Kegiatan Asesmen Lapangan Program Studi Magister BSA UIN Sunan Kalijaga untuk Akreditasi Unggul

Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab (MBSA) Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menjalani Rangkaian Asesmen Lapangan yang dilaksanakan pada hari Rabu-Jum'at, 27-29 Maret 2024. Kedua Asesor pada AL ini ialah Dr. Dedi Supriadi, S.Ag., M.Hum. (UIN Sunan Gunung Djati) dan Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I. (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Alhamdulillah, Pembukaan asssesmen lapangan Prodi MBSA ini dihadiri oleh segenap pejabat di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, mulai dari Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga, Tim Borang, semua civitas Akademika dan alumni yang ada di lingkungan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Ibu Ketua Prodi Studi Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag. mengatakan bahwa Magister Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga telah beroperasi di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya sejak tahun ajaran 2016/2017 yang sebelumnya ada di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Mengingat FADIB sudah mempunya S1 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dan agar ditempatkan di fakultas untuk linieritas. Prodi ini sudah terakreditasi BAN-PT pada tahun 2018 dengan nilai B. Prodi MBSA ini merupakan salah satu Prodi Magister BSA yang kedua ada di PTKIN, hal ini disampaikan oleh Prof. Dr Wildan, MA selaku Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.

Prodi Magister BSA FADIB telah banyak memiliki Kerjasama Internasional dan implementasinya, bai katas dasar MoU, LoI atau kegiatan Akademik dosen MBSA di luar negeri, seperti Turkey, Mesir, Maroko, Malaysia dan juga Thailand. Beberapa kriteria dalam borang juga telah memenuhi dan melampaui untuk Unggul. Dengan demikian, kedua Assesor memiliki harapan dari prodi MBSA ini untuk Unggul karena banyak hal yang sudah mengarah peningkatan mutu dan terlihat PPE, pengendalian sistem, pelaksanaan dan evaluasi sudah tergambar di LED dan dari apa yang sudah direncanakan dan disusun. Sedangkan untuk hasil yang sudah kami ferifikasi akan kami sampaikan ke BAN-PT dan yang menentukan peringkat adalah badan Eksekutif BAN-PT.

Kedua Asesor untuk Asesmen Lapangan ini menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutannya yang komplit karena semua pejabat yang ada di UIN Sunan Kalijaga hadir. Apa yang disampaikan oleh Bapak Rektor bahwa baru kali ini assesmen lapangan yang di hadiri smua pejabat UIN Sunan Kalijaga hal ini menunjukkan komitmen pimpinan dan stakeholder untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan perguruan tinggi ini yang terlihat dari suport yang sangat luar biasa katanya.Semoga dengan Berkah Ramadhan kali ini, Prodi MBSA dapat meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT. Allahumma aamiin (Tim Humas)