dosen
Nama | Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I. |
Program Studi | Pendidikan Bahasa Arab |
Fakultas | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Jenis Pegawai | Status | Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar |
Jabatan Akademik | Golongan | Lektor | III/C |
- | |
Pendidikan Terakhir | - | - |
Biografi
Pengajar prodi pendidikan bahasa Arab UIN sunan kalijaga
Riwayat Mengajar
No
Mata Kuliah
SKS
Jenis MK
Kelas
Jadwal
1
Al-Kitabah al-Akadimiyah
4
WAJIB
B
SEN 16:25-18:05 R: TBY-313#KAM 10:40-12:20 R: TBY-408
2
Bahasa Arab
4
WAJIB
C
SEL 12:30-14:10 R: TBY-411#JUM 09:45-11:25 R: TBY-108
3
Edupreneurship*
2
PILIHAN
A
KAM 07:00-08:40 R: TBY-310
4
Edupreneurship*
2
PILIHAN
B
RAB 16:25-18:05 R: TBY-410
5
Edupreneurship*
2
PILIHAN
C
SEN 10:40-12:20 R: TBY-312
6
Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Arab
4
WAJIB
B
SEL 16:25-18:05 R: GKT-408#RAB 07:00-08:40 R: TBY-304
7
Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab
4
WAJIB
C
SEN 14:20-16:00 R: TBY-310#JUM 13:25-15:05 R: TBY-106
8
PLP
4
WAJIB
C
SAB 11:00-12:20 R: TBY-405
9
PLP-KKN Integratif
8
WAJIB
A
RAB 08:50-10:30 R: TBY-302
10
Penulisan Bahan Ajar Bahasa Arab
2
WAJIB
C
SEN 07:00-08:40 R: TBY-411
11
Skripsi
6
WAJIB
B
SAB 07:00-08:00 R: TBY-403
No | Mata Kuliah | SKS | Jenis MK | Kelas | Jadwal |
---|---|---|---|---|---|
1 | Al-Kitabah al-Akadimiyah | 4 | WAJIB | B | SEN 16:25-18:05 R: TBY-313#KAM 10:40-12:20 R: TBY-408 |
2 | Bahasa Arab | 4 | WAJIB | C | SEL 12:30-14:10 R: TBY-411#JUM 09:45-11:25 R: TBY-108 |
3 | Edupreneurship* | 2 | PILIHAN | A | KAM 07:00-08:40 R: TBY-310 |
4 | Edupreneurship* | 2 | PILIHAN | B | RAB 16:25-18:05 R: TBY-410 |
5 | Edupreneurship* | 2 | PILIHAN | C | SEN 10:40-12:20 R: TBY-312 |
6 | Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Arab | 4 | WAJIB | B | SEL 16:25-18:05 R: GKT-408#RAB 07:00-08:40 R: TBY-304 |
7 | Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab | 4 | WAJIB | C | SEN 14:20-16:00 R: TBY-310#JUM 13:25-15:05 R: TBY-106 |
8 | PLP | 4 | WAJIB | C | SAB 11:00-12:20 R: TBY-405 |
9 | PLP-KKN Integratif | 8 | WAJIB | A | RAB 08:50-10:30 R: TBY-302 |
10 | Penulisan Bahan Ajar Bahasa Arab | 2 | WAJIB | C | SEN 07:00-08:40 R: TBY-411 |
11 | Skripsi | 6 | WAJIB | B | SAB 07:00-08:00 R: TBY-403 |
Publikasi
No
Tahun
Karya
Jurnal Ilmiah
1
2022
Android-Based Al-'Arabiya Application Using Powerpoint Ispring Presenter as an Innovation in Arabic Language Learning Media
Tingkat Nasional Terakreditasi . Diselenggarakan oleh Laboratorium Pendidikan UIN Sunan Kalijaga
2
2022
Analysis of the Textbook" Aku Cinta Bahasa Arab" for Grade 1 Elementary School in the Perspective of Cognitive Developmental Psychology
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 . Diselenggarakan oleh PBA UIN Sunan Kalijaga
Diterbitkan oleh ALMahara
3
2021
The Problems of Reading Arabic Text in Terms of Phonological Aspects (Case Study in Fifth Grade Students of SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Academic Year 2020/2021)
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 . Diselenggarakan oleh PBA UIN Sunan Kalijaga
Diterbitkan oleh ALMahara
4
2021
PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA SEKOLAH DASAR
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh STAIMS Yogyakarta
Diterbitkan oleh Ihtimam
Prosiding
5
2021
ANALISIS BUKU “AL-KITABAH AL-MUYASSARAH” KARYA MUHAIBAN (TINJAUAN DARI SEGI MATERI PELAJARAN)
Tingkat Nasional
Pada Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab . Diselenggarakan oleh IMLA
Diterbitkan oleh IMLA
6
2019
نيرشعلاو يداحلا نرقلا يف ايسينودنإ يف ةيبرعلا ةغللا يملعم تاءافك
Tingkat Nasional
Pada 2nd International Conference on Linguistics . Diselenggarakan oleh UIN Raden Mas Said Surakarta
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Jurnal Ilmiah | ||
1 | 2022 |
Android-Based Al-'Arabiya Application Using Powerpoint Ispring Presenter as an Innovation in Arabic Language Learning Media
Tingkat Nasional Terakreditasi . Diselenggarakan oleh Laboratorium Pendidikan UIN Sunan Kalijaga |
2 | 2022 |
Analysis of the Textbook" Aku Cinta Bahasa Arab" for Grade 1 Elementary School in the Perspective of Cognitive Developmental Psychology
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 . Diselenggarakan oleh PBA UIN Sunan Kalijaga Diterbitkan oleh ALMahara |
3 | 2021 |
The Problems of Reading Arabic Text in Terms of Phonological Aspects (Case Study in Fifth Grade Students of SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Academic Year 2020/2021)
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 3 . Diselenggarakan oleh PBA UIN Sunan Kalijaga Diterbitkan oleh ALMahara |
4 | 2021 |
PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA SEKOLAH DASAR
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh STAIMS Yogyakarta Diterbitkan oleh Ihtimam |
Prosiding | ||
5 | 2021 |
ANALISIS BUKU “AL-KITABAH AL-MUYASSARAH” KARYA MUHAIBAN (TINJAUAN DARI SEGI MATERI PELAJARAN)
Tingkat Nasional Pada Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab . Diselenggarakan oleh IMLA Diterbitkan oleh IMLA |
6 | 2019 |
نيرشعلاو يداحلا نرقلا يف ايسينودنإ يف ةيبرعلا ةغللا يملعم تاءافك
Tingkat Nasional Pada 2nd International Conference on Linguistics . Diselenggarakan oleh UIN Raden Mas Said Surakarta |
HAKI
No
Tahun
Karya
Hak Cipta
1
2022
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
2
2021
PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE
TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA SEKOLAH
DASAR
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Hak Cipta | ||
1 | 2022 |
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA |
2 | 2021 |
PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE
TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA SEKOLAH
DASAR
Tingkat Nasional Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA |
Pengabdian
No
Tahun
Karya
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1
2025
Narasumber dalam Kegiatan Seminar Pendidikan dengan tema: Inovasi
Pembelajaran Berkarakter dan Kreatif dalam Kurikulum Merdeka
Kegiatan Keagamaan
2
2021
Mengajar Kelompok Taklim Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPSB UII
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
3
2020
Taklim Mahasiswa FPSB UII
No | Tahun | Karya |
---|---|---|
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah | ||
1 | 2025 | Narasumber dalam Kegiatan Seminar Pendidikan dengan tema: Inovasi Pembelajaran Berkarakter dan Kreatif dalam Kurikulum Merdeka |
Kegiatan Keagamaan | ||
2 | 2021 | Mengajar Kelompok Taklim Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPSB UII |
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat | ||
3 | 2020 | Taklim Mahasiswa FPSB UII |