Satu Minggu Sudah Pendaftaran PMB S2 dan S3 UIN SUKA Gelombang 1 Genap Dibuka

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Magister (S2) dan Doktor (S3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gelombang 2 Ganjil telah berakhir dengan diumumkannya calon mahasiswa yang diterima pada tanggal 19 Agustus 2020. Akan tetapi, calon mahasiswa baru yang belum mendaftar di jalur sebelumnya dan berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di jenjang Magister dan Doktor masih berkesempatan besar untuk mendaftar di Gelombang 1 Genap yang pendaftarannya telah dibuka sejak25 Agustus 2020 hingga 05 Oktober 2020. Perkuliahan untuk pendaftaran gelombang ini akan dilaksanakan pada semester genap, tepatnya di bulan Februari 2021.

Ada 3 (tiga) jenis seleksi Program Magister (S2)yang dibisa diikuti oleh calon mahasiswa.Pertama,Computer-Based Test(CBT);kedua, Portofolio; danketiga, Non-Tes.(1) Seleksi CBTTest From Homedilaksanakan dengan memberikan tes kepada calon mahasiswa baru secaraonlinedan serentak menggunakan aplikasi ‘CBT UIN SUKA’ dan dengan menggunakan sistem operasiandroid. Materi tes yang diberikan berupa Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Arab, dan Tes Bahasa Inggris.(2) Portofolioadalah seleksi dokumentasi berkas akademik maupun pendukung akademik yang dimiliki oleh peserta selama dan setelah menempuh pendidikan S1 atau sederajat yang mencerminkan kemampuan (kompetensi), minat (interest), dan pengalaman (experience) yang dimiliki. Portofolio ini juga merupakan jenis seleksi untuk calon mahasiswa luar negeri. Jenis seleksi yang ke(3) Non-Tes, diperuntukkan bagi lulusan S1 dari perguruan tinggi terakreditasi minimal “B”, dengan persyaratan IPK minimal 3.25, dan pilihan prodi S2 linier. Khusus program studiInterdisciplinary Islamic Studies, di jalur terakhir ini, syarat linier diabaikan.

Sementara itu, seleksi untukPMB Doktor (S3) dibagi ke dalam dua jenis,(1) Regulerdan(2) Kerjasama. Seleksi Reguler dilaksanakan dengan tes berupa wawancara yang meliputi presentasi proposal rencana disertasi dan kemampuan bahasa asing (Inggris dan Arab) sedangkan Seleksi Kerjasama dilaksanakan berdasarkan perjanjian Kerjasama dengan lembaga/instansi mitra. Jadwal pendaftaran, seleksi, persyaratan, dan materi seleksi ditetapkan berdasarkan kesepakatan dengan lembanga/instansi terkait Informasi mengenai Jenis Seleksi PMB Magister (S2) dan Doktor (S3) dapat diakses dihttps://admisi.uin-suka.ac.id/informasi/1. Pertanyaan-pertanyaan dapat diajukan melalui WA: +62 817-2302-020 dan email:admisi@uin.suka.ac.id. Jangan lupa juga untuk mengikuti akun media sosial resmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta @uinsk diInstagram,Twitter, danFacebook. UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa. UIN Sunan Kalijaga Mendunia. [admisi]