Rektor UIN Kalijaga : Mari Ciptakan Dunia Dengan Pikiran Kreatif Kita

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. H. Al Makin menyampaikan, di dalam diri manusia sesungguhnya tersimpan kekuatan dan ketahanan menghadapi kehidupan, dan kemampuan untuk meraih kesuksesan. Semua bisa dilakukan bukan dengan kecerdasan semata, tetapi dengan kegigihan belajar dan berusaha.

Prof. Al Makin berharap semua alumni UIN Sunan Kalijaga melakukan untuk meraih sukses da kebahagiaan. Prof. Al makin juga membagikan bacaan buku yang menginspirasi untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Buku itu dari Robin S. Sharma, The Monk who sold his Ferrari. Ditulis tahun 1994. Buku itu berkisah tentang perjalanan Julian, yang bertemu dengan guru spiritual Bernama Yogi Raman. Buku ini mengupas pengalaman dan percakapan bagaimana menenangkan diri, mencari jati diri, dan akhirnya memperkuat diri, apa yang kita inginkan dalam hidup.

Buku ini sangat bermanfaat kalau Anda sedang mencari apa yang akan Anda usahakan, dalam karir, merintis karir, atau tengah dalam karir.Buku ini mengumpamakan pikiran kita adalah kebun. Ada bunga. Ada pohon besar. Ada banyak tanaman dan aroma. “Kita mengendalikan kebun itu dengan pikiran kita. Kita sirami kebun itu. Kita rawat tanaman-tanaman itu. Itulah pikiran kita dalam diri sendiri yang selalu menyertai kita dalam hidup. Kita dan pikiran kita tidak pernah lepas,” ungkap Prof. Al Makin.

Kita harus sering-sering ke kebun, yaitu pikiran sendiri. Kembali ke kebun itu jika kita gundah, resah, dan sedang tidak baik-baik saja. Ke pikiran. Kita bisa memikirkan kebun itu sebaik-baiknya. Maka harus rajin kita cek pikiran sendiri. Harus rajin bertanya pada diri sendiri, bagaimana pikiran kita? Apa kita baik-baik saja? Semua jawabannya ada dalam pikiran kita. Bagaimana kita mengendalikan pikiran? Bagaimana kita mengendalikan kebun? Maka jika kita pandai merawat pikiran kita, kebun itu dalam pikiran kita akan berbunga dan dapat dinikmati. Jika kita tidak merawat pikiran kita, kemana-mana, maka kita akan dihantui oleh perasaan perasaan. Rasa takut, pesimis, galau. Ragu melangkah, takut mengambil resiko, takut gagal, takut dimarahi, takut dibenci, takut digosipi. Semua itu adalah pikiran. Bahagia, senang, menikmati hidup, sukses atau tidak, itu juga pikiran. Maka pikiran harus dikendalikan. Untuk hidup bahagia, harus menjaga pintu masuk kebun dan biarkan informasi terbaik yang boleh masuk. Jangan biarkan prasangka negatif masuk dalam pikiran.

Mereka yang dapat meraih kehidupan lebih dari sekedar hidup adalah mereka yang menyalakan potensi dalam dirinya. Mereka yang mengisi pikirannya dengan positif tentang dunia dan isinya. “Oleh karena itu pikirkan dan perjuangkan apa yang menjadi keinginan. Stir pikiran kita. Bayangkan masa depan sesuai dengan keinginan. Tunggu dengan sabar dan berusaha, maka akan benar-benar terwujud. verything is created twice, first in the mind and then in reality. Semua hal diciptakan dua kali, pertama dalam pikiran, kemudian dalam kenyataan.

Hal tersebut disampaikan Prof. Al Makin usai mewisuda 564 orang lulusan baru, bertempat di Gedung Prof. H.M. Amin Abdullah, Rabu, 8/11/2023. Pada wisuda periode 1 tahun akademik 2023/2024 kali ini, UIN Sunan Kalijaga mewisuda serluruhnya sejumlah 1.865 orang lulusan, yang diwisuda 3 kali, yakni; 656 orang diwisuda 7/11/2023, 625 orang diwisuda 8/11/2023, 564 orang diwisuda 9/11/2023. Dari jumlah yang diwisuda terdiri dari; 1.496 orang lulusan Sarjana, 344 orang lulusan Magister, 25 orang lulus Program Doktor.

Dari jumlah yang diwisuda, 18 orang berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik dan tercepat: Muhammad Irfan Maulana, Magister Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya IPK 3,85. Ade Surya Prabandari Putri S1 Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya IPK 3,88. Qathrunnada Khairiyya Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Famkultas Dakwah dan Komunikasi IPK 3,82. Siti Rahmaliya S1 Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi IPK 3,92. Vina Aenul Ummah Magister Ilmu Syari’ah Fakultas Syari’ah IPK 3,91. Muhammad Bilal Musthofa S1 Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah dan Hukum IPK 3,92. Sumarsono Program Doktor Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IPK 3,94, Era Sastra Pangestu Magister Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IPK 3,99. Muhammad Abdul Aziz S1 Pendidikan Agama IslamFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IPK 3,90. Mila Aulia Magister Ilmu Al Qur’an dan Hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam IPK 3,98. Ferry Fitriyanto S1 Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam IPK 3,88. Bagas Adi Makayasa Magister Informatika Fakultas Saintek IPK 3,89. Divya Nur Azizah S1 Kimia Fakultas Saintek IPK 3,82. Adelia Aulia S1 Sosiologi Fakultas Isoshum IPK 3,80. Mayogi Araffi Magister Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IPK 3,91. Ulfah Nur Jannah S1 Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IPK 3,83. Ahmad Muhdhor Program Doktor Studi Islam Pascasarjana IPK 3,96. Hilal Ardiansyah Putra Magister Interdisplinary Islamic Studies Pascasarjana IPK 3,90. (Tim Humas)