dosen

Profil Himawan Putranta

Nama Himawan Putranta, M.Pd.
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status Pegawai Tetap BLU | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan Asisten Ahli | III/B
Email -
Pendidikan Terakhir - | -

Biografi

Himawan Putranta adalah seorang akademisi yang berperan signifikan dalam bidang Pendidikan Fisika. Beliau mengabdi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, khususnya di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Selain itu, beliau juga memiliki keterkaitan dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terutama dalam Departemen Pendidikan Fisika. Dalam bidang penelitian, Himawan Putranta memiliki fokus pada Penilaian Pendidikan, Pendidikan Tinggi, dan Pendidikan Sains. Beliau aktif dalam mengembangkan modul e-pembelajaran berbasis Android dengan pendekatan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, kontribusi Himawan dalam dunia akademik juga tercermin dari profil Google Scholar-nya, di mana beliau telah menerima lebih dari 1.400 kutipan dengan indeks-h 21 dan indeks-i10 31. Hal ini menunjukkan pengaruh signifikan dari karya-karya ilmiahnya dalam komunitas akademik. Secara keseluruhan, Himawan Putranta adalah seorang akademisi yang berdedikasi dalam pengembangan pendidikan fisika dan sains di Indonesia. Melalui penelitian dan publikasinya, beliau berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan serta pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains, dengan memanfaatkan teknologi dan kearifan lokal sebagai alat pembelajaran yang efektif.

Riwayat Mengajar

No Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1 Bahasa Indonesia 2 WAJIB A SEN 19:00-20:40 R: TBY-201
2 Bahasa Indonesia 2 WAJIB A KAM 08:50-10:30 R: MP-104
3 Bahasa Indonesia 2 WAJIB B KAM 15:30-17:10 R: TBY-312
4 Kewarganegaraan 2 WAJIB A SEL 10:40-12:20 R: TBY-412
5 Kewarganegaraan 2 WAJIB B RAB 10:40-12:20 R: TK-101
6 Kewarganegaraan 2 WAJIB C RAB 12:30-14:10 R: MP-104
7 Laboratorium Fisika Sekolah 2 PILIHAN C RAB 14:20-16:00 R: TBY-110
8 Literasi Media dan Teknologi pembelajaran PAI 4 WAJIB C SEN 14:20-16:00 R: TBY-407#RAB 07:00-08:40 R: TBY-313
9 Pengembangan Bahan Ajar Fisika 3 PILIHAN C JUM 07:00-09:30 R: TBY-110

Publikasi

No Tahun Karya
Buku Referensi
1 2019 Bahan Ajar Momentum dan Impuls SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbantuan Simulasi Android Permainan Tulup
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
2 2018 Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
3 2017 Perkembangan Filsafat Abad Modern
Tingkat Nasional . Diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
Conference Paper
4 2020 The Development of Mobile Learning-Assisted Local Culture-Based Subject-Specific Pedagogy in Realizing the Learning Outcomes of Physics Subject
Tingkat Internasional
Pada International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019) . Diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta
Diterbitkan oleh Atlantis Press
Jurnal Ilmiah
5 2024 Analysis of Student Satisfaction with the Quality of Academic Library Services at State Christian Religious Higher Education Institutions
Tingkat Internasional Bereputasi - Q3
Diterbitkan oleh Conscientia Beam
6 2024 Analisis Validitas dan Realibilitas Kualitas Soal Pilihan Ganda Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pendekatan Model Rasch
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta
7 2024 Development of Natural Sciences E-modules based on Android with a Science, Environment, Technology, and Society Approach in the Earth Structure Chapter
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
8 2024 MIB-Inquiry-Infographic Android aApplication and Its Impact on Students' Critical Thinking Skills during the COVID-19 Pandemic
Tingkat Internasional Bereputasi - Q3
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
9 2023 Does the Implementation of School Zoning Policies Equalize the Quality of Education? Case Study at the Junior High School Level
Tingkat Internasional Bereputasi - Q3 . Diselenggarakan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
10 2023 Development of Local Wisdom-based Subject-Specific Pedagogy (SSP) to Improve Students' Scientific Literacy Skills
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2
Diterbitkan oleh Universitas Mataram
11 2023 Science Education Practices for Deaf and Hard-of-Hearing Students in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh University of Belgrade - Faculty of Special Education and Rehabilitation
12 2023 Comparing Graphene Energy Dispersion Simulations Using Spreadsheet for Distance Learning
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh Universidad de La Habana
13 2023 Learning Media Simulation of Signal Processing Using Javascript Programming Language as Alternative to Distance Learning
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh Universidad de La Habana
14 2023 Particle Trajectory Simulation using Python and Spreadsheet as an Online Learning Alternative
Tingkat Internasional Bereputasi - Q4
Diterbitkan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
15 2023 Moral Development of Senior High School Students in Physics Learning Based on Traditional Game
Tingkat Nasional Terakreditasi - Sinta 2 . Diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Mataram
Diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram
16 2023 Implications of the Social Reconstructionism Philosophy on the Elimination Discourse of the National Examination in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi
Diterbitkan oleh A. Yu. Krymskyi Institute of Oriental Studies of the National Academy of Sciences of Ukraine
17 2023 Teachers' Perspectives toward Using Augmented Reality Technology in Science Learning
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Birlesik Dunya Yenilik Arastirma ve Yayincilik Merkezi
Diterbitkan oleh Birlesik Dunya Yenilik Arastirma ve Yayincilik Merkezi
18 2022 Effectiveness of STEAM-based blended learning on students’ critical and creative thinking skills
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Institute of Advanced Engineering and Science
Diterbitkan oleh Institute of Advanced Engineering and Science
19 2022 The Effects of High-Intensity Interval Training and Game-based Training on Junior High School Soccer Player
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Pan - European University Apeiron
Diterbitkan oleh Pan - European University Apeiron
20 2022 Mapping Critical Thinking Research In Physical Education: A Review Of The Publishing Or Perish Literature And Bibliometric Analysis
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Asociacion Canaria de Psicologia del Deporte
Diterbitkan oleh Asociacion Canaria de Psicologia del Deporte
21 2022 Small-Sided Games in Building Female Students’ Motivation for Practising Football in Physical Education
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh OVS LLC, Ukraina
Diterbitkan oleh OVS LLC, Ukraina
22 2022 Do Recommended Dietary Allowances (RDA) and levels of physical activity help to maintain fitness status? Study on futsal women's
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh DJ Studio
Diterbitkan oleh DJ Studio
23 2022 Visualization of Refractive Index and Reflectance of Sodium Metal Based on Drude's Theory Using MATLAB as an Alternative for Optics and Astrophysics Lectures
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
24 2022 Simulation of Magnetic Anisotropy Energy Surfaces for Cubic Crystals Using MATLAB in Remote Material Physics Lectures
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Walailak University
Diterbitkan oleh Walailak University
25 2022 Visualization of Body Centered Cubic Energy Bands Based on Spreadsheet-Assisted Tight Binding: Solutions for Distance Material Physics Lectures
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Walailak University
Diterbitkan oleh Walailak University
26 2022 Crystalline Band Energy Simulation as a Materials and Programming Project during the Covid-19 Pandemic
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science
27 2022 Visualization of face-centered cubic energy band using spreadsheet and javascript as innovative learning
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
Diterbitkan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
28 2022 Women Rainwater Harvesters in Education for Rainwater Utilization
Tingkat Internasional Bereputasi
Diterbitkan oleh Geographical Institute "Jovan Cviji" of the Serbian Academy of Sciences and Arts
29 2022 Improving Learners' Metacognitive Skills with Self-Regulated Learning based Problem-Solving
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Gate Association for Teaching and Education
Diterbitkan oleh Gate Association for Teaching and Education
30 2022 The Effect of Comprehensive Teaching Learning-Based Training on Social Skills and Attitudes
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh OVS LLC
Diterbitkan oleh OVS LLC
31 2022 Development of Android Physics Learning Tools Based on Local Wisdom Traditional Game Bola Boy as a Learning Source
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Kassel University Press GmbH
Diterbitkan oleh Kassel University Press GmbH
32 2022 The Misconception in Graphene’s Dispersion Energy Simulations
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
Diterbitkan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
33 2022 Strategies of Physics Learning based on Traditional Games in Senior High Schools during the Covid-19 Pandemic
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
Diterbitkan oleh Sociedad Mexicana de Fisica
34 2021 Effect of leg length on running speed of sports and health sciences students in Indonesia: A meta-analysis study
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal of Physical Education and Sport
Diterbitkan oleh Editura Universitatea din Pitesti
35 2021 The Effect of Smartphone Usage Intensity on High School Students' Higher Order Thinking Skills in Physics Learning
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal of Turkish Science Education
Diterbitkan oleh Ekip Buro Makineleri A.S.
36 2021 Effective teachers’ personality in strengthening character education
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh International Journal of Evaluation and Research in Education
Diterbitkan oleh Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)
37 2021 Analysis of Self-Regulated Learning Skills in Senior High School Students: A Phenomenological Study
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh TEM Journal
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
38 2021 The Effect of Smartphones Usability on High School Students' Science Literacy Ability in Physics Learning
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh European Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
39 2021 The effect of circuit training on physical fitness and archery accuracy in novice athletes
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Physical Activity Review
Diterbitkan oleh PPHU Projack
40 2021 Distance learning strategies using technology for elementary school students in Yogyakarta during the COVID-19 pandemic
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal of Theoretical and Applied Information Technology
Diterbitkan oleh Little Lion Scientific
41 2021 Simple Modeling of Crystal Structure of Carbon Tetrachloride, Diamond, and Fullerene using Molymods
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh TEM Journal
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
42 2021 Teacher’s experiences in character education for autistic children
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh International Journal of Evaluation and Research in Education
Diterbitkan oleh Institute of Advanced Engineering and Science (IAES)
43 2021 Experiences of Participants in Teacher Professional Education on Obtaining Soft Skills: A Case Study in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh European Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
44 2021 How are the Parents Involvement, Peers and Agreeableness Personality of Lecturers Related to Self-Regulated Learning?
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh European Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
45 2020 The Effects of MANSA Historical Board Game toward the Students’ Creativity and Learning Outcomes on Historical Subjects
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh European Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
46 2020 The Effects of Principal’s Decision-making, Organizational Commitment and School Climate on Teacher Performance in Vocational High School Based on Teacher Perceptions
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh European Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Eurasian Society of Educational Research
47 2020 Implementation of Islamic religious learning strategies in children with autism in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Specijalna Edukacija i Rehabilitacija
Diterbitkan oleh University of Belgrade - Faculty of Special Education and Rehabilitation
48 2020 Islamophonia in Education: Perception on the Wear of Veil/Niqab in Higher Education
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies
Diterbitkan oleh State Institute of Islamic Studies (IAIN) Salatiga
49 2020 School readiness assessment: Study of early childhood educator experience
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Elementary Education Online/Ilkogretim Online
Diterbitkan oleh Ankara University Faculty of Education Department Primary Education
50 2020 The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh International Journal of Early Childhood Special Education
Diterbitkan oleh International Journal of Early Childhood Special Education
51 2020 The Effect of Service Quality on Fitness Customer Satisfaction
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology
Diterbitkan oleh PalArch Foundation
52 2020 The Exploration of Local Wisdom Values of Performing Arts: An Art of Kuda Lumping Sarimpi
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Humanities and Social Sciences Reviews
Diterbitkan oleh Gyandhara International Academic Publications
53 2020 Elaborating Motive and Psychological Impact of Sharenting in Millennial Parents
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Universal Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Horizon Research Publishing
54 2020 Academic Freedom: Understanding and Experience of Higher Education Lecturers in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Universal Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Horizon Research Publishing
55 2020 Indonesian Air Force Physical Tester Reliability in Assessing One-Minute Push-Up, Pull-Up, and Sit-Up Tests
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Sport Mont
Diterbitkan oleh Montenegrin Sports Academy
56 2020 Lecturers’ Experiences in Teaching Soft Skills in Teacher Profession Education Program (TPEP) in Indonesia
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Problem of Education in the 21st Century
Diterbitkan oleh Scientia Socialis, Ltd
57 2020 A simple liquid density measuring instrument based on Hooke’s law and hydrostatic pressure
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Physics Education
Diterbitkan oleh IOP Publishing
58 2020 Development of Physics-Two Tier Test based on Jumanji Game to Measure Conceptual Understanding of Work and Energy
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh International Journal of Scientific & Technology Research
Diterbitkan oleh International Journal of Scientific & Technology Research
59 2019 Synthesis of the Cognitive Aspects’ Science Literacy and Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Chapter Momentum and Impulse
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal of Physics: Conference Series
Diterbitkan oleh IOP Publishing
60 2019 Development of Physics-Tier Tests (PysTT) to Measure Students' Conceptual Understanding and Creative Thinking Skills: A Qualitative Synthesis
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal for the Education of Gifted Young Scientists
Diterbitkan oleh Journal for the Education of Gifted Young Scientists
61 2019 The Effect of pH, Electrical Conductivity, and Nitrogen (N) in the Soil at Yogyakarta Special Region on Tomato Plant Growth
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh TEM Journal
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
62 2019 Physics learning by PhET simulation-assisted using problem based learning (PBL) model to improve students' critical thinking skills in work and energy chapters in MAN 3 Sleman
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching
Diterbitkan oleh Hong Kong Institute of Education
63 2019 A simple distance measurement instrument based on the law of light reflection
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Physics Education
Diterbitkan oleh IOP Publishing
64 2019 Physics Teacher Efforts of Islamic High School in Yogyakarta to Minimize Students' Anxiety When Facing the Assessment of Physics Learning Outcomes
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal for the Education of Gifted Young Scientists
Diterbitkan oleh Journal for the Education of Gifted Young Scientists
65 2018 Improving Students’ Critical Thinking Ability Using Problem Based Learning (PBL) Learning Model Based on PhET Simulation
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
Diterbitkan oleh UIKTEN - Association for Information Communication Technology Education and Science, Serbia
66 2018 Evaluation of the Self-regulated Learning Model in High Schools: A Systematic Literature Review
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Universal Journal of Educational Research
Diterbitkan oleh Horizon Research Publishing
67 2018 Spreadsheet for Physics: Lissajous Curve
Tingkat Internasional . Diselenggarakan oleh International Journal of Recent Scientific Research
Diterbitkan oleh International Journal of Recent Scientific Research
68 2018 Development of Student Worksheet Based Curious Note Program (CNP) Learning Model to Improve Science Process Skills of Senior High School Students
Tingkat Internasional . Diselenggarakan oleh International Journal of Current Research
Diterbitkan oleh International Journal of Current Research
69 2018 The factors that influence of reading ability the Hijaiyah alphabet on pre-school children
Tingkat Internasional Bereputasi . Diselenggarakan oleh Journal for the Education of Gifted Young Scientists
Diterbitkan oleh Journal for the Education of Gifted Young Scientists

HAKI

No Tahun Karya
Hak Cipta
1 2019 Simulasi Android Permainan Tulup pada Materi Momentum dan Impuls
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DIREKTUR JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL
2 2018 Rancang Bangun Alat Ukur Jarak Antara Dua Benda Dengan Mengaplikasikan Hukum Snellius Tentang Pemantulan Cahaya
Tingkat Nasional
Diterbitkan oleh MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA-DIREKTUR JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL

Pengabdian

No Tahun Karya
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2025 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'Balancing Standardized Testing and Holistic Learning: Teacher Educators' Views on Curriculum Priorities in Primary Education'
2 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Knowledge Retention Evaluation on Mobile Augmented Reality Technology for IoT Circuit Assembly'
3 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Dual Pedagogy (DP) Approach for AI Literacy in Early Childhood Education' .
4 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'ChatGPT as a Peer: A Novel Approach to Promote Knowledge Construction, Higher-order Thinking Skills, and Attitudes in STEM Education'
5 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Knowledge Retention Evaluation on Mobile Augmented Reality Technology for IoT Circuit Assembly' .
6 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Exploring the Potential Benefits and Limitations of AR-Based Virtual Simulation Systems for Human Anatomy Experimental Teaching'
7 2024 Reviewer Journal of Infrastructure, Policy and Development Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,29 dan WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'Contribution of non-timber forest products to the livelihoods of households residing adjacent to the Loita Forest, Kenya'
8 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,84 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Developing an AI literacy framework for young children'
9 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,63 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Incorporating online writing resources into self-regulated learning strategy-based instruction: An intervention study'
10 2024 Reviewer Journal of Computer Assisted Learning Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 1,63 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Promoting Self-Regulated Learning in Problem-Solving: A Hybrid Video-Based Training Program for K-12 Students'
11 2023 Reviewer Healthcare Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,55 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Factors Associated with Lifestyle Behaviours Among University Students –A Cross-Sectional Study'
12 2023 Reviewer Applied Sciences Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,49 dan WoS-SCIE untuk Artikel Berjudul 'Exploring an E-Health Cloud Computing Adoption in Saudi Arabia: Review Article'
13 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Enhancing Data Management Strategies with Hybrid Layering Framework: Assessing data validation and high availability sustainability'
14 2023 Reviewer Healthcare Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,55 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Determining the Concept of Clinical Competence of Nurses during an Epidemic: a Hybrid Study'
15 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Research on Real-Time Monitoring and Warning Technology for Multi Parameter Underground Debris Flow'
16 2023 Reviewer Healthcare Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,55 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Factors Associated with Burnout in Medical Staff. The Role of the COVID-19 Pandemic – a Look Back' .
17 2023 Reviewer Behavioral Sciences Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,6 dan WoS-SSCI untuk Artikel Berjudul 'Investigating Value Cognition and Training Behavioral Activities: The Mediating Roles of School-Society Cooperation of Science Teachers'
18 2023 Reviewer Sustainability untuk Artikel Berjudul 'Non-Stop Educational Support: Exploring the Opportunities and Challenges of Intelligent Chatbots Use to Support Learners from the Viewpoint of Practitioner Educators'
19 2023 Reviewer Mathematics Terindeks Scopus Q2 dan WoS-SCIE dengan SJR: 0,45 untuk Artikel Berjudul 'Predictive validity of the Cuestionario Burnout Granada-University Students'
20 2023 Reviewer Mathematics Terindeks Scopus Q2 dan WoS-SCIE dengan SJR: 0,45 untuk Artikel Berjudul 'Advance Landslide Prediction and Warning Model Based on Stacking Fusion Algorithm'
21 2023 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,61 dan WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'Factors Influencing IGTV Usage & Adoption among Generation Z: A Case Study from the Instagram Perspective'
22 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'MLFKT: Multiple Learning Features Enhanced Knowledge Tracing Based on Learner-Resource Response Channels'
23 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'University Administrative Staff’s Job Burnout in China-A Perspective of Sustainable Development Goals (SDGs)'
24 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Research on the Sustainable Development Strategy of Online Learning: A Case Study of YouTube Users' .
25 2023 Reviewer Cogent Education Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,4 dan WoS-ESCI untuk Artikel Berjudul 'The Teacher Strategy in Teaching Social Tolerance to Elementary School Students in Jakarta' .
26 2023 Reviewer Sustainability Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,66 dan WoS-SCIE & SSCI untuk Artikel Berjudul 'Acceptance of social media for study purposes – Longitudinal Case Study'
27 2023 Reviewer Education Sciences Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,52 untuk Artikel Berjudul 'Smartphone Usage in Science Education: An Empirical Review' .
28 2023 Anggota Editor dari Pengelola Jurnal Al-Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2023-2024
29 2023 Reviewer Journal of Physics: Condensed Matter Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,65 dan WoS-SCIE untuk Artikel Berjudul 'Cooperative diffusion in body-centered cubic iron in Earth and super-Earths’ inner core conditions'.
30 2022 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,5 untuk Artikel Berjudul 'Relationship between Social Networking Addiction and Academic Performance in Students of Al Ain University'
31 2022 Reviewer European Journal of Science and Mathematics Education Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,33 untuk Artikel Berjudul 'Does the Lebanese Education System Hinder the Performance of the Highly Able Learners?'
32 2022 Reviewer Accounting Education Publisher Routledge Terindeks Scopus Q1 dengan SJR: 0,74 untuk Artikel Berjudul 'Fostering Social Skills in Secondary Accounting Education: Perceived Challenges, Opportunities, and Future Directions'.
33 2022 Reviewer Revista Iberoamericana de Psicologia del Ejercicio y el Deporte Terindeks Scopus Q4 dengan SJR: 0,23 untuk Artikel Berjudul 'Study of Nurses’ Knowledge Regarding COVID-19 in Al-Hilla Teaching Hospitals' .
34 2022 Reviewer European Journal of Science and Mathematics Education Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,33 untuk Artikel Berjudul 'Physics Teachers Learning on the Use of Multiple Representations in Lesson Study' .
35 2022 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'Migration in the Classroom: Multicultural Beliefs and Constructivist Teaching Practices in Chilean Schools'
36 2022 Reviewer Cogent Psychology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,32 untuk Artikel Berjudul 'A Differential Item Functioning (DIF) Analysis of the Mobile Phone Problem Use Scale in Indonesian Schools with and without Smartphone Banned Policy'
37 2022 Reviewer Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education Terindeks Scopus Q4 dengan SJR: 0,19 untuk Artikel Berjudul 'Development of Enhancement Process of Preschool Teachers’Classroom Action Research Abilities using Principles of Assessment
38 2022 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'The Implementation of Quantum Teaching Model in Islamic Religious Education Learning to Improve the Students Collaboration Thinking Skills'
39 2022 Editorial Assistant pada Journal of Gifted Education and Creativity Terindeks DOAJ dan Google Scholar.
40 2022 Editorial Assistant pada Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices Terindeks Google Scholar, ASOS Index, DRJI, ResearchBible, dan ProQuest
41 2021 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'Higher Education towards Circular Economy: Overview of Drivers and Barriers in Circular Economy Transition'
42 2021 Reviewer Ibero-American Journal of Exercise and Sports Psychology Terindeks Scopus Q4 dengan SJR: 0,26 dan Wos-ESCI untuk Artikel Berjudul 'People with Special Needs in Religious Literacy'
43 2021 Reviewer Walailak Journal of Science and Technology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,15 untuk Artikel Berjudul 'Examination of astrophysical S-factor and non-resonant rates of the 64Ge(p,γ)65As reaction'
44 2021 Reviewer Walailak Journal of Science and Technology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,15 untuk Artikel Berjudul 'Analyses of Spatial Distribution and Temporal Trends of Temperature and its Extremes over Nigeria using Climate Indices'
45 2020 Reviewer Walailak Journal of Science and Technology Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,15 untuk Artikel Berjudul 'Wind Energy potential Estimation Using Weibull and Rayleigh Distribution Models and surface measured data at Debre Birehan, Ethiopia'
46 2020 Reviewer International Journal of Instruction Terindeks Scopus Q2 dengan SJR: 0,54 untuk Artikel Berjudul 'Linking Administrative Performance of Principals Vis-à-vis Public Relations and Community Involvement'
47 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Perception of Art High School Students on Mathematics: Interest, Competency, and Relevancy'
48 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Biology Reading Literacy: Measurement and Empowerment Through CIRC Learning Model'
49 2020 Reviewer Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices Terindeks Google Scholar dan ProQuest untuk Artikel Berjudul 'Improvıng Mathematıc Creatıve Thınkıng Skıll Usıng Creatıve Problem Solvıng Learnıng Model'
50 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Enhancing Indonesian Students Writing through Facebook and Classroom Collaborative Activities'
51 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Multi-representation Raised by Prospective Teachers in Expressing Algebra'
52 2020 Reviewer Psychology Research on Education and Social Sciences Terindeks DOAJ dan Google Scholar untuk Artikel Berjudul 'Impact of Classroom Phubbing on Teachers who face Phubbing during lectures'
53 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Personality Career Interest towards Sciences Field among Gifted and Talented Students'
54 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Mathematical Understanding and Reasoning of Vocational School Students in Agriculture-Based Mathematical Tasks'
55 2020 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Working Memory Capacity and Mathematics Anxiety of Mathematics Students and Its Effect on Mathematics Achievement'
56 2019 Reviewer European Journal of Educational Research Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,32 untuk Artikel Berjudul 'Developing and Analyzing Learners' Alternative Conceptions through ABC & G Instrument of Kinetic Theory of Gases based on Rasch Model'
57 2019 Reviewer Journal for the Education of Gifted Young Scientists Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,30 dan DOAJ untuk Artikel Berjudul 'Evaluating Equitable Distribution of Teacher In Southwest Maluku Regency, Indonesia'
58 2019 Reviewer European Journal of Educational Research Terindeks Scopus Q3 dengan SJR: 0,32 untuk Artikel Berjudul 'Redesigning EFL Teacher Education Curriculum: A Case Study in an Indonesian University'
Melaksanakan Pengembangan hasil Pendidikan dan Penelitian
59 2023 Mengikuti pelatihan Peer Review Excellence online training yang diselenggarakan oleh IOP (Institute of Physics) United Kingdom..
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
60 2023 Pengenalan Penulisan & Publikasi Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi
61 2023 Trainer Coaching Clinic Academic Writing dalam Kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Program Magister (S2) dan Doktor (S3)
62 2022 Narasumber Dalam acara Webinar Kepenulisan Nasional dengan tema: "Coretan Pena Generasi Muda Membangun Peradaban Negeri Menuju Indonesia Emas 2045"
63 2022 Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema Studi Lanjut Siapa Takut: Merajut Cita Bersama Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga
64 2022 Pemateri pada Kegiatan "Short Course Kepenulisan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Sunan Kalijaga"
65 2022 Pengajar Diklat dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Berstandar Nasional
66 2022 Narasumber Kegitan “Sosialiasi Pembelajaran Daring Program Magister dan Doktor FITK UIN Sunan Kalijaga”, Sesi “Pengenalan Penulisan dan Publikasi Artikel Jurnal”
67 2021 Narasumber dalam Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Fisika SMA Negeri I Wonosobo dalam Penulisan Karya Ilmiah
68 2021 Trainer Pelatihan dan Pendampingan "Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah"
69 2021 Narasumber dalam Kegiatan Workshop Penyusunan Artikel Jurnal Internasional Tema: "Strategi Mudah Menembus Jurnal Internasional Bereputasi"

Recognisi

No Tahun Karya
Menjadi anggota dalam suatu Panitia / Badan pada perguruan tinggi
1 2021 Parallel Session Moderator at International Conference on Religion, Science, and Education "Integration and Interconnection of Knowledge in the Complex Transdicipline Era"
Narasumber
2 2022 Webinar Kepenulisan Nasional dengan tema : "Coretan Pena Generasi Muda Membangun Peradaban Negeri Menuju Indonesia Emas 2045" yang diselenggarakan oleh HM-PS Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
3 2022 Pemateri pada Kegiatan "Short Course Kepenulisan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Sunan Kalijaga" yang diselenggarakan oleh Permadani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
4 2022 Pemateri pada Kegiatan "Short Course Kepenulisan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Sunan Kalijaga" yang diselenggarakan oleh Permadani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
5 2022 Workshop Academic Writing dengan Tema "Mempertajam Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Bereputasi" bagi Mahasiswa Program Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga
6 2022 Pengajar Diklat dengan Materi “Pengenalan Jurnal Berstandar Nasional, Strategi Penulisan Artikel pada Jurnal Berstandar Nasional, Identifikasi Masalah, Tema, dan Judul Artikel, Penulisan Artikel Pendidikan Matematika Hasil Penelitian”
7 2022 Sosialisasi Pembelajaran (SOSPEM) Program Magister dan Doktor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Tema "Pengenalan dan Penulisan Artikel Jurnal"
8 2021 Pelatihan dan Pendampingan "Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah" yang diselenggarakan oleh Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
9 2021 Workshop Penyusunan Artikel Jurnal Internasional Tema "Strategi Mudah Menembus Jurnal Internasional Bereputasi" untuk Mahasiswa Program Magister dan Doktor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
10 2021 Workshop Penulisan Artikel Ilmiah "Coaching Strategi Menulis Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus"