UIN Sunan Kalijaga Gelar Malam Anugerah Kalijaga Prestasi 2023 Malam Penuh Penghargaan Bagi Mahasiswa Berprestasi UIN Sunan Kalijaga

Anugerah Kalijaga Prestasi 2023 terselenggara dengan meriah pada Selasa (12/12/23) malam di Gedung Prof. H.M. Amin Abdullah. Berbagai penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menghiasi malam penuh gengsi yang memperebutkan uang pembinaan hampir mencapai Rp.250.000,000,- bagi para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang meraih prestasi pada tahun 2023. Jika pada tahun sebelumnya yang memperoleh penghargaan mereka yang memiliki prestasi pada ajang kejuaraan atau perlombaan di tingkat nasional dan internasional, maka pada tahun ini terdapat dua tambahan katagori, yakni inovasi karya ilmiah dengan hak paten, serta keikutsertaan pada seleksi paper seminar atau konferensi di tingkat internasional.

Ada sebanyak 577 mahasiswa yang mengirimkan dokumen di dalam seleksi kalijaga prestasi tahun ini, kemudian dari sejumlah itu terseleksi dengan melalui beberapa pesyaratan akhirnya terpilih sebanyak 389 penerima anugerah penghargaan kalijaga prestasi. Untuk meningkatkan budaya prestasi agar semakin kuat, UIN Sunan Kalijaga juga memberi penghargaan kepada setiap fakultas dengan keunggulan tertentu. Fakultas Sains dan Teknologi memperoleh penghargaan dalam katagori bidang Sains dan teknologi, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam memperoleh penghargaan dalam katagori bidang inisiator International Student Conference (ISC), Fakultas Syari’ah dan Hukum memperoleh penghargaan dalam katagori bidang mahasiswa berprestasi di bidang hukum, Fakultas Adab dan Imu Budaya memperoleh penghargaan dalam katagori bidang bilingual dan Budaya Kepemimpinan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memperoleh penghargaan dalam katagori Fakultas dengan jumlah prestasi mahasiswa terbanyak. Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan memperoleh penghargaan dalam katagori Fakultas dengan kegiatan MBKM luar negeri terbanyak. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora memperoleh penghargaan dalam katagori influencer sosial media terbanyak. Fakultas Dakwah dan Komunikasi memperoleh penghargaan dalam katagori bidang jumlah mahasiswa internasional terbanyak

“Komitmen UIN Sunan Kalijaga itu ingin terus melayani mahasiswanya, agar memiliki prestasi, karena kami yakin bahwa masa depan itu dimenangkan hanya melalui kreatifitas dan melalui prestasi. Konteks inilah mengapa setiap tahun kita merayakan prestasi para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga,” jelas Dr. Abdur Rozaki

Kegiatan Anugerah Kalijaga Prestasi telah terselenggara sejak tahun 2020, dan berlanjut hingga tahun keempat saat ini. Nominal penghargaan terus meningkat, seiring dengan meningkatnya minat dan motivasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga untuk terus berkompetisi dan berprestasi dalam level nasional dan internasional.

“Tahun pertama kami menjabat itu penghargaannya baru nilainya sekitar 81 juta, tahun kedua 90 juta, tahun ketiga 95 juta naik sedikit, dan ini sepertinya masa bakti kami terakhir, karena kami bulan Juni 2024 itu akan berakhir, nah karena itu kami habis-habisan memperjuangkan para mahasiswa memperoleh apresiasi yang lebih tinggi, tahun ini hadiah mendekati angka 250 juta,“ lanjut Dr. Abdur Rozaki.

Acara Anugerah Kalijaga Prestasi 2023 juga disematkan pemberian jaket almamater kepada para mahasiswa baru dan juga dimeriahkan pula dengan bazar yang diikuti oleh 20 stan penjual. “Ada sekitar 20 bazar yang dibuka, dan 14 diantaranya dari mahasiswa,” kata Ketua Panitia dan Wakil Dekan III FADIB, Dr. Sujadi, M.A. saat menyampaikan sambutan. Dr. Sujadi mengungkapkan dasar penyelenggaraan acara yang berlandaskan enterpreneurship, achievement, serta kesejahteraan spiritual.

Bukti enterpreneurship yaitu dengan diselenggarakannya bazar di area parkir gedung Multipurpose. Achievement yaitu dengan perolehan prestasi para mahasiswa dengan level internasional dan nasional. Semoga dengan penghargaan ini semakin menambah semangat para kalijaga muda dalam berprestasi baik dalam bidang akademik, olahraga, dan seni. Serta, level kompetisinya juga meningkat, dari nasional menuju internasional, sehingga mewujudkan UIN SUNAN KALIJAGA MENDUNIA. (ahmd/sujadi).