Dosen
Profil Himawan Putranta
Nama | : | Himawan Putranta, M.Pd. |
Program Studi | : | Pendidikan Fisika |
Fakultas | : | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
Jenis Pegawai | Status | : | Pegawai Tetap BLU | Aktif Mengajar |
Jabatan Akademik | Golongan | : | Asisten Ahli | III/B |
: | ||
Pendidikan Terakhir | : | - |
Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Himawan Putranta, M.Pd. Di Semester Gasal TA 2024/2025
No | Nama Mata Kuliah | SKS | Jenis MK | Kelas | Jadwal |
---|---|---|---|---|---|
1. | Analisis Vektor | 2 | WAJIB | A | JUM 07:00-08:40 R: TBY-406 |
2. | Analisis Vektor | 2 | WAJIB | B | JUM 15:30-17:10 R: TBY-110 |
3. | Bahasa Indonesia | 2 | WAJIB | A | SEL 08:50-10:30 R: TBY-409 |
4. | Evaluasi Pembelajaran PAI | 4 | WAJIB | A | SEN 16:25-18:05 R: TK-101#RAB 12:30-14:10 R: PPG-407 |
5. | Literasi Big Data* | 4 | PILIHAN | A | RAB 08:50-10:30 R: TBY-101#KAM 12:30-14:10 R: TBY-101 |
6. | Mekanika Lanjut | 2 | PILIHAN | A | SEN 19:00-20:40 R: TBY-111 |
7. | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 4 | WAJIB | A | SEN 12:30-14:10 R: TBY-408#SEL 07:00-08:40 R: TBY-314 |
8. | Mitigasi Bencana | 2 | PILIHAN | A | SEL 19:00-20:40 R: TBY-212 |
9. | Penelitian kuantitatif | 2 | PILIHAN | A | RAB 19:00-20:40 R: TBY-105 |
10. | Praktikum Pengajaran Fisika | 2 | WAJIB | E | MIN 14:05-15:45 R: MP-103 |
# TAHUN KARYA Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah 1 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Knowledge Retention Evaluation on Mobile Augmented Reality Technology for IoT Circuit Assembly' . 2 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Dual Pedagogy (DP) Approach for AI Literacy in Early Childhood Education' . . 3 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'ChatGPT as a Peer: A Novel Approach to Promote Knowledge Construction, Higher-order Thinking Skills, and Attitudes in STEM Education' . 4 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Knowledge Retention Evaluation on Mobile Augmented Reality Technology for IoT Circuit Assembly' . . 5 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Exploring the Potential Benefits and Limitations of AR-Based Virtual Simulation Systems for Human Anatomy Experimental Teaching' . 6 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Developing an AI literacy framework for young children' . 7 2024 Reviewer Journal of Infrastructure, Policy and Development Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,29 dan WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'Contribution of non-timber forest products to the livelihoods of households residing adjacent to the Loita Forest, Kenya' . 8 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,63 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Incorporating online writing resources into self-regulated learning strategy-based instruction: An intervention study' . 9 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,63 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Promoting Self-Regulated Learning in Problem-Solving: A Hybrid Video-Based Training Program for K-12 Students' . 10 2023 Reviewer Healthcare Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,55 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Factors Associated with Lifestyle Behaviours Among University Students –A Cross-Sectional Study' . 11 2023 Reviewer Applied Sciences Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,49 dan WoS-SCIE untuk Artikel Berjudul 'Exploring an E-Health Cloud Computing Adoption in Saudi Arabia: Review Article' . 12 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Enhancing Data Management Strategies with Hybrid Layering Framework: Assessing data validation and high availability sustainability' . 13 2023 Reviewer Healthcare Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,55 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Determining the Concept of Clinical Competence of Nurses during an Epidemic: a Hybrid Study' . 14 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Research on Real-Time Monitoring and Warning Technology for Multi Parameter Underground Debris Flow' . 15 2023 Reviewer Healthcare Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,55 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Factors Associated with Burnout in Medical Staff. The Role of the COVID-19 Pandemic – a Look Back' . . 16 2023 Reviewer Behavioral Sciences Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,6 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Investigating Value Cognition and Training Behavioral Activities: The Mediating Roles of School-Society Cooperation of Science Teachers' . 17 2023 Reviewer Sustainability untuk Artikel Berjudul 'Non-Stop Educational Support: Exploring the Opportunities and Challenges of Intelligent Chatbots Use to Support Learners from the Viewpoint of Practitioner Educators' . 18 2023 Reviewer Mathematics Terindeks Scopus Q2 dan WoS-SCIE dengan SJR: 0,45 untuk Artikel Berjudul 'Predictive validity of the Cuestionario Burnout Granada-University Students' . 19 2023 Reviewer Mathematics Terindeks Scopus Q2 dan WoS-SCIE dengan SJR: 0,45 untuk Artikel Berjudul 'Advance Landslide Prediction and Warning Model Based on Stacking Fusion Algorithm' . 20 2023 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,61 dan WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'Factors Influencing IGTV Usage & Adoption among Generation Z: A Case Study from the Instagram Perspective' . 21 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'MLFKT: Multiple Learning Features Enhanced Knowledge Tracing Based on Learner-Resource Response Channels' . 22 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'University Administrative Staff’s Job Burnout in China-A Perspective of Sustainable Development Goals (SDGs)' . 23 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Research on the Sustainable Development Strategy of Online Learning: A Case Study of YouTube Users' . . 24 2023 Reviewer Cogent Education Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,4 dan WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'The Teacher Strategy in Teaching Social Tolerance to Elementary School Students in Jakarta' . . 25 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Acceptance of social media for study purposes – Longitudinal Case Study' . 26 2023 Reviewer Education Sciences Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,52 untuk Artikel Berjudul 'Smartphone Usage in Science Education: An Empirical Review' . . 27 2023 Anggota Editor dari Pengelola Jurnal Al-Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2023-2024 . 28 2023 Reviewer Journal of Physics: Condensed Matter Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,65 dan WoS-SCIE untuk Artikel Berjudul 'Cooperative diffusion in body-centered cubic iron in Earth and super-Earths’ inner core conditions'. . 29 2022 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,5 untuk Artikel Berjudul 'Relationship between Social Networking Addiction and Academic Performance in Students of Al Ain University' . 30 2022 Reviewer European Journal of Science and Mathematics Education Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,33 untuk Artikel Berjudul 'Does the Lebanese Education System Hinder the Performance of the Highly Able Learners?' . 31 2022 Reviewer Accounting Education Publisher Routledge Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,74 untuk Artikel Berjudul 'Fostering Social Skills in Secondary Accounting Education: Perceived Challenges, Opportunities, and Future Directions'. . 32 2022 Reviewer Revista Iberoamericana de Psicologia del Ejercicio y el Deporte Terindeks Scopus Q4 dengan SJR: 0,23 untuk Artikel Berjudul 'Study of Nurses’ Knowledge Regarding COVID-19 in Al-Hilla Teaching Hospitals' . . 33 2022 Reviewer European Journal of Science and Mathematics Education Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,33 untuk Artikel Berjudul 'Physics Teachers Learning on the Use of Multiple Representations in Lesson Study' . . 34 2022 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'Migration in the Classroom: Multicultural Beliefs and Constructivist Teaching Practices in Chilean Schools' . 35 2022 Reviewer Cogent Psychology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,32 untuk Artikel Berjudul 'A Differential Item Functioning (DIF) Analysis of the Mobile Phone Problem Use Scale in Indonesian Schools with and without Smartphone Banned Policy' . 36 2022 Reviewer Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education Terindeks Scopus Q4 dengan SJR: 0,19 untuk Artikel Berjudul 'Development of Enhancement Process of Preschool Teachers’Classroom Action Research Abilities using Principles of Assessment . 37 2022 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'The Implementation of Quantum Teaching Model in Islamic Religious Education Learning to Improve the Students Collaboration Thinking Skills' . 38 2022 Editorial Assistant pada Journal of Gifted Education and Creativity Terindeks DOAJ dan Google Scholar. . 39 2022 Editorial Assistant pada Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices Terindeks Google Scholar, ASOS Index, DRJI, ResearchBible, dan ProQuest . 40 2021 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'Higher Education towards Circular Economy: Overview of Drivers and Barriers in Circular Economy Transition' . 41 2021 Reviewer Ibero-American Journal of Exercise and Sports Psychology Terindeks Scopus Q4 dengan SJR: 0,26 dan Wos-ESCI untuk Artikel Berjudul 'People with Special Needs in Religious Literacy' . 42 2021 Reviewer Walailak Journal of Science and Technology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,15 untuk Artikel Berjudul 'Examination of astrophysical S-factor and non-resonant rates of the 64Ge(p,γ)65As reaction' . 43 2021 Reviewer Walailak Journal of Science and Technology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,15 untuk Artikel Berjudul 'Analyses of Spatial Distribution and Temporal Trends of Temperature and its Extremes over Nigeria using Climate Indices' . 44 2020 Reviewer Walailak Journal of Science and Technology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,15 untuk Artikel Berjudul 'Wind Energy potential Estimation Using Weibull and Rayleigh Distribution Models and surface measured data at Debre Birehan, Ethiopia' . 45 2020 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'Linking Administrative Performance of Principals Vis-à-vis Public Relations and Community Involvement' . 46 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Perception of Art High School Students on Mathematics: Interest, Competency, and Relevancy' . 47 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Biology Reading Literacy: Measurement and Empowerment Through CIRC Learning Model' . 48 2020 Reviewer Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices Terindeks Google Scholar dan ProQuest untuk Artikel Berjudul 'Improvıng Mathematıc Creatıve Thınkıng Skıll Usıng Creatıve Problem Solvıng Learnıng Model' . 49 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Enhancing Indonesian Students Writing through Facebook and Classroom Collaborative Activities' . 50 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Multi-representation Raised by Prospective Teachers in Expressing Algebra' . 51 2020 Reviewer Psychology Research on Education and Social Sciences Terindeks DOAJ dan Google Scholar untuk Artikel Berjudul 'Impact of Classroom Phubbing on Teachers who face Phubbing during lectures' . 52 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Personality Career Interest towards Sciences Field among Gifted and Talented Students' . 53 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Mathematical Understanding and Reasoning of Vocational School Students in Agriculture-Based Mathematical Tasks' . 54 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Working Memory Capacity and Mathematics Anxiety of Mathematics Students and Its Effect on Mathematics Achievement' . 55 2019 Reviewer European Journal of Educational Research Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,32 untuk Artikel Berjudul 'Developing and Analyzing Learners' Alternative Conceptions through ABC & G Instrument of Kinetic Theory of Gases based on Rasch Model' . 56 2019 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Evaluating Equitable Distribution of Teacher In Southwest Maluku Regency, Indonesia' . 57 2019 Reviewer European Journal of Educational Research Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,32 untuk Artikel Berjudul 'Redesigning EFL Teacher Education Curriculum: A Case Study in an Indonesian University' . Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian 58 2023 Mengikuti pelatihan Peer Review Excellence online training yang diselenggarakan oleh IOP (Institute of Physics) United Kingdom.. . Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat 59 2023 Pengenalan Penulisan & Publikasi Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi (Terjadwal < 1 semester). 60 2023 Trainer Coaching Clinic Academic Writing dalam Kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Program Magister (S2) dan Doktor (S3) (Terjadwal < 1 semester). 61 2022 Narasumber Dalam acara Webinar Kepenulisan Nasional dengan tema: "Coretan Pena Generasi Muda Membangun Peradaban Negeri Menuju Indonesia Emas 2045" (Insidental). 62 2022 Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Studi Lanjut Siapa Takut: Merajut Cita Bersama Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga (Insidental). 63 2022 Pemateri pada Kegiatan "Short Course Kepenulisan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Sunan Kalijaga" (Insidental). 64 2022 Pengajar Diklat dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Berstandar Nasional (Insidental). 65 2022 Narasumber Kegitan “Sosialiasi Pembelajaran Daring Program Magister dan Doktor FITK UIN Sunan Kalijaga”, Sesi “Pengenalan Penulisan dan Publikasi Artikel Jurnal” (Insidental). 66 2021 Narasumber dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Fisika SMA Negeri I Wonosobo dalam Penulisan Karya Ilmiah (Insidental). 67 2021 Trainer Pelatihan dan Pendampingan "Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah" (Insidental). 68 2021 Narasumber dalam Kegiatan Workshop Penyusunan Artikel Jurnal Internasional Tema: "Strategi Mudah Menembus Jurnal Internasional Bereputasi" (Insidental).
# TAHUN KARYA Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi 1 2021 Parallel Session Moderator at International Conference on Religion, Science, and Education "Integration and Interconnection of Knowledge in the Complex Transdicipline Era" . Berlokasi di FITK UIN Sunan Kalijaga. Narasumber 2 2022 Webinar Kepenulisan Nasional dengan tema : "Coretan Pena Generasi Muda Membangun Peradaban Negeri Menuju Indonesia Emas 2045" yang diselenggarakan oleh HM-PS Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta . 3 2022 Pemateri pada Kegiatan "Short Course Kepenulisan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Sunan Kalijaga" yang diselenggarakan oleh Permadani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. . Berlokasi di Via Zoom Meeting. 4 2022 Pemateri pada Kegiatan "Short Course Kepenulisan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Sunan Kalijaga" yang diselenggarakan oleh Permadani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. . Berlokasi di Via Zoom Meeting. 5 2022 Workshop Academic Writing dengan Tema "Mempertajam Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Bereputasi" bagi Mahasiswa Program Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga . Berlokasi di S3 PAI FITK UIN Sunan Kalijaga. 6 2022 Pengajar Diklat dengan Materi “Pengenalan Jurnal Berstandar Nasional, Strategi Penulisan Artikel pada Jurnal Berstandar Nasional, Identifikasi Masalah, Tema, dan Judul Artikel, Penulisan Artikel Pendidikan Matematika Hasil Penelitian” . Berlokasi di Aula Ki Hadjar Dewantara Lantai 2 PPPPTK Matematika. 7 2022 Sosialisasi Pembelajaran (SOSPEM) Program Magister dan Doktor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Tema "Pengenalan dan Penulisan Artikel Jurnal" . Berlokasi di Ruang Zoom Meeting. 8 2021 Pelatihan dan Pendampingan "Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah" yang diselenggarakan oleh Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga . Berlokasi di Secara daring / Online melalui Zoom Meeting. 9 2021 Workshop Penyusunan Artikel Jurnal Internasional Tema "Strategi Mudah Menembus Jurnal Internasional Bereputasi" untuk Mahasiswa Program Magister dan Doktor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta . Berlokasi di Ruang Zoom Meeting. 10 2021 Workshop Penulisan Artikel Ilmiah "Coaching Strategi Menulis Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus" . Berlokasi di Ruang Zoom Meeting.