Maksimalkan Proses Studi, Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Dibekali Pemahaman SIA

Sejumlah 3.595 mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 mengikuti sosialisasi Sistem Informasi Akademik-Administrasi Akademik (SIA). Agenda ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu,Minggu, 25, 26/8/18, di gedung Prof. RHA. Soenarjo kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dipandu 10 orang narasumber (tenaga kependidikan pengelola SIA), yakni: Drs. H. Maskul Haji, M.Pd.I., (Kepala Biro Administrasi Akademik, kemahasiswaan dan Kerjasama), Suefrizal, S.Ag., MSI., (Kabag Akademik), Dra. Arini Octaviani (Kasubag. Layanan Akademik), Dra. Suparti, MA., (Kasubag. Administrasi Akademik), Pamuji, S.Ag., MIP., (Kasubag. Informasi Akademik), Mardi Riyanto, S. Kom., MM., (Staf Bagian Akademik), An-Nadzam, S. Kom., (Staf Bagian Akademik), Siti Asfiah, S. Ag., MM., (Staf Bagian Akademik), Heni Hapsari, S. Kom. (Staf Bagian Akademik), Novita Praci Putri, S. Kom., (Staf Bagian Akademik).

Ditemui di sela sela agenda sosialisasi, Maskul Haji menyampaikan, dalam rangka mengoptimalkan proses pembelajaran, masa studi dan sukses studi perguruan tinggi, seluruh mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga perlu diberi pemahaman tentang SIA.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan panduan tentang awal administrasi dan ketentuan akademik yang harus diketahui oleh seluruh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga agar dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, serta memudahkan untuk meraih sukses studi, dan lulus tepat waktu.

Berbagai hal yang perlu dipahami mahasiswa pada awal proses studi terkait dengan SIA antara lain: sistem informasi registrasi dan herregistrasi, cara pengisian kartu rencana studi, agenda studi, masa efektif perkuliahan dan masa studi, evaluasi studi, aturan dan tatacara cuti akademik, tatacara dan masa KKN, skripsi/alur pengajuan skripsi dan tugas akhir, yudisium online, syarat-syarat kelulusan dan wisuda, data data kelengkapan ijazah, tanskrip dan surat keterangan pendaping ijasah, bagaimana agar tidak terkena drop out, Kartu tanda mahasiswa, alamat-alamat website penting dan unit-unit kerja yang harus diketahui semua mahasiswa, personalia yang wajib diketahui semua mahasiswa, agenda agenda akademik dan buku pedoman dan peraturan yang wajib dipahami semua mahasiswa, istilah istilah akademik yang wajib dipahami.

Maskul Haji juga menjelaskan bahwa, semua layanan informasi dan administrasi akademik yang diperlukan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga seluruhnya diakses secara online. Oleh karena itu pengelola informasi dan administrasi universitas bertanggungjawas untuk menyampaikan pemahaman SIA ini sedini mungkin kepada seluruh mahasiswa baru yang akan segera menjalani proses studi. (Weni/Doni)