UIN Sunan Kalijaga Terjunkan KKN Angkatan 114 Melibatkan Lokasi di 2 Benua 5 Negara

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menerjunkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 114. Pelepasan peserta KKN Angkatan Semester Antara Tahun Akademik 2023/2024 ini dilaksanakan di Gedung Multipurpose/Prof. H.M. Amin Abdullah, kampus UIN Sunan Kalijaga, 9/7/2024. KKN kali ini mengangkat tema “Sustainable Community Engagement: Integrasi Sosial, Sains, dan Agama bersama Masyarakat

Dalam laporannya di sela sela prosesi pelepasan KKN, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Ir. Trio Yonathan Teja Kusuma, M.T. menyampaikan, kegiatan KKN kali ini melibatkan 3.700 Mahasiswa, 162 Dosen Pembimbing Lapangan, serta 17 Instansi Mitra. Para peserta KKN tersebar di 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, termasuk di dua benua dan lima negara: Amerika, Malaysia, Thailand, Jepang, dan Indonesia.

Dalam KKN Semester antara kali ini LP2M UIN Sunan Kalijaga berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia, seperti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Raden Intan Lampung, Universitas Annuqayah Madura, IAIN Madura, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, IAIN Bone, IAIN Pare-Pare, dan IAIN Kediri, demikian papar Trio Yonathan.

Tarian Mangastusi yang dibawakan oleh Adab Dance mengawali pemberangkatan kegiatan KKN. Tarian ini merupakan gabungan dari gerakan tari jaipong dan tarian klasik lainnya yang menggambarkan perilaku yang selaras penuh kasih sayang untuk keselamatan hidup di dunia. Hiburan yang disajikans sebagai refresentasi bagaimana UIN Sunan Kalijaga menjunjung tinggi kebudayaan local, dan memberi isyarat kepada seluruh peserta KKN untuk dapat selaras dengan alam dan masyarakat setempat dan menjalankan program-program KKN dengan penuh kasih sayang.

Sementara itu dalam arahannya di hadapan seluruh peserta KKN, Ketua LP2M UIN Sunan Kalijaga, Dr. Muhrisun menekankan kepada para peserta terkait pentingnya menjaga kekompakan, tidak egois, menjalin komunikasi dengan baik, dan memanfaatkan media sosial dengan bijak. Muhrisun juga mengingatkan agar para Mahasiswa selalu waspada terhadap keamanan, terutama terkait kecelakaan lalu lintas yang pernah terjadi dalam kegiatan KKN sebelumnya. Mahasiswa yang ditempatkan di lokasi dengan medan ekstrem diimbau untuk tidak memaksakan berkendara. Akhir kata, Dr. Muhrisun berharap semua peserta KKN dapat berangkat ke Lokasi KKN dengan bahagia, begitu juga saat kepulangan.

Durojatun Kuncoroyakti dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, mewakili Bupati Kulonprogo, menyampaikan bahwa tridarma perguruan tinggi merupakan kewajiban yang harus saling berkesinambungan. Pendidikan dan pengajaran merupakan bekal untuk penelitian, sedangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Mahasiswa diharapkan memiliki empati dan kepedulian serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan sosial dan agama untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila, etos kerja, dan tanggung jawab. “Selamat mengabdi kepada masyarakat, jadikan kepentingan masyarakat lebih diutamakan dibanding kepentingan kelompok, pastikan program yang dibuat memang dibutuhkan oleh masyarakat, terapkan ilmu yang sudah dipelajari, tetapi lebih fleksibel karena problem masyarakat bisa jadi lebih kompleks, upayakan pula program memenuhi asas berkelanjutan,” demikian pesan Durojatun.

Sementara Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Ali Sodiq, mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua Mahasiswa peserta KKN adalah duta kampus yang harus menjaga nama baik almamater. Ia menekankan pentingnya belajar tata cara masyarakat, menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda, dan memastikan program KKN bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Dr. Ali Sodiq menutup sambutannya dengan melepas peserta KKN Angkatan 114 secara resmi dan dilanjutkan dengan penyematan jaket almamater yang diwakili oleh satu orang dari setiap fakultas dan universitas mitra.

Tagline "Menyala KKN-ku!!!"bergema sebagai bentuk antusiasme Mahasiswa dan menyongsong kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat - KKN Semester Antara Angkatan 114. (tim humas)