA
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Laboratorium Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
28 2023 Pengembangan Google Sites Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa sebagai Media Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
29 2022 The Long Road to Social Inclusion: Participation of Vulnerable Groups in Village Development
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
30 2022 Science and special education teachers create inclusive classroom practice in science
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
31 2022 Science and special education teachers create inclusive classroom practice in science: Are they working interdependently?
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
32 2022 Pengembangan Media Virtual Lab sebagai Alternatif Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang
33 2022 The Orthodoxy of Special Education Among Public, Private, and Islamic Secondary Schools Providing Inclusive Education
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
34 2022 Meeting the Challenges of Accessibility for Science Inclusive Classrooms in Indonesian Basic Education System
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
35 2022 Pengalaman Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif dalam Menyediakan Pembelajaran Sains
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
36 2021 Survei Aksesibilitas Fisik dan Sosial sebagai Dasar Penyusunan Grand Design Desa Inklusif
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
37 2020 Is Online Learning Accessible During COVID-19 Pandemic? Voices and Experiences of UIN Sunan Kalijaga Students with Disabilities
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh UIN Walisongo Semarang
38 2019 Persepsi Penyandang Disabilitas dan Stakeholder untuk Mempromosikan dan Mengembangkan Komunitas Inklusif di DIY dan Sulawesi Tenggara
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga
39 2017 Islam - Science Integration Approach in Developing Chemistry Individualized Education Program (IEP) for Students with Disabilities
Tingkat Nasional Terakreditasi
Diterbitkan oleh Intelektual Pustaka Media Utama (IPMU) in collaboration with Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)
40 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Web Untuk SMA/MA
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3
Diterbitkan oleh Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University
41 2016 Inculcation of Islamic Values Through Chemistry Short Story (Cerpen) For Senior High School
Tingkat Nasional Terakreditasi
42 2016 Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi Yogyakarta
Tingkat Nasional
43 2016 Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi Yogyakarta
Tingkat Nasional
44 2015 Pengembangan Tabel Periodik Unsur (TPU) Braille untuk Siswa Difabel Netra
Tingkat Nasional
Poster
45 2019 Meta-Research on Disability Issue in Education: A powerful tool for Indonesian researchers with limited resources
Tingkat Internasional . Diselenggarakan oleh Association for Interdisciplinary Meta-Research and Open Science, The University of Melbourne
Diterbitkan oleh Association for Interdisciplinary Meta-Research and Open Science, The University of Melbourne
Prosiding
46 2023 Realizing Education for All (EFA) through chemistry teaching and learning in a senior high school providing inclusive education
Tingkat Internasional terindeks pada IEEE Explore dan SPIE
Pada Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022)
Diterbitkan oleh Atlantis Press
Seminar
47 2023 Portrait of a Chemistry Teacher's Efforts in Creating an Inclusive Classroom
Tingkat Internasional
Pada Proceeding International Conference on Religion, Science and Education
48 2021 Meeting the challenges of accessibility for science inclusive classrooms: Indonesia’s portrait
Tingkat Internasional Bereputasi
Pada Australasian Science Education Research Association (ASERA) Conference 52 . Diselenggarakan oleh Australasian Science Education Research Association
49 2021 Meeting the challenges of accessibility for science inclusive classrooms: Indonesia’s portrait
Tingkat Internasional
Pada Australasian Science Education Research Association (ASERA) Conference 52 . Diselenggarakan oleh Australasian Science Education Research Association (ASERA)
Diterbitkan oleh Australasian Science Education Research Association (ASERA)
50 2019 The Orthodoxy of Special Education: It’s all about Inclusive Education in Indonesia
Tingkat Internasional
Pada The Inclusive Education Summit (TIES) . Diselenggarakan oleh Kohia Centre at The University of Auckland’s Faculty of Education and Social Work, New Zealand

Penelitian

HAKI

Pengabdian

No Tahun Karya
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2024 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies
2 2023 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies
3 2022 Editor in Chief INKLUSI: Journal of Disability Studies
4 2021 Reviewer Jurnal Inklusi
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
5 2021 Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK)
6 2021 Panduan Penyusunan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berdasarkan Universal Design for Learning (UDL) untuk Guru Kimia
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
7 2025 Pelatihan dan Sosialisasi Strategi dan Praktik Akomodasi yang layak untuk Mahasiswa Disabilitas
8 2025 Pelatihan Analisis Data untuk Guru Pembimbing Karya Tulis Ilmiah (KTI)
9 2024 Webinar Komunitas Belajar (Kombel) Bhagaskara Guru SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta
10 2024 Workshop "Menuju Pendidikan Inklusif yang berpihak pada peserta didik" di Universitas Sanata Dharma
11 2024 In House Training Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Terintegrasi Penguatan Numerasi
12 2024 Seminar Hasil KTI Siswa Kelas Xi dalam Rangka Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-Ppra) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul
13 2024 Narasumber dalam acara 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE, dengan tema Application of Machine Learning (ML); A Tool for Teaching and Future Research in Chemistry Education
14 2024 Narasumber Monthly international webinar: Inclusive Education, Rethinking the nature of education in pluralistic society
15 2023 5th Dies Natalis Chemistry Education dengan tema: "Berjuta Karya Sejuta Cinta Menuju Satu Cita Bersama Pendidikan Kimia"
16 2023 Memberi ceramah dengan judul: How to become inclusive in your teaching and learning?
17 2023 Workshop Pendampingan Forum Madrasah Inklusi Yogyakarta
18 2023 Workshop Pendampingan Forum Madrasah Inklusif untuk Pengembangan Kompetensi Guru di Madrasah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (MPPI)
19 2023 Narasumber Workshop untuk Guru-Guru RA dan Bunda PAUD sebagai Narasumber dengan judul Mewujudkan PAUD Inklusif Ramah Anak
20 2023 Juri Lomba Gemilang Aurum Video Competition (Gervita) 2023
21 2023 Workshop Review dan Pemutakhiran Kurikulum (mengacu pada OBE dan MBKM) di Lingkungan FITK UIN Malang
22 2022 Workshop Inklusivitas di PT (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
23 2022 Diskusi Terbuka Aksesibilitas difabel dalam lingkungan kampus, Prodi KPI FDK
24 2022 Implementasi MBKM dalam Lingkup Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teunku Dirundeng Meulaboh
25 2022 Narasumber Seminar Zoom dengan Judul Urgency Pendidikan Inklusif di Madrasah dilaksanakan di MGMP Kimia MA Gabungan Kab. Kebumen dan Kab. Purworejo
26 2022 “Parent Teaching” di Sekolah KB/TK Alifa Muslim Montessori
27 2022 Manajemen Mutu Fakultas dan Program Studi di Lingkungan FITK
28 2022 Pembinaan Mutu Pendidikan Madrasah Inklusif dengan materi "Paradigma Pendidikan Inklusif"
29 2022 narasumber/pengajar dalam Kegiatan Parent’s Day dengan Materi Science for Kids
30 2022 Narasumber Workshop Pembelajaran Active Learning di Fakultas Syari’ah IAIN Salatiga
31 2022 Narasumber Rapat Kerja Wilayah Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Wilayah DIY dengan judul Membincang Peran Madrasah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (MPPI) untuk Pendidikan Bermutu
32 2021 Pelatihan Management Kelas Inklusif untuk Guru-Guru di MAN 2 Sleman DIY
33 2021 FGD Penyusunan Rencana Induk dan Rencana Aksi Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas
34 2021 Teaching Chemistry for Students with Disabilities: Possibilities and Challenges
Memberi pelayanan kepada masyarakat
35 2016 Workshop on Sign Language for teacher and teacher assistant in Yogyakarta. Organized by: Ministry of Religious Affair, Center for Disability Services (PLD) and Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
36 2016 Workshop on Study on barriers and developing strategies to overcome barriers to the participation of marginalized groups in local budget management cycle. Organized by: Handicap International and CIQAL.
37 2016 Workshop on Learning Strategies for Disable Students. Organized by Centre for Disabilities Services. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
38 2016 The five-day training on sign language interpreter for lecturer. Organized by: Center for Disability Services (PLD), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
39 2016 Judge on national competition of chemistry learning media. Organized by: Indonesian Chemistry Student Association (IKAHIMKI) and SMA Kolombo Yogyakarta.
40 2016 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY.
41 2016 Study on social welfare issue – poverty. Organized by: Bappeda Kabupaten Temanggung.
42 2015 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY.
43 2015 Training for Head of Laboratory in Higher Education. Organized by: Integrated Laboratory Fac. of Science and Technology, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and Kanwil Kementerian Agama DIY.
44 2015 Training for inclusive Volunteer. Organized by: Center for Disability Services (PLD), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Recognisi

No Tahun Karya
Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah
1 2021 Peserta Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) . Pada Pertemuan Uji Publik Standar Pendididikan Khusus (PK) oleh Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan
Menjadi staf ahli di lembaga
2 2021 Dewan Pakar di Forum Pendidik Madrasah Inklusif (FPMI) Wilayah DIY