• ISU STRATEGIS (5)

DIREKTORAT JENDERAL PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH

  1. PENETAPAN BPIH
  2. PELUNASAN BPIH
  3. MUDZAKARAH PERHAJIAN
  4. DESIGN DAN RESTRUKTURISASI PENYELENGGARA HAJI
  5. REKRUTMEN PETUGAS HAJI
  6. MOU DENGAN KEMENTERIAN HAJI ARAB SAUDI
  7. KONSEP HAJI INKLUSIF (HAJI RAMAH LANSIA)
  8. OPERASIONAL SISTEM TRANSFORMASI DIGITAL PHU
  • PROGRAM 100 HARI KERJA
  1. PENETAPAN BPIH

Tujuan

  • Mewujudkan BPIH yang berkeadilan
  • Menentukan besaran BPIH sehingga persiapa penyelenggaraan ibadah haji optimal

Target Kinerja

Pembahasan dan penetapan besaran BPIH yang berkeadilan dengan DPR RI berjalan tepat waktu

TARGET WAKTU

November 2024 s.d 23 Januari 2025

Output & Outcome

Terlaksananya Penetapan Besaran BPIH oleh DPR RI

  1. PELUNASAN BPIH
  • Terlaksananya Penetapan Keppres BPIH, KMA BPIH dan regulasi lainnya terkait pelunasan BPIH
  • Terlaksananya Pelunasan kekurangan biaya BPIH
  • Terwujudnya kepastian calon jamaah haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci dengan aman dan nyaman

Target Kinerja

1. Penetapan Keppres BPIH, KMA BPIH dan regulasi lainnya terkait pelunasan berjalan tepat waktu

2. Jumlah calon Jemaah haji yang melunasi BPIH

3. Jumlah calon Jemaah yang diberangkatkan dan mendapatkan layanan

Target waktu

Januari s.d Februari 2025

Output & Outcome

1. Penetapan Keppres BPIH, KMA BPIH, dan Regulasi lainnya terkait pelunasan BPIH

2. Terlaksananya pelunasan calon Jemaah Haji

3. Tersedianya data calon Jemaah Haji yang diberangkatkan dan mendapatkan layanan

  1. MUDZAKARAH PERHAJIAN
  • Mengidentifikasi masalah teraktual dalam Penyelenggaraan Haji tahun 2024
  • Melakukan kajian tentang Tata Kelola DAM, Murur di Muzdalifah, Tanazul dari Mina dan Kemudahan-kemudahan Fiqh Manasik Haji lainnya
  • Masukan mengenai Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Indonesia
  • Rekomendasi forum Mudzakarah.

Target Kinerja

1. Kegiatan Mudzakarah perhajian berjalan dengan baik

2. Hasil kajian forum Mudzakarah

3. Rekomendasi forum Mudzakarah

TARGET WAKTU

07 s.d 09 November 2024

Output & Outcome

1. Tersedianya Kajian kajian yang berkaitan dengan fiqih Hajidiantaranya: Tata Kelola Hadyu (Dam) Haji; Murur di Muzdalifah; Tanazul dari Mina; Tinjauan Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji; Istithaah Kesehatan Haji (untuk Lansia); dan Kemudahan Fiqh Manasik Haji.

2. Tersusunnya dokumen Mudzakarah Perhajian Indonesia tentang Pelaksanaan Ibadah Haji berikut rekomendasi forum Mudzakarah Perhajian 2024.

  1. DESIGN DAN RESTRUKTURISASI PENYELENGGARA HAJI

Terwujudnya penyelenggaraan haji yang aman, tertib, lancar, dan nyaman oleh Badan Penyelenggara Haji

TARGET KINERJA

Penyiapan proses SOTK, Anggaran, Pengisian SDM, Infrastruktur, dan Penyiapan Kelembagaan selesai tepat Waktu

TARGET WAKTU

Oktober 2024 s.d Juli 2025

Output & Outcome

Terlaksananya Penyiapan proses SOTK, Anggaran, Pengisian SDM, Infrastruktur, dan Penyiapan kelengkapan lembaga.

1. Kunjungan ke Arab Saudi untuk silaturahmi dan melakukan diplomasi dengan Menteri Haji, Menteri Dalam Negeri Arab Saudi untuk kesiapan penyelenggaraan haji yang lebih baik, kampung haji, dan penambahan kuota petugas dan jamaah.

2. Mempercepat sistem Siskohat koneksi dengan Duk Capil untuk akurasi data para jamaah haji.

  1. REKRUTMEN PETUGAS HAJI

Terwujudnya petugas haji yang professional

Target kinerja

Proses rekrutmen, pelatihan dan pembekalan petugas haji terlaksana dengan baik

Target Waktu

November 2024 s.d Februari 2025

Output & Outcome

1. Terlaksananya Rekrutmen Petugas Haji Kloter

2. Terlaksananya Rekrutmen Petugas Haji Non Kloter

3. Rekrutmen/Seleksi Petugas TPHD

4. Terlaksananya Pelatihan dan pembekalan PPIH Kloter

  1. MOU DENGAN KEMENTERIAN

Mewujudkan Persiapan layanan bagi Jemaah Haji Indonesia dalam:

  1. Memberikan kepastian kuota lebih awal sehingga memudahkan dalam melakukan persiapan pelunasan
  2. Memilih penyedia layanan (syarikah) saat puncak haji.

Target Kinerja

1. Persiapan pelunasan berjalan tepat waktu

2. Penentuan penyedia layanan (syarikah) berjalan tepat waktu

Target Waktu

14 Februari 2025

Output & Outcome

1. Terlaksananya persiapan pelunasan Jemaah Haji

2. Terlaksananya penentuan penyedia layanan (syarikah) saat puncak haji

  1. KONSEP HAJI INKLUSIF (HAJI RAMAH LANSIA)
  • Terwujudnya kepastian keselamatan dan kenyamanan Jemaah Haji lanjut usia dan disabilitas
  • Terwujudnya pelayanan terbaik bagi Jemaah Haji Lansia dan disabilitas

Target Kinerja

Penyusunan Juknis, SOP, dan Mitigasi Risiko Layanan Lansia dan disabilitas terlaksana tepat waktu

Target Waktu

Desember 2024

Output & Outcome

1. Terlaksananya persiapan layanan haji ramah lansia dan

disabilitas (Juknis, SOP, Mitigasi Risiko Layanan)

2. Terlaksananya penyelenggaraan haji yang ramah lansia

dan disabilitas.

  1. OPERASIONAL SISTEM TRANSFORMASI DIGITAL PHU
  • Terlaksananya peningkatan inovasi layanan Haji melalui transformasi digital

Target Kinerja

Peningkatan transformasi digital melalui aplikasi :

1. Simas Haji

2. CAT Petugas Haji

3. BMH

4. Satu PHU

Target Waktu

Desember 2024

Ouput & Outcome

Terlaksananya tranformasi digital melalui aplikasi:

1. Simas Haji

2. CAT Petugas Haji

3. BMH

4. Satu PHU

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler