Rektor UIN Kalijaga Mengajak Alumni UIN Kalijaga untuk Gigih Meraih Sukses

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil H. Al Makin, mengajak alumni UIN Sunan Kalijaga untuk bercita-cita tinggi, keluar dari zona nyaman; menjadi pemimpin, lanjut S2 dan S3 ke luar negeri, menjadi politisi, menteri, gubernur, Dosen, akademisi, atau menjadi pengusaha. Prof. Al makin juga menyebutkan Prodi-Prodi di Kampus UIN Sunan Kalijaga yang telah mengantongi akreditasi Unggul; 1. Akuntansi Syari'ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 2. Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. 3. Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. 4. Biologi Fakultas Sains dan Teknologi. 5. Fisika Fakultas Sains dan Teknologi. 6. Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsh Fakultas Syari'ah dan Hukum, 7. Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. 8. Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam.,9. Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum. 10. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. 11. Kimia Fakultas Sains dan Teknologi. 12. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 13. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 14. Matematika Fakultas Sains dan Teknologi. 15. Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 16. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 17. Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 18. Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 19 .Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 20. Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. 21. Sastra Inggris Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. 22. Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. 23. Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. 24. Studi Islam Fakultas Pascasarjana. 26. Teknik Informatika. 27. Pendidikan bahasa Arab. 28. Pendididkan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 29. Pendidikan Islam anak usia Dini. 30. Pendidikan Agama Islam. 31. Perbankan Syariah. 32. Manajemen Keuangan Syari’ah. UIN Sunan Kalijaga mempunyai 67 prodi, 32 sudah terakreditasi Unggul, 18 terakreditasi internasional FIBAA, 13 AUN-QA. Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga juga baru saja mendapatkan akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan RI.

Hal tersebut disampaikan Prof. Al Makin usai mewisuda 676 orang lulusan baru, bertempat di Gedung Prof. H.M. Amin Abdullah, Selasa, 7/11/2023. Pada wisuda periode 1 tahun akademik 2023/2024 kali ini, UIN Sunan Kalijaga mewisuda serluruhnya sejumlah 1.865 orang lulusan, yang diwisuda 3 kali, yakni; 656 orang diwisuda 7/11/2023, 625 orang diwisuda 8/11/2023, 564 orang diwisuda 9/11/2023. Dari jumlah yang diwisuda terdiri dari; 1.496 orang lulusan Sarjana, 344 orang lulusan Magister, 25 orang lulus Program Doktor.

Dari jumlah yang diwisuda, 18 orang berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik dan tercepat: Muhammad Irfan Maulana, Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya IPK 3,85. Ade Surya Prabandari Putri S1 Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya IPK 3,88. Qathrunnada Khairiyya Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Famkultas Dakwah dan Komunikasi IPK 3,82. Siti Rahmaliya S1 Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IPK 3,92. Vina Aenul Ummah Magister Ilmu Syari’ah Fakultas Syari’ah IPK 3,91. Muhammad Bilal Musthofa S1 Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah dan Hukum IPK 3,92. Sumarsono Program Doktor Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IPK 3,94, Era Sastra Pangestu Magister Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IPK 3,99. Muhammad Abdul Aziz S1 Pendidikan Agama IslamFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IPK 3,90. Mila Aulia Magister Ilmu Al Qur’an dan Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam IPK 3,98. Ferry Fitriyanto S1 Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam IPK 3,88. Bagas Adi Makayasa Magister Informatika Fakultas Saintek IPK 3,89. Divya Nur Azizah S1 Kimia Fakultas Saintek IPK 3,82. Adelia Aulia S1 Sosiologi Fakultas Isoshum IPK 3,80. Mayogi Araffi Magister Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IPK 3,91. Ulfah Nur Jannah S1 Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IPK 3,83. Ahmad Muhdhor Program Doktor Studi Islam Pascasarjana IPK 3,96. Hilal Ardiansyah Putra Magister Interdisplinary Islamic Studies Pascasarjana IPK 3,90.

Lebih jauh dalam sambutannya, Prof. Al makin mendoakan agar seluruh wisudawan dimudahkan karirnya, diberikan masa depan yang cerah, bisa memberikan andilnya dalam membangun masyarakat, bangsa dan negara Indonesia, dan bahkan bisa berkarir di kancah global, serta dimudahkan dalam bersinergi dengan siapapun.

Di hadapan para wisudawan-wisudawati Prof. Al Makin menyampaikan pesan moral dari buku yang dibacanya. Karya Paulo Coelho, berjudul Alchemist. Menurut Prof. Al Makin buku ini dibaca berulang oleh Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Buku ini bercerita tentang seorang pengembala di desa Spanyol Bernama Santiago. Dia bermimpi pergi ke Mesir mengunjungi piramida dan menggali harta karun di sana. Dari desa itu dia berjalan menuju Mesir. Dalam perjalanan dia bertemu guru, mentor, belajar gagal, memperbaiki diri, dan menemukan harta karun itu. Harta karun bukan di Mesir. Bukan di jalan. Tetapi dalam dirinya sendiri, setelah berjuang dan gagal, setelah berdiam dan berfikir, harta karun ada dalam diri sendiri: jika kita tidak putus asa, tidak meninggalkan mimpi, maka harta karun itu akan diraih dari cita-cita yang diimpikan.

Ada tiga hal yang perlu dipegang di buku itu, kata Prof. Al Makin. Pentunjuk dalam diri, yang disebut legenda, yakni perhatian yang dijalani dengan fokus. Jangan pernah takut dalam kesulitan dan atasi semua kesulitan, tidak menyerah. Seperti Santiago dalam buku ini, yang terus berjalan ke Mesir menghalau semua halangan dan rintangan, hingga bertemu dengan seorang ahli kimia yang bisa mengubah besi besi menjadi emas. Santiago terus berjalan dan menemui banyak orang yang menyulitkannya. Hingga sampai ke Mesir, namun tidak menemukan harta karun itu. Namun dengan bertemu banyak orang, yang menyulitkannya, Santiago juga bertemu banyak orang yang mengajarinya tentang pentingnya mimpi, dan bagaimana menemukan harta karun yang ternyata ada pada diri sendiri. Tetapi untuk menemukan diri sendiri perlu pergi jauh, mengembara, mengatasi kesulitan, bertemu banyak orang untuk belajar. “Maka pergi jauhlah dari rumah, setelah diwisuda. Pergilah jauh supaya mandiri. Jangan tinggal di rumah. Dan jangan pulang sebelum menemukan mimpi-mimpimu,”demikian pesan Prof. Al Makin. (tim humas)