Rangkul Yayasan Astra Honda Motor, UIN Sunan Kalijaga Lakukan MoU Pengembangan Eduwisata

UIN Sunan Kalijaga terus memacu program-program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berkelanjutan. Melalui program ini diharapkan lebih bisa dicapai kebermanfaatannya bagi kemajuan dan pengembangan masyarakat secara bertahap, bagi pengembangan Pendidikan di kampus UIN Sunan Kalijaga, juga bagi Lembaga/Institusi/Badan Usaha mitra kampus UIN Sunan Kalijaga. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan kerja sama dengan Yayasan Astra Honda Motor dalam program KKN Satu Hati dan program pengembangan Eduwisata Bendosari.

Penandatanganan naskah MoU dilakukan ketiga pihak (Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, Yayasan Astra Honda Motor, Ahmad Muhibuddin, dan Kebun Buah Eduwisata Bendosari, Bendosari, Moyudan, Sleman, Waldi, bertempat di Hotel Forriz, Yogyakarta, 17/7/2023. Kebun Buah Eduwisata Bendosari, pada awalnya merupakan usaha pengembangan budi daya pertanian yang dilakukan oleh Kelompok Tani Kampung Jamur yang berlokasi di Dusun Bendosari, Kalurahan Saptosari, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Melalui uluran tangan Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN sunan Kalijaga, Kampung Jamur Bendosari dikembangkan menjadi Kawasan Eduwisata Kebun Buah, dengan tanaman yang dikembangkan diantaranya Rumput Gajah, Jambu Kristal, Alpukat, Mangga, Anggur dan lain lain. Secara berkelanjutan UIN Sunan Kalijaga menjadikan Eduwisata Bendosari dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang pengembangan pendidikan dan pariwisata. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak pula diharapkan Kebun Eduwisata Bendosari dapat menjadi destinasi wisata dan wahana pendidikan pilihan terbaik masyarakat.

Di sela sela penandatangan MoU, Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Muhrisun, S. Ag., BSW., M.Ag., MSW., menyampaikan, Kebun Eduwisata Bendosari sudah beberapa tahun ini menjadi laboratorium alam UIN Sunan Kalijaga. Di lokasi inilah para Dosen dan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mengembangkan program-program riset, dan pengabdian kepada masyarakat yang mutualistik. Tentu saja kerja sama dengan Yayasan Astra Honda Motor, UIN Sunan Kalijaga akan mendapatkan support dana dan keahlian praktisi untuk percepatan pengembangan Kebun Eduwisata,, dan juga memacu keberhasilan program program KKN tematik kata Mukhrisun.

Ketua Yayasan Astra HondaMotor, Ahmad Muhibuddin menyampaikan, sebagai Langkah awal kerja sama kemitraan ini, Yayasan Astra Honda Motor telah menggelontorkan anggaran Rp. 180.000.000,- untuk pengembangan SDM pengelola Kebun Eduwisata Bendosari dan pembangunan fasilitas sarana prasarana. Melalui support anggaran ini sudah terealisasi fasilitas toko hasil kebun, diplay prodak UMKM setempat, dan fasilitas lain di lokasi Kebun Eduwisata. Yayasan Astra Honda Motor juga memberikan support dana untuk program KKN Satu Hati. KKN Satu Hati merupakan salah satu kegiatan pengembangan masyarakat yang dikelola Astra Honda Motor (AHM) yang bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta termasuk UIN Sunan Kalijaga. Pengembangan masyarakat ini bertujuan untuk melakukan peningkatan kapasitas komunitas berdaya secara berkelanjutan sebagai implementasi tujuan SDG’s.

Dalam prosesnya terdapat 8 proposal terpilih yang dari total 22 kelompok peserta KKN tematik. Peserta KKN mengajukan proposal kegiatan dalam bidang pengembangan infrastruktur, UMKM, dan Edukasi Inklusif. 8 proposal terpilih yakni; 2 proposal dari UIN Sunan Kalijaga, 1 proposal Stikes Ngudi Waluyo, 2 proposal dari Universitas Jember, 1 proposal Stikes Panti Wiloso, 1 proposal Stikes Betesda Yakkum dan 1 proposal Stikes William Bood. Jadi ada 2 proposal dari Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga terpilih menjadi program pengabdian masyarakat yang akan didanai oleh Yayasan Astra Hinda Motor. Kelompok terpilih dari Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga yakni kelompok Future Changes dan Suyakantha.

Future Changes berfokus pada pengembangan UMKM Jamu dan Telur Omega di Dusun Tamanan, Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan. Sedangkan kelompok Suyakantha mengembangkam saluran irigasi di Dusu Watuaseg, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem. Yayasan Astra Honda Motor dan LPPM UIN Sunan Kalijaga berharap program-program kemitraan pengabdian kepada masyarakat dijalankan secara berkelanjutan dan mampu mengembangkan enggement masyarakat.

Prof. Al Makin dalam sambutannya menyampaikan, kemitraan dengan Yayasan Astra Honda Motor merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. UIN Sunan Kalijaga bertemu dengan Yayasan Astra Honda Motor dalam rangka berbuat yang terbaik untuk kemajuan masyarakat. Ini adalah yang pertama, Yayasan Astra Honda Motor memberikan support anggaran yang begitu besar melalui program-program pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan UIN Sunan Kalijaga. Juga dana beasiswa untuk para Mahasiswa melalui kompetisi proposal pengabdian kepada Masyarakat, akan menjadi tantangan yang mencerdaskan Mahasiswa, kata Prof. Al Makin.

Sementara itu, dalam MoU yang dilakukan antara UIN Sunan Kalijaga, Kebun Eduwisata Bendosari dan Yayasan Astra Honda Motor, ketiga pihak menyepakati untuk saling bersinergi dalam hal pengembangan potensi daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan potensi wilayah dalam hal; Penelitian; Pengembangan eduwisata; Dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi eduwisata. (Weni/Doni/Alfan)