Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Melantik Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Masa Bakti 2021

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Phil Al Makin, MA., melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada para Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa), bertempat di Gedung Prof. RHA. Soenarjo/Convention Hall kampus setempat, 26/1/2021. 88 orang pengurus Ormawa yang dilantiktersebut terdiri dari pengurus SEMA-U, DEMA-U, UKM, dan Permadani Bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Momen ini menandakan dimulainya masa kepemimpinan organisasi mahasiswa yang baru masa bakti 2021.

Selain Rektor, hadir dalam acara pelantikan ini antara lain; Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama), Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., Kepala Biro AUK, Dr. H.Abd.Syakur, S.Ag., M.Si.,dan Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Boy Fendria Djatnika, M.Si. Hadir juga para Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) semua fakultas, Kasubbag Administrasi Kemahasiswaan, Kasubbag Bina Bakat Minat Mahasiswa dan Kasubbag Administrasi. Pelantikan dilakukukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti tempat duduk yang berjarak, wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Dr. Abdur Rozaki menyampaikan apresiasinya atas proses pemilwa yang damai, dan berharap agar hal seperti ini menjadi tradisi. Termasuk pelaksanaan keorganisasian yang teratur dan sesuai dengan skema waktu yang telah diatur demi mewujudkan kenyamanan bagi kepengurusan yang lama maupun baru.

Hal ini menurut Dr. Rozaki, menjadi salah satu ikhtiar untuk meminimalisir konflik yang dapat terjadi dikarenakan ketidakdisiplinan waktu kepengurusan dan pelaporan. Dr. Abdur Rozaki mengajak mahasiswa untuk bersinergi dan mengabdi, menyamakan visi misi untuk fastabiqul khairat. Mahasiswa perlu memiliki rasa bangga terhadap almamater, sebagai termpat menimba ilmu dan memperbanyak pengalaman, kata Dr. Rozaki.

UIN Sunan Kalijaga telah meraih banyak penghargaan seperti, 39 prodi yang terakreditasi A, terbaik pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) se-Indonesia, dan juga penghargaan terbaik di perpustakaan jaringan Internasional. Hal tersebut perlu menjadi inspirasi sekaligus menjadi hal yang mendasari pemanfaatan sarana dan prasarana di UIN Sunan Kalijaga untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa agar lebih maksimal.

Sementara itu, usai melantik dan menyerahkan Surat Keputusan (SK), Prof. Phil Al Makin memberikan pengarahannya. Menurut Prof. Al Makin, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menuju sukses. Pertama, mahasiswa perlu memiliki rasa bangga terhadap almamater dan tidak minder karena prestasi yang telah diraih oleh UIN Sunan Kalijaga serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang layak dibanggakan. Kedua, carilah seseorang untuk dijadikan role model. Contohnya beberapa tokoh mendunia seperti Elon Musk atau profil di UIN Sunan Kalijaga yang dapat menjadi inspirasi dan menumbuhkan semangat membaca. Ketiga, mahasiswa perlu membuka cakrawala dan memperluas kemampuan berbahasa. Ada banyak hal di dunia ini yang dapat diketahui bahkan saat ini sudah dipermudah melalui teknologi yang sudah di genggaman, demikian wejang Prof. Al Makin.

Prof.Al Makin juga berpesan agar mahasiswa UIN Sunan Kalijaga selalu bahagia, dan menjaga kesehatan lahir dan batin, berpikir positif, dan berani bermimpi, serta berjuang keras untuk meraih mimpi itu.

“Dunia terkadang tidak adil, dan memang demikian adanya. Anda tidak dapat mengubah dunia secara langsung, namun Anda dapat mengubah diri Anda sendiri. Jika Anda bisa mengubah diri, maka dunia akan mengikuti Anda.” kata Prof. Al Makin. (Ihza/Weni)