Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Terima Penghargaan Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan Tahun 2023

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah menerima penghargaan sebagai Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan. Penghargaan ini diterima oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Senin (6/3). Turut hadir dalam agenda ini Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Labibah Zain, MLIS.

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah terbukti sebagai lembaga perpustakaan yang berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan koleksi yang berkualitas. Sebagai informasi, terdapat beberapa kategori penerima penghargaan Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan,yakni Perpustakaan Sekolah yang diraih oleh Perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong, Perpustakaan Perguruan Tinggi diraih oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan Perpustakaan Khusus yang diraih oleh tiga instansi, yaitu Perpustakaan Badan Pemeriksa Keuangan; Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia; dan Kementerian PAN/RB Republik Indonesia. Melalui penghargaan ini, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menjadi perpustakaan perguruan tinggi satu-satunya yang mendapat penghargaan rujukan nasional akreditasi perpustakaan di Indonesia.

Penghargaan tersebut menyoroti komitmen UIN Sunan Kalijaga untuk mengembangkan sistem perpustakaan kelas dunia yang mendukung penelitian, pendidikan, dan pertumbuhan intelektual di Indonesia. Sebagai rujukan akreditasi perpustakaan nasional, perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah menunjukkan dedikasinya untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diterima. "Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah berlevel internasional. Tidak hanya koleksinya, fasilitasnya, atau dari sisi digitalisasinya saja, tapi juga kreativitas pustakawannya. Dibawah kepemimpinan Dr. Labibah Zain, MLIS, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah merambah media-media sosial seperti Instagram, Tiktok dan YouTube."

Rektor menambahkan, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga profesional dan handal dalam meIayani dengan sepenuh hati, melaksanakan program menarik seperti mengadakan program human library dan bedah buku bersama rektor. Terus berinovasi dan mengembangkan network internasional. Salah satu Program inklusif perpustakaan adalah layanan Difabel Corner dan Program Koleksi manusia yang bertujuan mengubah mindset pengunjung perpustakaan agar lebih moderat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses untuk Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Kepada Kepala Perpustakaan, Dr. Labibah, MLIS, juga seluruh timnya Dra. Irhamny, Dra. Khusnul Khotimah, Drs. Mokh. Tantowi, Dra. Ida Nor’aini, Drs. Bambang Heru Nurwoto, Isrowiyanti, Wahyani, Suhardi, Puji Hartati, Sri Astuti, Harniyati, Sri Lestari, Sugeng Hariyanto, Muchti Nurhidaya, Ismiyatin, Rochyati, Sofwan, Etty Nurhayati, Nur Arifin, Triyono, Edi Prasetya, Miftakhul Yazid Fuadi, Minto, Hasan Latif, Anik Nur Azizah, Adilfiya Noor Fiqis, Asri Yuna Chasanawati, Heru Pasuko Rini, Pratiwi Pramitaningdyah, Muh Khabib, Prayuda Wirawan, dan Widyastuti Kartini. Serta untuk Tim Part Time Mahasiswa yang juga luar biasa”, pungkasnya.

Muhammad Syarif Bando, selaku Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas prestasi yang telah diraih oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi contoh bagi perpustakaan lainnya di Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan layanan yang diberikan kepada pengguna. (Ihza)