Serap Aspirasi dari Civitas Akademika, DPR RI Selenggarakan BKSAP DAY di Kampus UIN Sunan Kalijaga

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI kunjungi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta,4/9/23. Tim Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang diketuai oleh DR. H, Sukamta diikuti pula oleh anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana, Puteri Komarudin, Gilang Dhielafararez,S.H., LL.MH. Achmad Hafidz Tohir dan Sakinah Al Jufri. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan dialog dan diskusi dengan para civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang banyak membahas peran BKSAP DPR RI dalam pelaksanaan diplomasi parlemen melalui peran pemuda dan pendidikan.

Membawakan tema “Optimalisasi Diplomasi Parlemen Melalui Peningkatan Kualitas SDM & Pengembangan Pendidikan (SDGS-4)”, ketua tim BKSAP DPR RI, DR. H, Sukamta menjelaskan BKSAP merupakan salah satu badan DPR yang merupakan vocal pointsdari diplomasi parlemen. Hal itu dikarenakan banyak keputusan di negara yang diambil melalui parlemen. Secara tradisional, diplomasi dilakukan hanya pemerintah, namun dalam perkembangan berikutnya, diplomasi tidak hanya dilakukan oleh eksekutif tetapi banyak pihak, seperti parlemen, lembaga pendidikan, anak-anak muda, pengusaha, maupun kelompok masyarakat yang tentunya tetap dalam rangka mengawal kepentingan nasional. Dalam kerangka inilah kunjungan ke berbagai macam Lembaga dan stake holders yang lainnya menjadi penting, termasuk dengan Perguruan Tinggi. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari penyerapan aspirasi masyarakat, dan menjembatani parlemen dengan perguruan tinggi. "Kita ingin perguruan tinggi itu tetap menjadi partner kita di dalam membahas isu-isu strategis, lanjutnya. Lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan tentang peran kaum muda di dalam parlemen yang sangat diperlukan dimasa mendatang yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Dalam diskusi setelah pemaparan materi dari Ketua Delegasi, dibuka sesi tanya jawab antara BKSAP DPR RI dengan seluruh hadirin. Cukup banyak masukan yang diterima baik dari para Mahasiswa, Dekan, dan Rektor, diantaranya masalah kesetaraan perempuan, link and matchdunia pendidikan dan industri, maupun persoalan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta memaparkan bahwa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan kampus terakreditasi unggul yang memiliki tradaisi yang kuat tentang keberagaman dan moderasi keberagaman. Diskusi dan wacana wacana tentang interfaithatau dialog antar iman sudah sering dilakukan, bahkan belum lama ini UIN Sunan Kalijaga baru saja menyelesaikan penganugerahan Doktor Honoris Causa bagi Tokoh Nasional dan Internasional lintas agama dan lintas lembaga, yakni K.H. Yahya Cholil Staquf,Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot M.C.C.J, dan Sudibyo Markus.

Terkait BKSAP, Rektor juga merasa sangat bangga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dipilih menjadi salah satu universitas dalam program BKSAP DPR RI. Ke depan Diharapkan kerja sama antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan BKSAP dapat berkembang.

Sementara itu Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana memaparkan tugas BKSAP adalah membina, mengembangkan, meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama DPR RI dengan parlemen negara lain, baik secara bilateral, regional, maupun multilateral, juga dalam berbagai organisasi. Selain itu juga memberikan saran pada pimpinan DPR RI terkait dengan diplomasi parlemen, dan memperjuangkan kepentingan negara Indonesia. Secara tradisional, diplomasi dilakukan hanya pemerintah, namun dalam perkembangan, diplomasi dilakukan oleh banyak pihak, seperti parlemen, lembaga pendidikan, anak-anak muda, pengusaha, maupun kelompok masyarakat yang tentunya dalam mengawal kepentingan nasional. Untuk itu, pihaknya ingin bersinergi dengan UIN guna meningkatkan cappasity buildingmelalui pendidikan.

"Tentu pemuda dan lembaga pendidikan perlu hadir, bekerja sama dengan BKSAP kita bisa melakukan MoU. dalam hal ini bekerja sama dengan perguruan tinggi dengan harapan nantinya kita bisa memberikan informasi yang komprehensif tentang keberadaan Indonesia,” ucap Rudana.

Dengan diselenggarakannya BKSAP DAY yang membawakan tema “Optimalisasi Diplomasi Parlemen Melalui Peningkatan Kualitas SDM & Pengembangan Pendidikan (SDGS-4)” kampus ini diharapkan dapat memberi motivasi dan dorongan positif terutama bagi para Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menyiapkan diri menuju perubahan Indonesia lebih baik. (Syarbella, Ozi, Alfan)