Menjadi Unggul dengan Prestasi: Profil Prestasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Tahun 2021

Judul Buku : Menjadi Unggul dengan Prestasi: Profil Prestasi Mahasiswa UIN SunanKalijaga Tahun 2021

Penulis : Jeki & Khoirul Anwar

Editor : Ahmad Izudin

Penerbit : Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tebal : xii + 271 halaman

Tahun Terbit : 2021

Kota Terbit : Yogyakarta

Prestasi merupakan hasil dari usaha pengembangan diri hingga mencapai puncak. Layaknya orang mendaki, perjalanan menuju puncak adalah perjalanan yang melelahkan dan penuh rintangan. Hanya orang-orang terpilih dan berhasil melalui berbagai tantangan yang mampu mencapai puncak tertinggi. Kira-kira perumpamaan ini tidak terlalu berlebihan untuk menggambarkan sejumlah cerita mahasiswa dalam meraih prestasi di berbagai cabang kompetisi di tingkat nasional maupun internasional, yang terdokumentasikan dalam buku ini. Mereka yang berhasil mengalahkan dirinya sendiri hingga menjadi unggul dari para kompetitor dari berbagai perguruan tinggi, dari berbagai belahan dunia.

Buku dengan judul “Menjadi Unggul dengan Prestasi: profil prestasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, tahun 2021” ini mengisahkan banyak hal menarik. Buku ini secara umum terbagi ke dalam dua bagian. Pada bagian pertama menampilkan dinamika yang dihadapi mahasiswa dari delapan fakultas dalam perjalanan meraih prestasi. Cerita-cerita yang dikemas dalam bahasa yang sederhana membuat pembaca mudah memahami dan terbawa dalam alur yang mereka jalani, seolah menemani mereka dalam perjuangan hingga mencapai prestasi masing-masing. Bagian ini mengandung cerita mahasiswa berprestasi di tingkat internasional yang diklasifikasikan berdasarkan Fakultas.

Pada Fakultas Adab dan Ilmu Budaya kita akan menemukan cerita Ala’ yang berkali-kali berhasil menyabet gelar juara debat Bahasa Arab di tingkat internasional maupun nasional. Ia menceritakan, bagaimana perjuangan yang dilalui bersama rekan-rekan satu timnya. Gelar juara internasional yang diraih bersama timnya tidaklah mudah, mereka melalui serangkaian kegagalan terlebih dahulu. Bagaimana mereka menata mental, belajar kembali, berlatih terus menerus, hingga memahami isu-isu sosial yang di luar konsen studinya, merupakan tantangan yang harus mereka lewati. Kisahnya dalam bersaing menghadapi kompetitor-kompetitor terbaik dari kampus-kampus ternama di berbagai negara sangat menarik untuk menggugah motivasi berprestasi.

Tidak kalah menarik dari kisah Ala’, Muhammad Alif Fathullah dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi mampu menghadirkan cerita inspiratif dalam perjalanan panjang hingga menjadi peserta terbaik dalam program pemimpin muda internasional di Turki. Ia menceritakan secara detail perjalanannya sejak pertama kali menjadi mahasiswa, pada event PBAK ia telah mulai mengukir prestasi yang dianggapnya sebagai “awal yang baik”. Sebagai mahasiswa yang belajar di masa pandemi, tidak lupa ia menceritakan bagaimana kesulitan yang dihadapi mahasiswa dengan segala bentuk keterbatasan, namun keterbatasan itu sama sekali tidak membuatnya terjebak dalam zona nyaman dengan menjadi generasi “rebahan”. Meskipun ia belajar di Fakultas Dakwah yang lebih dekat dengan kajian sosial, ia juga menekuni Bahasa Arab. Dalam tulisannya, ia menhighlight betapa pentingnya penguasaan bahasa, hingga membuat menuliskan narasi pengalamannya “Mendunia Dengan Bahasa”. Benar saja, ia berhasil lolos program student exchange ke Turki dan menjuarai esai ilmiah berbahasa Arab.

Prestasi lain berhasil ditorehkan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Muhammad Bahrul Sidik, pada bidang Kaligrafi Internasional. Baginya, kaligrafi mengajarkan kesabaran dan tekat. Ia sudah menyukai Kaligrafi sejak sebelum kuliah, dan di UIN Sunan Kalijaga ia menemukan tempat yang memberinya ruang untuk mengembangkan diri. Perjalanannya dalam meraih prestasi sangat menarik, dimana kaligrafi bukan sekedar soal keahlian, tetapi yang lebih sulit adalah inspirasi yang akan dituangkan dalam kanvas. Bahrul bisa menaklukkan itu. Pada cabang lomba yang lain, Mahasiswa bernama Rahmat Insani Akbar juga berhasil menjadi kebanggaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi setelah membawa pulang Medali Emas dari Poomsae Individual Senior Male Gorontalo International Virtual Championship 2021.

Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdapat tiga mahasiswa berprestasi yang menuliskan kisahnya. Mereka berhasil menjuarai lomba Esai secara individu pada event Internasional Short Course. Masing-masing memiliki dinamika yang berbeda-beda. Satu di antaranya, Muhammad Rizkiansyah, sempat mengalami kendala untuk mengikuti sertifikasi TOEFL, yang tentu saja menjadi syarat mutlak dalam event internasional. Namun dengan kegigihan dan yang ia sebut “keajaiban turun dari langit”, ia pun berhasil berpartisipasi dan menyabet gelar juara 2 esai pada ajang tersebut. Dua lainnya, Uma dan Nabil, memiliki cerita berbeda yang dapat disimak secara lengkap dalam buku ini.

Kolaborasi yang dibangun mahasiswa dalam meraih prestasi ternyata tidak hanya lintas program studi dalam satu perguruan tinggi, ada juga yang dalam membangun tim melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lintas provinsi. Yogi Anggoro adalah mahasiswa Program Studi Matematika UIN Sunan Kalijaga, yang berhasil meraih juara 2 pada Data Sains Competition: Post-Covid California Property Price Prediction, bersama dengan tiga rekannya dari Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Kisahnya menurut saya sangat menarik, karena kolaborasi lintas kampus pasti memiliki tantangan yang berbeda. Terlebih jika melihat jenis lombanya di bidang big data, yang tentu saja berbeda dengan cabang kompetisi lainnya.

Bagian kedua buku ini menampilkan prestasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga secara lengkap, tidak kurang dari 474 prestasi mahasiswa dari semua prodi dan fakultas yang terdokumentasikan dalam bagian ini. Detailnya mencakup identitas singkat mahasiswa, juara yang diraih, nama lomba, tingkat kejuaraan, dan jenis lomba. Data ini dapat membantu pembaca untuk mengetahui siapa saja yang berprestasi di bidang apa saja, dan penyajiannya yang berdasarkan fakultas membuat pembaca lebih mudah melakukan pencarian berdasarkan fakultas dan program studi.

Secara umum buku ini sangat menarik untuk dibaca, terutama bagi mahasiswa yang memiliki impian untuk mengukir prestasi dan menciptakan sejarahnya sendiri. Buku ini tidak hanya mengandung cerita dan tantangan, lebih dari itu ada motivasi yang tersirat dalam setiap cerita. Motivasi prestasi dengan kadar yang berbeda barangkali dimiliki oleh setiap mahasiswa, tetapi seringkali tidak tahu bagaimana untuk memulai, bagaimana membentuk tim untuk berkolaborasi. Buku ini hadir untuk menjawab itu, dengan gaya cerita yang memiliki kekhasan masing-masing.

Buku ini telah menyajikan banyak kisah prestasi, sayangnya cerita yang terkumpul dalam buku ini belum mencakup seluruh mahasiswa berprestasi yang jumlahnya mencapai ratusan. Padahal mereka memiliki kisah menarik yang mungkin saja berbeda, karena pengalaman setiap orang sangat bersifat subjektif. Selain itu, latar belakang dan spesialisasi keilmuan mahasiswa yang beragam juga berimplikasi pada gaya penulisan cerita yang tidak seirama. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi esensi dari buku ini sebagai buku profil prestasi sekaligus motivasi untuk lebih berprestasi di tahun-tahun berikutnya. Buku menjadi dokumen bersejarah terkait potret generasi emas UIN Sunan Kalijaga, sebagaimana disampaikan oleh Bapak Abdur Rozaki, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama saat memberi sambutan pemberian penghargaan “Kalijaga Prestasi, 20 December 2021.