Rektor UIN Suka Beri Anugerah Penghargaan Untuk Mahasiswa Berprestasi

Tahun 2021 merupakan tahun penuh anugerah bagi UIN Sunan Kalijaga. Berbagai pencapaian dan prestasi diraih oleh sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga, baik dari tingkat prodi, fakultas, unit lembaga dan universitas. Dalam rangka memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi-kompetisi tingkat nasional maupun internasional tersebut, UIN Sunan Kalijaga kembali menggelar Anugerah Prestasi Mahasiswa Tahun 2021. Sejumlah anugerah prestasi diberikan oleh Rektor UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, MA., baik prestasi yang diraih perorangan maupun tim. Penganugerahan ini digelar secara daring melalui YouTube UIN Sunan Kalijaga dan Zoom, serta luring terbatas disiarkan langsung dari Gedung Prof. R.H.A Soenarjo, S.H. (Convention Hall) UIN Suka, 20/12/2021. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Ketua dan Sekretaris Senat Universitas, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama, Para Dekan dan Direktur Pascasarjana, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Para Kepala Biro, Kabag, Kasubbag, dan Staf pada Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Para Pembina UKM, Para Ketua Organisasi Kemahasiswaan, serta Mahasiswa tamu undangan.

Sebelum pembukaan acara oleh MC Vebri Aldiansyah dan Rahmatika Monati dari Duta Kampus UIN Suka, para hadirin dihibur dengan lantunan merdu Shalawat Mizanan dari UKM Al Mizan. Mengawali penyerahan anugerah prestasi, Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki mengatakan, Penganugerahan Prestasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (Kalijaga Prestasi) ini akan terus dilaksanakan setiap tahun sebagai panggung kehormatan bagi para mahasiswa yang berprestasi. Saat kampus mengumumkan akan diselenggarakannya Penganugerahan Prestasi Mahasiswa, dapat terjaring 474 mahasiswa yang berprestasi baik di tingkat Internasional maupun nasional di tengah kondisi Indonesia yang dilanda pandemi. “Capaian prestasi para mahasiswa betul-betul menakjubkan bagi kami, karena itu sangat pantas mahasiswa mendapatkan apresiasi dan itulah yang akan kita laksanakan pada hari ini,” kata Dr. Abdur Rozaki.

Dr. Abdur Rozaki menyebutkan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh anugerah bagi UIN Sunan Kalijaga. Pada pertengahan tahun, UIN Sunan Kalijaga memperoleh juara umum Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) yang diikuti oleh 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Jawa dan Madura. Tidak berhenti disitu, di akhir tahun ini pada ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Sunan Kalijaga meraih Juara Umum 2 dan diikuti oleh hampir 200 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta.

Dr. Abdur Rozaki mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga dan menyebutkan budaya berprestasi di kalangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga ini patut untuk terus didorong agar berkelanjutan. “Karena itu, kami (rektorat) mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sinergi dari seluruh bapak ibu dosen, Kaprodi, Dekanat, dan unit-unit kelembagaan lainnya di UIN Sunan Kalijaga yang mendukung prestasi para mahasiswa terus berkembang.” Pihaknya berharap, sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga dapat saling dukung untuk mewujudkan Budaya Mahasiswa Berprestasi. Selain itu, kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Phil Al Makin, MA., yang progresif juga menjadi faktor penting. “Saya kira, banyaknya pencapaian itu juga karena kepemimpinan Pak Rektor yang memang progresif, ya. Pak Rektor mendukung berbagai upaya mentoring, pembinaan, apresiasi atas segala pencapaian mahasiswa kita.” imbuhnya. Kepada para mahasiswa yang belum berhasil berprestasi, Dr. Abdur Rozaki berharap agar tidak berputus asa. Masih ada harapan di tahun tahun berikutnya untuk mengisi buku Profil Prestasi Mahasiswa.

Tidak hanya Penyerahan Anugerah Penghargaan Prestasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 2021 saja, pada acara ini terdapat pula tambahan dua kategori Penyerahan Anugerah Penghargaan bagi prodi dan fakultas dengan mahasiswa yang paling banyak berprestasi. Untuk mengabadikan pencapaian para mahasiswa dan kisah-kisah para mahasiswa tersebut dibukukan dalam Buku Profil Prestasi Kalijaga dan juga Buku “Menabur Benih, Menuai Prestasi” sebuah kumpulan success story Pelaksanaan IPPBMM VIII Tahun 2021 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilaunching pada hari yang sama,.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Sunan Kalijaga menyebutkan ada satu fakta bahwa kecantikan atau ketampanan bukanlah sebuah anugerah, melainkan sebuah prestasi. “Beauty is not granted, beauty is an achievement. Jika tidak merasa tampan atau cantik, itu bisa diubah melalui prestasi. Begitupun jika anda merasa cantik atau tampan namun tidak memiliki prestasi, akan berkurang. Cantik dan tampan bisa dibuat dengan prestasi. Dengan kesopanan, sikap, penampilan dan cara bergaul, kecantikan dan ketampanan menjadi sebuah prestasi.”

Senada dengan Dr. Abdur Rozaki, Pak Rektor juga mengamini bahwa tahun 2021 adalah tahun penuh anugerah. “IPPBMM kita pertama kali meraih juara umum. Siapa yang juara? Para Mahasiswa. Saya tekankan, para mahasiswa adalah juara kita, yang mengharumkan nama kampus kita. Salah satu mahasiswa kita di Fakultas Saintek, sudah menulis lima Scopus dan memiliki cita-cita melanjutkan ke Cambridge University dan kisah inspiratifnya ada di Podcast Meet and Greet bisa dinikmati di YouTube UIN Sunan Kalijaga dan channel saya Al Makin Books.” tutur Pak Rektor dengan penuh antusias.

Pak Rektor menambahkan, apa yang disebut prestasi bukan sebatas pada nilai A. “Tidak hanya nilai A, tidak hanya IPK bagus, namun saat anda memiliki hobi dan anda mendalaminya dengan sungguh-sungguh maka itu adalah ajang prestasi. Seperti saat Anda hobi menabuh kendang dan anda menguasainya, maka itu adalah prestasi.” IPPBMM dan OASE sebagai ajang bakat dan minat adalah bukti mahasiswa UIN Sunan Kalijaga berprestasi. Pak Rektor memberikan motivasi dan menyebutkan serangkaian pencapaian UIN Sunan Kalijaga baru-baru ini. Tidak ada yang tidak membanggakan di UIN Sunan Kalijaga dan Pak Rektor mengajak para mahasiswa untuk melihat hal tersebut. “Mereka cantik dan tampan atas pencapaian prestasi mereka. Saya bangga dengan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Semua membanggakan. Saya bangga dengan dosen, sangat aktif bekerja sama di lingkup nasional dan internasional, para pejabatnya juga saya yakin jujur dan berdedikasi tinggi, tenaga kependidikan di UIN sangat rajin, apalagi para mahasiswanya luar biasa penuh prestasi. Baru saja kita dapat predikat universitas UNGGUL, secara internasional sudah ada 9 prodi terakreditasi AUN-QA, serta baru saja tersertifikasi ISO, dan sebentar lagi akan mendapat akreditasi berorientasi Internasional yaitu akreditasi FIBAA.”, imbuhnya. Pak Rektor juga menambahkan mengenai Pameran Seni UIN Sunan Kalijaga yang dibuka untuk umum di gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga, mengangkat tema toleransi yang diberi tajuk, “Berbeda dalam Sama, Bersama dalam Beda.” Terakhir, pak Rektor menyudahi sambutannya dengan membaca ayat pertama sampai ketiga dari surat Al-Fath, sebagaimana tradisi Pak Rektor saat memulai lomba.

Acara dilanjutkan dengan launching buku profil prestasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tahun 2021 dan buku success story IPPBMM tahun 2021. Penyerahan kedua buku ini dilakukan oleh Wakil Rektor III, Dr. Abdur Rozaki kepada Rektor UIN Suka, Dr. Phil Al Makin. Kemudian diteruskan dengan Penyerahan Anugerah Prestasi Mahasiswa Tahun 2021, diwakili oleh delapan mahasiswa berprestasi (mewakili fakultas) yang maju ke atas panggung. Setelah membuka pendaftaran Kalijaga Berprestasi dan dilakukan seleksi serta verifikasi, telah diputuskan ada sebanyak 17 tim dan 36 mahasiswa yang menerima Penghargaan Prestasi Mahasiswa Tahun 2021 baik di tingkat Internasional dan Nasional. Penyerahan piagam penghargaan dengan mahasiswa berprestasi terbanyak tahun 2021. Kategori prodi dengan mahasiswa berprestasi terbanyak jatuh pada prodi Bahasa dan Sastra Arab dengan jumlah prestasi 44 mahasiswa berprestasi dan kategori fakultas dimenangkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan jumlah prestasi sebanyak 73 mahasiswa. Selanjutnya adalah penyerahan Beasiswa KIP Kuliah. Tahun 2021, jumlah mahasiswa penerima Beasiswa KIP Kuliah Angkatan Tahun 2021 sebanyak 335 orang dengan sebaran perfakultas Fakultas Adab dan Ilmu dan Budaya sebanyak 30 mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebanyak 32 mahasiswa, Fakultas Syariah dan Hukum sebanyak 51 mahasiswa, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 58 mahasiswa, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam sebanyak 37 mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 34 mahasiswi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora sebanyak 33 mahasiswa, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 60 mahasiswa. Penyerahan ini diwakili oleh Perwakilan Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah Tahun 2021 sebanyak 8 mahasiswa, mewakili 8 fakultas. Acara Penganugerahan Prestasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tahun 2021 ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. K.H. Shofiyullah Mz., M.Ag. (Ihza/Weni)