Buka Beasiswa Kader Ulama, PKUMI-LPDP Gandeng UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga menjadi salah satu universitas yang digandeng dalam Sosialisasi beasiswa Pendidikan Kader Ulama, yakni beasiswa studi lanjut Program Magister dan Doktor, untuk melanjutkan studi di Institute Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an. Program beasiswa bertajuk Pendidikan Kader Ulama ini terselenggara atas kerjasama antara Badan Pengelola Masjid Istiqlal sebagai penyelenggara Program Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI)-Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),Kementerian Agama RI, Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI, dan Institute Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an (PTIQ) Jakarta dengan UIN Sunan Kalijaga. Beasiswa ini bertujuan melahirkan kader ulama yang berakhlak mulia dan berpandangan moderat sehingga dapat menjadi rujukan umat, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Selain itu, kebutuhan terhadap ulama dan cendekiawan skala nasional dan internasional sangat dibutuhkan saat ini.

Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Kader Ulama dilaksanakan di gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, kampus UIN Sunan Kalijaga, 18/1/2023. Hadir pada forum sosialisasi kali ini antara lain, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdur Rozaki, Kepala Bagian Kerjasama UIN Sunan Kalijaga, Dra. RTM. Maharani, M.M., Kepala Divisi Rekrutmen dan Seleksi Beasiswa LPDP, Dr. Andar Ramona Sinaga, Manager Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal, Dr. Mulawarman, Ketua Program Studi S2 PTIQ, Dr. Abdul Muid Nawawi, MA., para pimpinan Dekanat UIN Sunan Kalijaga dan segenap Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

Mengawali acara sosialisasi disampaikan sambutan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin yang antara lain menyampaikan, rasa senangnya bisa melakukan kerja sama program beasiswa studi lanjut dalam rangka mencetak kader-kader ulama yang handal. UIN Sunan Kalijaga akan mengatur skema sebaik mungkin untuk menentukan calon-calon Mahasiswa yang terbaik sebagai kader ulama masa depan Indonesia yang lebih baik. Semua itu akan diatur oleh Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga, ungkap Prof. Al Makin.

Andar Ramona Sinaga dalam presentasinya antara lain menyampaikan tentang Profil LPDP. Disampaikan, tugas utama LPDP adalah mengelola dana abadi pendidikan Dan dipergunakan sesuai peraturan perundangan. Menyiapkan generasi berdaya saing global dengan pendanaan APBN menuju Indonesia Emas. Memberikan dana pendidikan untuk calon calon pemimpin dan profesional masa depan. Skema pendanaan diperoleh dari hasil kelola investasi dana abadi, yang diperuntukkan paling besar untuk beasiswa dan riset. Juga memberikan pendanaan kolaborasi Kemendikbud dan Kemenag. Untuk tahun ini dialokasikan dana 120 triliun untuk membawa generasi emas Indonesia bersatu dan berdaya saing global di tahun 2045 nanti. Sementara salah satu yang didanai adalah Program Pendidikan Kader Ulama dan Pemberdayaan Perempuan secara adil dari 34 Provinsi. Kerja sama melalui Pendidikan Kader Ulama dan Pemberdayaan Perempuan dengan Masjid Istiqlal sudah dimulai sejak tahun 2021, yang kini kerja-sama ditambah dengan UIN Sunan Kalijaga.

Warek 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdur Rozaki berharap melalui program ini akan banyak Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa untuk studi lanjut S2 dan S3, sehingga akan banyak terlahir para ulama masa depan Indonesia terlahir dari alumni UIN Sunan Kalijaga.

Sementara itu Dr. Mulawarman menyampaikan bahwa sosialisasi Beasiswa Kader Ulama ini dilakukan di enam kota besar yaitu Kota Samarinda, Kota Malang, Kota Makassar, Kota Mataram, Kota Cirebon, dan Kota Yogyakarta dengan menggandeng Universitas-Universitas dan Pesantren besar. Sementara itu, pendaftaran program ini akan dibuka pada 25 Januari 2023. Peluang beasiswa ini sendiri dapat diperuntukkan bagi para dosen, mahasiswa tingkat akhir dan para alumni universitas. Di mana beasiswa yang ditawarkan merupakan beasiswa S2 dan S3 yang difokuskan dalam pengkajian Ilmu Al Qur'an dan Tafsir. Selain itu menyampaikan tentang proses pendidikan, tenaga pengajar dan fasilitas yang diperoleh selama mengikuti program Pendidikan Kader Ulama-Masjid Istiqlal (PKU-MI). Untuk informasi lebih lanjut para calon pendaftar dapat menghubungi Kontak Person: 082113785144 atau melalui email : pkuistiqlal@gmail.com. (Weni/Ihza/Doni)